Test Ride Yamaha Aerox 155 Connected 2021, Pembuktian Skutik Favorit Anak Muda

Dikenalkan pertama kali sejak 2016 lalu dengan bentuk yang berubah total dan kapasitas mesin ditingkatkan, Yamaha Aerox 155 VVA menyapa konsumen tanah air. Lalu dipenghujung tahun 2020 lalu, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis generasi baru yang disebut Yamaha Aerox 155 Connected 2021.

Skutik ini disukai anak-anak muda lantaran penampilannya yang sporty dan juga dimensinya yang cukup besar juga gagah. Performa mesin Blue Core 155 cc yang jadi andalannya diklaim sangat memuaskan, namun tetap memiliki konsumsi bahan bakar yang masih terbilang hemat.

Tapi apakah benar skutik ini semenarik yang orang-orang bilang? Kami akan membuktikan sendiri dengan menguji langsung Yamaha Aerox 155 Connected 2021 tipe ABS untuk Anda.

Penilaian kami lakukan dengan menggunakan Autofun Rating System. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penilaian dengan Autofun Rating System, Anda bisa membacanya pada link di bawah ini.

Baca juga : Mengenal Autofun Rating System, Cara Penilaian Kami Untuk Mereview Sepeda Motor

Jadi sekarang mari ketahui lebih lengkap hasil pengetesan kami terhadap Yamaha Aerox 155 Connected 2021.

Performa Yamaha Aerox 155 Connected 2021 : 56/70 Poin - Memuaskan Untuk Harian

Mesin 155 cc, SOHC 4 katup pendingin cairan dengan sokongan katup VVA (Variable Valve Actuation) sangat memuaskan. Jantung mekanis ini terasa ringan dan tanpa masalah menggerakkan skutik berbobot 125 kg.

Di atas kertas, mesin Blue Core yang menjadi andalannya ini memiliki rasio kompresi 11,6 : 1. Tenaga yang mampu dicapai diangka 15,36 PS pada 8.000 rpm serta torsi maksimal mencapai 13,9 Nm di 6.500 rpm.

Baca juga : Perubahan Signifikan Yamaha Aerox 155 Connected 2021, Simak Beda Dari Generasi Sebelumnya

Mesin Yamaha Aerox 155 Connected 2021.

Respon mesinnya ini tergolong sigap. Akselerasi saat dipakai dikemacetan kota yang cenderung stop & go juga sangat menyenangkan. Untuk rider berkarakter agresif akan sangat menyukainya.

Saat membutuhkan akselerasi dari kecepatan menengah untuk menggapai kecepatan tinggi juga tak butuh effort berlebih, karena mesin akan langsung merespon. Hanya saja dari kecepatan menengah sampai atas (60-100 km/jam), pertambahan laju motor tak terlalu cepat.

Performa mesinnya ini kami uji menggunakan Racebox yang berbasis satelit dengan tester berbobot 74 kg. Hasilnya untuk berakselerasi 0-100 km/jam membutuhkan waktu 19,3 detik dan bisa dicapai dengan jarak 370 meter saja.

Baca juga : Tak Lagi Impor, Filipina Akan Produksi Sendiri Yamaha Nmax 155 2021 dan Aerox 155 2021

Akselerasi cepat Yamaha Aerox 155 Connected 2021.

Kecepatan tertinggi yang muncul pada Racebox mencapai 101,2 km/jam. Kemudian untuk menempuh jarak 402 meter dibutuhkan waktu 20,46 detik. Selengkapnya bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Data Akselerasi Yamaha Aerox 155 Connected 2021
Tipe Mesin 4-tak, SOHC 4 katup VVA, Blue Core
Transmisi Otomatis CVT
Tenaga 15,3 PS @ 8.000 rpm
Torsi 13,9 Nm @ 6.500 rpm
Berat Isi 125 kg (Connected/ABS)
0-60 km/jam 6,1 detik
0-80 km/jam 10,5 detik
0-100 km/jam 19,3 detik
60-100 km/jam 13,1 detik
0-100 meter 8,24 detik
0-201 meter 12,78 detik
0-402 meter 20,4 detik
Top speed Spidometer 116 km/jam
Top speed Racebox 110 km/jam

Hasil pengukuran akselerasi Yamaha Aerox 155 Connected 2021.

Performa berkendara dari motor ini juga sangat memuaskan. Handling motor terasa ringan, dan minim gejala limbung kala melibas tikungan beruntun dengan cepat. Hal ini didukung performa pengereman yang cukup baik dengan cakram di depan dan tromol di belakang.

Detail Nilai Performa Berkendara
Mesin Akselerasi 8/10
Akselerasi Menengah 7/10
Respon Bukaan Gas 9/10
Transmisi Kehalusan Kinerja 4/5
Efisiensi 3/5
Putaran Menengah 1/2
Handling Keseimbangan 5/6
Kemudahan Manuver 6/7
Kinerja Suspensi 5/7
Rem Daya Pengereman 4/5
Feeling Pengereman 4/5
Total    56 / 70 poin

Kenyamanan Berkendara Yamaha Aerox 155 Connected 2021 : 29 / 50 Poin - Busa Jok Kaku

Saat mendudukinya, Yamaha Aerox 155 Connected 2021 ini terasa tinggi. Namun ketinggian jok yang mencapai 790 mm masih nyaman untuk rider berpostur 172 cm dan kaki pun bisa menapak permukaan jalan dengan nyaman.

Posisi setang yang agak rendah, membuat tangan pengendara masih santai. Namun area pijakan kaki hanya menyisakan sedikit ruang di bagian depan untuk sepatu berukuran 44. Wajar karena skutik ini berkonsep sporty.

Baca juga : Tertarik Kredit Skutik Sport Yamaha Aerox 155 Connected? Ada Potongan DP Rp 1 Juta

Jok Yamaha Aerox 155 Connected terasa lebih kaku.

Hanya saja yang menjadi catatan, busa jok terasa kaku dibanding model sebelumnya. Sehingga baru dipakai berkendara kurang lebih 30 menit, akan terasa panas pada bokong. Untungnya kulit jok yang digunakan tidak licin.

Melewati beragam kondisi jalan, cukup nyaman berkat karakter suspensi depan yang empuk, sayangnya mudah sekali bottoming (mentok). Sedangkan suspensi belakang karakternya terasa pas. Dipadu profil ban tebal, lubang kecil dan speed trap nyaman saja dilibas.

Suspensi depan terlalu empuk hingga mudah mentok.

Kinerja mesin yang halus tentunya akan menambah kenyamanan berkendara. Pada Yamaha Aerox 155 Connected 2021 ini masih ada sedikit vibrasi halus yang terasa pada setang khas skutik 155 Yamaha. Namun gejala 'gredek' saat awal berakselerasi, tak terasa sama sekali.

Baca juga : Simak Beberapa Pertanyaan Yang Sering Dilontarkan Terkait Yamaha Aerox 155 Connected 2021

Detail Nilai Kenyamanan Berkendara
Suspensi 8/15
Kenyamanan Jok 5/10
Ergonomi 9/15
Kehalusan Mesin 7/10
Total 29 / 50 Poin

Konsumsi Bahan Bakar Yamaha Aerox 155 Connected 2021 : 19 / 30 Poin - Lumayan Irit

Dengan dipakai berkendara normal dan diisi menggunakan bahan bakar oktan 92, konsumsi bahan bakarnya tergolong masih irit. Apalagi juga sempat dipacu hingga kecepatan maksimal kala jalanan kosong.

Skutik ini kami pakai melewati beragam kondisi jalan dan lalu lintas, dengan total jarak tempuh 209,7 km. Hasilnya, pada informasi konsumsi bahan bakar rata-rata, muncul angka 43,1 km/liter.

Konsumsi bahan bakar masih tergolong irit.

Meski tak berbeda jauh, konsumsi bahan bakar sedikit lebih rendah kala dihitung menggunakan metode full to full. Konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 42,5 km/liter. Akurasi perhitungan pada panel meter sangat baik.

Detail Nilai Konsumsi Bahan Bakar
Konsumsi Bahan Bakar 11/20
Akurasi Indikator Fuel Meter 8/10
Total 19 / 30

Kualitas dan Fitur Yamaha Aerox 155 Connected 2021 : 34/50 Poin - Salah Satu Yang Terbaik

Salah satu daya tarik untuk skutik ini adalah hadirnya warna baru yang disebut prestige silver, seperti pada unit yang kami pakai. Warna ini nampak mewah dan semakin mengesankan tampilannya yang sporty.

Kualitas plastik yang dipakai sudah cukup bagus, sambungan antar panel dan celah bodi juga rapat termasuk finishing part bodi yang halus dan rapi. Namun sedikit catatan untuk penutup konsol depan yang terasa kurang solid.

Baca juga : Honda ADV 150 2021 VS Yamaha Aerox 155 Connected 2021, Siapa Paling Canggih Diantara Keduanya?

Penutup konsol depan terasa kurang solid.

Soal fitur keselamatan, untuk varian tetinggi sudah cukup memadai dengan hadirnya rem ABS (Anti-lock Braking System). Juga Parking Brake Lock yang membuat motor tak mudah bergerak saat parkir atau  berhenti di jalanan tak rata.

Penggunaan lampu depan LED dengan LED DRL juga menambah rasa aman saat berkendara malam hari. Jangan lupa posisi lampu sein yang terpisah, membuat nyalanya mudah terlihat oleh pengendara lain.

Fascia depan dengan lampu utama yang sudah full LED.

Pada konsol depan, terdapat sebuah USB Port yang bisa digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone. Meski sayangnya, konsol ini tak terlalu dalam, sehingga tak bisa menampung smartphone ukuran sedang.

Panel meter digital yang jadi andalannya memiliki beragam informasi, seperti spidometer, takometer, fuel meter, trip meter, konsumsi bahan bakar rata-rata dan aktual, jam digital, voltmeter, oil trip, v-belt trip hingga indikator VVA.

Jangan lupakan juga fitur Y-Connect yang membuat motor bisa terhubung dengan smartphone pengguna. Jika sudah terhubung, ada indikator baterai smartphone, indikator koneksi, indikator pesan dan indikator telfon pada layar panel meter.

Baca juga : Naksir Yamaha Aerox 155 Connected 2021? Ini Hal Yang Patut Jadi Petimbangan Sebelum Membeli

Fitur konektivitas sudah jadi standar.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, kalian harus mengunduh aplikasi Y-Connect, mendaftar dan memasukkan VIN number kendaraan. Kemudian hubungkan lewat fitur Bluetooth. Kapan lagi dapat fitur konektivitas untuk skutik 155 cc bukan?

Detail Nilai Kualitas & Fitur
Kualitas Keseluruhan Material 4/6
Kualitas Perakitan 4/6
Kualitas Cat 4/6
Fitur Fitur Keselamatan 7/12
Akomodasi 7/10
Informasi 8/10
Total   34 / 50 Poin

Harga dan Biaya Yamaha Aerox 155 Connected 2021 : 37 / 50 - Value For Money

Yamaha Aerox 155 Connected 2021 yang kami uji sudah berteknologi ABS, dilepas dengan harga Rp 29 juta. Ada pula varian ABS edisi MotoGP yang dilepas Rp 29,5 juta. Tapi untuk varian termurah bisa ditebus dengan Rp 25,5 juta tanpa menggunakan rem ABS.

Yamaha Aerox tipe tertinggi dilepas Rp 29 juta.

Biaya perawatan untuk Yamaha Aerox 155 Connected di wilayah Jakarta, mulai dari Rp 85 ribu untuk servis ringan. Lalu servis CVT sebesar Rp 80 ribu. Lalu harga oli Yamalube Super Matic Rp 66,5 ribu. Biaya servis selengkapnya ada di bawah ini.

Baca juga : Yamaha Aerox 155 Connected Tampil Ala Tunggangan MotoGP, Antara Gaya Atau Fungsi?

Biaya Servis
1 bulan 1.000 km Free
4 bulan 4.000 km Rp 83.500
8 bulan 8.000 km Rp 66.500
12 bulan 12.000 km Rp 140.500
16 bulan 16.000 km Rp 168.500
20 bulan 20.000 km Rp 221.500
24 bulan 24.000 km Rp 447.500
28 bulan 28.000 km Rp 151.500
32 bulan 32.000 km Rp 204.500
36 bulan 36.000 km Rp 168.500
*sumber : Yamaha Era Motor Pasar Minggu, Jakarta

Dengan empat buah Kupon Service Gratis (KSG) yang disiapkan pabrikan, praktis dalam satu tahun pertama untuk merawat Yamaha Aerox 155 Connected tergolong sangat murah. Pabrikan juga memberikan garansi umum selama satu tahun / 12.000 km, lalu garansi kelistrikan dua tahun / 24.000 km, garansi mesin sampai tiga tahun / 36.000 km dan garansi forged piston & DiAsil Cylinder serta komponen FI hingga lima tahun / 50.000 km.

Biaya perawatan Yamaha Aerox 155 Connected 2021 masih terjangkau.
Harga & Biaya Yamaha Aerox 155 Connected 2021
Harga Harga Unit 14/20
Garansi 8/10
Biaya Perawatan 8/10
Bahan Bakar 7/10
Total   37 / 50

Kesimpulan Yamaha Aerox 155 Connected 2021 : 172/250 Poin

Skutik ini memiliki penampilan sporty dan gagah yang sesuai selera anak-anak muda. Fitur oke, performa memuaskan dan konsumsi bahan bakarnya juga terbilang irit walau dikendarai secara agresif.

Namun beberapa kekurangan kami temukan selama pengetesan, seperti suspensi depan yang terlalu empuk sampai mudah bottoming, jok yang terasa kaku dan tutup konsol depan yang terasa kurang solid.

Grafik penilaian Yamaha Aerox 155 Connected 2021.

Baca juga : Harga Yamaha Aerox 155 Bekas lebih Tinggi dari Honda Vario 150, Siapa paling Layak Beli?

Total Poin Keseluruhan
Performa 56/70
Kenyamanan Berkendara 29/50
Konsumsi Bahan Bakar 19/30
Kualitas & Fitur 34/50
Harga & Biaya 37/50
Total 175 / 250

Namun kekurangan-kekurangan tadi masih bisa diperbaiki dan dimaklumi. Dua varian yang ditawarkan terpaut Rp 3,5 juta dengan perbedaan hanya pada sistem pengeremannya yang pakai ABS.

Yamaha Aerox 155 Connected, favorit anak muda.

Pada akhirnya Yamaha Aerox 155 Connected 2021 merupakan skutik yang layak dibeli, dan memiliki value for money yang cukup baik. Dengan segala keunggulannya tadi, tak heran jika skutik ini menjadi favorit anak-anak muda.

Spesifikasi Yamaha Aerox 155 Connected
Dimensi
P x L x T 1.980 x 700 x 1.150 mm
Sumbu Roda 1.350 mm
Jarak Terendah 143 mm
Tinggi Tempat Duduk 790 mm
Berat Isi 122 kg & 125 kg (Connected/ABS)
Kapasitas Tangki 5,5 liter
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup VVA
Kapasitas 155 cc
Diameter x Langkah 58 x 58,7 mm
Rasio Kompresi 11,6 : 1
Tipe Pendingin Cairan
Transmisi Otomatis CVT
Tenaga Maksimum 15,3 PS @ 8.000 rpm
Torsi Maksimum 13,9 Nm @ 6.500 rpm
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe sasis Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Ban Depan 110/80-14
Ban Belakang 140/70-14
Harga
Varian Connected Rp 25,5 juta
Varian Connected/ABS Rp 29 juta
Varian Connected/ABS-MotoGP Rp 29,5 juta
*harga on the road Jakarta
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Aerox 155
Lihat