Honda HR-V Versi Listrik Mulai Diproduksi di Thailand, Indikasi Kuat Masuk Indonesia

Honda e:N1 EV 2024 secara resmi mulai diproduksi oleh Honda Automobile (Thailand) Co., Ltd di pabrik perakitan yang berlokasi di Rojana Industrial Park, Prachin Buri.

Unit pertama hasil produksi mobil listrik ini juga sekaligus menandai untuk pertama kalinya Honda memproduksi mobil listrik di Thailand namun dengan tetap memperhatikan standar global dari pabrikan Jepang tersebut.

"Hal ini menunjukkan keyakinan bahwa Honda masih menganggap penting bisnis di Thailand, serta sekaligus memberikan nilai tambah bagi industri otomotif di Thailand termasuk penggunaan suku cadang buatan dalam negeri," tulis keterangan resmi Honda Automobile (Thailand) Co., Ltd.

Baca juga: All New Honda CR-V 2.0 Hybrid Diluncurkan di GIIAS 2023, Harganya Nyaris Rp800 Juta!

Honda e:N 1 Diluncurkan Kuartal Pertama 2024

Produksi mobil listrik Honda pertama di Thailand

Setelah memulai produksi pada awal Desember 2023, Honda juga mengumumkan akan melakukan peluncuran resmi e:N1 ini pada kuartal pertama 2024 yang langsung disusul pendistribusiannya bagi para pemesan.

Bagi Honda Thailand, ini merupakan langkah nyata dari target pencapaian preusahaan yang akan memproduksi dan menjual kendaraan listrik sepenuhnya mulai tahun 2030 secara global.

Itu berarti, pabrik di Negeri Gajah Putih tersebut bukan hanya memproduksi model dengan teknologi penggerak dua mesin pembakaran e:HEV yang menggunakan sistem penggerak hibrida, namun kini  yang terbaru perusahaan juga mulai memproduksi model dengan sistem penggerak listrik dan baterai 100% (BEV).

Baca juga: Honda HR-V Listrik Dirakit di Thailand, Indonesia Kebagian Jatah?

e:N1 Adalah Honda HR-V Versi Listrik

Sudah dijual di China sejak Mei 2022

Honda e:N1 boleh dibilang versi EV dari Honda HR-V mengingat paras dan dimensi kedua mobil ini begitu identik.

Secara dimensi, mobil listrik e:N1 memiliki panjang 4.390 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1.560 mm, dan jarak sumbu roda 2.610 mm.

Kalau dibandingkan dengan All New Honda HR-V yang dipasarkan juga di Indonesia, versi listriknya itu lebih panjang 5 mm, tapi lebih rendah 30 mm, sementara lebar dan wheelbase keduanya sama.

Baterainya punya daya jelajah sampai 510 Km

Di China, mobil ini tersedia dalam dua varian yakni Standard Range dan Long Range.

Vesri Standard Range menggunakan motor listrik bertenaga 182 PS dengan torsi 310 Nm dan dibekali baterai berkapasitas 53,6 kWh. 

Sementara varian Long Range memiliki motor listrik tenaga 204 PS serta torsi puncak 310 Nm dan baterai berkapasitas lebih besar jadi 68,8 kWh.

Tampilan interiornya

Honda mengklaim e:N1 menggunakan platform e:N Architecture F yang mampu menghasilkan performa yang bertenaga, sekaligus nyaman di berbagai kondisi jalan.

Bahkan pada varian Long Range, baterainya dianggap mampu untuk melakukan perjalanan hingga 510 km dalam sekali pengisian daya listrik.

Baca juga: Honda HR-V Versi Listrik Jadi Favorit Pengunjung GIIAS 2023

Punya Potensi Kuat Masuk Indonesia

Saat tampil di GIIAS BSD 2023

Selain akan dipasarkan di Thailand, sepertinya PT Honda Prospect Motor (HPM) juga mulai malu-malu melakukan studi untuk mobil listrik berjenis SUV corssover tersebut.

Buktinya satu dari lima display mobil berbasis listrik yang ditampilkan Honda di ajang GIIAS 2023 di ICE BSD City, Agustus lalu adalah e:N1 yang masih diberi label Honda SUV e Prototype.

Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director HPM pun menegaskan jika kehadiran mobil listrik ini sebagai langkah strategis HPM dalam memperkenalkan konsep mobil listrik Honda, khususnya yang sejalan dengan kebutuhan konsumen dan karakter alam di Indonesia.

"Tujuan kami menampilkan berbagai konsep mobil listrik di tahun ini adalah untuk terus mempelajari kebutuhan konsumen sehingga kami dapat menghadirkan produk yang tepat untuk masa mendatang," tukas Billy.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda HR-V

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Yang Bikin Beda XForce dari Yaris Cross, Creta dan HR V!

Pilih Xforce, Grand Vitara, atau Yaris Cross? | Komparasi

Mesin Serupa, Ternyata Hasil Tes BR-V dan HR-V Banyak Perbedaan!

Gaspol Honda HR-V RS di Sirkuit Mandalika!

Adu Fitur Honda HR-V SE dan Hyundai CRETA Prime

Kelebihan dan kekurangan Suzuki Grand Escudo adalah hal yang wajib diperhatikan ketika hendak membeli mobil SUV yang satu ini. Suzuki Grand Escudo merupakan SUV tangguh yang sempat menjadi salah satu pilihan favorit di pasar otomotif Indonesia, lantaran menggabungkan gaya elegan dengan performa yang handal. Kendaraan ini hadir sebagai pilihan ideal bagi mereka yang menginginkan keseimbangan antara kenyamanan berkendara dan kemampuan off-road. Sebelum kita membahas mengenai kelebihan dan kekurang
Di tengah maraknya berbagai mobil baru bermunculan dengan menawarkan kecanggihan teknologi, penjualan Toyota ternyata tak tergoyahkan, dan terus menjadi merek mobil terlaris di Indonesia pada November 2023. Jika melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) wholesales (penjualan dari pabrik ke dealer) tercatat selama Januari-November 2023 penjualan mobil mencapai 920.518 unit, sedangkan retail sales (dealer ke konsumen) sebanyak 908.462 unit. Sedangkan pada November 2023
Toyota Kijang Innova J jadi pilihan tepat bagi kalian yang menginginkan Innova namun memiliki budget di bawah Daihatsu Sigra. Kijang Innova J diluncurkan pertama kali pada 2009 berbarengan dengan hadirnya Innova facelift generasi pertama. Mobil ini ditawarkan sebagai varian terbawah dengan Innova bermesin bensin. Awalnya dihadirkan secara khusus menyasar segmen fleet, yang diperuntukan sebagai kendaraan operasional perusahaan. Sebagai varian terendah, Kijang Innova J tampil lebih sederhana ketim
Honda Brio kembali jadi mobil terlaris Honda di Indonesia untuk periode November 2023, tapi menariknya untuk tipe lain dihuni model-model SUV. Berdasarkan laporan penjualan retail (dari dealer ke konsumen) PT Honda Prospect Motor (HPM), total ada 10.165 unit mobil Honda yang berhasil terjual ke para konsumennya. Dan selama November 2023 ini pula penjualan ritel HPM masih ditopang paling besar oleh Honda Brio yang berhasil terdistribusi hingga 4.905 unit. Angka penjualan tersebut kembali menempat
Seres E1 jadi mobil listrik kedua PT Sokonindo Automobile setelah DFSK Gelora E yang diproduksi di Tanah Air. Dibuat di fasilitas produksi yang berlokasi di Cikande, Serang, Banten mulai Desember 2023, produksi Seres E1 di dalam negeri sekaligus menandakan komitmen perusahaan dalam menghadirkan sebuah kendaraan terjangkau dengan memperhatikan konsep lokalisasi yang kuat. “Kami merasa bangga bisa memulai perakitan Seres E1 di Indonesia. Perakitan di dalam negeri yang dilakukan ini juga membantu k

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Honda HR-V
Lihat