Desain Lebih Segar, Mampukah Spesifikasi All New Honda BR-V Ungguli Mitsubishi New Xpander Cross?

Enda · 17 Nov, 2021 18:00

All New Honda BR-V Vs Mitsubishi New Xpander Cross

All New Honda BR-V Vs Mitsubishi New Xpander Cross

Kancah otomotif Tanah Air di segmen Low SUV 7-seater pada tahun ini semakin menggeliat. Bagaimana tidak, selain PT Honda Prospect Motor (HPM) menghadirkan sosok All New Honda BR-V, belum lama ini PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) turut memperkenalkan Mitsubishi New Xpander Cross yang ke hadapan publik.

Mengenai harga barunya, All New Honda BR-V ditawarkan sedikit lebih mahal dibandingkan Mitsubishi New Xpander Cross. Seperti yang diketahui, untuk saat ini Xpander Cross facelift ditawarkan Rp268.150.000 sampai dengan Rp291.410.000. Sedangkan Honda BR-V terbaru, mobil ini diniagakan mulai dari Rp275.900.000 hingga Rp339.900.000.

Dipatok dengan harga baru yang lebih mahal, apakah spesifikasi All New Honda BR-V bisa lebih unggul dari Xpander Cross facelift?

Adu Dimensi All New Honda BR-V Vs Mitsubishi New Xpander Cross

All New Honda BR-V Vs Mitsubishi New Xpander Cross

Dimensi Mitsubishi New Xpander Cross lebih besar dari All New Honda BR-V

Bicara soal dimensi, All New Honda BR-V memiliki panjang 4.490 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.685 mm serta jarak antara kabin dengan permukaan tanah 220 mm. Sedangkan Mitsubishi New Xpander Cross secara data mempunyai panjang 4.500 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.750 mm. Untuk ground clearancenya sendiri 220-225 mm.

Setelah mengetahui ukuran keduanya, secara konklusi New Xpander Cross lebih besar dibandingkan All New Honda BR-V untuk urusan dimensinya.

Baca juga: FAQ: Mitsubishi New Xpander Cross Facelift 2021 Cuma Ubah Warna Grill Bikin Lebih Macho?

Fitur Unggulan All New Honda BR-V Lebih Lengkap?

All New Honda BR-V Vs Mitsubishi New Xpander Cross

Tampilan dashboard All New Honda BR-V

Mengetahui fitur unggulan apa saja yang ada di All New Honda BR-V, mobil ini berhasil tersematkan power outlet untuk kemudahan penyambungan dan pengisian daya yang terletak di area konsol depan, di kursi baris kedua dan ketiga. Selain itu, mobil ini juga tersematkan layar 4.2” Thin-Film Transistor (TFT) Display, serta sistem infotaiment layar sentuh 7” yang telah dilengkapi berbagai fungsi antara lain Smartphone Connection dan Hands-Free Telephone.

Tak hanya itu, mobil turut mendapatkan Walk-Away Auto Lock berfungsi untuk mengunci pintu secara otomatis saat pengemudi telah berjalan minimal 2 meter atau lebih dari mobil, Honda LaneWatch yang memberikan pengemudi pandangan yang lebih luas dari area blind spot, Keyless Entry, Immobilizer, Smart Entry System untuk mempermudah masuk ke dalam kendaraan tanpa menggunakan kunci, Remote Engine Start dan Auto Foldable Side Door Mirror with LED Turning Signal yang mana dapat menutup spion secara otomatis ketika mobil terkunci.

All New Honda BR-V Vs Mitsubishi New Xpander Cross

Fitur unggulan Mitsubishi New Xpander Cross lebih menarik dibandingkan All New Honda BR-V

Bicara Mitsubishi New Xpander Cross, mobil ini dilengkapi dengan Console Tray & Card Holder, New Floor Console with Armrest dan New Digital AC panel. Selain itu, Xpander Cross terbaru juga disematkan New 9” WSVGA Capacitive Touch Panel Display with Smartphone-Linked Display Audio (SDA), New Design High Contrast Meter Cluster with Color MID, New Steering Wheel with Audio Steering & Hands Free Switch, New Synthetic Leather Seat with Heat Guard Function6, New Rear Armrest with Cup Holder, New Rear Dial AC Garnish, New Rear USB Port on front console.

Untuk menunjang kenyamanan serta memudahkan dalam berakomodasi, New Xpander Cross juga mendapatkan spion retractable, power outlet dari baris pertama, kedua dan ketiga. Sebagai tambahan, mobil ini juga mendapatkan Keyless Smart Entry, Start/stop Button, dan Immobilizer.

Baca juga: Mitsubishi New Xpander dan Xpander Cross Facelift 2021 Pakai Transmisi CVT, Apa Keistimewannya?

Mitsubishi New Xpander Cross Kalah Soal Fitur Keselamatan dari All New Honda BR-V

Mitsubishi New Xpander Cross

Fitur keselamatan Mitsubishi New Xpander Cross kalah lengkap dibandingkan All New Honda BR-V

Setelah mengetahui fitur unggulan yang ada pada New Xpander Cross, kini saatnya mengulas fitur keselamatan yang ditawarkan pada mobil ini. New Xpander Cross kini dilengkapi dengan fitur keselamatan berupa Hill Start Assist (HSA) yang dapat menjamin keselamatan berkendara ketika berhenti di jalur yang menanjak. HSA sendiri membantu pengemudi supaya tidak panik ketika kendaraannya bergerak mundur di tanjakan. Sebagai informasi, fitur yang ada di Xpander Cross terbaru bisa diaktif atau nonaktifkan secara manual oleh pengemudinya sehingga pengemudi bisa menyesuaikan dengan keinginan.

Untuk menunjang keselamatan berkendara, MMKSI juga menyematkan fitur keselamatan lainnya pada mobil ini berupa ASC (Active Stability Control), ESS (Emergency Stop Signal), ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake Distribution), Dual SRS Airbags, BA (Brake Assist), Criuse Control, struktur RISE body dan ISOFIX.

Mengenai fitur keselamatan terbarunya, semua varian New Xpander Cross facelift kini mendapat tambahan New Speed Sensitive Automatic Door Lock dan New Electric Parking Brake (EPB) with Brake Auto Hold.

All New Honda BR-V

All New Honda BR-V sudah mendapatkan fitur keselamatan pintar Honda SENSING 

Lantas bagaimana dengan All New Honda BR-V? Seperti yang diketahui mobil ini telah mendapatkan struktur rangka G-CON + ACE with Side Impact Beam, Dual Front SRS Airbags, Side Airbags, Driver Seatbelt Reminder, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, ABS + EBD serta ISOFIX + Tether, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Assist (VSA), dan Parking Sensor.

Untuk varian teratasnya, Prestige, HPM sendiri telah menjejalkannya dengan fitur keselamatan ADAS yang dinamai Honda Sensing.

Teknologi Honda SENSING pada All New Honda BR-V meliputi:

  • Lead Car Departure Notification System (LCDN), sistem yang berfungsi untuk menginformasikan pengemudi saat kendaraan berhenti dan kendaraan di depannya mulai menjauh. 

  • Collision Mitigation Brake System (CMBSTM), merupakan sistem yang membantu ketika terdapat kemungkinan kendaraan berbenturan dengan kendaraan lain atau pejalan kaki yang terdeteksi di depan. CMBSTM didesain untuk memberi tanda atau peringatan ketika potensi berbenturan dapat terjadi, dan membantu mengurangi kecepatan kendaraan untuk mengurangi dampak benturan yang tidak terhindarkan. 

  • Lane Keeping Assist System (LKAS), membantu kemudi untuk menjaga kendaraan tetap berada pada jalur yang terdeteksi dan memberikan getaran dan visual jika kendaraan terdeteksi keluar dari jalur. 

  • Road Departure Mitigation (RDM), berfungsi untuk memberikan peringatan dan jika diperlukan melakukan koreksi secara otomatis pada roda kemudi apabila pengendara keluar dari jalur agar kembali ke jalur yang benar. 

  • Adaptive Cruise Control (ACC), membantu menjaga kestabilan kecepatan kendaraan dan mengatur jarak di belakang kendaraan yang terdeteksi di depan, membantu mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan Anda tanpa harus menginjak rem atau gas apabila kendaraan yang terdeteksi berhenti.
  • Auto-High Beam, sistem ini secara intuitif akan berganti antara lampu besar dan lampu normal tergantung pada situasi jalan.

Apakah Tenaga Mitsubishi New Xpander Cross Kalah dari All New Honda BR-V?

Mitsubishi New Xpander Cross

Mitsubishi New Xpander Cross disematkan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve

Sama seperti generasi pre-faceliftnya, New Xpander Cross disematkan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 105 PS @6.000 rpm serta torsi puncak 141 Nm @4.000 rpm.

Uniknya, New Xpander Cross kini ditawarkan dengan pilihan tingkat percepatan CVT. Selain itu, ada juga opsi manual 5-percepatan. Transmisi CVT yang digunakan di New Xpander Cross diketahui mampu memberikan keseimbangan antara akselerasi yang maksimal dan agresif layaknya transmisi AT 8 percepatan. Disisi lain, transmisi CVT yang digunakan terbukti menghasilkan efisiensi bahan bakar, serta perpindahan gigi otomatis secara lebih halus.

All New Honda BR-V

Sama-sama 1.5L, mesin All New Honda BR-V menghasilkan tenaga yang lebih besar

Bicara jantung pacu yang disematkan pada All New Honda BR-V, HPM sendiri membenamkan mesin 1.5L DOHC i-VTEC dengan standar emisi sesuai standar EURO 4 yang mampu melecutkan tenaga sebesar 121 PS @6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm @4.300 rpm pada mobil ini. Untuk tingkat percepatannya, New Honda BR-V ditawrkan dengan pilihan transmisi CVT serta otomatis 6-percepatan.

Kesimpulan

Untuk fitur keselamatan, dan performa, All New Honda BR-V lebih baik dari Mitsubishi New Xpander Cross. Namun jika bicara fitur unggulan dan dimensi, Xpander Cross terbaru kini jauh lebih unggul. Memiliki dimensi yang lebih besar, tentunya akan berpengaruh pada ruang kabin yang lebih luas. Dengan begitu Xpander Cross akan terasa lebih lega ketika dibawa berpergian ke luar kota.

Baca juga: Selain PPnBM 100 Persen, Beli New Mitsubishi Xpander 2021 di GIIAS juga Banyak Diskonnya

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2022 Honda BR-V 1.5 S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru