Duel Biaya Perawatan Daihatsu Sirion dan Honda Jazz, Mana yang Lebih Murah?

Mark Jacob · 27 Okt 2020 16:00

Daihatsu Sirion dan Honda Jazz merupakan dua mobil yang mengisi segmen hatchback medium. Keduanya bisa dibilang lawan yang sepadan di Indonesia. Sayangnya, banyak orang kurang tertarik dengan Daihatsu Sirion.

Padahal, Daihatsu Sirion ini punya kualitas yang cukup oke. Untuk harganya sendiri Daihatsu Sirion dibanderol Rp200 jutaan sampai Rp214 jutaan. Sedangkan Honda Jazz dijual jauh lebih mahal, Rp250 jutaan sampai Rp292 jutaan.

 Tapi, keduanya merupakan competitor yang ada di Indonesia. Walaupun selisih harganya cukup jauh, apakah biaya perawatannya juga berbeda jauh? Lantas, mana yang punya biaya perawatan lebih murah? Daihatsu Sirion atau Honda Jazz.

Biaya Perawatan Daihatsu Sirion

10.000 Km

Untuk biaya perawatan Daihatsu Sirion pada 10 kilometer pertama sebenarnya tidak terlalu mahal. biaya yang harus dikeluarkan berkisar Rp422 ribuan saja. Biaya servisnya tidak termasuk, karena masih gratis.

Pada 10.000 Km ini dilakukan pengecekan pada beberapa sektor. Seperti ganti oli mesin, filter oli, rotasi ban, dan pemeriksaan busi dan filter udara. Kondisi chasis dan bodi juga diperiksa oleh mekanik yang sudah terlatih.

20.000 Km

Memasuki 20.000 Km biaya perawatannya mencapai Rp398 ribu. Penggantian meliputi busi, oli mesin, saringan oli, system AC, knalpot dan pemeriksaan suspensi. Untuk biaya tersebut, kami nilai sangat tidak mahal untuk ukuran sebuah mobil baru.

40.000 Km

Pada saat jarak tempuh 40.000 Km, dilakukan pengecekan lebih banyak. Pengecekan terdiri dari ganti oli transmisi, ganti oli gardan, filter udara, filter AC dan ganti air radiator. Untuk biayanya sendiri mencapai Rp720 ribuan. Bagaimana, murah bukan?

Biaya Perawatan Honda Jazz

10.000 Km

Bagaimana dengan Honda Jazz? Biaya perawatan Honda Jazz pada 10.000 km pertama adalah berkisar Rp450 ribuan. Biaya jasanya tidak termasuk karena gratis oleh Honda. Penggantian yang dilakukan adalah ganti oli mesin dan ring tab oli.

20.000 Km

Masuk ke servis kedua, ternyata biaya yang harus dikeluarkan juga tidak terlalu mahal. Uang yang harus dikeluarkan mencapai Rp598 ribuan saja. Jumlah ini tentu saja tidak terlalu memberatkan bagi pemilik mobil baru.

Penggantian yang dilakukan meliputi oli mesin, filter oli mesin, pengecekan AC, rotasi ban, filter udara, filter AC dan air radiator. Dengan banyaknya komponen yang diganti, rasanya cukup oke lah.

40.000 Km

Masuk ke servis berkala ketiga, pemilik Honda Jazz harus menyiapkan dana berkisar Rp1 jutaan. Karena komponen yang diperiksa dan diganti lebih banyak dibanding servis sebelumnya. Di fase ini, biaya servis Honda Jazz bisa dibilang jauh lebih mahal dibandingkan dengan Sirion.

Kesimpulan

Dengan biaya servis di atas, rasanya kami lebih menjatuhkan pilihan kepada Daihatsu Sirion yang punya biaya perawatan lebih murah. Hal tersebut dapat dilihat dari biaya perawatan antara 10.000 km sampai 40.000 km yang lebih murah dibanding Honda Jazz.

Perbandingan biaya
Jarak Tempuh Biaya Perawatan Daihatsu Sirion Biaya Perawatan Honda Jazz
10.000 Km Rp442 ribu Rp450 ribu
20.000 Km Rp398 ribu Rp598 ribu
40.000 Km Rp720 ribu Rp1 juta
Total Biaya Rp1,5 jutaan Rp2 jutaan

Walaupun harganya lebih murah, tetapi fitur yang dimiliki oleh Daihatsu Sirion ini juga banyak. Sebut saja follow me home, soket pengisian di jok depan, head unit layar sentuh, dan kamera mundur serta sensornya.

Kami setuju kalau Daihatsu Sirion lebih worth to buy dibanding Honda Jazz. Walaupun sama-sama masih diberikan gratis biaya jasa, tetap saja biaya perawatan Daihatsu Sirion ini lebih murah. Dan harus diingat juga, faktor harga baru Sirion yang lebih murah juga menjadi salah satu hal yang cukup mempengaruhi.

 

Komentar

Mobil Terbaru