window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Pakai Sespan, Begini Motor Adventure Asal Cina yang Mirip Moto Guzzi

Harry · 3 Okt, 2023 08:30

Pakai Sespan, Begini Motor Adventure Asal Cina yang Mirip Moto Guzzi 01

Changjiang V750 Defender. 
  • Awalnya pabrikan yang ahli bikin sespan.
  • Desain mirip Moto Guzzi V85TT.
  • Punya gigi mundur.

Motor adventure menawarkan sosok motor yang gagah, kuat dan bertenaga, tapi pabrikan Cina satu ini punya ide yang berbeda jauh dari konsep tersebut.

Adalah Changjiang V750 Defender yang secara desain meniru habis Moto Guzzi V85TT namun dipakaikan sespan untuk penumpang di sampingnya.

Gak usah heran, karena memang Changjiang dikenal sebagai pabrikan asal Cina yang memproduksi sespan atau sidecar untuk tentara Cina.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Berkreasi dari tahun 1950-an, mereka mulai memproduksi desain dengan Ural, merek motor asal Rusia dan kemudian juga BMW dengan mesin boxer klasiknya.

Maka ketika mereka membuat sendiri motornya, sespan tetap dipasangkan, sebagai salah satu produk andalan yang dikenal luas.

Baca juga : Jangkau Jakarta Utara dan Bekasi, MForce-The Bikers Shop Resmikan Dealer di Kelapa Gading

Pakai Sespan, Begini Motor Adventure Asal Cina yang Mirip Moto Guzzi 01

Panel meter sudah full digital TFT.

Dan seperti disebutkan diawal kalau motor ini terlihat sangat mirip dengan Moto Guzzi V85TT, lengkap dengan mesin v-twin yang dipasang melintang.

Motor ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 64 PS pada putaran mesin 6.300 rpm, serta torsi maksimal mencapai 60 Nm di 4.900 rpm.

Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan, serta memiliki gigi mundur yang sangat membantu untuk motor seperti ini.

Meski menjiplak desain, namun seperti halnya motor Cina, fiturnya bisa dibilang modern. Tengok bekalan teknologi Ride by Wire, Cruise Control, serta rem ABS diketiga rodanya.

Pakai Sespan, Begini Motor Adventure Asal Cina yang Mirip Moto Guzzi 02

Mesin v-twin melintang identik Moto Guzzi.

Belum lagi juga punya Traction Control, layar TFT 7 inci, USB charging dan soket 12 volt pada sespannya. Suspensi sudah pakai KYB dan pengereman dari J. Juan.

Changjiang V750 Defender melakukan debutnya pada sebuah pameran sepeda motor internasional yang berlangsung di Chongqing pada pertengahan September lalu.

Baca juga : Nasib Usulan SIM Berlaku Seumur Hidup, Segera Disahkan?

Namun selain dikenalkan untuk pasar domestik, perusahaan berupaya untuk memasuki pasar ekspor dengan berbagai negara tujuan termasuk Eropa seperti Belgia, Ceko, Jerman, Swiss, Austria, Portugal, Prancis, Irlandia dan bahkan Italia.

Pakai Sespan, Begini Motor Adventure Asal Cina yang Mirip Moto Guzzi 03

Desain, posisi knalpot dan mesin identik Moto Guzzi V85TT.

Well motor ini tentu saja akan mendapatkan gugatan dari pemilik asli desain, terlebih Moto Guzzi V85TT juga dijual di Cina sana.

Ada-ada saja ya?

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });