Yamaha memiliki DNA Racing yang sangat kuat seperti yang terdapat pada deretan line up R Series. Karakter tersebut meliputi beragam keunggulan mulai dari desain, fitur, dan teknologi yang melekat kuat sebagai identitas Yamaha.
Keistimewaan produk unggulan R Series membuat motor-motor di line up itu digemari banyak konsumen, salah satunya jagoan Yamaha di kelas sport 250 cc yaitu R25. Setelah sebelumnya hadir dengan livery World GP 60th Anniversary, kini R25 kembali hadir dengan warna baru.
Yamaha menghadirkan R25 ABS dengan warna baru Metallic Black dan penyegaran warna Racing Blue dengan mengusung konsep Reborn The Race Spirit. Ini menggambarkan semangat tinggi Yamaha yang ingin terus menjadi yang terbaik di dunia racing.
Tentunya hal tersebut turut memberikan rasa bangga kepada para konsumen setianya yang juga menyukai dunia balap. Yamaha R25 ABS Metallic Black tampil dengan warna dominan hitam hingga ke pelek yang menambah kesan gagah dan maskulin.
Baca juga: 5 Berita Motor Populer, Penyebab Motor Goyang hingga Kloningan Yamaha R25 dari China
Kombinasi warna hitam matte dan glossy memberikan kesan simpel, misterius, sekaligus mewah dengan stiker bertuliskan R25, menggunakan warna hitam serta cyan yang kekinian. Warna berikutnya ada R25 ABS Racing Blue dengan kombinasi warna matte dark blue dan Yamaha blue.
Penggabungan dua warna tersebut memberikan efek dual layer pada fairing yang semakin terasa, lekuk serta shadow di tiap bagian pun lebih terasa hidup dan kental dengan aura racing.
Tak lupa ada penyematan stiker R25 di fairing kanan dan kiri yang pakai kombinasi warna biru dengan cyan. Warna birunya merambat hingga ke kedua peleknya dengan kombinasi warna tabung upside down emas.
"Dengan keunggulannya yang merepresentasikan kualitas produk sport serta kekuatan Yamaha di dunia racing, membuat motor ini menjadi pilihan utama konsumen. Selain itu, dengan tampilan sporty serta fitur dan teknologi yang modern kian mendukung keberadaan motor ini sebagai pilihan terbaik bagi konsumen,” ungkap Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).
Baca juga: Mocin Kembali Berulah, Jiplakan Yamaha R25 Ini Harganya Cuma Setara Honda Vario 150 2022
R25 memiliki keunggulan desain yang menyerupai YZR-M1, terlihat pada bagian wajah motor yang telah mengadopsi M-Shaped Intake Duct. Selain desain ala big bike makin disempurnakan dengan teknologi dan fitur modern seperti suspensi Up Side Down (USD) yang tidak hanya membuat tampilan makin gagah tapi juga meningkatkan handling dan pengendalian lebih maksimal.
Kontrol pengeremannya juga semakin optimal dengan Anti-lock Braking System (ABS) pada varian ABS. Didukung pula dengan mesin 250 cc 2 silinder segaris, DOHC 8 katup, berpendingin cairan dan 6 percepatan yang dapat memuaskan hasrat para pecinta kecepatan.
R25 ABS Metallic Black dan Racing Blue dipasarkan dengan harga Rp 68,675 juta OTR Jakarta.
Yamaha R25 bisa menjadi pilihan bagi konsumen yang ingin merasakan serta memiliki salah satu line up dari line up R series. Desain yang khas serta kental akan aura racing dapat memberi sensasi berkendara yang lebih mengesankan.
Baca juga: Harga Lebih Murah Dari Honda CBR150R 2022, Ini 5 Daya Tarik Yamaha R25 Bekas
Posisi berkendara yang disuguhkan R25 juga masih bisa disebut nyaman. Pasalnya posisi setang masih lebih tinggi dibanding jok, dengan begitu punggung serta lengan tidak dipaksa merunduk.
Suguhan handling serta redaman suspensinya juga nyaman. Tanpa adanya pro-link pada monosok membuat ayunan suspensi lebih terasa, meski menjadi sedikit limbung ketika diajak menikung kencang.
Pengereman sudah menggunakan cakram di baik depan maupun belakang, punya performa pengereman yang cukup mumpuni lengkap dengan fitur ABS untuk mencegah roda mengunci saat pengereman keras.
Sehingga bisa dikatakan kalau Yamaha R25 layak dipinang bagi mereka pecinta racing, terutama Yamaha. Digunakan untuk weekend maupun weekday rasanya tidak akan terlalu membebani badan pengendaranya. Mau coba?
Spesifikasi Yamaha R25 2022 | ||
---|---|---|
Tipe mesin | 250 cc 2 silinder segaris, 4 tak, DOHC, pendingin cairan | |
Sistem bahan bakar | Injeksi | |
Tipe kopling | Basah, kopling manual, multiplate | |
Tipe transmisi | Constant mesh 6 percepatan | |
Bore x stroke | 60 mm x 44,1 mm | |
Perbandingan kompresi | 11,6:1 | |
Tenaga maksimal | 36 ps @12.000 rpm | |
Torsi maksimal | 23,6 Nm @10.000 rpm | |
Sistem starter | Elektrik | |
Kapasitas oli mesin | Total 2,40 liter; Berkala 1,8 liter; Ganti filter oli: 2,1 liter | |
Tipe rangka | Diamond | |
Suspensi depan | Upside down | |
Suspensi belakang | Monoshock | |
Ban depan | IRC Road Winner 110/70-17 | |
Ban belakang | IRC Road Winner 140/70-17 | |
Rem depan | Cakram, kaliper 2 piston | |
Rem belakang | Cakram, kaliper 1 piston | |
P x L x T | 2.090 mm x 720 mm x 1.135 mm | |
Jarak sumbu roda | 1.380 mm | |
Jarak terendah ke tanah | 160 mm | |
Tinggi tempat duduk | 780 mm | |
Berat isi | 166 kg | |
Kapasitas tangki bensin | 14 liter | |
Sistem pengapian | TCI | |
Battery | GTZ8V | |
Tipe busi | NGK CR9E |