Banyak Yang Pindah, Apakah Layak Tambah Rp18 Juta Untuk Pinang Honda BR-V Varian Termahal?

Dari sekian banyak produk baru yang meluncur di 2021 ini, Honda BR-V boleh dibilang termasuk sebagai salah satu model yang menarik perhatian. Jalani ubahan besar-besaran berikut ditambah sederet fitur canggih nan kekinian. Waktu harganya belum diumumkan saja, mobil ini disebut-sebut sudah banyak yang pesan.

Varian Honda Sensing Diklaim Semakin Diminati

Tidak sepenuhnya salah kalau menilai BR-V itu “mahal”. Relatif terhadap kompetitor, harga LSUV 7-seater teranyar Honda ini memang tergolong tinggi. Didagangkan mulai Rp 275,9 juta sampai Rp 339,9 juta.

Namun, banderol tersebut tampaknya tidak mengurungkan niat beli mereka yang terlanjur terpikat. Bahkan baru-baru ini diklaim kalau tipe termahal, Prestige dengan Honda Sensing, malah bertambah peminatnya. Hal ini sendiri dijelaskan Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy di sela kesempatan Media Drive All New Honda Civic RS (9/12).

“Kalau BR-V setelah diumumkan harga, yang dari Prestige banyak pindah ke Honda Sensing. Jadi dari 50% Honda Sensing, sekarang sudah 62%. Jadi, peminat Honda Sensing-nya lebih tinggi,“ jelas Yusak.

Beda harga namun tentu diganjar teknologi lebih canggih. Dari sini mungkin bisa terlihat bagaimana pasar terbuka untuk pengalaman berkendara yang baru seperti kehadiran Advanced Driving Assistance System (ADAS). Namun, haruskah BR-V Prestige dengan Honda Sensing ini jadi pilihan Anda ketimbang Prestige standar?

Desain dan Fitur Umum Serupa Prestige Standar

Mungkin diferensiasi terhadap tipe Prestige tidak akan terlihat secara langsung kala meminang varian termahal BR-V ini. Gayanya serupa yang mana sudah terlihat paling glamor di antara varian lain. Sebut saja pemasangan sepatu 17 inci, menganut spion dengan pelipatan otomatis, penerangan full LED, dan sebagainya.

Begitu juga di dalam kabin. Mengandalkan dasbor bergaya Honda Amaze yang dibuat lebih premium. Meliputi panel soft touch, bungkusan leather di alat kendali, sampai jok leather pun eksis. tanpa perbedaan signifikan.

Urusan fitur standar tentu paling lengkap sebagaimana ditemukan pada tipe Prestige biasa. Contoh meliputi smart entry beserta Walk Away Auto lock, display audio lengkap konektivitas smartphone,  atau power outlet di baris ketiga. 

Namun, yang jeli mungkin mudah untuk membedakan mana Prestige biasa dengan Honda Sensing. Model Honda Sensing akan memiliki panel kamera persis di area spion tengah. Inilah “mata” dari paket asisten berkendara aktif milik Honda. Selain itu, terdapat juga kamera tambahan di spion kiri untuk fungsi monitor blind spot Honda Lane Watch.

Baca juga: Seharga All New Toyota Veloz Tipe Tertinggi, Honda BR-V Tipe S 2022 Masih Layak Dibeli?

Suguhan Asisten Pintar dengan Tebusan Ekstra Rp 18 juta

Jelas ada nominal yang perlu dibayarkan untuk mendapatkan Honda Sensing. Dengan label Rp 339,9 juta OTR Jakarta, harga unit sendiri lebih tinggi Rp 18 juta ketimbang tipe di bawahnya. Perbedaan secara visual mungkin tidak signifikan hanya saja semua akan terasa berbeda ketika dipakai berkendara.

Mejeng sederet peranti asisten mengemudi yang dapat memberikan bantuan peringatan hingga sedikit mengintervensi kendali. 

Misal untuk mendukung keselamatan ada Collision Mitigation Braking System (CMBS). Bertujuanmeminimalisir risiko – atau mengurangi dampak keparahan – insiden tabrak depan lewat warning sampai pengereman otomatis. Di samping itu, ada juga Road Departure Mitigation System (RDM) yang bantu menjaga mobil agar tidak keluar jalur tanpa intensi pengemudi.

Meringankan beban sopir juga bisa saja. Contoh keberadaan Adaptive Cruise Control (ACC) dan Lane Keeping Assist System (LKAS) untuk perjalanan cepat di jalur bebas hambatan. Tugas akselerasi dan deselerasi serta penyesuaian arah mobil di tengah jalur dieksekusi secara otomatis oleh keduanya.  

Ada juga sokongan lain berupa Lead-Car Departure Notificarion (LCDN) guna mengingatkan pengemudi kalau mobil depan sudah melaju. Tak ketinggalan Auto High Beam (AHB) untuk menentukan kapan lampu sorot jauh harus aktif atau tidak agar pengemudi lain tidak silau.

Selain Honda Sensing, turut hadir pula Honda Lane Watch. CR-V saja tidak punya perangkat ini. Merupakan alat bantu untuk memproyeksikan gambar dari area blind spot kiri ke display audio. Mencegah senggolan dengan mobil lain, ia aktif saat sein dinyalakan.

Baca juga: Lebih Canggih, Fitur Keselamatan New Honda SENSING 360 Bakal Meluncur Tahun Depan!

Ekstra Fitur Menambah Potensi Malfungsi di Masa Mendatang

Pada prinsipnya, semakin banyak fitur tersemat, semakin tinggi pula potensi kerusakan yang akan dihadapi di masa mendatang. Entah itu karena komponen cacat, termakan usia, atau faktor lainnya seperti perbaikan pascakecelakaan. Menambah biaya saat masa servis gratis dan garansi sudah habis.

Andai terjadi kerusakan pun segala sensor dan kamera Honda Sensing tampaknya bukan barang murah atau mudah diperbaiki. Lebih krusial lagi, bermacam kecanggihan ini berinteraksi langsung dengan alat kendali. Salah kalibrasi, bukannya selamat malah jadi berbahaya – misal saat mengganti kaca bila suatu ketika perlu diganti mengingat kamera terletak persis di windshield.

Tentu, kehadiran teknologi baru sewajarnya akan dibarengi dengan peningkatan skill dari teknisi perbaikan. Tapi jadi pertanyaan, apakah pada akhirnya semua selalu berkunjung ke bengkel resmi? Setidaknya, ini merupakan salah satu kekhawatiran di masa mendatang soal ADAS sendiri. Bukan tidak mungkin juga menurunkan nilai jual di pasar seken. 

Kesimpulan

Menyoal fungsi dan kapabilitas, tak diragukan lagi kalau ADAS sanggup mendorong keselamatan berkendara. Pun dengan tambahan Rp 18 juta masih terbilang sangat masuk akal sebab akan sulit bila mau dipasang terpisah meski bukan berarti mustahil..

Sebagai pemilik pertama, sah-sah saja memilih model dengan Honda Sensing. Suguhkan pengalaman baru yang jelas berbeda meski sekarang mulai menjamur. Tapi coba kembali lagi pertanyakan ke diri sendiri, apakah benar-benar perlu bantuan sejauh itu? Siap dengan segala konsekuensi di masa mendatang? 

Baca juga: Desain Lebih Segar, Mampukah Spesifikasi All New Honda BR-V Ungguli Mitsubishi New Xpander Cross?

Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda BR-V

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota AVANZA VELOZ Q TSS 1.5

Rp 265,00 Juta
Rp 5,40 Juta/bln

15.640 km

1,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota VELOZ Q 1.5

Rp 271,00 Juta
Rp 5,52 Juta/bln

16.755 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2020 Mitsubishi XPANDER CROSS PREMIUM 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

17.350 km

3,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN G 2.0

Rp 261,00 Juta
Rp 5,32 Juta/bln

105.533 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota KIJANG INNOVA G 2.0

Rp 360,00 Juta
Rp 7,33 Juta/bln

25.226 km

1,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Mesin Serupa, Ternyata Hasil Tes BR-V dan HR-V Banyak Perbedaan!

Kami Tes Semua Fungsi Honda Sensing BR-V, Gini Ternyata Cara Kerjanya!

Hal-hal Tanggung di Honda BR-V Terbayar dengan Ini

Kami Tes Semua Fungsi Honda Sensing BR-V, Gini Ternyata Cara Kerjanya

Ini Bedanya BR-V dengan Veloz dan Xpander Cross | First Drive

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Honda BR-V
Lihat