Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio Satya

Honda Brio Satya sebagai LCGC dua baris bangku harus dibilang cukup sukses di pasaran. Dengan harga mulai Rp154,7 juta On The Road Jakarta untuk varian E MT, tentu mobil bermesin 1.200 cc ini layak diperhitungkan bagi siapapun yang mengincar mobil kompak dengan harga terjangkau.

Walau terbilang laris manis dan cukup kompetitif di kelas LCGC dua baris bangku, namun tetap saja Brio Satya punya sejumlah kelemahan di samping kelebihan yang dibanggakan produsennya, PT Honda Prospect Motor. Di samping itu, Satya juga memiliki saudara dengan tipe Honda Brio RS baru dan RS CVT. Honda Brio RS baru VT merupakan varian tertinggi dari Brio baru.

Bicara kelebihan dan kekurangan, maka perlu untuk membandingkannya dengan kompetitor Brio Satya. Sejauh ini musuh bebuyutan mobil yang dibuat di pabrik Honda Karawang, Jawa Barat ini adalah Toyota Agya. Selain itu ada pula Daihatsu Ayla, Suzuki Karimun Wagon R dan Datsun GO yang berkompetisi di kelas yang sama dengan Brio Satya.

Sebagai LCGC maka harga menjadi sangat krusial. Konsumen di segmen ini punya perhatian dan pertimbangan yang sangat kuat mengenai harga. Maka dari itu mari kita lihat kelebihan dan kekurangan Honda Brio baru Satya dari sisi harga terlebih dahulu.

Baca juga : Honda All New Brio Satya Menarik Luar-Dalam

Harga Honda Brio Satya 2021

Honda Brio Satya sebagai LCGC sejati, terdiri dari 3 tipe, yakni harga Honda Brio Satya S MT sebagai tipe terendah dengan biaya sebesar Rp 148 juta. Di atasnya ada tipe E MT seharga Rp 157 juta hingga yang termahal adalah tipe E CVT dengan banderol Rp 173 juta. Masih adanya harga di bawah Rp 150 juta menjadi kelebihan bagi Brio Satya. Hanya saja dengan dana Rp kurang Rp 150 juta konsumen hanya mendapat tipe bertransmisi manual, pelek kaleng dan ketiadaan lampu kabut.

Honda Brio baru memiliki total 5 varian. Harga Honda Brio terbaru berkisar dari Rp 148 juta hingga Rp 202 jutaan. Diantaranya, Honda Brio RS CVT merupakan varian tertinggi dari Honda Brio. Harga mobil Honda Brio RS terbaru berkisar dari Rp 187 juta hingga Rp 202 jutaan. Honda Brio RS terbaru ini merupakan saudara dari Honda Brio Satya.

Baca juga : Membandingkan Spesifikasi Daihatsu Ayla Dengan Honda Brio Satya

Daftar harga On The Road Brio Satya dan Agya per Maret 2020 wilayah Jakarta:

Brio Satya

  • All New Brio S MT: Rp 146 juta

  • All New Brio E MT: Rp 154,7 juta

  • All New Brio E CVT: Rp 170,1 juta

Agya

  • Agya 1.0 G MT: Rp 143,3 juta

  • Agya 1.2 G MT: Rp 146,4 juta

  • Agya 1.2 G MT TRD: Rp 150,6 juta

  • Agya 1.2 G AT: Rp 159,4 juta

  • Agya 1.2 G AT TRD: Rp 163,5 juta

Eksterior Honda Brio

Harus diakui pada Brio Satya generasi kedua ini desain eksterior dan rancang body-nya sangat memikat mata. Apalagi bagi konsumen yang gemar mobil kompak beraura sporty, Brio Satya bisa memenuhi kepuasan tersebut. Bagian belakang yang didominasi unsur kaca sudah tak dijumpai lagi pada Brio Satya 2020.

Penggunaan pelek palang ring 14 juga sangat proporsional pada Brio Satya. Ditambah adanya spoiler lengkap dengan lampu rem LED juga menambah ketampanan mobil ini. Sayangya bagian bumper belakang tampak terlalu polos. Area moncong depan juga agak kontras dengan penggunaan aksen chrome pada bagian grill, kurang pas dengan tema sporty yang diusung.

Baca juga : Bingung Mau Beli Honda Brio Satya atau RS? Terjawab Setelah Baca Artikel ini

Interior

Hal yang paling menyolok saat masuk ke kabin Brio Satya adalah warna cerah kain pembungkus jok, langit-langit dan doortrim. Memang urusan warna memang tergantung selera, namun warna cerah yang dimiliki Brio Satya cenderung lebih mudah kotor.

Untuk jok depan yang tak headrest-nya tak bisa adjustable bukan jadi kelemahan berarti. Sebab di kelasnya memang belum ada yang menganut jok depan dengan kemampuan pengaturan ketinggian sandaran kepala.

Sejumlah hal yang jadi kelebihan Brio baru Satya adalah leg room di bangku belakang yang cukup lega, hadirnya headrest untuk tiga penumpang yang bisa diatur ketinggiannya dan kapasitas bagasi yang lebih luas dari generasi terdahulu.

Dalam brosurnya Honda menggambarkan Brio Satya mampu mengangkut beberapa koper, sepeda lipat maupun gitar lengkap dengan sarungnya di bagasi LCGC-nya itu. Lapangnya kabin Brio baru Satya berkat dimensinya yang melar.

Panjang total Brio Satya adalah 3.800 mm, lebarnya 1.680 mm dan tingginya 1.485 mm. Secara teori, konsekuensi yang didapat dari melarnya dimensi adalah handlingnya yang tidak selincah Brio terdahulu.

Baca juga : Biaya Servis Honda Brio Satya Terungkap

Mesin

Sebenarnya agak susah bicara kelemahan mesin pada Brio Satya. Sebab mesin berteknologi i-VTEC racikan Honda ini memang terkenal bandel namun irit bahan bakar. Apalagi transmisi yang digunakan sudah mengusung tipe CVT alias continuously variable transmission, kehalusan berkendara dan efisiensi bahan bakar dijanjikan olehnya.

Walau secara tenaga Brio Satya masih di atas Agya 1.200 cc, namun ternyata ada sidikit kelemahan di sisi torsi. Torsi maksimum Brio Satya yang mencapai 110 Nm harus dicapai dalam putaran mesin yang teriak hingga 4.800 Rpm. Sedangkan Agya lebih rendah, torsi maksimumnya yang hanya 107 Nm dicapai dalam putaran 4.200 Rpm. Rendahnya putaran mesin punya efek pada keawetan sparepart, walau tak setiap saat torsi tertinggi diperlukan.

Tenaga dan Torsi Brio Satya dan Agya 1.2
  Brio Satya

Agya1.2

Tenaga 90 PS / 6.000 Rpm 88 PS / 6.000 Rpm
Torsi 110 Nm / 4.800 Rpm 107 Nm / 4.200 Rpm

Kesimpulan

Honda nampaknya benar-benar berlandaskan konsep sporty dalam merancang Brio baru generasi kedua ini. Hingga varian Satya ini terasa sangat kuat nafas sporty-nya. Maka itulah kelebihan Brio Satya, desain body sangar dan dinamis dan mesin yang bertenaga.

Kelebihan lain pada Honda Brio baru Satya ada di fleksibilitas kabin yang membesar dibanding generasi pertama. Kendati demikian, bagi yang lebih suka itu semua maka harus bersiap mendapati konsekuensi nuansa interior yang sangat biasa saja.

Baca juga : Harga Mirip, Kenapa Honda Civic FD Bekas Lebih Layak Dipilih Daripada Brio Satya?

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya a...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Brio

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 152,00 Juta
Rp 3,10 Juta/bln

15.855 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

16.096 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

5 Hal Menarik di Daihatsu Ayla X ADS Buat Lawan Honda Brio

Jadi Mending Agya Baru, Brio Satya, atau Cukup Ayla? | Komparasi Mobil di Bawah Rp 200 juta!

2021 Honda Brio RS Urbanite yang Lebih Sporty Dengan

All New Honda Brio Pada Sisi Desain yang Semakin Dinamis dan Sporty

Berita Terbaru

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Cari Mobil Daihatsu, Ini Model Paling Laris Semester Pertama 2023

Penjualan mobil Daihatsu selama semester pertama tahun 2023 tembus 102.515 unit atau naik 12,9 persen dibanding periode yang sama di tahun lalu yang hanya sekitar 90.765 unit. Ya, penjualan retail ini membuat perusahaan otomotif yang bermarkas di Ikeda, Osaka, Jepang tersebut menyumbangkan market share ritel otomotif nasional mencapai 20,4 persen. Peningkatan penjualan Daihatsu juga terjadi di wholesales, dimana pabrik Daihatsu mampu menjual mobilnya ke dealer selama Januari-Juni 2023 mencapai 9

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Toyota Agya
    Rp 175,40 Juta
    Brio vs Agya
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Suzuki Baleno
    Rp 235,00 Juta
    Brio vs Baleno
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Wuling Air EV
    Rp 238,00 Juta
    Brio vs Air EV
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Daihatsu Sirion
    Rp 201,75 Juta
    Brio vs Sirion
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Nissan March
    Rp 185,80 Juta
    Brio vs March
Honda Brio
Lihat