Karakter Mesin Yamaha XMax Connected, Tenaga Merata Enteng Libas Tanjakan

Sensasi mesin Yamaha XMax Connected.
  • Pakai mesin 250 cc Blue Core seperti generasi pertama.
  • Karakter mesin cukup merata di setiap putaran.

Yamaha XMax Connected 2023 sampai kali ini masih menjadi matic 250 cc dengan harga paling terjangkau, hanya Rp 66 juta on the road Jakarta. Dan pada generasi keduanya ini menghadirkan desain yang lebih tegas.

Itu terlihat dari desain lampu utamanya yang kini terpisah antara reflektor kiri dan kanan. Lalu di bawahnya terdapat DRL yang seolah-olah membentuk mimik muka marah ketika semua lampunya hidup.

Garis desain bodi juga mengalami perubahan namun tetap dengan mempertahankan desain khas Yamaha XMax generasi pertama. Selebihnya ada suguhan fitur terbaru seperti sudah dibekali dengan Y-Connect.

Fitur yang paling menggegerkan adalah spidometernya yang bisa menampilkan navigasi menggunakan aplikasi Garmin StreetCross. Canggih! Lantas bagaimana dengan karakter mesinnya di generasi kedua ini?

Mesin Yamaha XMax Connected

Yamaha XMax Connected masih dibekali dengan spesifikasi mesin Blue Core yang sama sejak pertama kali diperkenalkan. Menggunakan kombinasi diameter piston 70 mm dengan panjang langkah 64,9 mm yang membuat kapasitas murni mesinnya 249,8 cc.

Suara knalpot khas XMax seperti generasi pertamanya

Baca juga: Sensasi Diboncengin Pakai Yamaha XMax Connected, Masih Ngangkang?

Pistonnya hanya menggebuk perbandingan kompresi 10,5:1 dan punya klaim tenaga maksimal 22,8 ps di 7.000 rpm serta torsi 24,3 Nm pada 5.500 rpm. Memang mesin ini agak berbeda dengan keluarga Maxi Yamaha lainnya.

Kepala silindernya menggunakan 4 buah katup dan sebuah noken as tanpa VVA (Variable Valve Actuator), padahal VVA hampir diterapkan di semua line up Maxi Yamaha seperti Lexi, Aerox 155, dan NMax.

Radiator bersembunyi di belakang roda depan

Yamaha XMax Connected juga masih menggunakan dinamo starter konvensional, belum pakai SMG (Smart Motor Generator). Ini membuat momen menyalakan mesin masih terdengar suara putaran dinamo starter walaupun kini sudah cukup halus.

Agar suhu mesin tetap terjaga, motor ini dibekali dengan radiator yang bersembunyi di balik bodi. Tepatnya radiator ini berada di belakang roda depan sehingga bisa dapat hembusan angin lebih maksimal.

Tenaga Merata

Suguhan karakter mesin ternyata tidak berbeda jauh dengan generasi pertama. Mesinnya punya karakter tenaga yang cenderung merata di tiap putaran mesinnya.

Kerap bermain di bawah 6.000 rpm

Baca juga: Pilihan Suspensi YSS Yamaha XMax Connected, Mulai Rp 3 Jutaan Sampai Rp 12 Jutaan!

Putaran mesin juga lebih sering bermain di 6.000 rpm, dengan begitu mesin terasa lebih kalem. Tapi memang efeknya di putaran bawah terasa agak sedikit lemot, ini karena putaran mesin masih berada di putaran rendah.

Namun rasanya itu bukan masalah besar, solusinya cukup tambah putaran selongsong gas maka Yamaha XMax Connected akan melaju lebih cepat. Karakter mesinnya mirip seperti NMax namun dengan tenaga yang lebih besar, beda dengan Aerox 155 yang khas akan karakter mesin galaknya di putaran rendah. 

Sensor CO2 pindah ke leher knalpot

Dengan karakter mesin dan tenaga besar tentu tidak ada masalah berarti saat dikendarai. Rasanya sudah cukup untuk dipakai sehari-hari atau touring, menyalip kendaraan atau melewati tanjakan juga bukan masalah besar.

Suara mesin cukup halus dikombinasi suara dentuman knalpot yang sedikit terasa menjadi ciri khasnya. Selama berkendara pun bisa dikatakan kalau vibrasinya minim, hanya terasa sedikit silir-silir di tangan atau kaki pada rpm tertentu.

Oiya ada satu perbedaan yang terlihat pada mesin Yamaha XMax Connected, yaitu pindahnya sensor CO2. Dari yang awalnya berada di kepala silinder, kini terlihat pindah di knalpot dekat silencer knalpot.

Yamaha XMax 250 Connected 2023
Dimensi
P x L x T 2.180 x 795 x 1.460 mm
Sumbu Roda 1.540 mm
Tinggi Jok 795 mm
Jarak Terendah 135 mm
Berat Isi 181 kg
Kapasitas Tangki 13 liter
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan
Diameter x Langkah 70 x 64,9 mm
Kapasitas Mesin 249,8 cc
Rasio Kompresi 10,5 : 1
Tenaga  22,8 PS @ 7.000 rpm
Torsi 24,3 Nm @ 5.500 rpm
Transmisi Otomatis, CVT
Rangka dan Kaki-Kaki
Tipe Rangka Underbone
Sok Depan Teleskopik
Sok Belakang Ganda
Rem Depan Cakram, ABS
Rem Belakang Cakram, ABS
Ban Depan 120/70-15
Ban Belakang 140/70-14
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha XMax
Lihat