Yamaha XMax Connected Pakai Part Plug & Play, Jadi Kece Tanpa Repot!

Modifikasi Yamaha XMax Connected ala Mitra2000.
  • Sebagian besar part terpasang secara plug and play.
  • Pengereman lebih pakem dengan part RPD dan TDR.

Yamaha XMax Connected 2023 yang hadir pada IMOS 2022 memang tidak bisa dikatakan sepenuhnya baru. Ubahannya memang berfokus pada desain bodi yang lebih segar namun tetap mempertahankan karakter dari generasi pertama.

Ubahan lainnya tentu saja desain lampu utama, lampu belakang, dan spidometer yang kini fully digital menggunakan negative display serta ketambahan sistem navigasi menggunakan aplikasi Garmin StreetCross pada smartphone.

Karena ubahannya tidak banyak, ini jadi keuntungan bagi para pemilik XMax Connected yang senang modifikasi. Karena dengan begitu rasanya tidak sulit untuk mencari part modifikasi, bahkan bisa menggunakan part modifikasi milik Yamaha XMax generasi pertama.

Seperti yang dilakukan Mitra2000 sebagai distributor dari beberapa part modifikasi yang melakukan modifikasi Yamaha XMax Connected menggunakan part yang sama seperti model generasi pertama. 

Seperti apa?

Upgrade Pengereman

Di area setang yang paling terlihat adanya spion aftermarket berlabel RPD. Spion ini cukup memberi kesan premium pada Yamaha XMax Connected karena menggunakan bahan aluminium dengan finishing CNC.

Spion RPD bikin tampilan setang lebih premium

Kemudian kedua master rem juga diganti menggunakan merek yang sama, RPD radial dengan bodi master rem aluminium serta finishing CNC. Tidak ketinggalan ada tabung reservoir kecil untuk menampung minyak rem.

Baca juga: Sensasi Diboncengin Pakai Yamaha XMax Connected, Masih Ngangkang?

“Piston master rem RPD lebih besar dari standar tentunya, kalau untuk Yamaha XMax pakai diameter piston 17 mm kanan dan 16 mm kiri. Yang pasti pengaruh ke tekanan rem ya jadi lebih kuat, ibarat suntikan aja,” ujar Jeffry Willar selaku Marketing Manager Mitra2000.

Master rem RPD punya diameter piston lebih besar

Kedua master rem barunya disambungkan ke kaliper menggunakan elang rem TDR yang terbuat dari bahan stainless steel dengan sistem rajutan, biasa juga disebut dengan braided stainless steel.

Kelebihannya tentu bisa menahan tekanan minyak rem lebih kuat dan bisa melepas panas minyak rem lebih baik. Beda dengan selang rem original yang menggunakan bahan karet, karena bisa membengkak ketika melakukan pengereman keras.

Cakram depan lebar dan semi floating

Masih di sektor pengereman, kedua cakramnya ikut diganti namun kali ini pakai produk TDR. Yang depan wavy semi-floating berdiameter 298 mm sedangkan belakang wavy juga tapi dengan diameter standar 245 mm.

Baca juga: Pilihan Suspensi YSS Yamaha XMax Connected, Mulai Rp 3 Jutaan Sampai Rp 12 Jutaan!

Sisi dalam cakramnya menggunakan aluminium dan sisi luar cakram pakai bahan stainless steel sehingga memberikan bobot yang lebih ringan tapi mampu melepas panas dengan baik.

Cakram belakang TDR lebih tebal agar awet dan gak mudah melengkung

“Cakram belakang TDR lebih tebal dibandingkan original. Tujuannya supaya lebih awet dan membuat kemungkinan cakram melengkung lebih kecil karena lebih tebal,” sambungnya.

Beragam Suspensi Yamaha XMax Connected

Untuk memberi kenyamanan lebih, suspensi original yang hanya dilengkapi preload dilengserkan dan digantikan dengan produk YSS. YSS sendiri memiliki banyak line up untuk motor ini.

YSS G-Racing punya setelan paling lengkap

Yang terpasang di Yamaha XMax Connected ini merupakan versi tertinggi dari YSS yaitu tipe G-Racing. Tipe ini dilengkapi dengan spring adjuster, rebound adjuster, tabung berisikan nitrogen dan oli, serta ada compression adjuster.

Baca juga: Inspirasi Modifikasi Yamaha XMax Connected, dari Bergaya Touring hingga Racing!

XMax Connected tampil kece dengan part PnP

Bahkan compression adjuster di tipe ini dibagi menjadi 2 setelan. Ada High Speed Compression dan Low Speed Compression sehingga pengendaranya bisa mengatur karakter suspensi secara lebih detail.

Cakep!

Data Modifikasi Yamaha XMax Connected
Spion RPD
Master rem RPD
Slang rem TDR
Cakram depan TDR semi-floating 298 mm
Cakram belakang TDR 245 mm
Suspensi belakang YSS G-Racing
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha XMax
Lihat