window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Kawasaki Eliminator 2024, Cruiser Rp 160 Jutaan yang Menggoda

Fariz · 13 Nov, 2023 15:30

Kawasaki Eliminator 2024, Cruiser Rp 160 Jutaan yang Menggoda 01

Kawasaki Eliminator 2024 standar (kiri) dan SE (kanan)
  • Hadir dengan konsep medium sport-cruiser.
  • Punya 2 pilihan tipe dengan harga jual Rp 160 jutaan.
  • Pakai basic mesin Ninja 400 yang ditingkatkan kapasitasnya.

Di penghujung tahun 2023 PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) melengkapi line up produk dengan menghadirkan sport-cruiser, Kawasaki Eliminator 2024.

Motor ini hadir dalam tipe standar warna Pearl Robotic White  yang dibanderol Rp 165,9 juta OTR Jakarta.

Dan tipe SE yang punya harga jual Rp 169,9 juta OTR Jakarta dengan pilihan warna Metallic Matte Carbon Gray / Flat Ebony.

Kawasaki Eliminator 2024, Cruiser Rp 160 Jutaan yang Menggoda 02

Eliminator 2024 tipe basic lebih murah dan sedikit lebih ringan

Baca juga: Kawasaki Z7 Hybrid Usung Mesin Eliminator, Bakal Masuk Indonesia?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

 

Jika menelisik dari sejarahnya, Eliminator pertama kali diproduksi pada tahun 1985 dengan kapasitas mesin 900 cc memang sudah bergaya cruiser yang khas. 

Selanjutnya terus berkembang dengan ubahan dari segi desain juga kapasitas mesin.

Bahkan di Indonesia sendiri pernah hadir Kawasaki Eliminator 175 di tahun 2000-an dan sempat menjadi salah satu motor turing favorit.

Kawasaki Eliminator 2024, Cruiser Rp 160 Jutaan yang Menggoda 01

Lampu penerangannya sudah pakai LED

Kesan medium sport-cruiser pada Eliminator 2024 cukup terasa berkat penggunaan roda depan gambot.

Pakai ukuran 130/70-18 dan yang belakang 150/80-16 dengan desain pelek klasik palang 10 lurus.

Kaki-kaki gambotnya usung suspensi depan teleskopik berdiameter as 41 mm, sedangkan yang belakang pakai sepasang suspensi dilengkapi setelan spring preload.

Kemudian ciri sport-cruiser disuguhkan dengan posisi duduk rendah 735 mm namun dengan letak setang tinggi.

Kawasaki Eliminator 2024, Cruiser Rp 160 Jutaan yang Menggoda 02

Spidometer full digital dan bisa terkoneksi dengan smartphone melalui Bluetooth

Tapi di Eliminator 400 ini tidak mengadopsi forward control yang artinya posisi footstep tetap berada di tengah bukan di depan.

Kabarnya penetapan letak posisi footstep di tengah ini berhubungan dengan handling yang lebih controllable pada Eliminator 2024.

Bicara handling motor ini punya bobot 177 kg pada tipe SE dan tipe standar 176 kg.

Baca juga: Kawasaki Kenalkan Ninja 500 dan Z500 2024, Pakai Mesin Generasi Baru!

Kawasaki Eliminator 2024, Cruiser Rp 160 Jutaan yang Menggoda 03

Pakai basic mesin Ninja 400 yang distroke up 6,8 mm

Untuk fitur Eliminator 2024 sendiri sudah menggunakan LED di seluruh lampu penerangannya.

Kemudian ada spidometer digital yang bisa tersambung ke smartphone, penyematan ABS di kedua roda, dan masih banyak lagi.

Tipe mesin yang digunakan pada Eliminator terbaru ini mengadopsi dari milik Ninja 400 dan Z500.

Kawasaki Eliminator 2024, Cruiser Rp 160 Jutaan yang Menggoda 04

Tipe SE dilengkapi dengan power outlet USB Type-C

Hanya saja mengalami peningkatan langkah sebanyak 6,8 mm dari yang mulanya 51,8 mm menjadi 58,6 mm tapi tetap dengan diameter piston 70 mm.

Dengan begitu kapasitas murni mesin ini 451 cc dengan rasio kompresi 11,3:1.

Klaimnya mesin terbaru ini punya tenaga maksimal 52 ps di 10.000 rpm dan torsi maksimal 42,6 Nm pada 7.500 rpm.

Untuk ulasan lengkapnya, bisa langsung tonton video lengkapnya di bawah ini.

Spesifikasi Kawasaki Eliminator 2024

Jenis mesin 2 silinder segaris, 4 tak, DOHC, 8 katup, pendingin cairan
Tenaga maksimal 52 ps @10.000 rpm
Torsi maksimal 42,6 Nm @7.500 rpm
Kapasitas mesin 451 cc
Bore x stroke 70 x 58,6 mm
Rasio kompresi 11,3:1
Diameter throttle body ø32 mm x 2
Transmisi 6 percepatan
Kopling Manual, lempengan basah
Tipe rangka Tralis, high-tensile steel
Suspensi depan Teleskopik ø41 mm, travel 120 mm
Suspensi belakang Ganda, travel 90 mm
Rake / trail 30° / 121 mm
Roda depan 130/70-18 M/C 63H
Roda belakang 150/80-16 M/C 71H
Rem depan Cakram tunggal ø310 mm, kaliper 2 piston
Rem belakang Cakram tunggal ø240 mm, kaliper 2 piston
P x L x T 2.250 x 785 x 1.140 mm (SE), 2.250 x 785 x 1.100 mm (STD)
Jarak sumbu roda 1.520 mm
Jarak terendah ke tanah 150 mm
Tinggi tempat duduk 735 mm
Berat isi 177 kg (SE), 176 kg (STD)
Tangki bensin 13 liter


 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });