window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

7 Fakta Sejarah Sepeda Motor, dari Sepeda Gowes Hingga Bertenaga Uap

Herdi · 20 Nov, 2023 11:00

7 Fakta Sejarah Sepeda Motor, dari Sepeda Gowes Hingga Bertenaga Uap 01

Beberapa foto sejarah sepeda motor.
  • Awalnya pakai tenaga uap.
  • Motor bensin pertama kali 1885.
  • Awalnya bernama Patrol Bicycle.

Fakta unik sepeda motor memang perlu kita ketahui, mengingat kendaraan jenis ini jadi alat transportasi yang sangat banyak digunakan di Indonesia,

Selain praktis untuk mobilitas, sepeda motor juga dianggap sangat terjangkau, sehingga mudah didapat konsumen. 

Tapi bicara soal sepeda motor, kali ini Motofun akan membeberkan beberapa fakta unik terkait si kuda besi ini.

Baca juga: Sejarah Awal Munculnya Sepeda Motor, Terinspirasi dari Seekor Kuda

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Nah, mau tahu apa saja fakta-faktanya, berikut ulasannya. 

1. Sepeda motor berasal dari sepeda gowes

Sepeda

Pierre Lallemant membuat sepeda (Foto: Istimewa)

Sepeda motor pertama kali terinspirasi dari sepeda gowes, dimana kala itu seorang pandai besi asal Paris, Pierre Michaux mendirikan perusahaan bernama Michaux et Cie.

Velocipede atau Mihchuline, merupakan sebutan untuk sebuah sepeda kala itu. 

Hanya saja, anak Pierre, yaitu Ernest Michaux bereksperimen, dan membuat hal baru  pada tahun 1867, yaitu sepeda bertenaga uap pertama. 

Baca juga: Sejarah Munculnya Sepeda Motor Honda, Bangkit Setelah Pabriknya di Bom saat Perang Dunia II

Ernest Michaux bereksperimen

Ernest Michaux bereksperimen dengan menambahkan mesin uap. (Foto: Istimewa)

Namun begitu, sepeda uap juga kabarnya ditemukan oleh Pierre Lallement yang pernah bekerja di perusahaan Michaux. 

Dia mengaku telah mengembangkan prototipe sepeda uap lebih lama, yaitu pada tahun 1863.

Baca juga: Sejarah Singkat Kawasaki KLX150 Series, Model Pembuka Segmen Trail 150 Cc

2. Sepeda motor berbahan bakar batu bara

Sepeda motor

Sylvester H. Roper pernah membuat sepeda motor dengan bahan bakar batubara. (Foto: Istimewa)

Pada tahun 1860-an, berbagai inovasi diciptakan oleh para penemu diberbagai belahan dunia, seiring dengan berbagai kemajuan dalam industri. 

Maka dari itu, selain sepeda motor bertenaga uap, pada tahun 1868 seorang penemu asal Amerika Serikat, Sylvester H. Roper dari Roxbury, Massachusetts, mengembangkan velocipede uap bermesin dua silinder. 

Hanya saja, bahan bakar yang digunakan bukan menggunakan minyak, melainkan batu bara, yang dimasukan ke sebuah ketel diantara roda. Berkat batubara tenaga mesin tercipta. 

3. Sepeda motor mesin bensin 

Sepeda motor

Sepeda motor garapan  Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach pada tahun 1885. (Foto: Istimewa)

Sepeda motor saat ini sudah banyak dibenamkan dengan teknologi modern. Bahkan motor listrik yang dianggap sebagai teknologi baru mulai banyak dipasarkan. 

Namun tahukah Anda, sepeda motor bermesin pembakaran internal yang menggunakan minyak pertama kali dibuat pada tahun 1885 oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach.

Kala itu, sepeda motor garapan dua orang ini disebut Petroleum Reitwagen.

Uniknya, sepeda motor pertama buatan Daimler, bukan bermaterial logam pada bagian rangka, melainkan kayu. 

4. Sebutan nama sepeda motor ada pada tahun 1894

Sepeda motor

Hildebrand & Wolfmuller tahun 1894 kini disebuah museum. (Foto: Istimewa)

Sebelum penggunaan nama sepeda motor atau bahasa Inggris Motorcycle, maka istilah pertama kala itu adalah Patrol Bicycle. 

Nah, pada tahun 1894, sebuah perusahaan Jerman bernama Hildebrand & Wolfmuller menjadikan perusahaan pertama yang memproduksi kendaraan roda dua secara komersial.

Karena perusahaan ini dari Jerman, maka pabrikan ini menyebut kendaraan roda dua dengan pembakaran internal yaitu Motorrad, yang artinya sepeda motor. 

5. Sepeda motor juga ada mesin diesel

Royal Enfield Taurus

Royal Enfield Taurus sepeda motor bermesin diesel. (foto: Motoarzt)

Sepeda motor saat ini dominan bermesin bensin dan listrik. Lantas, apakah ada juga menggunakan mesin diesel seperti mobil dan truk?

Jawabannya ada. Ya, sepeda motor berbahan bakar solar dibuat oleh pabrikan asal Inggris, Royal Enfield sekitar tahun 90'an, bernama Taurus. 

Konon, Royal Enfield Taurus ini diproduksi secara massal, dengan bobot 432 pon dan kecepatan tertinggi mencapai 65 km per jam.

6. Helm digunakan karena kecelakaan seorang kolonel

Contoh helm full face

Contoh helm full face

Helm jadi alat wajib digunakan bagi seorang pengendara sepeda motor, karena dinilai sebagai alat keselamatan, lantaran mampu mengurangi resiko fatal jika terjadi kecelakaan. 

Namun apakah Anda tahu kapan helm pertama kali jadi bagian wajib digunakan?

Menurut data, helm wajib digunakan di Inggris setelah pada tahun 1973, mereka menerapkan undang-undang penggunaan helm bagi pengendara sepeda motor. 

Undang-undang perihal penggunaan helm ini langsung meluas di berbagai wilayah di Amerika Serikat, dan beberapa negara di dunia.

Thomas Edward Lawrence.

Kolonel Thomas Edward Lawrence saat mengendarai sepeda motornya sebelum meninggal. (roaddirt.tv)

Namun alasan munculnya kewajiban penggunaan helm disebut karena tewasnya seorang Kolonel Inggris yang sangat terkenal yaitu Thomas Edward Lawrence.

Dimana kala itu, Lawrence yang menggunakan sepeda motor Brough Superior SS100 mengalami kecelakaan, setelah hampir menabrak dua anak laki-laki yang bersepeda. 

Lawrence hilang kendali, hingga dilarikan ke rumah sakit, lalu seminggu kemudian meragang nyawa.

Karena inilah, studi terus dilakukan, mengingat helm, kala itu hanya digunakan oleh para pembalap. 

7. Sepeda Harley-Davidson pertama kecepatannya hanya 40 km per Jam

Harley-Davidson_Museum_Serial_Number_One_cropped

Salah satu Harley-Davidson pertama 

Sepeda motor Harley-Davidson dikenal sebagai merek yang kebanyakan jadi idaman para pecinta roda dua, karena model klasik namun performanya luar biasa. 

Kendati demikian, fakta cukup mencengangkannya adalah, bahwa Harley-Davidson pertama kali, kecepatannya hanya sanggup melaju 40 km per jam.

Selain itu, diketahui juga motor pertama HD ini mengusung mesin satu silinder, yang materialnya menggunakan kaleng tomat sebagai karburator.

Namun ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi, HD akhirnya berevolusi dan membuat mesin lebih besar, demikian juga dengan kecepatannya. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });