Video : Yamaha Qbix 125 2021, Andalkan Bentuk Unik dan Dijual Rp 100 Juta!

Ketika mendengar nama Yamaha Qbix 125 2021 pasti banyak dari kalian yang masih asing bukan? Wajar saja, karena produk Yamaha ini dijual di Thailand, sehingga tak banyak yang tahu.

Tapi tahukah kalian, Safari Motor sebagai salah satu importir umum, mendatangkan motor ini ke Indonesia loh. "Total kita masukin 25 unit Yamaha Qbix 125," kata Kamal Firhad, pemilik Safari Motor kepada Autofun Indonesia beberapa waktu lalu.

Iya kalian tak salah baca, harga Yamaha Qbix 125 ini dilepas Rp 100 juta pas. Kemahalan? Itulah kenapa ini bukan skutik untuk kaum mending-mending, toh saat kami datang, stoknya tinggal tersisa 5 unit saja.

Bukti kalau banyak orang 'gila' di Indonesia, yang maniak dengan motor unik seperti ini. Dan menilik situs resmi Yamaha Thailand, unit yang didatangkan Safari Motor adalah Yamaha Qbix 125 tipe S.

Tipe tengah-tengah ini harga asli di Thailand sana diangka 56.900 bath atau jika dikonversikan sekitar Rp 24,2 jutaan. Maklum jika melonjak berkali-kali lipat karena ada banyak biaya seperti biaya impor, ongkos kirim, uji tipe untuk legalitas kendaraan dan bea balik nama.

Pasti kalian gak mau dong, sudah beli motor unik dengan harga tinggi tapi gak ada surat-suratnya alias bodong? Tentunya mereka yang beli motor ini pun ogah repot karena motor yang dibelinya tak punya legalitas resmi.

Oke, sekarang apa nih yang jadi nilai jual skutik satu ini? Yuk simak sama-sama.

Baca juga : Selain Yamaha Mio Karbu, 3 Motor Bekas Ini Harganya Cuma Rp 2 Jutaan

Desain bodi depan unik dan mengotak.

1. Desain

Ini sih yang jadi daya tarik utamanya, desainnya unik karena serba mengotak. Selain bodi-bodinya, bentuk lampunya pun juga mengotak. Selama pengetesan, semua mata tertuju pada sosok motor berkelir putih dan merah ini.

Bentuk bodi depannya ini unik lucu, kotak menjuntai ke bawah dengan lampu depan LED vertikal. LED DRL-nya berupa garis panjang yang mengapit lampu utamanya. Cuma sayang saja lampu sein masih bohlam, duh!

Baca juga : Kembali Bersolek, Ini 5 Keunggulan Yamaha Mio M3 125 2022

Yang unik jika dilihat dari samping, antara bodi depan dan dek nampak seperti tempelan. Dek sendiri semi rata, karena bagian tengah tetap menonjol karena ada tangki bahan bakar di baliknya.

Bodi depan dan dek dibuat seolah tak menyatu.

Nah bodi belakang nampak berisi dan punya bentuk persegi panjang, dengan ornamen garis cetakan bodi agar tak monoton. Bodinya ini juga terlihat lebih pendek dari ujung roda belakang.

Gak heran deh kalau sepakbor belakang ala-ala motor sport yang model menggantung. O iya, pada bodi belakang juga ada behel model terpisah yang juga memberikan kesan kokoh.

Bentuk buritan unik.

Untungnya Yamaha Thailand tak memasangkan pelek palang 5 legendaris pada motor ini. Gantinya adalah pelek ring 12 inci palang 6 seperti milik Yamaha Freego. Dengan ban profil tebal, motor ini jadi terlihat menggemaskan.

2. Bagasi Ekstra Luas

Agak tak disangka jika skutik ini punya bagasi yang ekstra luas. Dibilang ekstra karena untuk skutik 125 cc Yamaha, rasanya Qbix 125 ini yang paling besar bagasinya.

Baca juga : Berlabel Skutik Murah Tapi Bukan Murahan, Benarkah Yamaha Gear 125 2021 Layak Beli?

Bisa menampung helm full face dan masih menyisakan banyak ruang untuk membawa barang lain. Apalagi bagasinya juga dilengkapi dengan lampu LED untuk memudahkan saat mengambil barang kala gelap.

Bagasi ekstra luas, lebih besar dari skutik 125 cc Yamaha lainnya.

Bagasi besar ini tentunya tak lepas dari posisi tangki bahan bakar yang letaknya ada di bawah dek pijakan kaki. Tapi mulut tangki bukan di atas sepeti Freego ya, tetap di bawah dek yang aksesnya bisa dibuka lewat rumah kunci kontak.

3. Mesin Yamaha Mio M3 125

Awalnya kami mengira basis mesin yang dipakai adalah Yamaha Freego, maklum melihat pelek Freego langsung terpikir seperti itu. Tapi saat menghidupkan mesin, loh masih ada suara dinamo starternya ternyata.

Ya setelah ditelisik, ini artinya basis mesinnya sama dengan Yamaha Mio M3 125. Lihat spesifikasi mesinnya yang 4-tak, SOHC 2 katup pendingin udara, injeksi dan usung teknologi Blue Core.

Baca juga : Perbandingan Cicilan Honda Beat dan Yamaha Gear 125, Sama-sama Dipatok Mulai Rp 700 Ribuan

Mesin identik dengan milik Yamaha Mio M3 125.

Kapasitas mesin 125 cc berkat piston ukuran 52,4 mm dan langkah piston 57,9 mm. Sayangnya tak ada data tenaga dan torsi pada situs Yamaha Thailand, tapi berkaca dari Yamaha Mio M3 125 rasanya mirip-mirip dengan tenaga 9,5 PS di 8.000 rpm serta torsi 9,6 Nm di 5.500 rpm.

Respon mesinnya pun identik dengan skutik entry level Yamaha Indonesia itu. Galak pada putaran bawah sampai menengah, kinerja mesinnya halus dan senyap.

4. Fitur Berlimpah

Panel meter full digital dengan tampilan negatif display.

Dengan desain unik, rasanya Yamaha Thailand juga memposisikan Yamaha Qbix 125 ini dengan harga yang lebih tinggi dari skutik entry level mereka. Soalnya fitur yang dibawanya terhitung berlimpah.

Misal panel meter full digital negatif display yang lagi-lagi punya bentuk mengotak. Panel meter ini nampak bersih karena tombol pengaturannya berada di samping.

Kemudian lampu-lampu sudah LED kecuali lampu sein. Lalu Stop Start System, kunci kontak multi fungsi dengan kunci menyatu Answer Back System. Power outlet untuk mengisi daya smartphone pada konsol depan yang tertutup.

Baca juga : Update Harga Skutik 125 cc Semua Merek, Dari Honda Vario 125 2021 Sampai Yamaha Gear 125 2021

Kunci dengan Answer Back System.

Tangki berkapasitas 4,2 liter, Side Stand Switch, rem depan cakram kaliper 1 piston, bagasi ekstra luas dan masih diberikan kick starter. Lebih aman kalau ada masalah pada aki, motor masih bisa dihidupkan. Sayangnya Parking Brake Lock justru absen pada Yamaha Qbix 125 ini.

5. Handling Ringan

Secara dimensi, Yamaha Qbix 125 ini setara skutik kecil kok. Masih relatif ringkas untuk digunakan pria juga wanita. Panjangnya 1.860 mm, lebar 740 mm dan tinggi 1.115 mm. Tinggi jok cuma 775 mm.

Dimensi terhitung ringkas dengan posisi berkendara nyaman.

Jarak terendah 135 mm dan sumbu rodanya 1.280 mm. Berat isinya 106 kg. Lebih dari 100 kg sih bobotnya, tapi handlingnya tetap terasa ringan dan lincah untuk bermanuver.

Posisi berkendaranya nyaman, dengan setang yang lebar, jok yang empuk dan pijakan kaki luas. Karakter peredaman suspensinya terhitung empuk, cukup nyaman untuk penggunaan sehari-hari.

Baca juga : Simak Istimewanya Mesin Yamaha Gear 125 2021 Dibanding Skutik Yamaha Lainnya

Suspensi empuk dengan ban tebal, terasa nyaman.

Kesimpulan

Seharusnya ini bisa menjadi senjata baru Yamaha Indonesia dengan desain uniknya. Jika Yamaha Fino sudah terlihat tua, Yamaha Qbix 125 bisa jadi lawan baru untuk Honda Scoopy yang sampai saat ini masih tak ada lawan sepadan.

Akankah Yamaha Qbix 125 ini dijual Yamaha Indonesia kelak?

Sayangnya sejauh ini belum ada informasi terkait kehadiran Yamaha Qbix 125 ke tanah air. Ataukah kelak Yamaha Indonesia akan memasarkannya dalam jumlah terbatas, seperti yang pernah dilakukan untuk Yamaha Tricity dan Yamaha Grand Filano dulu?

Kita lihat saja.

Spesifikasi Yamaha Qbix 125
Dimensi
P x L x T 1.860 x 740 x 1.115 mm
Sumbu Roda 1.280 mm
Jarak Terendah 135 mm
Tinggi Tempat Duduk 775 mm
Berat Isi 106 kg
Kapasitas Tangki 4,2 liter
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 2 katup, Blue Core
Kapasitas 125 cc
Diameter x Langkah 52,4 x 57,9 mm
Rasio Kompresi 9,5 : 1
Tenaga Maksimum 9,5 PS @ 8.000 rpm
Torsi Maksimum 9,6 Nm @ 5.500 rpm
Transmisi Otomatis CVT
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal
Ban Depan 130/70-12
Ban Belakang 140/70-12
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Mio M3 125
Lihat