window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

MotoGP Portugal: Penuh Drama, Sang Rookie Curi Atensi!

Ary · 25 Mar, 2024 11:00

MotoGP Portugal 2024

MotoGP Portugal 2024, foto: Tech3 Racing
  • Jorge Martin memenangkan balapan sekaligus merebut puncak klasemen sementara
  • Bagnaia dan Marquez adu kontak dan membuat keduanya terjatuh
  • Vinales kehilangan podium akibat masalah girboks
  • Pembalap rookie unjuk gigi di putaran kedua

Jorge Martin membuktikan diri sebagai yang terbaik lantaran menjadi pemenang di laga puncak. Namun, jalannya balapan MotoGP Portugal yang berlangsung pada Minggu (24/3/2024) juga penuh dengan drama. 

Pembalap Prima Pramac Racing sendiri memang begitu digdaya sepanjang balapan. Setelah berhasil mengamankan posisi terdepan di putaran awal, Martin tampil begitu rapi meski terus dikuntit oleh Maverick Vinales (Aprilia Racing) dan Enea Bastianini (Ducati Lenovo). 

Sementara di rombongan belakang, Pedro Acosta (GasGas Tech3) justru berhasil mencuri perhatian khalayak.  Upaya pembalap rookie untuk maju terjadi saat pertengahan balap. 

Rookie Penakluk Juara Dunia

Datang dari urutan 8, sang rookie MotoGP 2024 berhasil melakukan overtake terhadap duet joki pabrikan KTM yaitu Jack Miller dan Brand Binder. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Pedro Acosta MotoGP Portugal

Aksi Pedro Acosta setelah melewati Marc Marquez

Baca juga: Cek Harga Motor Trail 150 cc Merek Jepang, Ini Paling Murah!

Tak berhenti di situ, beberapa lap berikutnya pembalap GasGas Tech3 berhasil merebut posisi kelima dari Marc Marquez (Gresini Racing) selaku pencatat enam kali juara dunia MotoGP. 

Selanjutnya, otomatis Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) turut serta masuk dalam target pembalap Spanyol ini. Meski sempat gagal fan nyaris terjatuh saat melakukan percobaan pertama, Acosta berhasil melewati juara dunia MotoGP dua kali itu pada tikungan 3 Sirkuit Algerve, Portimao. 

Tabrakan Bagnaia dan Marquez

Pasca ini pula rangkaian drama terjadi, sementara balapan menyisakan 5 lap. Secara tiba-tiba Marquez mendekati Bagnaia dan berpeluang untuk merebut tempat pembalap tim pabrikan Ducati. 

Marquez mendapat celah untuk mengambil sisipaling dalam saat memasuki tikungan 5. Namun saat keluar tikungan, posisinya agak keluar sementara Bagnaia berada di sisi dalam untuk mempertahankan posisinya. 

Insiden Marquez Bagnaia MotoGP Portugal

Marquez dan Bagnaia terlibat insiden di tikungan 5

Baca juga: Mulai Rp 2 Jutaan, RIT Sewakan Motor Untuk Track Day di Mandalika

Ketika keluar tikungan ini lah adu kontak terjadi dan membuat keduanya tersungkur ke sisi lintasan. Marquez bergegas melanjutkan balapan, sedangkan Bagnaia memilih kembali ke paddock. 

Vinales High side di Lap Terakhir

Tapi, kekecewaaan terbesar jelas dirasakan oleh Vinales di seri kali ini. Podium kedua di depan mata yang diharapkan bersanding dengan medali  juara Sprint Race, hilang di depan mata. 

Secara tiba-tiba, dirinya dilewati oleh Bastianini pada trek lurus sebelum tikungan pertama. Saat itu pula, pembalap Aprilia tampak memberikan isyarat dengan kaki kanannya sebagai penanda sesuatu yang tidak beres terjadi pada motornya. 

Kemungkinan besar motor Vinales bermasalah pada sektor teknis yaitu girboks. Hal tersebut pun dibenarkan sang pembalap usai balapan. Akan tetapi nahasnya, setelah melebar di tikungan pertama Vinales malah high side di mana terjadi pada lap terakhir. 

Vinales MotoGP Portugal

Vinales kehilangan podium di depan mata

Baca juga: Lebaran Mau Pakai Motor Baru? Sikat Nih Promo Vespa dan Aprilia

Otomatis, posisi ketiga menjadi milik Acosta. Ia pun berhasil mengangkat trofi pertamanya untuk tim GasGas Tech3. Selain itu, Acosta juga mencatatkan diri sebagai peraih podium tiga termuda di kejuaraan MotoGP. 

Di sisi lain. Martin kini memimpin klasemen sementara MotoGP 2024 dengan torehan 60 poin. Kemudian Binder serta Bastianini berada di bawahnya yaitu posisi dua dan tiga. 

Untuk sementara ini pula Bagnaia ada di urutan 4. Nir poin di balapan utama MotoGP Portugal membuatnya turun tiga posisi dari sebelumnya sebagai pemuncak klasemen. 

Klasemen Sementara MotoGP 2024
1. Jorge Martin (Prima Pramac Racing) 60 poin
2. Brad Binder (Red Bull KTM Factory) 42 poin
3. Enea Bastianini (Ducati Lenovo) 39 poin
4. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) 37 poin
5. Pedro Acosta (Red Bull GasGas Tech3) 28 poin
6. Marc Marquez (Gresini Racing) 27 poin
7. Aleix Espargaro (Aprilia Racing) 25 poin
8. Maverick Vinales (Aprilia Racing) 19 poin
9. Jack Miller (Red Bull KTM Factory) 16 poin
10.F Di Giannantonio (Pertamina Enduro 46 Racing) 15 poin
11.Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) 15 poin
12.Alex Marquez (Gresini Racing) 13 poin
13.Marco Bezzechi (Pertamina Enduro VR46 Racing) 12 poin
14.Miguel Oliveira (Trackhouse Racing) 8 poin
15.Joan Mir (Repsol Honda ) 7 poin
16.Augusto Fernandez (GasGas Tech3) 5 poin
17. Johann Zarco (Castrol Honda LCR) 5 poin
18.Alex Rins (Monster Energy Yamaha) 3 poin
19.Takaaki Nakagami (Idemitsu Honda LCR) 2 poin
20. Luca Marini (Repsol Honda) 0
21.Franco Morbidelli (Prima Pramac Racing) 0
22. Raul Fernandez (Trackhouse Racing) 0

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });