20 Tahun Honda Jazz di Indonesia, Ini Deretan Keunggulan Tiap Generasinya

PT Honda Prospect Motor (HPM) memastikan bahwa Honda Jazz tidak lagi dijual di Indonesia. Honda City hatchback didapuk sebagai suksesor hatchback terfavorit di Tanah Air tersebut.

Selama 20 tahun kiprahnya di industri otomotif Indonesia, sudah 3 generasi diluncurkan. Pesaing berat dari Toyota Yaris ini pun menjadi hatchback terfavorit yang masih menjadi buruan hingga saat ini.

Lantas dari 3 generasi yang pernah hadir, apa saja keunggulan dari tiap generasinya? Berikut ini keunggulan Honda Jazz tiap generasi.

Generasi Pertama: Sempat Dijual Importir Umum

Honda Jazz generasi pertama sempat dijua oleh importir umum dengan huruf J ada titiknya

Honda Jazz generasi pertama mempunyai kode GD3 yang sampai saat ini masih bisa dicari bekasnya meski sudah berumur 20 tahun. Tentu kondisinya tidak sebaik generasi kedua dan ketiga yang lebih muda.

Di pasar mobil bekas, rata-rata harga Honda Jazz bekas ini berkisar Rp 60 jutaan hingga Rp 80 jutaan. Harga tersebut tergantung dari tahun produksi dan kondisi mobil.

Honda Jazz sempat dijual oleh importir umum pada tahun 2001 hingga 2003 dengan nama Honda Fit. Baru pada tahun 2004 HPM resmi menjual hatchback tersebut ke Indonesia.

Mesin Honda Jazz diawalnya masih menggunakan mesin i-DSI

Saat pertama kali diluncurkan di Indonesia, Honda Jazz ini masih menggunakan mesin i-DSi. Selang setahun kemudian, Honda memperkenalkan mesin VTEC terbaru yang diaplikasikan di Honda Jazz untuk pertama kalinya.

Baca juga : Telah Berhenti Dijual, Ini Keunggulan Honda Jazz yang Tak Dimiliki Honda City Hatchback

Kedua mesin tersebut sama-sama berkapasitas 1.500 cc dengan performa yang apik. Bahkan Honda Jazz menjadi pelopor mobil bertransmisi CVT dimana saat itu masih menjadi fitur mewah.

Pada tahun 2006 HPM melakukan facelift dengan adanya varian lampu belakang yang sudah menggunakan LED. Hingga akhirnya pada tahun 2008 diperkenalkan generasi kedua.

Sempat melakukan facelift sebelum generasi kedua diluncurkan

Kelebihan dari Honda Jazz generasi awal ini ialah irit bahan bakar khususnya pada mesin VTEC. Selain faktor mesin lebih canggih juga paduan transmisi CVT membuatnya lebih baik dalam konsumsi bahan bakar.

Meski begitu bila menginginkan akselerasi yang spontan, justru mesin i-DSi dengan transmisi otomatis konvensional lebih kencang dan responsif. Meskipun soal kenyamanan CVT lebih unggul.

DImensi yang compact juga menjadi keunggulan ketika melintasi jalan padat di perkotaan. Ruang bagasinya cukup besar dibanding kompetitornya.

Baca juga : Ini Alasan Honda Jazz RS 2020 Masih Layak Dipilih Dibandingkan Honda City Hatchback RS 2021

Generasi Kedua : Rombak Total

Perubahan signifikan terjadi pada generasi kedua salah satunya dimensi lebih besar

Memasuki generasi baru, Honda Jazz alami perombakan besar. Paling terlihat adalah desainnya yang terlihat lebih modern dan sporty.

Namun tidak hanya desain, secara dimensi Honda Jazz berkode GE8 ini juga bertambah besar. Mulai dari panjangnya, lebar hingga wheelbase.

Efek dari bertambah besarnya dimensi tersebut membuat kabin lebih luas. Ini menjadi keunggulan untuk sebuah mobil hatchback dengan ruang kaki dan kepala yang lebih nyaman.

Walaupun dimensi Honda Jazz bertambah lebar, hal tersebut tidak mengurangi rasa mengemudi yang nyaman. Ditambah handling yang presisi membuat rasa fun to drive ketika mengemudikannya.

Generasi kedua seluruh varian sudah menggunakan mesin VTEC

Sensasi mengemudi yang menyenangkan juga hadir pada varian Honda Jazz RS. Khusus varian tertinggi tersebut disematkan fitur pedal shift yang memudahkan pengemudi mengatur transmisi ketika berakselerasi.

Bila generasi pertama minim fitur, generasi kedua Honda Jazz sudah berlimpah fitur. Fitur pengereman seperti anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD) dan brake assist (BA).

Baca juga : Hal Menarik yang Dimiliki Honda Jazz 2021, Cocok Untuk Sehari-hari atau Modifikasi

Di pasar mobil bekas beberapa website online, harga Honda Jazz tahun 2008 hingga 2014 ini berkisar Rp 90 jutaan hingga Rp 120 jutaan. Tentu harga termahal adalah varian tertinggi yakni RS.

Generasi Ketiga : Rakitan Lokal

Generasi ketiga Honda Jazz tampilan semakin sporty

Selama dua generasi, Honda Jazz yang dijual di Indonesia masih impor. Pada tahun 2014 memasuki generasi ketiga, HPM mulai merakit lokal hatchback ini.

Penampilannya pun lebih sporty dengan desain garis-garis tegas pada eksterior yang memperkuat identitasnya. Lampu utama kian pipih membuatnya terlihat futuristik.

Bentuk lampu yang pipih tersebut disematkan lampu projector disertai DRL (daytime running light) LED. Ini menjadi keunggulan karena pencahayaan Honda Jazz semakin baik untuk visibilitas pengemudi yang aman dan nyaman.

Honda Jazz mempunyai keungulan dalam fun to drive

Mesin SOHC i-VTEC 4 silinder masih menjadi andalan pada Honda Jazz generasi ketiga. Tidak ada ubahan signifikan dalam hal performa. Tenaga maksimum hingga 120 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 145 Nm di 4.800 rpm.

Perubahan justru ada pada transmisinya. Honda Jazz generasi ketiga memang masih menggunakan CVT namun disempurnakan dengan tingkat gesekan yang rendah.

Sehingga Honda Jazz semakin nyaman ketika berakselerasi dan membuat lebih fun to drive. Ini menjadi keunggulan dari para rivalnya.

Transmisi CVT disempurnakan untuk akselerasi lebih nyaman dan kencang

Honda Jazz generasi ketiga saat ini harga bekasnya masih cukup tinggi dan stabil. Dengan tahun produksi antara tahun 2016 hingga 2019, Honda Jazz bekas dibanderol dengan kisaran Rp 180 jutaan hingga Rp 250 jutaan.

Baca juga : Digantikan Honda City Hatchback, Selamat Jalan Honda Jazz!

Kesimpulan

Dari tiga generasi yang pernah hadir di Indonesia, generasi kedua adalah yang paling banyak perubahan. Pada generasi ini Honda Jazz alami penjualan yang meningkat signifikan.

Bila budget Anda untuk mencari hatchback bekas dibawah Rp 150 jutaan, maka generasi kedua menjadi pilihan ideal. Meski usia sudah tua, namun spare parts dan perawatan masih sama dengan generasi ketiga sehingga aman hingga beberapa tahun kedepan.

Harga Honda Jazz bekas cukup stabil khususnya pada generasi kedua dan ketiga

Namun bila ingin usia mobil yang lebih muda, maka Honda Jazz generasi ketiga bisa dicari di pasar mobil bekas dengan harga diatas Rp 150 jutaan. Tampilan yang lebih keren serta fitur berlimpah menjadi keunggulan pada generasi terakhir Honda Jazz ini.

Baca juga : Fitur Pintar Ultra Seat Pada Honda City Hatchback RS 2021, Warisan Berharga Honda Jazz

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Jazz

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 152,00 Juta
Rp 3,10 Juta/bln

15.855 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

16.096 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Honda City Hatchback RS CVT: Apa bedanya sama Honda Jazz?? | Test Drive

ALL NEW 2020 HONDA JAZZ Crosstar Hybrid HATCHBACK

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil
Honda Jazz
Lihat