Alasan Honda Accord Generasi 11 Kini Pakai Embel-embel RS

Honda Accord generasi ke-11 kini memiliki embel-embel RS layakya deretan produk yang ditawarkan PT Honda Prospect Motor (HPM) di pasar Indonesia. 

Ya, varian RS pada mobil Honda sudah ada mulai dari Honda Civic sampai Brio. Dengan tambahan nama RS ini pula semua mobil Honda jadi lebih sporty. 

Nah, untuk pertama kalinya Honda menyelipkan nama RS pada Accord yang dikenal sebagai mobil para bos yang memiliki bentuk dan desain elegan.

Baca juga: Honda Accord RS e:HEV 2024 Resmi Meluncur di Indonesia, Nyaris Semiliar Ini Kehebatannya

Logo RS pada Honda Accord RS e:HEV

Lantas mengapa hal tersebut dilakukan pada Honda Accord generasi ke-11?

Menanggapi hal tersebut, Business Innovation & Sales and Marketing Director PT HPM Yusak Billy mengatakan, hal ini dilakukan tak lepas dari status Accord yang merupakan flagship sedan Honda sejak tahun 1978.

"Jadi, dulu (Honda Accord) arah elegan, sekarang sporty, ada DNA Honda disitu," ungkap Billy saat peluncuran Honda Accord RS Hybrid di Jakarta, Kamis (8/12/2023).

Baca juga: Kilas Balik Sejarah Honda Accord di Indonesia, Generasi Maestro dan Cielo Paling Ikonik

Tampang samping Honda Accord RS e:HEV

Dia juga menyebutkan, Honda telah melakukan studi kepada para konsumen Accord,  dimana hasil yang didapat, banyak pemilik mobil tersebut menginginkan sebuah mobil canggih dan sporty.

Tanpa pikir panjang, karena ini bagian dari produk Honda global, Accord yang sudah dikenal canggih, disematkan teknologi hybrid, dan juga dibuat lebih sport dengan adanya logo RS untuk konsumen di Tanah Air. 

Selain itu, dengan status Honda Accord yang mewah nan sporty saat ini, setidaknya mobil yang ditargetkan penjualan sebanyak 30 unit tersebut, juga diharapkan mampu menarik hati konsumen yang kerap mengemudi sendiri menggunakan mobil Eropa. 

Baca juga: 10 Hal Penting Honda Accord e:HEV 2024 yang Bikin Para Bos Rela Nyetir Sendiri

Sekilas Honda RS di Indonesia

Tampang depan Accord RS e:HEV

Dalam kerangka di situ resmi Honda, sebelum muncul logo RS, mobil-mobil HOnda dikenal dengan karakter tampilan dan performa yang sporty, didukung DNA dan sejarah panjang dalam dunia balap yang juga mempengaruhi pengembangan produk-produk komersialnya.

Adapun nama RS sendiri bukan sekedar Sport atau Sport, melainkan Road Sailing yang merupakan salah satu varian dari Sports Grade Direction untuk produk Honda yang mengutamakan pengalaman Everyday Sport, namun tetap menyenangkan. 

Dalam Honda Sport Grade Direction tersebut, selain varian RS juga dikenal varian lain seperti varian Si (Sport Injection) yang merupakan All-around Sport dengan performa sporty yang lebih tinggi, seperti Type R yang mengusung konsep Pure Sport dengan performa racing yang teruji di lintasan balap.

Adapun varian RS pertama kali sejatinya diterapkan Honda global pada Honda Civic generasi pertama. 

Deretan produk Honda sudah pakai RS

Model ini dirilis sebagai varian eksklusif, yang hanya diproduksi sebanyak 20.000 unit dalam periode 1974 sampai dengan 1975. 

Sementara saat ini terdapat sembilan model secara global yang memiliki varian RS, yaitu Jazz/Fit (mulai tahun 2007), Mobilio (2014), Jade (2015), Brio (2016), HR-V (2019), Civic Sedan (2019), Civic Hatchback (2020) dan City (2020).

Sedangkan untuk pasar Indonesia, varian RS dilakukan pertama pada Honda Jazz generasi kedua pada tahun 2008. 

Lalu pada tahun 2014, Honda kembali menambahkan varian RS pada Honda Mobilio dan diikuti Brio RS yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2016.

Honda Jazz jadi produk pertama di Indonesia yang pakai RS

Melengkapi keluarga RS pada segmen hatchback, pada 6 Februari 2020, HPM memberikan emblem RS pada New Honda Civic Hatchback bagi para konsumen loyal Honda yang menginginkan tampilan yang lebih sporty dan stylish.

Adapun varian RS sengaja ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan fungsional dari sebuah mobil, tetapi juga gaya tampilan yang lebih mewakili gaya hidup konsumennya serta performa yang mendukung beragam aktivitas. 

Untuk itu, varian RS menjadi grade teratas untuk beberapa model dengan menghadirkan bukan hanya tampilan yang lebih sporty, tetapi juga fitur dan teknologi yang lebih lengkap dari grade lainnya.

Perlu diketahui, seluruh jajaran mobil Honda yang membenamkan embel-embel RS terdapat penambahan aero kit dan desain eksklusif pada eksterior maupun interior.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Accord

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Honda Accord, Pilihan BIG Sedan Paling Sporty, Alternatif Pintar Selain Toyota Camry dan Mazda6

ALL New Honda Accord 2020 TOP SEDAN! - ADS

ALL New 2020 Honda Accord Hybrid and Modulo

Honda Accord generasi ke-11 kini memiliki embel-embel RS layakya deretan produk yang ditawarkan PT Honda Prospect Motor (HPM) di pasar Indonesia. Ya, varian RS pada mobil Honda sudah ada mulai dari Honda Civic sampai Brio. Dengan tambahan nama RS ini pula semua mobil Honda jadi lebih sporty. Nah, untuk pertama kalinya Honda menyelipkan nama RS pada Accord yang dikenal sebagai mobil para bos yang memiliki bentuk dan desain elegan. Baca juga: Honda Accord RS e:HEV 2024 Resmi Meluncur di Indonesia,
Honda Accord Vigor bekas bisa dibilang populasinya di Indonesia sangatlah jarang, apalagi kalau kondisinya masih segar. Padahal selain Mazda Astina, Honda Accord Vigor adalah mobil tipe sedan perkotaan yang juga punya lampu depan model pop-up, yakni lampu akan bergerak ke ats ketika dihidupkan, dan tertutup apabila tidak digunakan, sehingga seolah-olah mobil tersebut tak punya lampu utama. Mobil ini pernah dijual secara resmi di Indonesia di era 80-an namun didatangkan secara utuh atau Completel
Pesaing Toyota Camry Hybrid, All New Honda Accord RS e:HEV 2024 hadir di Indonesia dengan mendapat ubahan revolusioner dibanding model sebelumnya. Sebagai generasi ke-11 Accord, Honda Accord RS e:HEV dibandrol Rp959.900.000, sedangkan rivalnya Toyota Camry Hybrid diniagakan Rp937.400.000 OTR Jakarta. Memiliki selisih harga baru mencapai Rp22,5 juta, keduanya mempunyai keunggulan masing-masing. Untuk mengetahui lebih dekat dengan keduanya, simak perbandingan dimensi, fitur dan mesin All New Honda
Kelemahan Suzuki APV bekas wajib diketahui ketika hendak membeli mobil ini, apalagi harganya sudah sangat terjangkau. Perlu diketahui, Suzuki APV diluncurkan di Indonesia pertama kali pada tahun 2004 oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Kehadiran mobil ini menjawab permintaan pasar akan sebuah mobil keluarga yang sanggup membawa orang dengan jumlah banyak, sekaligus tangguh untuk menopang berbagai barang bawaan. Saat itu, segmen MPV berdesain boxy juga tengah naik daun, karenanya, APV pun menda
Keberadaan kendaraan elektrifikasi baik listrik maupun hybrid di Indonesia hingga hampir di penghujung tahun 2023 belum mengalami peningkatan signifikan meski produknya semakin banyak bermunculan. Bahkan jumlah peminat kendaraan elektrifikasi di Tanah Air masih tergolong kecil, jauh dibandingkan dengan mobil tenaga bensin atau Internal Combustion Engine (ICE). Berdasarkan data wholesales (penjualan pabrik ke dealer) Gaikindo selama Januari-Oktober 2023, mobil hybrid di Indonesia tercatat terjual

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Honda Accord
Lihat