Lebih Canggih, Fitur Keselamatan New Honda SENSING 360 Bakal Meluncur Tahun Depan!
Enda · 15 Okt, 2021 09:30
0
0
Sistem keselamatan omnidirectional New honda SENSING 360 diperkenalkan oleh Honda Motor Co., Ltd. di Jepang pada Kamis (14/10). Fitur ini nantinya akan membantu pengemudi untuk dapat melihat beberapa sisi blind spot di sekitar kendaraan dan mengurangi resiko tabrakan mengemudi.
Penerapannya sendiri baru akan dimulai pada 2022 dengan produk mobil yang diperkenalkan di pasar Cina dan akan diperluas ke semua model untuk mulai dijual di semua pasar utama pada tahun 2030.
Honda SENSING 360 memiliki fitur jangkauan yang lebih luas tidak hanya di bagian depan dan belakang, tetapi secara omnidirectional atau 360o disekitar kendaraan dengan tambahan total 5 unit radar disetiap sudut kendaraan.
· Advancement of Collision Mitigation Braking System (CMBS)
Sebagai sistem lanjutan dari CMBS pada Honda SENSING, CMBS untuk Honda SENSING 360 memiliki jangkauan deteksi yang lebih luas yang diperluas dari depan kendaraan hingga mencakup semua arah di sekitar kendaraan. Hal ini memungkinkan sistem untuk membantu pengemudi dalam menghindari dan mengurangi tabrakan dari segala arah.
· Front Cross Traffic Warning
Pada sistem ini, saat kendaraan melaju dengan kecepatan rendah atau pun dalam keadaan berhenti di persimpangan jalan. Sistem akan memberikan informasi kepada pengemudi mengenai kendaraan yang mendekati persimpangan dari sisi samping dan depan.
Ketika terdeteksi adanya risiko tabrakan dengan kendaraan terdekat, sistem akan memberikan peringatan audio dan peringatan visual pada cluster meter untuk memperingatkan pengemudi dan tindakan pencegahan tabrakan yang cepat.
Saat kendaraan berpindah jalur, sistem akan membantu menghindari tabrakan dengan kendaraan yang mendekat dari belakang. Ketika sistem mengenali risiko tabrakan dengan kendaraan yang mendekat dari sisi blind spot di belakang kendaraan, sistem akan memberikan peringatan audio dan peringatan visual pada cluster meter untuk memperingatkan pengemudi dan mengarahkan roda kemudi untuk menghindari tabrakan.
· Active Lane Change Assist
Saat pengemudi berkendara dengan mengaktifkan Adaptive Cruise Control (ACC) dan Low-SpeedFollow dan Lane Keeping Assist System (LKAS) pada kondisi jalan tol yang padat dan pengemudi menyalakan lampu sein, sistem akan membantu kemudi untuk melakukan perubahan jalur.
· Cornering Speed Assist
Saat menikung di jalan bebas hambatan dengan sistem ACC aktif, sistem akan menyesuaikan kecepatan kendaraan yang sesuai. Menggunakan kamera depan, sistem mendeteksi kelengkungan jalur sebelum mencapai tikungan dan membantu pengemudi melewati tikungan dengan baik.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.