window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Test Drive All-New Honda BR-V: Bukan Yang Paling Nyaman, Tapi Honda Sensing-nya Bikin…..

Budi · 7 Feb, 2022 15:00

Test Drive All-New Honda BR-V: Bukan Yang Paling Nyaman, Tapi Honda Sensing-nya Bikin….. 01

  • Mesin All-New Honda BR-V paling bertenaga di antara rivalnya
  • All-New BR-V bukan LMPV crossover yang ternyaman
  • Honda Sensing memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan

Kesempatan untuk mencoba produk terbaru kembali hadir dari PT Honda Prospect Motor (HPM) yang awal tahun 2022 ini mulai mengirimkan All-New Honda BR-V kepada para konsumennya. Ya, setelah diluncurkan pada bulan September 2021 lalu, kini All-New BR-V sudah mulai mengaspal di jalanan Tanah Air, dan kami berkesempatan mencoba varian tertingginya, Honda BR-V Prestige CVT with Honda Sensing dalam perjalanan dari Jakarta hingga ke Solo, Jawa Tengah.

Test Drive All-New Honda BR-V: Bukan Yang Paling Nyaman, Tapi Honda Sensing-nya Bikin….. 02

Konsep Honda N7X menjadi awal kemunculan All New BR-V

Hadir dari perwujudan mobil konsep Honda N7X, sosok Honda BR-V terbaru ini memang lebih dekat dengan sebuah LSUV atau MPV crossover. Saat pertama kali bertemu langsung dengan mobil ini, dimensinya yang lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya langsung terasa. Apalagi pada generasi pertama Honda BR-V, menggunakan platform serupa dengan Honda Mobilio dan Honda Brio yang secara dimensi bisa dibilang kecil.

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Test Drive All-New Honda BR-V: Bukan Yang Paling Nyaman, Tapi Honda Sensing-nya Bikin….. 01

Kami uji All-New BR-V dari Jakarta hingga Solo, Jawa Tengah

 

Kini All-New BR-V menggunakan platform baru yang memang lebih menegaskan sosoknya sebagai sebuah LSUV. Hal ini menurut Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director, PT HPM, sejalan dengan selera konsumen di Indonesia yang saat ini lebih memilih mobil dengan ground clearance tinggi untuk mobil 7 seater.

Test Drive All-New Honda BR-V: Bukan Yang Paling Nyaman, Tapi Honda Sensing-nya Bikin….. 02

Dengan platform baru, kini Honda BR-V semakin dekat dengan sosok SUV

"Karena itu kami lebih memilih untuk mengembangkan All-New Honda BR-V yang ada di segmen LSUV saat ini," ujar Billy. Nah, seperti apa rasa produk terbaru Honda All-New BR-V yang berbanderol Rp342,9 Juta (On The Road Jakarta).

Baca juga: Desain Lebih Segar, Mampukah Spesifikasi All New Honda BR-V Ungguli Mitsubishi New Xpander Cross?

Kenyamanan Penumpang di Baris Kedua

Perjalanan menuju Solo dimulai dengan saya duduk sebagai penumpang di bangku baris kedua All-New BR-V. Kesan pertama, saya akui kenyamanan di baris kedua ini diberikan oleh keleluasaan kabin. Bangku baris kedua ini dapat dimaju-mundurkan cukup leluasa dan sandarannya dapat direbahkan dengan sudut yang cukup besar, sehingga posisi duduk ternyaman saat perjalanan jauh bisa didapatkan.

Test Drive All-New Honda BR-V: Bukan Yang Paling Nyaman, Tapi Honda Sensing-nya Bikin….. 03

Bangku baris kedua lapang dan cukup nyaman untuk perjalanan jauh 

Selain itu, redaman suspensi yang disuguhkan All-New BR-V juga terasa lembut di belakang, tak ada “tendangan” kuat dari bagian roda yang mengganggu jika menghadapi lubang ataupun jalan tak rata. Kenyamanan peredaman suspensi ini jelas sebuah peningkatan dibandingkan BR-V generasi sebelumnya. Namun kontribusi kenyamanan ini juga diberikan berkat pemilihan ban berukuran 215/55 R17 yang memiliki profil tepat, sehingga tingkat kenyamanannya juga dapat dioptimalkan.

Test Drive All-New Honda BR-V: Bukan Yang Paling Nyaman, Tapi Honda Sensing-nya Bikin….. 04

Pemilihan ukuran ban yang tepat menyuguhkan kenyamanan bagi All-New BR-V

Kenyamanan di bangku baris kedua juga disuguhkan oleh kesenyapan kabinnya, meskipun mobil ini bukan yang paling senyap. Ada catatan terkait dengan kesenyapan kabin yang terutama terjadi saat berkendara di kecepatan lebih dari 100 km/jam. Suara angin yang mengganggu plus adanya suara dr bagian depan menjadikan kenyamanannya sedikit berkurang. Setidaknya, saya merasakan kesenyapan mobil ini tak sebaik Mitsubishi Xpander Cross yang menjadi rival terdekatnya.

Baca juga: Harga All New BR-V Lebih Mahal dari Toyota Avanza dan Veloz 2022, Honda: Kami Kasih yang Terbaik!

Performa Mantap Berkat Mesin Terkuat

Usai merasakan perjalanan sebagai penumpang di baris kedua hingga rehat makan siang di Cirebon, saya juga sempat merasakan duduk sebagai penumpang di bangku depan sejenak, sebelum kemudian berganti sebagai pengemudi. Posisi duduk di belakang kemudi dapat dengan mudah diatur karena dapat diatur ketinggian, posisi maju-mundur dan reclining. Sayangnya, lingkar kemudi hanya mendapatkan pengaturan tilt alias ketinggian, tidak mendapatkan pengaturan teleskopik atau jangkauan. Sebuah hal yang seharusnya sudah ada untuk sebuah mobil berbanderol di atas Rp300 juta!

Test Drive All-New Honda BR-V: Bukan Yang Paling Nyaman, Tapi Honda Sensing-nya Bikin….. 05

Posisi duduk baik, sayangnya pengaturan lingkar kemudi tanpa teleskopik

Namun, soal posisi duduk ini tak mempengaruhi pada penilaian kami akan performa yang ditawarkan All-New BR-V. Berkat penggunaan mesin 4-silinder 1.5 Liter DOHC berteknologi i-VTEC, tenaga yang dihasilkannya mencapai 121 PS dan torsi puncak hingga 145 Nm. Angka-angka tersebut merupakan nilai paling besar jika dibandingkan dengan rival-rivalnya. Lihat saja Toyota Veloz 2022, tenaganya 106 PS dengan torsi 138 Nm dan Mitsubishi Xpander Cross dengan tenaga 105 PS dan torsi puncak hanya 141 Nm.

Test Drive All-New Honda BR-V: Bukan Yang Paling Nyaman, Tapi Honda Sensing-nya Bikin….. 06

Mesin 1.5L bertenaga hingga 121 PS menjadi yang tertinggi di antara rivalnya

Alhasil, akselerasi dan performanya saat menjelajah di kecepatan tinggi terasa effortless, alias mudah untuk diajak berlari. Padahal, All-New BR-V ini tak menawarkan mode pengendaraan Power ataupun Sport seperti yang dimiliki oleh rival-rivalnya tadi. Cukup hanya dengan melakukan kickdown, maka All-New BR-V akan langsung berakselerasi dengan cukup mudah. Yang menarik, reaksi transmisi CVT-nya tak terasa agresif, namun tetap sigap untuk mengail torsi yang diinginkan dengan menaikkan putaran mesin.

Test Drive All-New Honda BR-V: Bukan Yang Paling Nyaman, Tapi Honda Sensing-nya Bikin….. 07

Pengendaraan All-New BR-V terasa effortless dan bisa dinikmati dengan menyenangkan

Hal ini sedikit berbeda dengan karakter transmisi CVT milik Veloz ataupun Xpander Sport, terutama saat keduanya digunakan pada mode Power (Veloz) atau Sport (Xpander Cross). Pada kedua rivalnya ini, transmisi dengan agfresif akan menurunkan rasio gear dan segera meningkatkan putaran mesin untuk mendapatkan torsi dan berakselerasi. Rasanya lebih seperti terburu-buru, sementara pada All-New BR-V, mobil ini terasa lebih santai berakselerasi untuk mencapai kecepatan yang diinginkan.

Komparasi All-New Honda BR-V vs Rivals
Model All-New Honda BR-V  Toyota Veloz 2022 Mitsubishi New Xpander Cross
Mesin 1.5L i-VTEC 1.5L Dual VVTi 1.5L MIVEC
Kapasitas 1.498 cc 1.496 cc 1.499 cc
Tenaga 121 PS / 6.600 rpm 106 PS / 6.000 rpm 105 PS / 6.000 rpm
Torsi 145 Nm / 4.300 rpm 138 Nm / 4.200 rpm 141 Nm / 4.000 rpm

Baca juga: Banyak Yang Pindah, Apakah Layak Tambah Rp18 Juta Untuk Pinang Honda BR-V Varian Termahal?

Honda Sensing Hadirkan Pengendaraan Istimewa

Tak bisa dipungkiri, jika pengendaraan All-New BR-V varian tertinggi ini sangat dipengaruhi oleh kehadiran Honda Sensing sebagai fitur Advance Driving Assistance System alias ADAS. Deretan fitur Honda Sensing yang dibawa All-New BR-V ini bisa dibilang memiliki level yang berbeda dibandingkan fitur ADAS milik Toyota Veloz dengan Toyota Safety Sense-nya.

Test Drive All-New Honda BR-V: Bukan Yang Paling Nyaman, Tapi Honda Sensing-nya Bikin….. 08

Deretan fitur Honda Sensing yang ada pada All-New BR-V

Fitur Honda Sensing ini terdiri dari Lead Car Departure Notification System (LCDN), Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) dan Auto-High Beam. Namun kombinasi ACC, LKAS, RDM dan CMBS bisa menjadi paduan paling tepat yang bisa menjadikan All-New BR-V ini layaknya mobil semi otonom.

Test Drive All-New Honda BR-V: Bukan Yang Paling Nyaman, Tapi Honda Sensing-nya Bikin….. 09

Fitur ACC menjamin All-new BR-V dapat menjaga jarak aman dengan kendaraan di depannya

Bagaimana tidak, dengan Adaptive Cruise Control sebagai “otak”-nya, maka saya dapat dengan santai mengendarai mobil ini tanpa perlu menginjak pedal gas dan rem sepanjang perjalanan di jalan Tol Trans Jawa dari Brebes hingga Ungaran, Jawa Tengah. Pintarnya fitur ACC pada Honda Sensing ini akan mengikuti kecepatan mobil di depannya secara otomatis dengan jarak aman sehingga pengemudi tak perlu lagi menginjak pedal gas dan memainkan pedal rem.

Test Drive All-New Honda BR-V: Bukan Yang Paling Nyaman, Tapi Honda Sensing-nya Bikin….. 10

Lane Departure Warning dapat mengingatkan pengemudi saat lengah menjaga lajur

Semakin dekat dengan mobil semi otonom karena bersamaan dengan ACC, fitur Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM) mampu menjadikan All-New BR-V ini seakan berjalan sendiri di lajurnya. Ya, bahkan Anda tak perlu memegang lingkar kemudi, maka secara otomatis LKAS akan menjaga mobil tetap berjalan di tengah-tengah antara marka jalan. Dengan kehadiran kamera stereo di bagian atas kaca depan, Honda Sensing “membaca” marka di kedua sisi mobil dan berusaha mempertahankan mobil tetap di lajurnya, meski lingkar kemudi tak dipegang pengemudi.

 

Test Drive All-New Honda BR-V: Bukan Yang Paling Nyaman, Tapi Honda Sensing-nya Bikin….. 11

Fitur LKAS memungkinkan pengemudi tak perlu memegang setir saat berkendara

Meski begitu, dalam hitungan 10 – 15 detik, mobil akan kembali meminta pengemudi untuk memegang kemudi dengan adanya bunyi alarm, agar kendali sepenuhnya kembali pada tangan pengemudi. Sementara itu, fungsi fitur RDM lebih kepada peringatan bagi pengemudi. Saat mobil terdeteksi mulai meninggalkan jalanan. RDM akan secara aktif menggetarkan setir, membunyikan alarm dan menyalakan lampu peringatan di panel instrument untuk mengingatkan pengemudi. Langkah terakhir yang dilakukan oleh RDM adalah membelokkan kemudi untuk mengembalikan mobil kembali pada lajurnya.

Test Drive All-New Honda BR-V: Bukan Yang Paling Nyaman, Tapi Honda Sensing-nya Bikin….. 12

Honda Lane Watch membantu Anda memantau blindspot di sebekah kiri mobil

Patut diakui jika mengendarai All-New BR-V sepanjang jalan tol dari Jakarta hingga Solo semakin ringan berkat kehadiran Honda Sensing ini. Karena sebagian besar kerja kaki kanan akan digantikan oleh fitur ACC dan lingkar kemudi sesekali dapat dilepaskan tanpa khawatir arah mobil tak terkendali. Meski begitu, tentu saja, prioritas keselamatan tetap ada pada diri pengemudi, sehingga fitur-fitur keselamatan dan pembantu pengemudi ini tak bisa 100% diandalkan oleh Anda.

Baca juga: Adu Fitur ADAS dan Kenyamanan di Honda BR-V vs Toyota Veloz 2022, Harga Mahal Jaminan Lebih Lengkap?

Kesimpulan

Bukan sebuah kebetulan jika saat saya mencoba Honda All-New BR-V ini, saya juga telah mencicipi kedua rival terdekatnya, Toyota Veloz 2022 dan Mitsubishi New Xpander Cross yang telah mendapatkan sedikit perubahan. Keunggulan yang ditawarkan oleh All-New BR-V diberikan oleh sensasi berkendara semi-otonom berkat kehadiran Honda Sensing. Pengalaman menggunakan Veloz 2022 dengan TSS jelas menyuguhkan sensasi yang berbeda. Kehadiran Cruise Control konvensional pada Xpander Cross juga hanya membantu sesaat, bahkan perlu konsentrasi lebih saat diaktifkan di kecepatan tinggi.

Test Drive All-New Honda BR-V: Bukan Yang Paling Nyaman, Tapi Honda Sensing-nya Bikin….. 13

Sensasi berkendara semi-otonom yang ditawarkan BR-V membuatnya berada di level berbeda dibanding rivalnya

Soal kenyamanan berkendara, All-New BR-V unggul dibandingkan Veloz berkat pemilihan ban yang tepat, bahkan sedikit lebih nyaman dibanding Xpander Cross. Namun kenyamanan BR-V terhambat kabin yang kekedapannya tidak sebaik Xpander Cross, hampir mirip jika dibandingkan Veloz. Kekedapan kabin BR-V kurang hening di kecepatan tinggi, sementara kekedapan kabin Veloz, terutama di baris depan adalah soal raungan mesin saat berkendara lebih agresif.

Test Drive All-New Honda BR-V: Bukan Yang Paling Nyaman, Tapi Honda Sensing-nya Bikin….. 14

Kepraktisan kabin juga cukup baik dengan bagasi lega dan fleksibilitas bangku baris ketiga

Secara keseluruhan, pengendaraan All-New BR-V ini sebuah peningkatan dibandingkan generasi pertamanya. Pengendaliannya semakin baik dan performanya juga menjadi yang terbaik di antara rival-rivalnya. Untuk melakukan perjalanan jarak jauh, All-New BR-V menjadi pilihan paling menyenangkan. Kekurangan yang kerap disebut oleh para netizen seperti rem parkir konvensional dan tak adanya pengaturan kemudi teleskopik bisa menjadi sebuah hal minor yang tak mengganggu.

Test Drive All-New Honda BR-V: Bukan Yang Paling Nyaman, Tapi Honda Sensing-nya Bikin….. 15

Banderol harga yang mencapai Rp340 Juta membuatnya jadi yang termahal

Tapi perlu diperhatikan, dengan banderol harga yang mencapai Rp340 Jutaan, maka Honda All-New BR-V memang menjadi pilihan paling mahal di antara rivalnya. Namun jika Anda memandangnya BR-V kini berada di segmen berbeda dengan Veloz dan Xpander Cross, bisa saja Anda menganggap banderol harga itu wajar. Namun perlu diingat, bahwa segmen yang diincar oleh All-New BR-V, Veloz maupun Xpander Cross adalah konsumen yang sama.


 

Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, agency dan media, baik cetak maupun online. Kegemarannya berkendara membawa Ia mencoba berbagai jenis mobil, mulai single seater di lintasan sirkuit hingga off-road di lintasan salju bersuhu -15 derajat Celsius. Facebook: budityas Instagram: budityasbebe

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2022 Honda BR-V 1.5 S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil