window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Lebih Terjangkau, Daihatsu Gran Max 1.5 Apakah Mampu Ungguli Luxio Soal Fitur?

Yongki Sanjaya · 10 Apr, 2023 17:30

Harga Lebih Terjangkau, Daihatsu Gran Max 1.5 Apakah Mampu Ungguli Luxio Soal Fitur? 01

Daihatsu menjadi salah satu brand dengan lini minibus yang cukup komplit untuk konsumen Indonesia. Pada level bawah, PT Astra Daihatsu Motor menyediakan Daihatsu Gran Max 1.5. Sementara untuk minibus yang lebih mahal ada Luxio.

Secara fungsi, Daihatsu mempersiapkan GranMax sebagai kendaraan niaga sedangkan Luxio menjadi mobil penumpang. Namun pada prakteknya, Luxio rupanya senasib dengan GranMax, cukup banyak digunakan sebagai kendaraan fleet baik itu untuk travel atau mobil operasional kantor. 

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Perbedaan Daihatsu GranMax dan Luxio, MPV Boxy yang Beda Kasta

Ini 5 Keunggulan Daihatsu Luxio Yang Layak Jadi Mobil Andalan Bisnis Travel

Daihatsu Luxio 12 Tahun Tanpa Ganti Generasi Tetap Laku, Bagaimana Bisa?

Situasi seperti ini membuat lini produk Daihatsu seolah saling makan, dimana Gran Max minibus penjualannya jauh melesat ketimbang Luxio. Wajar saja, harga termahal Gran Max yaitu 1.5 D PS FH E4 dijual seharga Rp219.050.000. Adapun Daihatsu Luxio tipe tertinggi yaitu 1.5 X AT MC E4 dijual seharga Rp261.750.000.

Harga Lebih Terjangkau, Daihatsu Gran Max 1.5 Apakah Mampu Ungguli Luxio Soal Fitur? 01

Dari tipe tersebut langsung bisa kita pahami kalau tipe tertinggi Luxio ini menggunakan transmisi otomatis, sedangkan Gran Max masih setia dengan transmisi manual. Namun, bukan berarti Gran Max hanya unggul soal harga yang jauh lebih murah sekitar Rp40 jutaan.

Secara fisik, keduanya memiliki bentuk  boxy seperti roti tawar dengan aksen garnish yang sederhana. Namun demikian Luxio jelas tidak sesederhana GranMax, karena fitur dalam mobil ini lebih beragam. Berikut ini perbedaan kelengkapan di Daihatsu Luxio X dibanding Gran Max 1.5 yang perlu kalian ketahui.

Daihatsu Luxio X, Konsep Minibus Untuk Kendaraan Keluarga

Harga Lebih Terjangkau, Daihatsu Gran Max 1.5 Apakah Mampu Ungguli Luxio Soal Fitur? 02

Sebagai tipe tertinggi, Luxio X mendapat fitur spion dengan cover krom serta tambahan lampu sein. Spion yang digunakan tersebut juga sudah dilengkapi fitur electric mirror serta retractable. Terdapat beberapa garnish dengan aksen silver dan krom di sisi eksterior, yaitu di bagian plat nomor belakang dan body cladding.

Masuk ke interior, Daihatsu Luxio X didukung head unit layar sentuh yang kemudian disalurkan dengan 4 buah speaker dan 2 tweeter. Luxio X telah dilengkapi AC double blower sehingga dapat mendinginkan kabin secara merata hingga baris paling belakang. Untuk membedakan dengan tipe dibawahnya, handle pintu bagian dalam diberi aksen krom, dan sun visor yang dilengkapi kaca untuk bagian penumpang.

Harga Lebih Terjangkau, Daihatsu Gran Max 1.5 Apakah Mampu Ungguli Luxio Soal Fitur? 03

Bicara fitur keselamatan dan keamanan selama berkendara, Luxio X didukung  Anti-lock Breaking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan seatbelt pada semua joknya. Tipe X juga mendapat tambahan berupa sensor parkir yang berguna untuk memberikan jarak antara mobil dengan objek di luar. 

Setia Pakai Mesin Lawas

Daihatsu Luxio dibekali mesin 3SZ-VE 4-silinder segaris DOHC VVT-i. Mesin berkubikasi 1.495 cc sanggup menghasilkan  tenaga sebesar 97 PS @6.000 rpm dan torsi maksimum mencapai 134 Nm @4.400 rpm. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan pilihan transmisi manual 5-percepatan serta otomatis 4-percepatan pada tipe X ini.

Daihatsu Gran Max 1.5, Minibus Untuk Aktivitas Niaga

Harga Lebih Terjangkau, Daihatsu Gran Max 1.5 Apakah Mampu Ungguli Luxio Soal Fitur? 04

Sebagaimana disinggung di atas, segmentasi antara Gran Max dan Luxio ini berbeda. Untuk Gran Max lebih ditujukan untuk kebutuhan niaga. Hal inilah yang membuat harga dan kelengkapan di Gran Max cukup berbeda dengan Luxio. Sebagai produk andalan, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah meluncurkan edisi penyegaran Daihatsu Gran Max MB 1.5, Selasa 30 Agustus 2022. 

Pada facelift kali ini, terdapat beberapa upgrade dari sisi penampilan maupun data teknis. Secara umum  Daihatsu Gran Max MB 1.5 sepintas terlihat sama. Sistem pencahayaannya masih menganut reflektor dengan bohlamp halogen, pelindung bumper, spion manual dengan lampu sein, serta side moulding.

 

generasi terbaru Gran Max MB 1.5 memakai velg baru dual-tone berbahan dasar alloy, dengan ukuran lingkar rodanya sendiri naik 1 inci yang sebelumnya R13 alloy berkelir silver menjadi R14. Karena diameter velgnya naik 1 inci, maka jarak permukaan tanah dengan kabin Daihatsu Gran Max MB 1.5 naik 15 mm yang semula 165 mm menjadi 180 mm

Sisi belakang Gran Max MB 1.5 masih terlihat sama dengan model sebelumnya dimana belum adanya high mount stoplamp maupun rear wiper. Selebihnya, Gran Max MB tampil bersahaja tanpa adanya garnish krom sebagaimana yang terdapat pada Luxio.

Interior Fiturnya Bersahaja

Harga Lebih Terjangkau, Daihatsu Gran Max 1.5 Apakah Mampu Ungguli Luxio Soal Fitur? 05

Masuk ke interior, kita disuguhi dashboard baru berikut setir baru 4-spoke, serta masing-masing cup holder di ujung dashboard. Sebagai catatan, sistem penyejuk udara di Gran Max masih single zone dengan fitur hiburan mengandalkan head unit 1 DIN. 

Layout kursinya pun begitu mendukung kebutuhan bisnis, yakni dengan kursi baris paling belakang yang saling berhadapan. Ini jelas berbeda dengan Luxio yang seluruh kursinya hadap depan layaknya MPV.

Mesin Baru, Serupa Daihatsu Terios

Harga Lebih Terjangkau, Daihatsu Gran Max 1.5 Apakah Mampu Ungguli Luxio Soal Fitur? 06

Pada facelift tahun lalu, Daihatsu mengubah jenis mesin yang digunakan pada Gran Max MB. Kini Gran Max varian 1.500 cc menggunakan mesin baru 2NR-VE yang juga dipakai Toyota Town Ace, Toyota lite Ace serta Mazda Bongo. mesin dengan kubikasi 1.496 cc 4 silinder segaris 16 valve DOHC Dual VVT-i yang digunakan mampu memproduksi tenaga hingga 99 PS @6.000 rpm dan serta torsi mencapai 134 Nm @4.400 rpm.

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, mesin baru di Gran Max punya tenaga lebih besar 2 PS. Agak disayangkan, Gran Max 1.5 kini hanya tersedia dalam varian manual 5-percepatan saja. 

Kesimpulan

Melihat kelengkapannya, fitur yang dimiliki oleh Gran Max 1.5 ini begitu minim. Ini sesuai dengan harga jual yang jauh lebih murah ketimbang Luxio tipe X. Dengan harga lebih terjangkau, ada banyak sisa budget dari pemilik Gran Max untuk menyulap mobilnya agar lebih mewah dari Luxio melalui aksesoris aftermarket.

Hal ini turut mengungkap fakta mengapa Gran Max minibus jauh lebih laris dan diminati oleh masyarakat. Sebagai kendaraan serba guna, harga memegang peranan penting. Bila mencari kendaraan untuk keluarga, pilihan bijaknya tentu mencari MPV yang fitur maupun kenyamanan lebih oke ketimbang minibus seperti Gran Max atau Luxio. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Gran Max MB 1.3 D FH

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil