Hitung Konsumsi BBM Honda Jazz, Apa Benar Hatchback Paling Irit?

Nussa · 13 Jan, 2022 08:01

Hitung Konsumsi BBM Honda Jazz, Apa Benar Hatchback Paling Irit? 01

Konsumsi BBM Honda Jazz terkenal hemat
  • Konsumsi BBM Honda Jazz bisa sampai 18 km/liter
  • Honda Jazz sudah ada di Indonesia sejak 2003
  • Saat ini Honda Jazz tak lagi dijual di Indonesia

Satu dari beberapa alasan kuat seseorang dalam membeli sebuah mobil adalah perihal konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang irit. Untuk itu, para pabrikan mobil pun berlomba-lomba dalam menciptakan mesin yang memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang tinggi.

Di kelas hatchback, mobil yang diklaim sebagai yang paling irit diantaranya adalah Honda Jazz. Mobil yang satu ini memang begitu laris di pasaran termasuk juga di Indonesia. Dengan tampilannya yang bergaya sporty, Honda Jazz berhasil merebut hati para pencinta otomotif, khususnya dari kalangan muda.

Khusus di Indonesia, Honda Jazz pertama kali dipasarkan pada tahun 2003. Saat itu, Jazz masuk ke Tanah Air secara utuh alias completely built up (CBU) dari Thailand. Untuk generasi pertama Honda Jazz, disebut juga dengan GD3, hadir dengan dua pilihan mesin, yakni i-DSI (Intelligent Dual & Sequential Ignition) dan VTEC (Variable Valve Timing & Lift Electronic Control). Sementara mesinnya sendiri, memiliki kubikasi 1.5 L.

Hitung Konsumsi BBM Honda Jazz, Apa Benar Hatchback Paling Irit? 02

Honda Jazz generasi pertama langsung dapat sambutan positif di Indonesia

Hadirnya Jazz yang disambut dengan positif dan antusiasme yang tinggi dari masyarakat membuat pabrikan lain tergugah untuk melahirkan tandingannya. Maka itu, pada 2005 Toyota melahirkan Yaris. Kedua hatchback ini saling bersaing ketat dari segi penjualan.

Generasi kedua diluncurkan pada 2007 hingga 2014. Perombakan secara signifikan terjadi pada dimensi dan juga desain eksteriornya. Dari segi dapur pacu, Honda masih mempertahankan meesin 1.5 L i-VTEC pada awalnya. Lalu, di 2008, Honda menggantinya dengan mesin 1.5 L VTEC.

Kemudian generasi ketiga Honda Jazz meluncur pada 2014 hingga 2021, di mana terjadi lagi ubahan pada eksterior dan interiornya. Selain itu, mobil ini juga semakin modern dengan lampu proyektor DRL LED. Pada 2014, Honda Jazz sudah bukan lagi berstatus impor, karena sudah diproduksi di Indonesia.

Baca juga : Setelah Indonesia Akhirnya Karir Honda Jazz Juga Tamat di Malaysia

Hitung Konsumsi BBM Honda Jazz, Apa Benar Hatchback Paling Irit? 01

Honda Jazz selalu jadi hatchback incaran di Indonesia

Generasi keempat Honda Jazz dipasarkan di Jepang sejak 2020. Namun, menurut PT Honda Prospect Motor (HPM), desainnya dirasa tidak cocok dengan konsumen di Indonesia. Sehingga, tak ada pilihan lain selain menghentikan produksi dan penjualan Honda Jazz di Indonesia.

Tapi, sebagai gantinya Honda memasarkan City Hatchback di dalam negeri. Dengan desain yang lebih agresif dan sporty, City Hatchback diyakini dapat menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh Honda Jazz.

Eksterior Sporty dan Dimensi Compact Jadi Daya Tarik Honda Jazz

Hitung Konsumsi BBM Honda Jazz, Apa Benar Hatchback Paling Irit? 02

Honda Jazz generasi ketiga

Honda Jazz banyak diminati bukan hanya karena desainnya yang sporty. Tapi, dimensinya yang kompak dirasa sangat pas untuk berkendara di perkotaan. Mobil ini memiliki panjang 3.965 mm, lebar 1.094 mm, dan tinggi 1.524 mm, serta jarak sumbu roda 2.530 mm.

Di sisi depan Honda Jazz generasi ketiga, desain grille tampak lebih mewah dengan model intake trapzoidal-shaped. Desain lampu depannya juga terlihat futuristik berkat penyematan lampu DRL LED.

Pada bumper, Honda memberikan air intake dengan ukuran cukup besar, serta rongga udara berukuran kecil yang mengesankan tampilan yang aerodinamis dan sporty.

Hitung Konsumsi BBM Honda Jazz, Apa Benar Hatchback Paling Irit? 03

Honda Jazz interior

Pada interiornya, Honda Jazz memberikan kesan sporty dari desain yang diusungnya. Di bagian dasbor, sudah disematkan panel dengan fitur Smart Touch Auto. Selain itu, terdapat juga head unit berukuran 8 inci yang memiliki beragam fitur, seperti media player, telepon, sistem audio mirroring, konektivitas aux dan USB serta bluetooth, dan lainnya. 

Mengenai fitur keselamatan dan keamanan, Honda Jazz sudah dilengkapi dengan Pedestrian Protection, Dual SRS Front Airbags, Side Impact Beam, Seatbelt Adjuster, Smart Key, Keyless Entry, Immobilizer, dan masih banyak lagi.

Baca juga : Toyota Yaris Vs Honda Jazz 2019, Mana Harga Mobil Bekas Yang Paling Jatuh?

Mesin Honda Jazz Terkenal Bandel dan Irit BBM

Hitung Konsumsi BBM Honda Jazz, Apa Benar Hatchback Paling Irit? 04

Honda Jazz dibekali mesin yang bertenaga, tapi tetap irit BBM

Honda Jazz yang terakhir dipasarkan di Indonesia dibekali dengan mesin 1.5 L, SOHC, 16 katup, i-VTEC + DBW. Sistem suplai bahan bakarnya mengandalkan PGM-FI. Dari mesin tersebut, tenaga maksimum yang dihasilkannya dapat mencapai 120 PS pada putaran mesin 6.600 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya, tercatat dapat mencapai angka 145 Nm pada putaran mesin 4.800 rpm.

Soal performa, Honda Jazz memang tidak perlu diragukan lagi. Sebab, mobil ini juga digunakan di lintasan balap. Sehingga, terbukti ketahanan mesin dan kemampuan manuvernya. Untuk efisiensi bahan bakarnya, Honda Jazz didukung oleh teknologi Drive By Wire. Teknologi ini mampu mengontrol buka dan tutup katup lebih presisi.

Untuk sistem penggeraknya, Honda menawarkan dua transmisi, yakni manual dengan 5 percepatan dan otomatis dengan 5 percepatan. Transmisinya dibekali dengan CVT yang sudah memiliki teknologi Earth Dreams Technology. Teknologi ini sudah terkenal mampu menghasilkan perpindahan transmisi yang halus dan mulus, sehingga performa yang dihasilkan lebih maksimal.

Konsumsi BBM Honda Jazz Bisa Smapai 18 km/liter

 

Hitung Konsumsi BBM Honda Jazz, Apa Benar Hatchback Paling Irit? 05

Honda Jazz bekas masih banyak dicari para pencinta otomotif

Mengenai konsumsi BBM Honda Jazz dengan transmisi manual, beberapa media sudah melakukan pengetesan dan hasilnya ada di kisaran 11,5 kilometer per liter hingga 12,5 kilometer per liter, untuk penggunaan di dalam kota. Sedangkan pada jalur bebas hambatan alias jalan tol, konsumsi BBM Honda Jazz ada di rentang 17 kilometer per liter hingga 18 kilometer per liter.

Sementara untuk konsumsi BBM Honda Jazz dengan transmisi otomatis, tercatat lebih boros. Untuk pemakaian di dalam kota, konsumsi BBM yang dihasilkan mencapai 8,8 kilometer per liter. Sedangkan untuk penggunaan di jalan tol, konsumsi BBM mobil ini dapat mencapai 13,7 kilometer per liter.

Untuk ukuran hatchback yang dapat menampung 5 penumpang, Honda Jazz termasuk mobil yang irit konsumsi BBM. Namun, perlu diingat, hasil dari konsumsi BBM akan sangat berpengaruh dari banyak faktor, seperti gaya berkendara, kondisi lalu lintas, tekanan udara pada ban, beban muatan yang dibawa, dan lainnya.

Baca juga : Segini Konsumsi BBM Honda City 2022, Bisa Ngirit Buat Harian

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru