window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Mengenal Kawasaki KLX230R S, Rp 50 Jutaan Tapi Tak Bisa Turun ke Jalan

Ilham · 4 Apr, 2023 10:30

Mengenal Kawasaki KLX230R S, Rp 50 Jutaan Tapi Tak Bisa Turun ke Jalan 01

Tampangnya mirip motocross sejati, Kawasaki KX.
  • Khusus dijual dengan status off the road.
  • Tak dilengkapi perlengkapan lalu lintas.

Varian motor 'jangkung' dari Kawasaki Indonesia terbilang beragam. Tengok saja deretan tipe dual purpose yang masih berstatus street legal, hingga yang peruntukannya khusus seperti motor hobi, Kawasaki KLX230R S.

Yup, meski berbasis sama seperti motor trail dual purpose Kawasaki KLX230, tapi Kawasaki KLX230R S tidak berstatus street legal. Sebab motor ini tak dibekali dengan perlengkapan lalu lintas. Sehingga tak bisa dipakai di jalan raya. Lalu seperti apa detailnya?

Baca Juga: Alasan Kawasaki Indonesia Hanya Lepas Ninja ZX-4RR Versi Tertinggi

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Kawasaki KLX230R S Motocross Sejati

Dilihat dari tongkrongannya, motor ini tampil ala motocross sejati yang kerap turun di arena kompetisi. Hal ini seperti hadirnya cover number sebagai pengganti batok lampunya. 

Mengenal Kawasaki KLX230R S, Rp 50 Jutaan Tapi Tak Bisa Turun ke Jalan 01

Lalu desain bodi terlihat lebih ramping dan absennya spakbor belakang. Tutup tangkinya pun berbeda dengan model motocross yang dilengkapi dengan selang udara.

Bagian setang dan kokpitnya pun minimalis. Tak ada panel spidometer yang tertanam di motor ini. Lekuk setangnya lebih rendah dengan hadirnya selongsong gas spontan dan sudut belok 108 mm/25,7 derajat.

Kombinasi ban depan 18 inci dan belakang 21 inci membuat Kawasaki KLX230R S cocok dipakai untuk trabasan ke kawasan perbukitan medan berat. Suspensi depannya memang mirip dengan KLX230 S, yakni teleskopik 37 mm. Bukan up side down seperti KLX230 SE. Meski demikian jarak travelnya cukup besar, yakni 230 mm.

Mengenal Kawasaki KLX230R S, Rp 50 Jutaan Tapi Tak Bisa Turun ke Jalan 02

Tanpa spakbor belakang

Sedangkan suspensi belakangnya bertipe monosok Uni Trak adjustable spring preload. Jarak mainnya mencapai 233 mm. Oiya, motor dengan jarak terendah ke tanah 275 mm ini punya tinggi jok 900 mm, atau lebih rendah 25 mm dari KLX230R.

Baca Juga: Reinkarnasi Kawasaki Eliminator 400, Modal Mesin Ninja Dijual Rp 99 Juta!

Mesin Lebih Bertenaga

Ditengok dari mesinnya, Kawasaki KLX230R S memang memakai basis yang sama dengan KLX230 S. Di mana tertanam tipe 4-tak, 233 cc SOHC berpendingin udara. 

Mengenal Kawasaki KLX230R S, Rp 50 Jutaan Tapi Tak Bisa Turun ke Jalan 03

Mesin identik KLX230.

Tenaganya mencapai 20 PS atau lebih besar dari KLX230 S yang berdaya 19 PS. Mesin dengan sistem injeksi 32 mm ini dilengkapi transmisi manual 6-speed. 

Harga Terjangkau

Sebagai motor hobi, banderol Kawasaki KLX230R S cukup terjangkau, yakni Rp 50,4 juta. Sedikit lebih tinggi dari KLX230 S yang dilepas Rp 49,9 juta.

Mengenal Kawasaki KLX230R S, Rp 50 Jutaan Tapi Tak Bisa Turun ke Jalan 04

Tapi terlihat lebih murah jika disandingkan dengan KLX230 SE seharga Rp 54,9 juta. Bahkan dibandingkan sesama varian non street legal, seperti Kawasaki Stockman (Spesifikasi | Berita) yang dilepas Rp 57,5 juta. Lumayan kan?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });