window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Harga Motor Listrik Alva Bakal Murah! Pakai Sistem Swap Battery

Fariz · 21 Sep, 2023 17:00

Harga Motor Listrik Alva Bakal Murah! Pakai Sistem Swap Battery 01

Motor listrik Alva Cervo (kiri) dan Alva One (kanan)
  • Sudah tanda tangan MOU dengan baterai ABC.
  • Harga bisa lebih murah dengan sistem swap battery.

Sepeda motor listrik Alva selaku bagian dari PT Ilectra Moto Group (IMG) sudah memiliki 2 tipe. Pertama, ada Alva One yang diperkenalkan ke publik pada GIIAS 2022 lalu disusul Alva Cervo pada Mei 2023.

Kedua motor tersebut memiliki konsep desain berbeda, di mana Alva One hadir dengan konsep commuter yang nyaman utamanya dalam hal posisi berkendara.

Sementara Alva Cervo tetap mengusung konsep layaknya motor matic namun dengan konsep lebih sporty dan gambot. Ini terlihat dari desain bodi yang serba melancip serta kaki-kaki berukuran besar.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baik Alva One maupun Alva Cervo masih menggunakan sistem charging. Pengisian ulang daya baterainya menggunakan portable charger berdaya kurang lebih 1.000 watt.

Usung Swap Battery

Namun, beberapa merek motor listrik nyatanya sudah mengaplikasi metode tukar baterai. Cara ini dinilai efektif karena konsumen hanya perlu menukarkan saja baterai yang sudah habis dengan baterai baru di swap station. 

Baca juga: Pabrik Alva Pakai Sistem Industri 4.0, Motor Baru Keluar Setiap 3,5 Menit

Harga Motor Listrik Alva Bakal Murah! Pakai Sistem Swap Battery 01

Nantinya baterai Alva akan pakai sistem tukar.

Terkait hal tersebut, motor listrik Alva sendiri tidak menutup diri. Bahkan, sudah kesepakatan mengenai sistem swap battery ini dengan salah satu produsen baterai di Indonesia.

"Yang sudah dilakukan ini kami bekerjasama dengan ABC. Sudah tanda tangan MOU dengan ABC beberapa bulan yang lalu, di mana kami menjadi bagian inisiatif dari ABC untuk mengembangkan sistemnya mereka, yaitu BAMS atau Battery Asset Management Service. Kami menjadi bagian dari rencana ABC untuk menggelarkan swap battery, intinya kami sangat konsumer sentris apapun yang diperlukan oleh consumer kami coba lakukan," 

“Dalam konteks ini kerjasama sudah dilakukan dengan ABC supaya kami bisa support ABC juga ke depannya, karena intinya mereka perlu sebanyak mungkin swap battery di sistem mereka. Jadi kalau kami bisa lakukan itu juga bareng dengan OEM lainnya maka alangkah baiknya,” ujar Purbaja Pantja, President Director PT IMG.

Harga Motor Listrik Alva Lebih Murah

Tidak dapat dipungkiri kalau sistem swap battery dapat membuat harga jual motor menjadi lebih murah. Ini pun diyakini oleh Pantja karena nantinya konsumen membeli unit Alva tanpa baterai.

Baca juga: Siap Perluas Jaringan, Dealer Motor Listrik Alva Bakal Hadir di Kota Ini

Harga Motor Listrik Alva Bakal Murah! Pakai Sistem Swap Battery 02

Kandungan TKDN Alva Cervo sudah cukup tinggi.

Alva sendiri banyak bekerja sama dengan supplier komponen untuk mendukung produksinya. Hal ini yang membuat TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) pada tipe keduanya cukup tinggi.

"Pada produk kedua Cervo secara numbers sudah sangat tinggi, mungkin bisa sampai 50 persen, itu sudah suplai lokal semua. Tapi memang ada beberapa item seperti baterai dan komponen lainnya yang memang belum, karena dari sisi ketersediaan dan kecocokan juga masih perlu dikaji," sahut Rahmat Septriwan, Chief Operating Officer IMG.
 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });