Rp 201,75 Juta - Rp 236,80 Juta
Spesifikasi Daihatsu Sirion
Segmen Icon
Segmen
B-Segment
Tipe Bodi Icon
Tipe Bodi
Hatchback
Jenis Penggerak Icon
Jenis Penggerak
CVT, MT, AT
Kapasitas Mesin Icon
Kapasitas Mesin
1329 L
Tenaga Icon
Tenaga
95 PS
Tempat Duduk Icon
Tempat Duduk
5
Daihatsu Sirion 2025 - 2026 ditawarkan dalam 6 varian - mula Rp 201,75 Juta - Rp 236,80 Juta hingga Rp 236,80 Juta, varian entry levelnya yaitu Daihatsu Sirion STD MT Rp 201,75 Juta dan varian tertinggi Daihatsu Sirion ditawarkan dengan harga Rp 236,80 Juta.
2022 | N/A | N/A Harga Mobil
Rp 227,60 Juta
Rp 2,29 Juta/bulan
Rp 236,80 Juta
Rp 2,39 Juta/bulan
2020 | N/A | N/A Harga Mobil
Rp 201,75 Juta
Rp 2,03 Juta/bulan
Rp 216,50 Juta
Rp 2,18 Juta/bulan
2019 | N/A | N/A Harga Mobil
Rp 216,50 Juta
Rp 2,18 Juta/bulan
Rp 216,50 Juta
Rp 2,18 Juta/bulan
Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Charmant, Bisa Disulap Jadi Toyota AE86

Daihatsu Sirion

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Charmant, Bisa Disulap Jadi Toyota AE86

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan Daihatsu Charmant yang menarik untuk dipertimbangkan mengingat harga bekas sedan lawas ini mulai dari Rp15...

Daihatsu Sirion Generasi Terbaru Adopsi DNGA dan Disuntik Mesin Yaris Cross Hybrid

Daihatsu Sirion

Daihatsu Sirion Generasi Terbaru Adopsi DNGA dan Disuntik Mesin Yaris Cross Hybrid

Daihatsu Sirion generasi terbaru diprediksi akan rilis pada 2025, hal ini seiring bocornya informasi terkait hatchback tersebut di Malaysia. Media asal...

5 Rekomendasi Mobil Bekas di Bawah Rp60 Juta yang Bagus Buat Wanita, Daihatsu Sirion Pilihan Menarik

Daihatsu Sirion

5 Rekomendasi Mobil Bekas di Bawah Rp60 Juta yang Bagus Buat Wanita, Daihatsu Sirion Pilihan Menarik

Kami memiliki 5 rekomendasi mobil yang bagus buat wanita dengan harga di bawah Rp60 juta namun mudah dalam perawatannya. Tak...

Perodua Emo-1 Concept Muncul di Malaysia, Calon Daihatsu Sirion Versi Listrik

Daihatsu Sirion

Perodua Emo-1 Concept Muncul di Malaysia, Calon Daihatsu Sirion Versi Listrik

Daihatsu secara mengejutkan tampil di ajang Malaysia Autoshow 2024 dengan Perodua Emo-1 Concept. Kalau kalian kurang familiar dengan Perodua Myvi,...

Lebih Murah dari Suzuki Baleno, Daihatsu Sirion R Punya Fitur yang Tak Kalah Menarik

Daihatsu Sirion

Lebih Murah dari Suzuki Baleno, Daihatsu Sirion R Punya Fitur yang Tak Kalah Menarik

Daihatsu Sirion merupakan city car kompak yang ditempatkan sedikit di bawah Suzuki Baleno, Honda City Hatchback dan juga Toyota Yaris....

Daihatsu Sirion X Jadi Varian Termurah, Dapat Apa Saja?

Daihatsu Sirion

Daihatsu Sirion X Jadi Varian Termurah, Dapat Apa Saja?

Daihatsu Sirion X (foto: Kacamata Andi Pras) Generasi terbaru Daihatsu Sirion (Spesifikasi | Berita) meluncur pada Juni 2022. Dibanding model...

Daihatsu Sirion 2025 memiliki 29 gambar dan foto, termasuk 18 gambar & foto Exterior, 10 gambar & foto Interior, 1 gambar & foto Others, dan lain-lain. Cek tampilan depan, tampilan belakang, tampilan samping, dan tampilan atas Daihatsu Sirion 2025 baru di sini.
Pros Icon

Kelebihan

  • Desain Eksterior Sporty, Cocok Untuk Kalangan Muda

  • Mesin Bertenaga

  • Jaringan Aftersales Luas

  • Kabin Belakang Lebih Leluasa

  • Dilengkapi Fitur Central Door Lock

Cons Icon

Kekurangan

  • Belum Dibuat Lokal, Harga Masih Tinggi

  • Tidak Banyak Ubahan Dari Versi Sebelumnya

  • Dimensi Membesar, Kurang Gesit di Jalan Sempit

  • Banyak Fitur Yang Dipangkas

  • Transmisi Belum CVT, Pengendaraan Kurang Halus

  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin dan Performa
  • Kesimpulan

Overview

Daihatsu Sirion merupakan salah sau pilihan sedan kompak dengan harga yang cukup terjangkau di Indonesia. Kehadirannya bisa menjadi alternatif bagi keluarga kecil yang menginginkan kendaraan untuk perjalanan harian. Harga Daihatsu Sirion 2020 cukup terjangkau. Mulai dari Rp200 jutaan untuk varian Daihatsu Sirion 1.3L MT dan Rp211 jutaan untuk Daihatsu Sirion 1.3L AT.

Daftar Harga Daihatsu Sirion
Harga Daihatsu Sirion STD ATRp 216.500.000
Harga Daihatsu Sirion STD MTRp 201.750.000

Sedan subkompak Daihatsu Sirion merupakan bagian dari rebadge Perodua Myvi yang masuk ke Indonesia pada 13 Februari 2018 dan diimpor langsung dari Malaysia. Penjualan mobil sedan Segmen B ini memang tak begitu mentereng di Indonesia. Namun Sirion cukup menawan dengan menghadirkan mesin 1NR-VE 1.3L 4-silinder milik Daihatsu yang terkenal tangguh dengan pilihan transmisi 5-percepatan manual dan 4-percepatan otomatis.

Lebih dari 10 tahun mengaspal di Indonesia, Daihatsu Sirion adalah salah satu model yang cukup lekat dengan image anak muda dan millenial yang sangat dinamis.

Dimensi mobil kompak, mesin irit bahan bakar, dan juga model yang eye-catching membuatnya cukup diminati. Dan memasuki generasi ketiga, Daihatsu Sirion mendapat facelift untuk model 2020 yang diperkenalkan bersamaan dengan Daihatsu Ayla.

Berbeda dari line-up Daihatsu lainnya yang ditawarkan dengan beberapa varian, New Sirion cuma punya satu varian, STD, yang hadir dalam dua pilihan transmisi, automatic 4-percepatan dan manual 5-percepatan.

Mesin Daihatsu All New Sirion 2020
Tipe Mesin1NR-VE DOHC, Dual VVT-i
Kapasitas Silinder1.329 cc
Tenaga Maksimal95 PS @ 6.000 rpm
Torsi Maksimal120 Nm @ 4.200 rpm
Akselerasi 0-100 km/jam11,3 detik
Konsumsi bahan bakar 12,8 km/L (dalam kota), 20 km/L (luar kota)
TransmisiOtomatis 4-Percepatan, Manual 5-Percepatan
Sistem PenggerakFront-Wheel Drive
Dimensi Daihatsu All New Sirion 2020
Dimensi (PxLxT)3.895 x 1.735 x 1.525 mm
Wheelbase2.500 mm
Ground Clearance150 mm
Radius Putar Minimum5,1 m
Kapasitas Tangki Bensin36 L
Kaki-Kaki dan Suspensi Daihatsu All New Sirion 2020
Suspensi DepanMac Pherson Strut dengan Coil Spring & Stabilizer/Torsion Beam dengan Coil Spring & Stabilizer
Rem Depan/BelakangVentilated Disc Brake/Drums
Pelek/Ukuran Ban185/55 R15 Alloy Black Polished

Daihatsu Sirion pertama kali muncul di Indonesia tahun 2007 dengan bentuk CBU, yang mengambil basis dari model Perodua Myvi di Malaysia. Saat itu, Sirion hadir dalam dua trim yakni D yang jadi varian paling rendah, dan M dengan tambahan aerokits dan jok kulit.

Empat tahun berselang, tepatnya Juli 2011, generasi kedua Daihatsu Sirion diperknalkan pada gelaran Indonesia International Motor Show 2011, dan kembali hadir sebagai CBU pabrik Perodua di Malaysia. Generasi ini dapat facelift tahun 2015 yang membuatnya makin sporty.

Tahun 2018, generasi ketiga Daihatsu Sirion di Indonsesia. Model ini hadir dengan desain depan dan belakang lebih dinamis dan sporty, walaupun harus meninggalkan kesan imut yang sudah identik sejak pertama kali mengaspal d Indonesia.

Setelah mendapatkan perombakan masif di generasi terbaru, tahun 2020 ini Daihatsu Sirion kembali mendapatkan facelift yang dirilis bersamaan dengan sang adik, Daihatsu New Ayla.

Memang, jika dibanding model sebelumnya ubahan Daihatsu Sirion 2020 tidak terlalu dramatis. Tapi, apakah itu sudah cukup untuk menarik hati para millenials? Simak review yang telah disusun redaksi Autofun.co.id berikut ini ya.  

Eksterior

Dibandingkan model pre-facelift yang launching 2018, Daihatsu New Sirion 2020 tidak mendapat ubahan masif di sektor eksterior dengan body kit yang semakin menguatkan kesan sporty dan dinamis.

Kita mulai dari depan, bumper Daihatsu New Sirion 2020 dilengkapi lips spoiler yang lebih tebal, sepintas sama dengan ornamen yang muncul di Sirion SE yang mejeng di GIIAS 2019 lalu.

Hal senada juga terlihat di bagian samping, side skirt Daihatsu New Sirion 2020 kini lebih tebal dengan finishing hitam yang membut tampilan hatchback mungil ini jauh lebih berisi. Tampilan mobil semakin necis berkat penggunaan pelek 15 inci dual-tone dengan profil ban 185/55 R15.

Pindah ke belakang, kesan sporty dan modern dihadirkan bagian buritan New Sirion. Di sini, kita juga tidak melihat ubahan signifikan kecuali di bagian area plat nomor yang di-blackout sehingga membuatnya semakin keren, tentu selain membuat plat jadi semakin mudah terlihat.

Interior

Sama seperti bagian eksterior, Interior Daihatsu New Sirion 2020 juga tidak mendapat ubahan signifikan. Namun, kami tidak menganggap itu sebagai hal buruk, secara desain kami suka dengan layout dasbor mobil yang ergonomis dengan panel instrumen yang mudah dijangkau.

Selain itu, lingkar kemudinya juga dilengkapi tombol pengatur audio dan bluetooth telephony. Soal kepraktisan, setir juga dapat diatur secara tilt yang memberi fleksibilitas lebih baik dalam posisi berkendara. 

Fitur dalam kabin Daihatsu New Sirion 2020 juga terhitung cukup lengkap. Mulai dari headunit double-DIN dengan fitur MirrorLink, USB & Bluetooth, DVD, sampai menu layar sentuh yang informatif.

Untuk kemudahan dan kepraktisan berkendara, hadir engine start/stop button dengan keyless entry, headlamp leveling adjuster, kaca spion retractable hingga pendingin ruangan dengan pengaturan digital.

Kursinya juga masih dibalut fabric, belum kulit. Namun, posisi duduknya menurut kami cukup proporsional, termasuk kursi belakang dengan lantai rendah dan rata sehingga ruang kaki dan kepala melimpah, seat hanger di pillar B juga dipertahankan yang memberi kepraktisan saat menggantung pakaian atau barang bawaan.

Bagaimana soal bagasi? Masih sama seperti model pre-facelift sih, yakni sekitar 277 liter dengan kursi belakang ditegakkan. Namun, ukuran segini cukup impresif mengingat dimensi mobil yang sangat kompak.

Fitur

Daihatsu New Sirion 2020 sudah dilengkapi fitur keselamatan yang jauh lebih lengkap dari pendahulunya. Sebut saja rem Anti-Lock Brake System (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD), sampai Vehicle Stability Control (VSC) dan Traction Control (TRC).

Tentu tidak melupakan fitur keamanan standar seperti empat airbag (dua depan, dua samping), dan seatbelt tiga-titik untuk seluruh penghuni mobil.

Fitur lain yang tak kalah menariknya adalah kamera dan sensor mundur, front corner sensor untuk mengawasi bagian depan mobil saat manuver di tempat sempit.

Mesin dan Performa

Mesin

Untuk sektor mesin, Daihatsu New Sirion 2020 dibekali mesin 1NR-VE, meski sama-sama berkapasitas 1.300cc, mesin dengan teknologi dual VVT-i ini menawarkan performa 95 PS di 6.000 rpm dan torsi 122 Nm di 4.200 rpm.

Karakteristik penyaluran tenaga mesin baru ini terasa halus di putaran mesin rendah, namun sebagai gantinya tarikan mobil jadi lebih bertenaga di rpm tengah sampai tinggi. Apalagi dengan teknologi Drive by Wire yang mampu menjaga efisiensi bahan bakar secara optimal.

Performa dan Handling

Dengan performa ini, Daihatsu New Sirion 2020 dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 11,3 detik. Cukup impresif mengingat tenaga mobil yang tak sampai 100 PS.

Daihatsu mengklaim karakteristik berkendara Sirion dibuat lebih sporty agar sesuai dengan market yang didominasi anak muda. Dibekali suspensi yang lebih kaku, handling mobil kini terasa lebih tajam, hal ini diimbangi juga dengan setir yang lebih responsif.

Meski bantingannya jadi sedikit lebih keras, body roll mobil ini juga jadi lebih baik. Radius putar yang cuma 5,1 meter juga menjanjikan kapabilitas manuver yang lebih luwes saat berada di jalan sempit.

Konsumsi BBM

Sebagai sebuah mobil yang ditujukan untuk anak muda, efisiensi bahan bakar tentu jadi salah satu tolok ukur. Untuk soal ini, Daihatsu New Sirion 2020 boleh berbangga diri.

Dibekali mesin 1.300cc dual-VVTi, konsumsi hatchback satu ini jelas lebih baik dibandingkan beberapa rivalnya yang punya mesin 1.500cc. Untuk penggunaan dalam kota, konsumsi bensinnya berada di kisaran 12,8 km/L dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam.

Sementara itu, jika dibawa di jalan tol dengan kecepatan konstan 90 km/jam, New Sirion mencatatkan konsumsi bensin yang cukup impresif, 20 km/L.

Kesimpulan

Daihatsu New Sirion 2020 memang tidak menawarkan perubahan besar dari model sebelumnya. Namun hal ini terasa cukup, karena model ini baru berusia dua tahun, dan fitur, teknologi, dan performa yang cukup baik di kelasnya.

Ubahan kosmetik yang membuatnya semakin modis, interior yang cukup ergonomis dengan kepraktisan yang oke punya, fitur entertainment dan safety yang sangat lengkap, sampai mesin dengan performa dan efisiensi sama baiknya jadi daya tarik New Sirion untuk menggaet hati para kaum muda yang mobile dan dinamis.

Jenis Bahan BakarTransmisiKlaim Produsen
PetrolCVT4.5 L/100km
PetrolCVT4.5 L/100 km
Daihatsu Sirion Colors
Toyota
Daihatsu
Honda
Chery
Mitsubishi
Suzuki
Nissan
Wuling
Volkswagen
Datsun
Mercedes-Benz
BMW

Tidak, Daihatsu Sirion tidak memiliki Tilt steering.

Ya, Daihatsu Sirion tersedia dalam Electronic Brake-force Distribution (EBD). Varian Electronic Brake-force Distribution (EBD) yang tersedia adalah Daihatsu Sirion 1.3L MT, Daihatsu Sirion 1.3L AT.

Ya, Daihatsu Sirion memiliki Child safety lock, yaitu: Daihatsu Sirion 1.3L MT, Daihatsu Sirion 1.3L AT.

Berikut adalah Jumlah tempat duduk(buah) dan varian Daihatsu Sirion:

VarianDaihatsu Sirion 1.3L MTDaihatsu Sirion 1.3L AT
Jumlah tempat duduk(buah)55

Tidak, Daihatsu Sirion tidak tersedia di Fitur Memori pengaturan kursi.

Compare Listings

Compare (0)