Sukses dengan Honda City Hatchback RS, Varian Turbo dan e:HEV Juga Akan Masuk Indonesia?

Sejak Maret 2021, PT Honda Prospect Motor (HPM) sudah mendulang sukses dari Honda City Hatchback RS. Padahal dibanding negara Asia Tenggara lain seperti Thailand dan Malaysia, Indonesia yang paling bontot menerima kehadiran hatchback pengganti Honda Jazz tersebut.

Kemudian tak seperti dua negara tetangga tadi, cuma di sini pula City hatchback hanya ditawarkan satu varian. Padahal di Thailand ada juga varian Honda City Hatchback bermesin 3 silinder 1.0-liter Turbo, dan yang bermesin hybrid e:HEV.

Ada juga varian City sedan e:HEV

Nah karena sejatinya Honda punya dua varian lain dari City, mungkinkah kedua model ini juga menyusul ke Indonesia?

Baca juga : Honda City Hatchback e:HEV Mendebut, Tawarkan Konsumsi BBM 27 Km/liter

Honda City Hatchback Mesin Mana yang Tenaganya Paling Besar?

City Hatchback RS vs City Hatchback Turbo vs City Hatchback e:HEV
Spesifikasi City Hatchback RS City Hatchback Turbo City Hatchback e:HEV
Tipe mesin 1.5L DOHC i-VTEC + DBW 1.0L VTEC Turbocharger 1.5L Atkinson Cycle
Isi silinder 1.498 cc 1.000 cc 1.498 cc + 2 Electric Motors
Jumlah silinder 4 3 4
Daya maksimum 121 PS @6.600 rpm 122 PS @.5500 rpm 98 PS @5.600-6.400 rpm + 109 PS @3.500-8.000 rpm
Torsi maksimum 145 Nm @4.300 rpm 173 Nm @2.000-4.500 rpm 127 Nm @4.500-5.500 rpm + 253 Nm @0-3.000 rpm

Sudah disebutkan sebelumnya, kalau selain City Hatchback RS yang ada di Indonesia, Honda juga memiliki beberapa varian City 2021. Antara lain bermesin bensin 1.0L VTEC Turbo dan bermesin e:HEV.

Mesin bensin 1.5L dikombinasikan dua motor listrik

Dari ketiga varian mesin ini tidak bisa dipungkiri kalau City e:HEV adalah yang punya power paling besar. Ini berkat digunakannya mesin bensin dan dua motor listrik. Motor listrik pertama akan memasok sumber daya untuk baterai lithium-ion (generator), sementara motor listrik kedua langsung menggerakkan roda depannya sebagai roda penggerak.

Konsumsi Bahan Bakar Honda City Hatchback e:HEV Bisa Sampai 40 km/liter

Kalau tenaganya yang paling besar apakah itu berarti Honda City e:HEV paling boros? Ternyata itu salah. Pihak Kementrian Industri di Thailand pun sudah menguji tiga jenis mesin dari Honda City ini.

Mesin City Hatchback Turbo

Pertama City e:HEV yang mampu mencatatkan konsumsi BBM 40 km/liter untuk penggunaan dalam kota dan 23,2 km/liter untuk perjalanan luar kota. Kemudian mobil ini juga menghasilkan emisi CO2 85 gr/km.

Sementara itu pengujian dari pihak yang sama juga membuktikan konsumsi BBM Honda City Hatchback Turbo. Versi ini mampu menggapai pemakaian bahan bakar  21,7 km/liter untuk dalam kota dan 24,3 km/liter untuk perjalanan luar kota dengan emisi CO2 sebesar 100 gr/km.

City Hatchback RS di Indonesia

Terakhir, pengujian di Negeri Gajah Putih itu untuk City Hatchback 1.5L adalah 18,7 km/liter untuk pemakaian di dalam kota, dan 13,9 km/liter untuk penggunaan di luar kota.

Baca juga : Komparasi Konsumsi Bahan Bakar Honda City 2021: Turbo vs NA vs Hybrid

Mungkinkah Varian Mesin Turbo dan Hybrid Masuk Indonesia?

Kalau HPM bisa sukses dengan Honda City Hatchback RS, mungkinkah varian mesin 1.0L Turbo dan e:HEV juga akan masuk ke Indonesia? Bisa ya bisa juga tidak.

Secara fisik nyaris tak ada beda dengan City Hatchback RS

Ya kalau Honda mau sedikit membuat gebrakan mengingat di segmen medium hatchback belum ada model yang menampilkan lini produk bermesin 1.0L Turbo. Mengingat kompetitior terberatnya, Toyota Yaris, sudah lebih dari 6 tahun juga masih betah dengan mesin 1.5L.

Kemudian jika memasukkan mesin hybrid e:HEV, maka sangat mungkin. Apalagi mesin ini juga dipasang pada varian City sedan yang juga usianya sudah cukup lama tak mendapatkan pembaruan. Jadi bisa saja pada City sedan generasi berikutnya, Honda coba menawarkan varian mesin bensin 1.5L dan mesin hybrid e:HEV.

Harganya Harus Kompetitif

CR-Z, model hybrid di Indonesia yang kini sudah discontinue

Kendala paling berat yang hraus dihadapi HPM jika memasukkan Honda City Hatchback Turbo dan City Hatchback e:HEV adalah soal harga. Apabila di Thailand harga City Hatchback Turbo ada di kisaran Rp350 jutaan, sementara City e:HEV Rp385 jutaan, maka kemungkinan saat masuk ke Indonesia akan mengalami kenaikan.

Mengingat kedua model ini besar kemungkinan akan didatangkan utuh dari Thailand. Tidak seperti City Hatchback RS sekarang yang bisa menikmati relaksasi PPnBM hingga 0% sehingga harganya jadi di bawah Rp300 juta.

Baca juga : Begini jadinya Kalau Honda Civic Hatchback 2022 Disulap Jadi Civic Estilo

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda City Hatchback

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2017 Honda CIVIC TURBO E 1.5

Rp 359,00 Juta
Rp 7,31 Juta/bln

63.859 km

6 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 152,00 Juta
Rp 3,10 Juta/bln

15.855 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Lima Perbedaan Honda City Sedan dan City Hatchback | First Impression

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Honda City Hatchback
Lihat