window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Belum Banyak Tahu, Ini Kekurangan Honda Jazz GK5 yang Sulit Diterima Penggunannya

Enda · 22 Feb, 2022 20:00

Kekurangan Honda Jazz GK5

Kekurangan Honda Jazz GK5

Salah satu pionir mobil perkotaan di segmen hatchback kompak, eksistensi Honda Jazz GK5 di Tanah Air terbilang cukup lama. Sebagai generasi ketiga Jazz yang dijual secara resmi di Indonesia, tercatat modelnya tersebut mampu bertahan selama tujuh tahun sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2014, dan didiscontinued Februari 2021 berketepatan dengan hadirnya City Hatchback.

Banyak disukai kawula muda berkat parasnya yang agresif dan sporty, sebelum dipensiunkan dari kancah otomotif Tanah Air mobil ini ditawarkan dalam 4 varian, dimana tipe RS CVT menjadi varian tertingginya. Selain disukai karena penampilannya membawa aura sporty yang lebih kental, Jazz juga mempunyai daya tarik tersendiri berkat kabinnya yang luas serta menghasilkan performa tinggi.

Meski sudah tak lagi diproduksi, untuk harga bekasnya Honda Jazz GK5 terbilang stabil. Sebagai contoh, harga bekas lansiran tahun 2014, pasarannya kini berada di angka Rp180 jutaan.

Memiliki banyak kelebihan didalamnya, ternyata banyak orang yang belum tahu akan Kekurangan Honda Jazz GK5 yang sulit diterima penggunannya. Ingin tahu apa saja kekurangannya? Simak ulasannya di bawah ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Tips Modifikasi Velg Honda Jazz, Tetap Nyaman Tanpa Ubah Kaki-kaki, Perhatikan Ukurannya

1. Sekilas Tipe S Terlihat Sama dengan Varian RS

Kekurangan Honda Jazz GK5

Varian S dan RS sekilas terlihat sama

Sekilas secara tampilan tipe S Jazz GK5 dengan varian RS terlihat sama. Yang membedakan keduanya yakni adanya sedikit sentuhan body kit samping, lampu utama berprojector, velg dan emblem RS. Selebihnya keduanya terlihat sama dimana banyak mengimplementasikan garis tegas model diagonal pada sisi samping yang menekankan kesan sporty pada mobil ini.

2. Cuma Punya Satu Glove Box

Berbeda dengan varian sebelumnya, yakni GE8, Honda Jazz GK5 mengalami penurunan fitur atau istiliah kerennya downgrade. Dimana laci tempat penyimpanan barang atau glove box, pada generasi ketiganya hanya disediakan satu saja di bawah dashboard penumpang depan.

Padahal di generasi keduanya, glove box yang disediakan ada dua dengan model bertingkat sehingga memberikan kemudahan kepada setiap penggunannya ketika ingin menyimpan barang di dalam mobil.

3. Cup Holder Berkurang, Kepraktisan Berkendara Jadi Kurang Nyaman

Kekurangan Honda Jazz GK5

Dashboard Honda Jazz GK5 tidak mendapatkan cup holder untuk penumpang depan

Ketersediaan cup holder atau tempat untuk menaruh gelas maupun botol minuman pada mobil saat ini sangat diperlukan. Karena dengan adanya ruang penyimpanan ini, pengemudi maupun penumpang akan merasa lebih mudah ketika ingin mengambil minum.

Jika pada generasi sebelumnya kalian bisa menjumpai adanya cup holder di ujung dashboard, untuk Jazz GK5 fitur ini ditiadakan. Selain itu, di belakang tuas hand brake juga tidak ada cup holder sehingga cukup disayangkan oleh beberapa penggunannya.

4. Mengandalkan Rem Tormol, Daya Pengereman Honda Jazz GK5 Bisa Pakem?

Sebelum purna bakti, untuk harga barunya Honda Jazz GK5 tembus di angka Rp300 jutaan. Punya harga baru yang terbilang mahal, mobil ini tidak dibarengi dengan disematkannya fitur mewah.

Seperti yang bisa dilihat, baik tipe S maupun RS nya, generasi ketiga Jazz ini tidak menggunakan rem cakram pada roda belakangnya. Padahal Jazz GE8 sudah dilengkapi rem cakram untuk semua rodanya mulai dari tipe terendah hingga paling atas guna memberikan daya cengkram yang lebih baik.

Bahkan kompetitornya, Toyota Yaris juga menggunakan rem cakram di semua rodanya.

Baca juga: Generasi Barunya Kurang Menarik Bikin Pamor Honda Jazz Mulai Rontok

5. Mengisi BBM Cukup Merepotkan

Kekurangan Honda Jazz GK5

Membuka penutup tangki bensin Honda Jazz GK5 harus menarik tuas dari dalam

Dibandingkan model sebelumnya yang terkesan lebih modern sekaligus memudahkan penggunannya berkat adanya fitur one-push fuel lid opener, di Honda Jazz GK5 fitur ini ditiadakan.

One-push fuel lid opener sendiri merupakan salah satu fitur unggulan yang ada pada Jazz GE8 ketika ingin mengisi bahan bakar, hanya dengan menekan penutup bensin dari luar untuk membuatnya terbuka. Pada generasi ketiganya, seperti mobil lama untuk membukanya pengguna diharuskan menarik tuas dari dalam.

6. Hilangnya Tempat Penyimpanan di Bawah Jok Baris Kedua

Pada Honda Jazz GE8, kalian masih bisa menemukan fitur berupa laci penyimpanan di bawah jok baris kedua. Namun pada Jazz GK5, fitur ini tidak bisa kalian jumpai. Ditiadakannya fitur ini tentunya sedikit merepotkan penggunannya ketika ingin menyimpan barang dengan rapih.

7. Pengaturan AC Tanpa Heater

Kekurangan Honda Jazz GK5

Pengaturan heater pada AC Honda Jazz GK5 disunat

Kekurangan lain yang sulit diterima para pengguna Honda Jazz GK5 adalah dicopotnya pengaturan AC tanpa heater. Padahal di generasi sebelumnya lansiran 2008 hingga 2012 fitur ini bisa dijumpai di semua variannya.

8. Material Karpet Bagasi Terkesan Murahan

Berbeda dengan generasi sebelumnya, beberapa pemilik Honda Jazz GK5 merasakan bahwa material karpet bagasi yang digunakan seperti mengalami penurunan kualitas. Maka dari itu tak sedikit juga dari mereka menganggap bahwa Jazz GK5 dibandrol dengan harga yang kemahalan.

Kesimpulan

Honda Jazz GK5 merupakan hatchback kompak perkotaan yang hingga kini banyak diburu kondisi bekasnya. Hal tersebut dikarenakan mobil ini memiliki bentuk yang proper, sporty, futuristis sekaligus dinamis. Selain itu, performa yang dimilikinya juga terbilang responsif sehingga sangat disukai para pecinta kecepatan.

Namun jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, generasi ketiganya tersebut mempunyai penurunan kualitas serta penyunatan fitur yang cukup disayangkan oleh beberapa pemiliknya.

Baca juga: Harganya Masih Rp250 Jutaan, Ini 5 Fakta Menarik Honda Jazz Bekas 2020

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil