window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Ducati Hypermotard 698 Mono dan DesertX Rally Resmi Meluncur di Indonesia!

Fariz · 8 Mei, 2024 09:30

Ducati Hypermotard 698 Mono dan DesertX Rally Resmi Meluncur di Indonesia! 01

Jimmy Budhijanto selaku CEO Ducati Indonesia meluncurkan 2 produk baru di "We Ride As One"
  • Diluncurkan di tempat ikonik Candi Prambanan.
  • Membuat produk Ducati di Indonesia kian beragam.

Bertepatan dengan acara “We Ride As One” di Candi Prambanan Sabtu lalu (04/05), Ducati Indonesia turut memperkenalkan dua produk terbaru, yaitu Ducati DesertX Rally dan Ducati Hypermotard 698 Mono. 

Kehadiran kedua model ini diharapkan dapat memperkaya lini produk Ducati dan memberikan pengalaman berkendara yang tak terlupakan bagi para pecinta Ducati di tanah air.

Ducati Hypermotard 698 Mono

Ducati Hypermotard 698 Mono merupakan motor 1 silinder pertama Ducati yang terlahir dari kombinasi DNA supermoto dengan DNA motor sport khas Ducati untuk memberikan sensasi fun to ride, dominating, simple, lightweight. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Hal ini terlihat dari geometri kemudi dan jarak sumbu roda, inersia roda depan yang rendah, juga distribusi bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan motor lain di segmennya. 

Baca juga: Ducati Monster 2024, Bukan Seperti yang Dulu Lagi!

Ducati Hypermotard 698 Mono

Hypermotard 698 Mono dengan tampilan ramping khas supermoto

Menerapkan teknologi teknis yang digunakan pada Ducati Panigale dari sisi mesin, elektronik hingga sasis, membuat Ducati Hypermotard 698 Mono mampu memberikan pengalaman berkendara yang baru dan berbeda saat mengendarainya.

Mesin 1 Silinder Baru

Secara teknis Ducati Hypermotard 698 Mono dirancang dan dibuat untuk mencapai performa maksimal di aspal yang dilengkapi dengan Superquadro Mono baru, mesin satu silinder tercanggih dan berperforma tinggi yang pernah dibuat. 

Mesin pemecah rekor yang memiliki tenaga maksimum 77,5 hp dan putaran maksimum 10.250 rpm yang menjadi tolak ukur baru untuk kategori tersebut. 

Mesin ini berasal dari silinder ganda pada Ducati Panigale 1299 yang menggunakan diameter piston 116 mm.

Ruang bakar menggunakan katup titanium, serta distribusi Desmodromic teknologi yang sama yang digunakan Ducati di MotoGP.

Tampilan Agresif

Dari sisi desain, Ducati Hypermotard 698 Mono hadir dengan struktur yang dirancang seringkas mungkin, menonjolkan kesan sporty yang melekat pada DNA Ducati. 

Baca juga: Ducati Lepas Panigale V4 R di Indonesia, Spesifikasinya Bikin Merinding!

Ducati Hypermotard 698 Mono

Versi RVE dilengkapi dengan grafis grafiti

Dari jok tinggi hingga buntut yang tajam, setiap elemen dirancang untuk menegaskan karakternya yang tangguh.

Mengikuti tradisi Ducati, velg palang lima dengan desain "Y" memberikan kombinasi sempurna antara keunggulan bobot ringan dan tampilan yang sporty. 

Tidak ketinggalan, knalpot ganda yang dipasang di bagian atas dan sisi ekor menghadirkan elemen khas dari keluarga Hypermotard, memastikan performa yang luar biasa di jalanan.

Yang membuat Hypermotard 698 Mono benar-benar mencuri perhatian adalah versi spesialnya, RVE, yang tampil dengan corak 'Graffiti' yang unik inspirasi dari seni jalanan, desain ini memberikan sentuhan halus dan kompleks yang membuatnya tak terlupakan. 

Baca juga: Ducati Panigale Racing Replica Masuk Indonesia, Harga Tembus Rp 2 Miliar!

Selain itu, Ducati Hypermotard 698 Mono RVE menggunakan Ducati Quick Shift (DQS) Up/Down EVO sebagai perangkat standar di motornya. 

Spesifikasi Ducati Hypermotard 698 Mono

Tipe mesin

Superquadro Mono, single cylinder, 4 katup per silinder, Desmodromic timing, 2-balance
countershafts, pendingin cairan

Kapasitas mesin 659 cc
Bore x stroke 116 x 62,4 mm
Rasio kompresi 13,1:1
Tenaga maksimal 77,5 ps @9.750 rpm
Torsi maksimal 63 Nm @8.000 rpm
Sistem bahan bakar Electronic fuel injection system, Ø e 62 mm throttle body dengan full Ride by Wire system
Transmisi 6 percepatan, slipper dan self-servo wet multiplate clutch, hydraulic control
Rangka Tubular steel Trellis frame
Suspensi depan Ø 45mm Marzocchi fully adjustable aluminum fork
Ban depan Pirelli Diablo Rosso IV, 120/70 ZR17
Suspensi belakang Progressive linkage with Sachs fully adjustable mono-shock. Aluminum double-sided swingarm
Ban belakang Pirelli Diablo Rosso IV, 160/60 ZR17
Rem depan Cakram Ø330 mm aluminum, kaliper Brembo M4.32, radial pump dengan adjustable lever, dengan Bosch Cornering ABS
Rem belakang Cakram Ø245 mm, kaliper 1 piston, dengan Bosch Cornering ABS
Tinggi jok 904,2 mm
Panjang sumbu roda 1.443 mm
Tangki bensin 12 liter
Berat isi 151 kg
Perlengkapan keselamatan Riding Modes, Bosch Cornering ABS, Ducati Traction Control (DTC), Ducati Wheelie Control (DWC), Engine Brake Control (EBC), Ducati Brake Light (DBL)*
Perlengkapan standar Power Modes, Ducati Power Launch (DLC), Full LED lighting system, Daytime Running Lights (DRL)*, Tapered aluminum handlebars, Lithium-ion battery

Ducati DesertX Rally

Ducati DesertX Rally merupakan sebuah karya yang menggabungkan keahlian Ducati dalam menciptakan motor jalan raya dengan kebutuhan menghadapi medan offroad yang paling berat. 

Dirancang untuk menaklukkan segala rintangan di luar jalan raya, DesertX Rally memadukan keunggulan performa dengan kenyamanan untuk pengendara.

Desain Khas Enduro Klasik

Dari segi desain, DesertX Rally mengusung interpretasi kontemporer dari sepeda motor Enduro era 80-an yang dirancang oleh tim ahli dari Ducati Centro Stile dengan fokus pada esensialitas dan ketahanan. 

Dengan tiga elemen makro yang mencakup bentuk keseluruhan yang unik, Ducati DesertX Rally memancarkan kekuatan dan keunikan dalam setiap detailnya.

Baca juga: Moge Ducati Harga Miliaran Laris Manis di Indonesia Karena Ini

Ducati Hypermotard 698 Mono dan DesertX Rally Resmi Meluncur di Indonesia! 03

Desain enduro era 80-an yang khas pada DesertX Rally

Ducati DesertX Rally menggunakan mesin Testastretta 937 cc dengan katup Desmodromic Testastretta 11° berpendinginan cairan. 

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 110 hp pada 9.250 rpm dan torsi maksimum 92 Nm pada 6.500 rpm dalam konfigurasi Euro5. 

Keunggulan performa Ducati yang terkenal di dunia balap dipadukan dengan keluaran tenaga yang halus serta bisa disesuaikan, memberikan kepercayaan diri ekstra bagi pengendara untuk menjelajahi segala rute. 

DesertX Rally juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, termasuk 6 riding modes yang berfungsi dengan 4 power modes yang dapat mengubah respons mesin sesuai kebutuhan pengendara. 

Baca juga: Siapa Bilang Mahal, Servis Ducati di Bengkel Resmi Cuma Rp 200 Ribuan!

Ducati Hypermotard 698 Mono

Paduan performa serta kaki-kaki mumpuni membuatnya siap diajak melahap jalur offroad

Dua pengaturan khusus untuk mode Enduro dan Rally memberikan kemampuan adaptasi yang optimal, sementara mode lainnya seperti Sport, Touring, Urban, dan Wet memberikan fleksibilitas dalam berbagai kondisi berkendara.

"Ducati Hypermotard 698 mono, motor 1 silinder pertama dari Ducati yang menyajikan sensasi fun to ride, dominating, simple, dan lightweight.” 

“Ducati DesertX Rally, sebuah motor jalan raya yang dirancang untuk menghadapi medan offroad paling berat," ucap Jimmy Budhijanto, CEO Ducati Indonesia.

Spesifikasi Ducati DesertX Rally

Tipe mesin Ducati Testastretta 11°, L-Twin cylinders, Desmodromic valve train, 4 katup per silinder, pendingin cairan
Kapasitas mesin 937 cc
Bore x stroke 94 x 67.5 mm
Rasio kompresi 13,1:1
Tenaga maksimal 110,1 ps @9.250 rpm
Torsi maksimal 92 Nm @6500 rpm
Sistem bahan bakar Bosch electronic fuel injection system, Ø53 mm throttle bodies dengan ride-by-wire system
Transmisi 6 percepatan dengan DQS, slipper dan self-servo wet multiplate clutch, hydraulic control
Rangka Tubular steel Trellis frame
Suspensi depan KYB Ø 48 mm upside-down fork, closed cartridge, compression and rebound adjustable, Kashima Coating on the outer tubes, DLC treatment on the inner tubes
Ban depan Pirelli Scorpion Rally STR 90/90 - 21 M/C 54V M+S TL (A)
Suspensi belakang KYB monoshock, Ø 46 mm
piston, fully adjustable (high and low speed compression, rebound), remote preload
adjustment, aluminum double-sided swingarm
Ban belakang Pirelli Scorpion Rally STR 150/70 R18 M/C 70V M+S TL
Rem depan Cakram ganda Ø320 mm aluminum flange semi-floating, Kaliper radial mount Brembo monobloc 4-pistons, Bosch Cornering ABS
Rem belakang Cakram Ø265 mm, kaliper Brembo floating 2 pistons, Bosch Cornering ABS
Tinggi jok 910 mm dan 885 mm dengan aksesoris low seat
Panjang sumbu roda 1.625 mm
Tangki bensin 21 liter
Berat isi 211 kg
Perlengkapan keselamatan Riding Modes, Power Modes, Engine Brake Control (EBC), Cornering ABS, Ducati Traction Control (DTC), Ducati wheelie control (DWC), Ducati brake light (DBL)
Perlengkapan standar Ducati Quick Shift up/down (DQS), Cruise control, full LED lighting system, DRL*, USB power socket, 12V socket, self canceling turn indicators, Öhlins adjustable steering damper

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });