Hitung Biaya Perawatan Honda Jazz, Tipe Matik Lebih Mahal dari Manual?

  • Honda Jazz sudah dipasarkan di Indonesia selama 20 tahun.
  • Meskipun sudah diskontinue, namun penggemarnya masih sangat banyak.
  • Seberapa mahal biaya perawatan Honda Jazz?

Honda Jazz resmi dihentikan produksinya pada tahun 2021 lalu oleh PT Honda Prospect Motor (HPM). Mobil hatchback ini padahal sangat sukses di pasaran. Cukup banyak keunggulan yang dimiliki Honda Jazz, sehingga membuatnya tetap diminati meskipun produksinya sudah dihentikan.

Bagi yang ingin membeli Honda Jazz, tentunya satu-satunya pilihan adalah mencari mobil bekas. Beberapa keunggulan Honda Jazz, antara lain kabin yang cukup lapang, fitur yang lumayan canggih, performa mesin yang sesuai, konsumsi bahan bakar yang irit, dan lainnya.

Selama 20 tahun dipasarkan di Indonesia, Honda Jazz sudah mencapai tiga generasi. Desainnya yang dinamis membuat mobil ini tak hanya disukai para anak muda, tapi juga semua kalangan.

Sejarah Honda Jazz di Indonesia

Honda Jazz generasi pertama

Sebelum meminang Honda Jazz, ada baiknya mengetahui sedikit soal sejarah hatchback ini di Tanah Air. Awal mula kemunculan mobil ini adalah pada tahun 2001. Saat itu, Honda Jazz masih dipasarkan di Jepang saja. Tapi, untuk pasar Jepang, mobil ini menggunakan nama yang berbeda, yakni Honda Fit. Baru pada tahun 2002, Honda Jazz mulai diekspor ke benua lainnya, seperti Australia dan Eropa.

Masuk tahun 2003, jangkauan ekspor Honda Jazz semakin diperluas. Daerah yang dituju kali ini mulai dari Asia Tenggara, Amerika Selatan, dan Afrika Selatan. Lalu, pada tahun 2004, Jazz akhirnya dipasarkan di Indonesia. Saat itu, mobil ini masih didatangkan secara utuh alias Completely Built Up (CBU) dari Thailand.

Generasi pertama Honda Jazz yang ada di Indonesia hadir dengan dua tipe mesin, yakni i-DSi (Intelligent Dual & Sequential Ignition) dan VTEC (Variable Valve Timing & Lift Electronic Control). Masing-masing tipe mesin tersebut tetap berkapasitas 1.500 cc.

Baca juga : Meski Sudah Discontinue Honda Jazz Masih Bisa Dipesan?

Honda Jazz diminati banyak orang hingga sekarang

Sementara untuk sistem transmisinya, Honda menyematkan transmisi manual dan CVT (Continuous Variable Transmission). Honda Jazz digadang-gadang sebagai pionir mobil dengan opsi transmisi CVT di Indonesia.

Generasi kedua Honda Jazz diluncurkan pada ajang pameran otomotif Tokyo Motor Show 2007 di Jepang. Dari segi dimensi, terlihat bodinya jadi sedikit membesar, baik lebar, panjang, hingga jarak sumbu roda atau wheelbase-nya.

Tapi, bagian kabinnya juga jadi lebih luas dibandingkan generasi pertama. Tentunya, keunggulan tersebut dapat memberikan kenyamanan yang lebih baik bagi penggunanya. Pembaruannya sendirii terlihat di bagian depan, samping, dan buritan. Tampilannya lebih modern dan menarik dibandingkan generasi pertama.

Sejak generasi pertama, Honda Jazz selalu dibekali dengan mesin berkapasitas 1.500 cc

Fiturnya juga bertambah, berbeda dengan Honda Jazz generasi pertama yang minim fitur. Untuk generasi kedua, Honda Jazz lebih sarat fitur dan teknologinya juga cukup canggih. Honda melengkapinya dengan beragam fitur, seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

Tapi, Honda Jazz generasi kedua baru dipasarkan di Indonesia pada tahun 2008. Mobil ini mengandalkan mesin i-VTEC dengan kapasitas yang masih sama, yakni 1.500 cc. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimum hingga 120 HP dan torsi maksimumnya mencapai 145 Nm.

Sejak tahun 2010, Honda sudah memiliki varian hybrid untuk Jazz. Tapi, varian tersebut hanya dipasarkan pada negara-negara tertentu saja, termasuk Jepang. Honda Jazz berteknologi hybrid diperkenalkan pada pameran otomotif Paris Motor Show 2010 dan penjualannya baru dimulai setahun setelahnya. Untuk sektor mesin, Honda Jazz hybrid memiliki mesin berkapasitas 1.3 L yang dipadukan dengan motor elektrik. Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) mobil ini diklaim tembus 3,3 liter per 100 km.

Ruang mesin Honda Jazz

Pada tahun 2013, Honda meluncurkan generasi ketiga dari Jazz. Terdapat ubahan pada eksterior dan juga interiornya. Tampilannya sangat berbeda dari generasi sebelumnya, desainnya kali ini jadi lebih sporty. Sistem pencahayaannya sudah mengandalkan proyektor dan Daytime Running Light (DRL) LED.

Tapi, cukup tampilannya saja yang berubah, sektor mesin masih sama seperti sebelumnya. Hatchback ini baru dipasarkan di Indonesia pada tahun 2014. PT HPM kemudian memberikan facelift lagi pada tahun 2017.

Baca juga : Belum Banyak Tahu, Ini Kekurangan Honda Jazz GK5 yang Sulit Diterima Penggunannya

Biaya Perawatan Honda Jazz

Honda Jazz merupakan salah satu mobil diminati banyak konsumen di Indonesia. Buktinya, mobil ini bisa bertahan hingga dua dekade sebelum akhirnya digantikan oleh Honda City Hatchback. Salah satu alasan yang membuat mobil ini digemari karena perawatannya yang cukup mudah, baik tipe manual maupun matik.

Honda Jazz generasi terakhir yang dipasarkan

 

Servis 10.000 km

Manual Matik
Oli Mesin Rp 500.000 Oli Mesin Rp 500.000
Ring Tab Oli Rp 8.000 Ring Tab Oli Rp 8.000
Gemuk Rem Rp 60.000 (Rp 30.000 x 2) Gemuk Rem Rp 60.000 (Rp 30.000 x 2)
Sub Total Rp 568.000 Sub Total Rp 568.000
PPN 10% Rp 56.800 PPN 10% Rp 56.800
Biaya Jasa (incl. PPN 10%) Rp 593.000 Biaya Jasa (incl. PPN 10%) Rp 593.000
Total Rp 1.217.800 Total Rp 1.217.800

Untuk tipe manual dan matik, servis pertama dilakukan saat mobil mencapai jarak tempuh 10.000 km. Biaya yang dikeluarkan untuk servis pada periode ini adalah Rp 1,2 jutaan. Perawatannya meliputi penggantian oli mesin dan ring tab oil, serta gemuk rem. Servis ini berlaku juga untuk tipe otomatis.

Servis 20.000 km

Manual Matik
Filter Oli Rp 37.000 Filter Oli Rp 37.000
Oli Mesin Rp 500.000 Oli Mesin Rp 500.000
Ring Tab Oli Rp 8.000 Ring Tab Oli Rp 8.000
Filter AC Rp 199.000 Gemuk Rem Rp 60.000 (Rp 30.000 x 2)
Gemuk Rem Rp 60.000 (Rp 30.000 x 2) Sub Total Rp 605.000
Sub Total Rp 804.000 PPN 10% Rp 60.500
PPN 10% Rp 80.400 Biaya Jasa (incl. PPN 10%) Rp 707.000
Biaya Jasa (incl. PPN 10%) Rp 707.000 Total Rp 1.372.500
Total Rp 1.591.400  

Sementara untuk servis pada periode berikutnya, yakni 20.000 km, biaya servis Honda Jazz tipe manual sedikit lebih mahal. Hal tersebut dikarenakan adanya penggantian filter AC. Selebihnya, komponen yang diganti sama saja untuk kedua tipe ini, yaitu filter oli, oli mesin, ring tab oli, dan gemuk rem.

Interior Honda Jazz

 

Servis 30.000 km

Manual Matik
Oli Mesin Rp 500.000 Oli Mesin Rp 500.000
Filter Udara Rp 135.000 Filter Udara Rp 146.000
Ring Tab Oli Rp 8.000 Ring Tab Oli Rp 8.000
Gemuk Rem Rp 60.000 (Rp 30.000 x 2) Gemuk Rem Rp 60.000 (Rp 30.000 x 2)
Sub Total Rp 703.000 Sub Total Rp 714.000
PPN 10% Rp 70.300 PPN 10% Rp 71.400
Biaya Jasa (incl. PPN 10%) Rp 693.000 Biaya Jasa (incl. PPN 10%) Rp 593.000
Total Rp 1.466.300 Total Rp 1.378.400

Pada servis ketiga atau periode 30.000 km, biaya yang perlu dikeluarkan untuk tipe manual lebih mahal, karena biaya jasa yang lebih mahal. Meskipun, komponen yang diganti sama saja untuk kedua tipe, yakni oli mesin, filter udara, ring tab oli, dan gemuk rem. Harga filter udara untuk tipe manual juga sedikit lebih mahal.

Servis 40.000 km

Manual Matik
Filter Oli Rp 37.000 Oli Transmisi CVT Rp 297.000
Oli Mesin Rp 500.000 Filter Oli Rp 37.000
Filter AC Rp 199.000 Oli Mesin Rp 500.000
Ring Tab Oli Rp 8.000 Filter AC Rp 163.000
Gemuk Rem Rp 60.000 (Rp 30.000 x 2) Ring Tab Oli Rp 8.000
Sub Total Rp 804.000 Ring Tab Oli Transmisi Rp 25.000
PPN 10% Rp 80.400 Busi Rp 88.000 (Rp 22.000 x 4)
Biaya Jasa (incl. PPN 10%) Rp 301.000 Gemuk Rem Rp 60.000 (Rp 30.000 x 2)
Total Rp 1.185.400 Sub Total Rp 1.178.000
  PPN 10% Rp 117.800
  Biaya Jasa (incl. PPN 10%) Rp 1.015.000
  Total Rp 2.310.800

Untuk jadwal servis keempat atau masuk 40.000 km, Honda Jazz tipe matik biaya perawatannya jauh lebih besar dari tipe manual. Selisinya bisa mencapai lebih dari Rp 1 jutaan. Sebab, terdapat penggantian oli transmisi, ring tab oli transmisi, busi, dan biaya jasanya juga cukup mahal.

Servis 50.000 km

Manual Matik
Oli Mesin Rp 500.000 Oli Mesin Rp 500.000
Ring Tab Oli Rp 8.000 Ring Tab Oli Rp 8.000
Gemuk Rem Rp 60.000 (Rp 30.000 x 2) Gemuk Rem Rp 60.000 (Rp 30.000 x 2)
Sub Total Rp 568.000 Sub Total Rp 568.000
PPN 10% Rp 56.800 PPN 10% Rp 56.800
Biaya Jasa (incl. PPN 10%) Rp 593.000 Biaya Jasa (incl. PPN 10%) Rp 593.000
Total Rp 1.217.800 Total Rp 1.217.800

Servis pada periode 50.000 km, Honda Jazz tipe manual dan tipe matik membutuhkan biaya yang sama seperti pada saat servis di periode 10.000 km. Penggantian komponennya meliputi oli mesin, ring tab oli, dan gemuk rem.

Servis 60.000 km

Manual Matik
Oli Rem Rp 75.000 (Rp 25.000 x 3) Oli Rem Rp 75.000 (Rp 25.000 x 3)
Filter Oli Rp 37.000 Filter Oli Rp 37.000
Oli Mesin Rp 500.000 Oli Mesin Rp 500.000
Filter Udara Rp 135.000 Filter Udara Rp 146.000
Ring Tab Oli Rp 8.000 Ring Tab Oli Rp 8.000
Filter AC Rp 199.000 Gemuk Rem Rp 60.000 (Rp 30.000 x 2)
Gemuk Rem Rp 60.000 (Rp 30.000 x 2) Sub Total Rp 826.000
Sub Total Rp 1.014.000 PPN 10% Rp 82.600
PPN 10% Rp 101.400 Biaya Jasa (incl. PPN 10%) Rp 753.000
Biaya Jasa (incl. PPN 10%) Rp 753.000 Total Rp 1.661.600
Total Rp 1.868.400  

Untuk servis pada periode 60.000 km, biaya yang dibutuhkan untuk tipe manual sedikit lebih mahal. Sebab, ada tambahan untuk penggantian filter AC.

Honda Jazz disuntik mati dan digantikan oleh Honda City Hatchback

 

Servis 70.000 km

Manual Matik
Oli Mesin Rp 500.000 Oli Mesin Rp 500.000
Ring Tab Oli Rp 8.000 Ring Tab Oli Rp 8.000
Gemuk Rem Rp 60.000 (Rp 30.000 x 2) Gemuk Rem Rp 60.000 (Rp 30.000 x 2)
Sub Total Rp 568.000 Sub Total Rp 568.000
PPN 10% Rp 56.800 PPN 10% Rp 56.800
Biaya Jasa (incl. PPN 10%) Rp 593.000 Biaya Jasa (incl. PPN 10%) Rp 593.000
Total Rp 1.217.800 Total Rp 1.217.800

Saat servis untuk periode 70.000 km, biayanya sama seperti servis untuk 10.000 km dan 50.000 km. Komponen yang diganti hanya oli mesin, ring tab oli, dan gemuk rem.

Servis 80.000 km

Manual Matik
Filter Oli Rp 37.000 Busi Rp 88.000 (Rp 22.000 x 4)
Oli Mesin Rp 500.000 Oli Transmisi CVT Rp 297.000
Filter AC Rp 199.000 Filter Oli Rp 37.000
Filter Bensin Rp 1.142.000 Oli Mesin Rp 500.000
Ring Tab Oli Rp 8.000 Filter AC Rp 163.000
Gemuk Rem Rp 60.000 (Rp 30.000 x 2) Filter Bensin Rp 450.000
Sub Total Rp 1.946.000 Ring Tab Oli Rp 8.000
PPN 10% Rp 194.600 Ring Tab Oli Transmisi Rp 25.000
Biaya Jasa (incl. PPN 10%) Rp 361.000 Gemuk Rem Rp 60.000 (Rp 30.000 x 2)
Total Rp 2.501.600 Sub Total Rp 1.628.000
  PPN 10% Rp 162.800
  Biaya Jasa (incl. PPN 10%) Rp 1.095.000
  Total Rp 2.885.800

Servis pada periode 80.000 km, kembali biaya perawatan untuk tipe matik lebih mahal. Selisihnya sekitar Rp 300 ribuan. Tipe matik perlu mengganti busi, oli transmisi, filter oli, oli mesin, filter AC, filter bensin, ring tab oli, ring tab oli transmisi, dan gemuk rem.

Servis 90.000 km

Manual Matik
Oli Mesin Rp 500.000 Oli Mesin Rp 500.000
Filter Udara Rp 135.000 Filter Bensin Rp 450.000
Ring Tab Oli Rp 8.000 Ring Tab Oli Rp 8.000
Gemuk Rem Rp 60.000 (Rp 30.000 x 2) Gemuk Rem Rp 60.000 (Rp 30.000 x 2)
Sub Total Rp 703.000 Sub Total Rp 1.018.000
PPN 10% Rp 70.300 PPN 10% Rp 101.800
Biaya Jasa (incl. PPN 10%) Rp 593.000 Biaya Jasa (incl. PPN 10%) Rp 593.000
Total Rp 1.366.300 Total Rp 1.712.800

Pada periode 90.000 km, biaya perawatan untuk tipe matik juga lagi-lagi lebih mahal. Meskipun, komponen yang diganti sama, baik tipe matik dan tipe manual. Komponen yang diganti meliputi oli mesin, filter bensin, ring tab oli, dan gemuk rem. Tapi, harga filter bensin untuk tipe matik jauh lebih mahal.

Servis 100.000 km

Manual Matik
Filter Oli Rp 37.000 Filter Oli Rp 37.000
Oli Mesin Rp 500.000 Oli Mesin Rp 500.000
Ring Tab Oli Rp 8.000 Ring Tab Oli Rp 8.000
Busi Rp 22.000 Gemuk Rem Rp 60.000 (Rp30.000 x 2)
Filter AC Rp 199.000 Sub Total Rp 605.000
Gemuk Rem Rp 60.000 (Rp 30.000 x 2) PPN 10% Rp 60.500
Sub Total Rp 826.000 Biaya Jasa (incl. PPN 10%) Rp 650.000
PPN 10% Rp 82.600 Total Rp 1.315.500
Biaya Jasa (incl. PPN 10%) Rp 650.000  
Total Rp 1.558.600  

Terakhir, pada periode 100.000 km, Honda Jazz tipe manual lebih tinggi biaya perawatannya. Sebab, komponen yang diganti juga lebih banyak. Selain filter oli, oli mesin, ring tab oli, dan gemuk rem, ada juga penggantian untuk busi dan filter AC.

Kesimpulan

Jika dijumlahkan semuanya, maka total biaya perawatan Honda Jazz di bengkel resmi untuk pemakaian hingga 100.000 km, tipe matik sedikit lebih mahal dari tipe manual. Meskipun lebih mahal, tapi tipe matik lebih praktis untuk digunakan dan tidak terlalu melelahkan jika digunakan berkendara di tengah kemacetan.

Baca juga : Hitung Konsumsi BBM Honda Jazz, Apa Benar Hatchback Paling Irit?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Jazz

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 152,00 Juta
Rp 3,10 Juta/bln

15.855 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

16.096 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Honda City Hatchback RS CVT: Apa bedanya sama Honda Jazz?? | Test Drive

ALL NEW 2020 HONDA JAZZ Crosstar Hybrid HATCHBACK

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil
Honda Jazz
Lihat