window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Pertama Kali Jajal Ducati, Marquez Grogi sampai Mules!

Herdi · 3 Jan, 2024 16:30

Marc Marquez kini bergabung dengan Grecini Racing

Marc Marquez bergabung dengan tim Gresini Racing di musim MotoGP 2024
  • Marc Marquez siap balapan MotoGP bersama Gresini Racing
  • Marc Marquez akhirnya bisa berkomentar bersama Gresini Racing

MotoGP 2024 menjadi babak baru bagi Marc Marquez setelah memutuskan membalap bersama tim Gresini Racing. Ia pun sempat menjajal Ducati Desmosedici di Valencia, Spanyol yang menjadi tunggangannya.

Sayang, kali itu tak ada sedikit pun komentar dari sang pembalap. Setelah mengakhiri kontraknya dengan Honda pada 31 Desember 2023, Marc Marquez akhirnya secara resmi bisa berkomentar mengenai kesan-kesan menunggangi Desmosedici di Sirkuit Ricardo, Tormo, Valencia, Spanyol.

Baca juga: Fakta Marc Marquez dan Repsol Honda Dalam Angka

Lantas, bagaimana pendapat Marquez yang sudah sebelah 11 tahun menggunakan RC213V, kini beralih menjadi Ducati Desmosedici?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Ducati

Ducati Desmosedici jadi tunggangan baru Marc Marquez

Menurut Marc Marquez, setelah pengetesan beberapa waktu lalu, ada banyak hal dan banyak perubahan sangat besar yang dialami, meski sudah belasan tahun mengendarai motor balap. 

"Saya grogi, perut saya terasa ada kupu-kupu (perut nggak enak)," ungkap Marc Márquez seperti dilansir Speedweek, dua hari lalu (1/1/2024).

Baca juga: Langsung Gacor, Marc Marquez Semringah Usai Jajal Ducati Desmosedici GP23

Kendati demikian, Marquez mengaku sudah bisa beradaptasi lebih cepat dari yang diperkirakan. 

"Saya dengan cepat merasa sangat nyaman, perasaannya sangat baik. Saya meningkatkan kecepatan tanpa berusaha terlalu keras," jelasnya.

Marc Marquez dan Alex Marcuez bersama tim Grecini Racing

Marc Marquez dan Alex Marquez bersama tim Gresini Racing 

Seperti diketahui, pembalap yang disebut Baby Alien sudah melakukan uji resmi motor Ducati Desmosedici pada akhir November 2023 lalu. 

Baca juga: Marc Marquez Banjir Sponsor Indonesia, Resmi Berlabuh ke Gresini Racing di MotoGP 2024!

Hasilnya, dia sanggup melahap 49 lap dan menjadi yang tercepat keempat dengan catatan rata-rata 1 menit 29 detik.

Kecepatan Marquez ini hanya selisih 0,171 detik, dari pemimpin puncak kala itu yakni Maverick Vinales (Aprilia Racing). 

Tidak Mau Membandingkan

Marc Marquez

Marc Marquez saat melakukan uji Ducati Desmosedici di sirkuit Ricardo, Tormo, Valencia, Spanyol.

Marquez memang pembalap yang cukup ramah. Hal ini terlihat saat beberapa kali dirinya datang ke Indonesia saat bersama Repsol Honda.

Maka dari itu, saat ditanya oleh banyak wartawan bagaimana perbedaan antara Honda dan Ducati, pembalap yang memenangkan MotoGP sebanyak enam kali gelar juara dunia tersebut enggan membeberkannya. 

"Saya tidak suka membandingkan motor, apalagi di depan umum. Tetapi Ducati adalah motor berbeda yang membutuhkan gaya berkendara berbeda," sahut Marquez.  

Marc Marquez saat melakukan uji Ducati Desmosedici GP23 di sirkuit Ricardo, Tormo, Valencia, Spanyol.

Marquez butuh konsistensi dari Ducati

"Saya beralih ke motor juara dunia, jadi itu ada di tangan saya. Ada banyak pembalap yang cepat dengan motor ini," sambungnya.

Marquez mengakui dirinya terasa cukup cepat dengan menunggangi Ducati Desmosedici. 

Akan tetapi, pemilik nomor 93 itu mengaku harus banyak berbenah untuk melakukan beberapa peningkatan.

"Bukan menjadi lebih cepat saja, tapi yang terpenting adalah untuk lebih konsisten," tuturnya. 

Pertama Kali Jajal Ducati, Marquez Grogi sampai Mules! 05

Faktor tunggangan yang tak kompetitif disebut jadi alasan kepindahan Marquez

Bagi Márquez di dunia balap bukan hanya sang pembalap saja yang berkontribusi, tapi juga ada tim di balik itu semua. 

Oleh karenanya, dia mengakui bahwa komunikasi dengan tim sangat perlu ditingkatkan. 

Hal ini pula yang membuat Marquez menarik salah satu mekanik kepercayaannya dari Honda, yaitu Javi Ortiz. Dan, dia juga mendapatkan kepala kru baru di garasi Gresini Racing yaitu Frankie Carchedi.

"Saya sudah bekerja dengan orang yang sama selama sebelas tahun, sekarang grup baru, tapi saya diterima dengan sangat baik di keluarga ini (Gresini-Ducati). Semuanya sangat menyenangkan. Itu juga membantu saya menjadi lebih santai," katanya. 

Layak ditunggu nih aksi dan performa Marquez bersama Ducati di MotoGP 2024!


 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });