window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Komparasi Harga Baru Honda Scoopy dan Yamaha Fazzio, Lebih Murah Apakah Lebih Oke?

Ilham · 12 Jun, 2023 17:00

Komparasi Harga Baru Honda Scoopy dan Yamaha Fazzio, Lebih Murah Apakah Lebih Oke? 01

Yamaha Fazzio dan Honda Scoopy bertarung di segmen yang sama
  • Yamaha Fazzio dan Honda Scoopy Mengusung gaya retro stylish.
  • Selisih harganya tipis.

Di segmen skuter matic retro dengan gaya stylish, ada dua model yang bisa Anda pertimbangkan untuk ditebus. Pilihannya yaitu Honda Scoopy atau Yamaha Fazzio, keduanya hadir di segmen yang sama. 

Bukan hanya soal desain, dari segi harga dan fitur pun keduanya saling serang. Lalu mana yang patut dilirik? Yuk, kita adu.

Baca Juga: Dilepas Sampai Rp 22 Jutaan, Honda Scoopy 2023 Dapat Update Fitur dan Warna Baru

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Desain

Masalah desain memang soal selera. Ada yang memilih bentuk skuter konvensional seperti Yamaha Fazzio dengan lampu utama di batok setang.

Tapi tak sedikit pula yang mengagumi keunikan Honda Scoopy yang punya headlamp LED projector di tameng dada depan.

Komparasi Harga Baru Honda Scoopy dan Yamaha Fazzio, Lebih Murah Apakah Lebih Oke? 01

Yamaha Fazzio Lux

Bodi keduanya pun punya kesan membulat. Meski Yamaha Fazzio terlihat lebih unik dengan kombinasi tepong yang lebih boxy. Serta adanya sein dengan bentuk kapsul.

Pilihan warna bodi juga jadi perang tersendiri buat keduanya. Nggak tanggung, masing-masing model punya opsi 8 warna.

Detailnya, Honda Scoopy dengan empat varian berbeda punya warna Sporty Red, Sporty Silver, Fashion Brown dan Fashion Blue.

Komparasi Harga Baru Honda Scoopy dan Yamaha Fazzio, Lebih Murah Apakah Lebih Oke? 02

Lalu warna Stylish Brown, Stylish Red, Prestige White dan Prestige Green.

Sedangkan Yamaha Fazzio punya dua opsi varian, yakni Neo dan Lux. Pada tipe Neo terdapat lima pilihan warna.

Diantaranya Orange, Dull Blue, Cyan, Beige dan Red. Sedangkan tipe Lux waranya mulai White Pearl, Prestige Silver dan Black. 

Baca Juga: Dijual Mulai Rp 22,5 Juta, Ini Deretan Warna Baru Yamaha Fazzio 2023

Mesin

Untuk sumber penggerak, Scoopy punya mesin eSP 110 cc dengan pendingin udara. Tenaganya 9 PS di 7.500 rpm dengan torsi 9,3 Nm di 5.500 rpm.

Sedangkan Fazzio dibekali tipe Blue Core Hybrid 125 cc berpendingin udara. Tertanam teknologi hybrid melalui bantuan dari peranti Electric Power Assist Start. 

Komparasi Harga Baru Honda Scoopy dan Yamaha Fazzio, Lebih Murah Apakah Lebih Oke? 03

Fitur ini beroperasi selama tiga detik saat motor berakselerasi dari kondisi diam. Sayangnya, daya yang dihasilkan lebih kecil, yakni 8,4 PS di 6.500 rpm dengan torsi 10,6 Nm pada 4.500 rpm.

Fitur

Boleh dibilang jika taburan fitur menjadi senjata bagi kedua motor ini. Misalnya kedua motor sudah dibekali headlamp LED.

Lalu ada laci dengan cover di bawah setang yang punya fitur charger. Kemudian hook untuk menyantelkan barang. 

Bagasi di balik jok keduanya pun terbilang lega. Scoopy punya volume 15,4 liter. Sedangkan Fazzio lebih luas, yakni 17,8 liter.

Komparasi Harga Baru Honda Scoopy dan Yamaha Fazzio, Lebih Murah Apakah Lebih Oke? 04

Yamaha Fazzio punya bagasi lebih luas

Ada lagi fitur keselamatan Parking Brake Lock dan Side Stand Switch. Serta fitur penghemat BBM, Idling Stop System di Scoopy dan Start & Stop System di Fazzio.

Fitur keamanan Smart Key (keyless) pun sudah tersemat pada keduanya. Namun di Honda Scoopy hanya ada di varian Prestige dan Stylish saja, bukan seluruh tipe seperti Fazzio.

Tak ketinggalan, Yamaha Fazzio dibekali koneksi ke smartphone, Y-Connect yang punya banyak fungsi dan fitur unik.

Harga

Seperti disebutkan di awal, jika banderol keduanya mirip. Namun Honda Scoopy sedikit lebih murah. 

Komparasi Harga Baru Honda Scoopy dan Yamaha Fazzio, Lebih Murah Apakah Lebih Oke? 05

Harga Honda Scoopy lebih terjangkau

Di mana untuk tipe Sporty dan Fashion dilepas Rp 21,875 juta. Serta Prestige dan Stylish Rp 22,68 juta.

Sedangkan Yamaha Fazzio Neo dimulai dari Rp 22,65 juta dan versi Lux Rp 23,05 juta. Seluruh harga berstatus on the road Jakarta.

Kesimpulan

Memang sekilas agak sulit untuk membandingkan keduanya. Karena secara segmen dan harga mirip.

Komparasi Harga Baru Honda Scoopy dan Yamaha Fazzio, Lebih Murah Apakah Lebih Oke? 06

Namun tak dipungkiri jika nama besar Honda Scoopy cocok untuk dilirik bagi Anda yang mengincar harga jual kembali tinggi.

Tapi jika ingin motor dengan tampilan lebih segar dan unik. Serta fitur lebih melimpah, maka Yamaha Fazzio patut dilirik.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });