Logo Husqvarna
Husqvarna didirikan di dekat kota Huskvarna di Swedia pada tahun 1689. Perusahaan ini bermula sebagai pembuat senapan, dan logo Husqvarna masih menggambarkan pemandangan senjata yang dilihat dari ujung laras. Seperti banyak pabrikan sepeda motor, Husqvarna pertama kali mulai memproduksi sepeda pada akhir abad ke-19. Pada tahun 1903, mereka melakukan lompatan ke manufaktur sepeda motor. Sepeda motor "Husky" pertama menggunakan mesin impor, dan baru pada tahun 1918 Husqvarna mulai memproduksi mesin yang seluruhnya dibuat sendiri. Sekitar waktu itu mereka mendapatkan kontrak dengan Angkatan Darat Swedia, dan juga mulai memasuki balapan sepeda motor lintas alam dan jarak jauh. Pada tahun 1920, Husqvarna mendirikan pabrik mesinnya sendiri dan mesin pertama yang akan dirancang adalah mesin V-twin katup samping 550 cc empat-tak 50 derajat, mirip dengan yang dibuat oleh perusahaan seperti Harley-Davidson dan India. Husqvarna berkompetisi di balap jalan raya Grand Prix di kelas 350cc dan 500cc selama tahun 1930-an dan merupakan produsen sepeda motor terbesar di Swedia pada tahun 1939. Semua sepeda balap didasarkan pada prototipe V-twin 50 derajat yang dibuat oleh Folke Mannerstedt pada tahun 1931. Perusahaan tim mengalahkan tim kerja Norton di GP Swedia pada tahun 1931 dengan penyelesaian 1-2 oleh Ragnar Sundqvist dan Gunnar Kalen. Ini dan kesuksesan tahun depan membuahkan komitmen penuh pada trek GP dengan Stanley Woods dan Ernie Nott bergabung dengan tim balap Husqvarna. Tahun itu, Nott finis ketiga di 350cc Junior TT dan Woods kehabisan bensin delapan mil sebelum finis di Senior TT. Pada tahun 1935 perusahaan menarik dukungan balap, tetapi sepeda baru masih diproduksi dan balapan secara pribadi, sementara perusahaan berfokus pada produksi sepeda komuter dua langkah dan dua kecepatan baru. Tahun itu, Woods memenangkan GP Swedia (menandai tahun keempat berturut-turut yang dimenangkan oleh "Husky") dengan sepeda motor Husqvarna 500cc yang beratnya 279 pound (127 kilogram). Dengan kebangkitan motorcross sebagai olahraga, Husqvarna fokus pada produksi sepeda balap yang ringan. Mereka mengadaptasi sepeda silinder tunggal yang ringan untuk balapan dan mengirimkan "Silverpilen" yang berarti panah perak. Dengan berat 75 kg dan dirancang untuk balap, ia mendapatkan popularitas yang luas. Menggunakan banyak inovasi seperti garpu depan telescoping dan suspensi dibasahi hidrolik, itu menjadi sukses internasional. Kejuaraan motorcross 1959 diraih oleh Rolf Tibblin dan Husqvarna 250 cc miliknya. Kejuaraan dunia motorcross 500 cc tahun 1960 dimenangkan oleh Bill Nilsson dengan empat tak Husqvarna. Pada 1960-an, sepeda off-road ringan bermesin dua tak membantu membuat sepeda motor empat tak Inggris yang pernah dominan menjadi usang. Sepanjang 1960-an dan 1970-an, Husqvarna adalah kekuatan dominan di dunia motorcross, memenangkan 14 kejuaraan dunia motorcross di divisi 125 cc, 250 cc dan 500 cc, 24 kejuaraan dunia enduro, dan 11 kemenangan Baja 1000. 1983 melihat Husqvarna berinovasi lagi dengan memperkenalkan motor 500 cc yang menetapkan standar baru untuk kompetisi empat tak. Itu ringan, berpendingin udara, penanganan mudah dan mengubah masa depan sepeda motor balap off-road. Itu adalah pendahulu merek Husaberg. Pada tahun 1987, divisi sepeda motor Husqvarna (bukan senjata merek lain seperti produksi gergaji) dijual ke pabrikan sepeda motor Italia Cagiva dan menjadi bagian dari MV Agusta Motor SpA. Sekelompok manajer dan insinyur perusahaan tidak mau pindah ke Italia dan oleh karena itu mendirikan Husaberg AB - yang diakuisisi oleh KTM AG pada tahun 1995. Sepeda motor Husqvarna kemudian diproduksi di Varese, Italia. Pada bulan Juli 2007, sepeda motor Husqvarna dibeli oleh BMW seharga € 93.000.000. BMW Motorrad berencana untuk terus mengoperasikan Husqvarna Motorcycles sebagai perusahaan terpisah. Semua kegiatan pengembangan, penjualan dan produksi, serta tenaga kerja, tetap berada di lokasi Varese. BMW bermaksud memposisikan Husqvarna sebagai "versi roda dua dari Mini untuk divisi mobil BMW". Pada 31 Januari 2013 BMW Group mengumumkan bahwa Pierer Industrie AG telah membeli seluruh saham Husqvarna AG dengan harga yang dirahasiakan. CEO Pierer Industrie AG Stefan Pierer juga merupakan CEO Cross Industries AG, kemudian pemegang saham utama induk KTM-Sportmotorcycle AG KTM AG, dan CEO KTM AG. Kemudian pada tahun 2013, kepemilikan langsung perusahaan Husqvarna dialihkan dan hak lisensi dijual dari Pierer Industrie AG ke KTM AG, menjadikan Husqvarna Motorcycle GmbH yang baru menjadi bagian dari KTM Group. Produksi sepeda motor Husqvarna di Mattighofen di Austria dimulai pada 7 Oktober 2013. Pada saat yang sama, spin-off Husqvarna Husaberg kembali bersatu dengan Husqvarna, mengakhiri keberadaan merek Husaberg. Baru-baru ini, Husqvarna Motorcycles bersiap untuk kembali memasuki pasar sepeda motor jalanan. Pada tahun 2014, perusahaan mempresentasikan prototipe 401 Vitpilen dan 401 Svartpilen yang baru dikembangkan di EICMA di Milan, Italia. Versi siap produksi ditampilkan pada tahun 2016. Bersama dengan 701 Vitpilen, yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2015, sepeda motor ini tersedia untuk umum pada tahun 2018. Pada tahun 2017, Husqvarna Motorcycles memperkenalkan rangkaian baru sepeda motor enduro dengan bahan bakar dua langkah yang dikembangkan sendiri. sistem injeksi (Transfer Port Injection - TPI). Teknologi baru yang hemat bahan bakar dan dikendalikan sensor ini sesuai dengan peraturan Euro 4 untuk manajemen emisi. Saat ini terdapat 21 model motor Husqvarna yang tersedia untuk dijual di Indonesia, antara lain 1 Cruiser (Husqvarna Svartpilen 701), 17 Off-Road (Husqvarna FE 450, FE 501, TC 85 19/16, TE 300, FC 350, Supermoto 701, TC 250, FC 450, FS 450, TC 65, TE 250, Enduro 701, FC 250, FE 250, FE 350, TC 50, TX 300), dan 3 Street (Husqvarna Svartpilen 401, Vitpilen 701, Vitpilen 401).

Daftar Harga Husqvarna

Daftar Mobil HusqvarnaHarga
Harga Husqvarna TC 50
Rp 65,00TBC Juta
Harga Husqvarna TC 65
Rp 79,00TBC Juta
Harga Husqvarna TC 85 19/16
Rp 87,50TBC Juta

Motor Husqvarna di Indonesia

  • 1
  • 2
VS