window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

MotoGP Mandalika Makin Dekat, Transportasi dan Lalu Lintas Dibenahi

Ilham · 1 Okt, 2023 12:30

MotoGP Mandalika hadir pertengahan Oktober

MotoGP Mandalika hadir pertengahan Oktober.
  • Perhelatan MotoGP Indonesia berlangsung 13-15 Oktober.
  • Tahun lalu banyak kritik mengenai transportasi dan lalu lintas.

Kritik dari penonton ajang MotoGP Indonesia 2022 yang berlangsung di Mandalika, Lombok coba dibenahi oleh panitia saat ini. Apalagi, kurang dari sebulan MotoGP Indonesia akan digelar. 

Sejumlah persiapan untuk kelancaran ajang balap bergengsi yang digelar pada 13-15 Oktober 2023 tersebut terus diberikan. Mulai dari transportasi, lalu lintas hingga ke pengamanan penonton.

Persiapan Layanan Transportasi Kawasan

“Semua bentuk layanan transportasi, lalu lintas dan pengamanan selama gelaran MotoGP Mandalika 2023 secara umum akan dibagi menjadi dua, yakni di luar kawasan Sirkuit dan di dalam kawasan Sirkuit Mandalika,” ucap Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

MotoGP Mandalika Makin Dekat, Transportasi dan Lalu Lintas Dibenahi 01

Shuttle bus.

Urusan transportasi penonton, akan ada dua layanan yang disediakan yaitu layanan bus di luar dan di dalam kawasan Sirkuit Mandalika.  

Pada layanan transportasi di dalam kawasan, rutenya dari tempat-tempat parkir penonton menuju pintu-pintu masuk Sirkuit Mandalika.  

Layanan transportasi di dalam kawasan ini akan dikelola oleh MGPA bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Barat (Dishub NTB). 

Sedangkan transportasi di luar kawasan sirkuit, dengan titik penjemputan penonton ke Kawasan Mandalika, akan dikelola juga oleh Dishub NTB.

“Kami ingin memastikan penonton mendapatkan layanan transportasi yang terbaik, yang akan mengantar penonton dan pengunjung masuk dan keluar Kawasan Mandalika dan kawasan Sirkuit dengan aman dan lancar,” tambahnya.

Baca Juga: Tekiro Gandeng Polda DIY Ciptakan Mekanik Profesional dan Melek Socmed

Pembenahan Transportasi Luar Pulau Lombok

Penonton yang akan datang ke Lombok dengan menggunakan jalur laut dan udara juga bakal diakomodir oleh armada dua perusahaan BUMN. 

Diantaranya PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), BUMN jasa penyeberangan dan pelabuhan terintegrasi, serta PT Garuda Indonesia (Persero) untuk transportasi udara.

MotoGP Mandalika Makin Dekat, Transportasi dan Lalu Lintas Dibenahi 02

Pelabuhan Lembar.

Dalam hal ini, tersedia tambahan jadwal pelayaran dari Bali ke Lombok dan jadwal tambahan penerbangan langsung dari Jakarta ke Lombok.

Sehingga mampu menampung antusiasme penonton Indonesian GP 2023 jelang berlangsungnya balapan hingga setelah balapan usai.

Selain tambahan jadwal pelayaran, ASDP juga akan melakukan peningkatan fasilitas dan infrastruktur pada Pelabuhan Lembar.

Antara lain ruang tunggu penumpang dan fasilitas MCK, berupa toilet portable akan disediakan dua minggu menjelang MotoGP. 

Baca Juga: Kazakhstan Masuk Kalender MotoGP 2024 Sementara, Ada Perubahan Jadwal

Reservasi online bisa dilakukan sejak 60 hari sebelum keberangkatan melalui domain trip.ferizy.com.

Terdapat enam kapal yang beroperasi selama 24 jam dengan jam pemberangkatan kapal setiap 6 jam.

Garuda Indonesia nantinya menyediakan tambahan jadwal penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke Bandara Internasional Lombok pada 12-14 Oktober 2023 dan 16-17 Oktober 2023.

Pengamanan Penonton

Secara umum, pengamanan luar kawasan akan sepenuhnya dikelola pihak Polda NTB, TNI dan berbagai aparat keamanan lainnya.

Sedangkan di dalam Kawasan The Mandalika, ITDC dan MGPA, bekerjasama dengan Polda NTB, Desa Penyangga, serta Organisasi Masyarakat dan stakeholders terkait lainnya. 

MotoGP Mandalika Makin Dekat, Transportasi dan Lalu Lintas Dibenahi 03

Tikungan ikonik sirkuit Mandalika.

Presiden Direktur Dyandra&Co. Daswar Marpaung meyakini persiapan pada Indonesian GP 2023 terus dilakukan lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Penonton diharapkan mendapat pengalaman yang baik mulai saat mereka menuju Mandalika, masuk kawasan Sirkuit, hingga saat race berlangsung, dan tentu saat kembali dari Sirkuit," tutup Daswar.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });