Walau Banyak Diminati, Ini 5 Alasan Tidak Memilih Honda Jazz GE8 Bekas

Honda Jazz GE8 (foto Hendrik Tan)

Dari tiga model Honda Jazz yang dipasarkan di Tanah Air, generasi kedua mobil ini paling banyak diburu kondisi bekasnya saat ini. Honda Jazz GE8 atau generasi keduanya diluncukan di Indonesia pertama kali pada tahun 2008.

Eksistensi mobil ini mampu bertahan hingga 2014 sebelum digantikan oleh generasi berikutnya, yakni Jazz GK5. Sebagai informasi, generasi kedua Honda Jazz untuk pasar Indonesia ditawarkan dalam dua varian, S dan RS. Keduanya sama-sama ditawarkan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan dengan paddle shift di tipe teratas.

Memiliki performa paling besar di kelasnya, performa yang dimiliki mesin L15A 1.500 cc sanggup memeras tenaga 120 PS di 6.600 rpm dengan torsi puncak 145 Nm pada putaran mesin 4.800 rpm.

Mesin L15A

Jazz GE8 juga memiliki fitur modern serta ruang kabin fleksibel. Lantaran joknya disematkan fitur ultra seat yang mana penggunanya bisa dengan bebas mengatur posisi jok sesuai kebutuhan.

Fitur ultra seat pada generasi kedua Honda Jazz terdiri dari 4 mode, yaitu; Utility Mode, Long Mode, Tall Mode dan Refresh Mode. Dan menariknya mobil ini juga memiliki ruang bagasi terbesar di kelasnya sehingga sangat cocok untuk kalian yang gemar berpergian ke luar kota.

Bicara harga bekasnya, Honda Jazz GE8 kini ditawarkan mulai dari Rp100 jutaan. Sebelum membeli simak beberapa kekurangannya di bawah ini.

Baca juga: Pasaran Honda Jazz GE8 Bekas Masih di Atas Rp100 Juta, Ini 3 Hal Menarik yang Membuat Harganya Stabil

1. Honda Jazz GE8 Lemah di Kaki-kaki Depan

Kekurangan pertama yang biasa dialami pemilik mobil ini yaitu timbul gejala di kaki-kaki depan. Menggunakan penggerak Front-wheel Drive, mobil ini seringkali mengalami masalah di bagian depan uakni timbulnya suara asing seperti ‘gluduk’ ketika melewati jalan keriting.

Hal ini biasanya diakibatkan karet bushing di swing arm sudah mulai mulai getas, karet ball joint pecah, serta karet tie rod yang jebol yang sudah termakan usia. Selain itu juga ada baiknya ketika melewati jalan rusak untuk berkendara di kecepatan rendah. Hal ini bertujuan untuk menjaga keawetan kaki-kaki.

2. Suspensi Bukan yang Paling Nyaman

Memiliki handling lincah dan stabil ketika dipacu dalam kecepatan tinggi atau bermanuver, ternyata berdampak pada bantingan yang dihasilkan. Ketika melewati jalan yang rusak maupun speed bump, untuk bantingannya mobil ini terbilang moderat.

Dengan begitu bantingan suspensinya bisa dibilang tidak empuk dan juga tidak keras. Untuk membuatnya terasa lebih empuk namun tetap stabil, mungkin pemilik bisa menggantinya dengan produk aftermarket.

Baca juga: Sedang Berburu Honda Jazz GE8? Walau Lawas Harga Bekas Tetap Berkelas!

3. Peredam Kabin Tipis

Peredam kabin Honda Jazz GE8 tipis

Berikutnya kelemahan yang terdapat pada mobil ini yaitu sistem peredam. Dimana untuk peredam kabinnya terbilang tipis sehingga masih dapat mendengar suara kendaraan lain dari luar maupun gesekan antara ban dengan aspal.  

4. Suhu Mesin Cepat Panas

Mesin Jazz cepat panas

Honda Jazz GE8 untuk suhu mesinnya cepat panas. Peningkatan suhu mesin yang terbilang cepat bisa disebabkan karena mobil ini memiliki kompresi yang terbilang tinggi.

Untuk itu sebaiknya selalu mengecek sistem pendingan mesin meliputi radiator serta extra van. Karena tidak sedikit kasus menimpa pemiliknya, dimana kipas pendingin mesin mobil ini mati satu sehingga tidak dapat menurunkan suhu mesin dengan cepat.

5. Ground Celarance Rendah

Ground clearance Jazz rendah

Terakhir kekurangan Honda Jazz GE8 yang wajib menjadi perhatian yakni ground clearance. Sebab untuk jarak antara permukaan tanah dengan kabin bagian bawahnya hanya 150 mm, bahkan cuma 135 mm pada tipe RS cuma 135 mm.

Untuk itu ketika melewati jalan berkontur atau speed bump terlebih membawa penumpang penuh, ada baiknya melaju pada kecepatan rendah dan berhati-hati supaya bagian bawah mobil tidak rusak.

Baca juga: Review Pemilik: Honda Jazz 2008 Manual, Fun to Drive dengan Performa Memuaskan

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Jazz

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2017 Toyota AGYA G TRD 1.0

Rp 106,00 Juta
Rp 2,16 Juta/bln

10.656 km

6,5 tahun

Jawa Barat

Lihat Detail

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 187,00 Juta
Rp 3,81 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Lihat Detail

2021 Honda CITY RS HATCHBACK 1.5

Rp 271,00 Juta
Rp 5,52 Juta/bln

18.936 km

2 tahun

Jakarta

Lihat Detail

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 175,00 Juta
Rp 3,57 Juta/bln

5.503 km

1 tahun

Jawa Barat

Lihat Detail

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 148,00 Juta
Rp 3,02 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Lihat Detail
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Honda City Hatchback RS CVT: Apa bedanya sama Honda Jazz?? | Test Drive

ALL NEW 2020 HONDA JAZZ Crosstar Hybrid HATCHBACK

Berita Terbaru

Noisekill Sediakan Peredam Kabin yang Tetap Enteng, Cocok Buat Pengguna Mobil Listrik

Peredam kabin mobil dibutuhkan untuk membuat area interior jadi makin kedap suara, yang pada akhirnya menambah kenyamanan berkendara baik untuk pengemudi maupun penumpang. Namun terkadang muncul kekhawatiran saat pemilik mobil ingin memasang peredam, yaitu bobot kendaraan jadi bertambah signifikan yang membuat mesin jadi bekerja ekstra berat. Baca juga: 5 Cara Mengurangi Panas Kabin Mobil, Mana yang Paling Cepat? Apalagi seiring bertambahnya populasi kendaraan listrik (EV) terjadi dilematis yait

Subaru Indonesia Resmikan Dealer Pertama di Jakarta, Dekat Kawasan Elite Pondok Indah!

Guna memberikan kenyamanan sekaligus kemudahan terhadap pelanggannya, Subaru Indonesia bersama dengan Subaru Corporation Japan meresmikan dealer kempatnya. Melalui Plaza Subaru Pondok Indah, ini merupakan dealer Subaru Indonesia pertama yang ada di Jakarta dengan membawa layanan lengkap. Baca juga: Subaru Legacy Outback akan Ikuti WRX Wagon ke Indonesia, Rilis di GIIAS 2023 Setelah comback tahun lalu, segala persiapan kami kembangkan untuk pelanggan Indonesia. Hal ini tandai besarnya komitmen be

Gak Mau Ribet Datang ke GIIAS 2023? BMW Astra Siap Antar dan Kasih Tiket Gratis

Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 berlangsung 10-20 Agustus di ICE BSD City, Tangerang. Mengingat ini adalah pameran tahunan yang menampilkan teknologi terkini otomotif di Indonesia, pastinya akan hadir ribuan orang ke acara tersebut. Baca juga: Banyak Mobil dan Motor Baru yang Diluncurkan, Segini Harga Tiket GIIAS 2023 Apalagi perhelatan GIIAS 2023 diklaim menjadi yang terbanyak dari segi jumlah peserta, lantaran diikuti 49 merek kendaraan yang terdiri dari 34 merek

4 Produsen Mobil China dan Eropa Kepincut Bangun Pabrik Mobil Listrik di Indonesia

Eksistensi Indonesia di kancah otomotif dunia akan semakin berkembang, terlebih bakal muncul produsen otomotif yang ingin mendirikan pabrik di Tanah Air. Ya, informasi ini disampaikan langsung Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin Taufiek Bawazier. Menurut Taufiek, sudah ada empat brand yang ingin mempunyai pabrik di Indonesia, menandakan bahwa animo pabrikan otomotif untuk masuk pasar Indonesia cukup tinggi. Baca juga: Kejar Harga Kompetitif, Neta

Bukan Orang Indonesia, Perancang Jalan Makadam di Pedesaan Ternyata Berasal Dari Skotlandia

Jalan di daerah pedesaan umumnya berupa gravel atau jalan tanah yang dipadatkan dengan kombinasi batu split. Jalan yang umum disebut sebagai jalan makadam atau makadaman ini ternyata bukan ide asli orang Indonesia. Jalan makadam biasanya digunakan untuk jalan raya atau jalan desa yang tidak membutuhkan permukaan jalan yang sangat halus dan keras. Jalan makadam umum dibangun di pedesaan karena prosesnya mudah dan lebih murah daripada jalan beton atau aspal. Baca juga: Ingat, Nyalip dari Bahu Jala

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Mercedes-Benz

Mercedes-Benz EQB

Rp 1.680,00 Milyar

Lihat Mobil
Mercedes-Benz

Mercedes-Benz EQA

Rp 1.570,00 Milyar

Lihat Mobil
MG

MG 4 EV

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Hyundai

Hyundai Ioniq 6

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Toyota

Toyota RAV4

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Honda Jazz
Lihat