window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

ION Mobility Gandeng TVS Bikin Motor Listrik Project Dynamo

Ilham · 28 Okt, 2023 13:00

ION x TVS Project Dynamo

ION x TVS Project Dynamo
  • Kerjasama keduanya berlangsung sejak awal tahun 2023 ini.
  • Motor listrik TVS X jadi basis Project Dynamo.

Anda masih ingat soal kolaborasi startup teknologi asal Singapura, ION Mobility dengan pabrikan motor India, TVS di bulan Februari lalu? 

Nah, hasil kerjasama keduanya akhirnya hadir di Indonesia lewat ajang IMOS+ 2023 pekan ini.

Ini merupakan proyek kolaborasi perdana ION Mobility setelah sukses memperkenalkan motor listrik M1-S.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Kerja sama tersebut dimulai pada Februari 2023 lalu setelah TVS Motor memimpin pendanaan Seri A ION Mobility sebesar US$18,7 juta sebagai investor strategis.

Baca Juga: Pabrik TVS di Indonesia Bakal Produksi Motor Listrik ION Mobility?

Gunakan Platform Motor Listrik TVS X

ION Mobility Gandeng TVS Bikin Motor Listrik Project Dynamo 01

Platformnya TVS X

Nama kolaborasi keduanya adalah Project Dynamo. Dan disebutkan jika Project Dynamo merupakan adaptasi konsep ION terhadap TVS X.

Sosok motor listrik crossover premium unggulan TVS Motor yang diluncurkan awal tahun ini. 

Melalui motor listrik ini, ION ingin memenuhi kebutuhan pengendara di Indonesia yang mengutamakan performa serta kendaraan yang efisien dan ramah lingkungan. 

"Merupakan suatu kehormatan bagi saya dan tim di ION Mobility untuk mendapatkan kesempatan bekerja sama dengan TVS Motor."

"Tentunya dengan TVS X yang luar biasa sebagai titik awal Project Dynamo,” kata Founder dan CEO ION Mobility, James Chan.

Baca Juga: TVS Gandeng ION Mobility Garap Ekosistem Motor Listrik di Indonesia dan Singapura

James menyebutkan jika nantinya dari platform tersebut akan lahir beberapa model lainnya yang juga akan disesuaikan dengan selera pasar di Indonesia. 

ION Mobility Gandeng TVS Bikin Motor Listrik Project Dynamo 02

Posisi pengisian baterai di tengah

"Basis motornya sudah sangat bagus, tapi ada beberapa hal yang mungkin belum pas untuk selera pasar di sini."

"Untuk itu kami akan membuat model lainnya yang dikembangkan dari feedback yang kami dapat dari konsumen di sini," urainya.

Diproduksi di Indonesia 

Rencananya fasilitas pabrik TVS Indonesia akan berkontribusi sebagai pusat produksi motor tersebut.

Hal ini bisa menghemat biaya produksi, sekaligus dapat meningkatkan TKDN dari produk tersebut.

Sebab Project Dynamo merupakan bagian dari komitmen jangka panjang ION Mobility terhadap industri sepeda motor listrik di Indonesia. 

Dimulai dari lini produksi paket baterai berkapasitas tinggi dan jalur perakitan kendaraan di pabrik Karawang Timur yang sedang dalam tahap akhir uji coba. 

Kedepannya, mereka berharap dapat mendorong penciptaan lapangan kerja di industri sepeda motor listrik.

Yakni melalui perekrutan tenaga kerja mandiri yang lebih besar dan membangun kolaborasi dengan supplier di Indonesia.

ION Mobility Gandeng TVS Bikin Motor Listrik Project Dynamo 03

Panel meter seperti tablet dengan ukuran besar.

James juga menyebutkan jika ION Mobility berfokus pada pengembangan motor listrik dan teknologi serta layanan pendukung bagi pengguna motor di Indonesia dan Asia Tenggara.

"Kami senang dapat memperkuat kemitraan kami untuk mendorong pertumbuhan kendaraan roda dua listrik premium di Indonesia dengan menampilkan Project Dynamo,” kata President – Group Strategy TVS Motor Company, Sharad Mohan Misra.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });