Adu Spesifikasi Honda City Sedan 2023 vs MG 5 GT, Pemain Lama Menang Banyak?

Honda baru saja memperkenalkan facelift dari Honda City di Thailand. Sedan compact tersebut kini hadir dengan fitur yang jauh lebih mentereng. Sebagai pemain lama, apakah fitur di Honda City sedan bisa tetap mengungguli MG 5 GT yang jadi pendatang baru?

Mundur ke belakang, kiprah MG 5 GT termasuk "anak baru" di pasar otomotif nasional. Sedan ini baru diluncurkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Biasanya, brand asal China seringkali jor-joran fitur termasuk juga MG.

Baca juga:

Namun demikian, kini pabrikan Jepang tak lagi pelit sehingga produk mereka bisa tetap kompetitif. Honda City sedan kini telah mendapat fitur Honda Sensing hingga mesin baru dengan teknologi turbo dan hybrid. Berbekal teknologi terkini, semestinya Honda City bisa tetap jumawa bila berhadapan dengan MG 5 GT.

Fitur MG 5 GT Modern dan Cukup Beragam

MG 5 GT, mobil ini sudah menggunakan head unit dengan layar berukuran 10,3 inci, dan dapat menampilkan tampilan rekaman kamera 360 derajat di sekeliling mobil. Head unit  pada MG 5 GT dilengkapi Bluetooth Connectivity, Apple CarPlay dan Android Smart Phone Connectivity.

Membahas fitur keselamatan, MG 5 GT sudah dilengkapi fitur ISOFIX, Speed Sensing Door Lock, Front Seat 3-point Seatbelt, Front Airbags, Rear Parking Sensor, Immobilizer safety key system.

Mobil ini dibangun dari basis rangka Full Space Frame (FSF), dan untuk perlindungan berkendara didukung fitur Electronic Parking Brake (EPB),  Auto Vehicle Hold (AVH), Anti-lock Braking System (ABS) & Electronic Brake-force Distribution (EBD), lalu Electronic Brake Assist (EBA), Electronic Differential System (XDS), Traction Control System (TCS), Stability Control System (SCS), Hill-start Assist System (HSA), Emergency Stop Signal (ESS), dan Follow Me Home Light.

Makin menarik, karena MG 5 GT juga telah memiliki beragam fitur keselamatan lain yakni Rear Driver’s Assistance System (RDA), Blind Spot Detection (BSD), Lane Change Assist (LCA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Rear Collision Warning (RCW), kemudian Side Airbags, Side Curtain Airbags, Rear View Camera, hingga 360 omni directional camera.

Honda City Facelift Dapat Spesifikasi Lebih Oke Serta Didukung Honda Sensing

Honda tak cuma mempercantik desain tapi juga semakin menyempurnakan fitur yang ada pada City sedan. Honda City terbaru ini dilengkapi dengan layar sentuh berukuran 8 inci, dan terkoneksi melalui Apple CarPlay dan Android Auto, serta terdapat bluetooth. Untuk pengaturan audio hingga menjawab telepon, tersedia tombol multi fungsi di setir.

Posisi mengemudi cukup ergonomis dengan pengaturan tilt & telescopic steering, serta untuk tipe RS dan RS hybrid terdapat paddle shift. 

Fitur Keselamatan Telah Ditambah Honda Sensing

Bicara fitur keselamatan standar di Honda City sedan tak kalah menakjubkan, karena telah ditingkatkan sehingga levelnya makin safety seperti sedan medium. Berikut ini fitur yang dimiliki Honda City:

  • Honda LaneWatch (e:HEV RS variant)
  • Multi-Angle Rearview Camera (V, SV, RS, e:HEV SV, and e:HEV RS variants)
  • Electric Parking Brake (e:HEV SV and e:HEV RS variants)
  • Auto Brake Hold (e:HEV SV and e:HEV RS variants)Dual SRS airbags
  • Side airbags
  • Side curtain airbags (RS and e:HEV RS variants)
  • Auto Door Lock by Speed
  • Walk Away Auto Lock
  • Remote Engine Start
  • Front passenger seat belt reminder
  • Anti-Lock Braking System (ABS) and Electronic Brake Distribution (EBD)
  • Protentional seatbelts with load limited
  • Front seat belt 3P ELR (x2)
  • Immobilizer and security alarm
  • Rear Seat Reminder
  • ISOFIX & Child Anchor
  • Vehicle Stability Assist (VSA) 
  • Hill Start Assist (HSA) 
  • Emergency Stop Signal (ESS).

Kini semua varian Honda City hadir dengan teknologi keamanan cerdas Honda SENSING yang menggunakan teknologi kamera depan wide-view untuk mendeteksi kecepatan dan jarak kendaraan, pejalan kaki, sepeda, dan sepeda motor di depan. Ada enam fungsi utama diantaranya:

  • Collision Mitigation Braking System (CMBS)
  • Lane Keeping Assist System (LKAS)
  • Road Departure Mitigation System with Lane Departure Warning (RDM with LDW) 
  • Auto High-Beam (AHB) 
  • Adaptive Cruise Control (ACC) (V, SV, and RS variants) with Low-Speed Follow (LSF) (e:HEV SV and e:HEV RS variants)
  • New Lead Car Departure Notification System (LCDN).

Adu Performa MG 5 GT vs Honda City Sedan, Pakai Turbo Tenaganya Lumayan Oke

Aspek performa menjadi salah satu kelebihan yang ditawarkan MG 5 GT. Berbekal mesin bensin konensional, tenaga yang dihasilkan bisa melampaui Toyota Vios. Bagaimana bila dibandingkan dengan Honda City yang pakai dua varian mesin? 

Sebagai informasi, MG 5 GT mengusung mesin DOHC 4 silinder 16 Valve VTi - TECH 1.498 cc, Tenaga yang dihasilkan 114 PS/ 6.000 rpm dan torsi 150 Nm/ 4.500 rpm.

Pertama kita bahas soal Mesin VTEC TURBO berkapasitas 1.0 liter. Tenaga yang dihasilkan sebesar 122 PS dengan torsi maksimum 173 Nm dari 2.000 hingga 4.500 rpm.

Kemudian pada varian hybrid, City mengandalkan mesin 4-silinder 1.500 cc dikombinasikan full hybrid e:HEV. Mesin berteknologi Atkinson Cycle, DOHC, i-VTEC, 4-cylinder, 16-valve, dan Electrical Continuously Variable Transmission (E-CVT).

Varian hybrid tersebut menghasilkan total daya sebesar 109 Ps pada 3.500-8.000 rpm. Pada varian hybrid ini torsinya makin besar lagi, mencapai 253 Nm.

Bila dibandingkan soal performa, MG 5 GT unggul tenaga dibandingkan City sedan versi hybrid. Namun bila dibandingkan City turbo maka MG 5 GT tak sebanding tenaganya.

Kesimpulan

Melihat spesifikasi yang ditawarkan, Honda City bisa mengungguli MG 5 GT dari berbagai aspek. Performa Honda City sedan lebih oke pada varian turbo serta fitur yang tersedia pada Honda Sensing pun lebih beragam. 

Hal yang patut kita nantikan ialah soal harga apabila nanti masuk ke Indonesia dan apakah varian hybrid dan turbo ikut dibawa masuk ke sini. Buat aktivitas dalam kota, sedan masih punya pesona tersendiri karena menawarkan kenyamanan dan kesan premium. 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Lanjut membaca

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

MG 5

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2018 Honda ACCORD VTI-L 2.4

Rp 375,00 Juta
Rp 7,64 Juta/bln

73.224 km

5,5 tahun

Jakarta

Lihat Rincian

2020 Honda CIVIC TURBO ES 1.5

Rp 419,00 Juta
Rp 8,54 Juta/bln

19.893 km

2,5 tahun

Jakarta

Lihat Rincian

2021 Toyota COROLLA ALTIS V 1.8

Rp 408,00 Juta
Rp 8,31 Juta/bln

12.662 km

2,5 tahun

Jakarta

Lihat Rincian

2017 Toyota VIOS G 1.5

Rp 170,00 Juta
Rp 3,46 Juta/bln

88.383 km

6 tahun

Jawa Barat

Lihat Rincian

2019 BMW 3 20I (CKD) 2.0

Rp 551,00 Juta
Rp 11,23 Juta/bln

47.554 km

3,5 tahun

Jakarta

Lihat Rincian
Lihat Lebih

Related Videos

MG 5 Indonesia Proudly Presents MG X Muklay

MG 5 GT Menyilaukan Panggung IIMS 2022

Lima Perbedaan Honda City Sedan dan City Hatchback | First Impression

ALL NEW 2020 Honda City

Berita Terbaru

Segini Konsumsi BBM Toyota Yaris Cross Hybrid Disiksa 500 Km

Konsumsi BBM Toyota Yaris Cross hybrid adalah hal yang membuat kami cukup penasaran. Mengingat teknologi hybrid digadang-gadang bisa membuat pemakaian bahan bakar jadi lebih efisien dibanding mobil dengan mesin bakar murni (ICE). Baca juga: Ini Daftar Harga Toyota Yaris Cross 2023 di Indonesia, Lebih Murah dari Honda HR-V Beruntung Autofun jadi satu dari beberapa media di Indonesia yang diberi kesempatan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk menguji Toyota Yaris Cross ini untuk rute yang cukup

Jadi Kembaran Toyota Kijang Innova Zenix, Ini yang Gak Ada di Suzuki Invicto

Mobil keluarga Toyota Kijang Innova Zenix ternyata punya kembaran di belahan dunia lain, dengan model sama namun brand dan namanya berbeda, yaitu Suzuki Invicto Punya nama lengkap Maruti Suzuki Invicto, MPV ini baru meluncur di India dan dijual melalui jaringan dealer Nexa. Melansir Autocar India, di negeri Bollywood, Invicto ini hadir dalam tiga pilihan yaitu Zeta+ 7 Seater, Zeta+ 8 Seater, dan Alpha+ 7 Seater. Baca juga: Kolaborasi Toyota dan Suzuki Maruti memang bukan yang pertama kali. Di In

5 Hal Menarik Suzuki Karimun Kotak, Kini Lagi Naik Daun

Suzuki sudah sejak lama terkenal sebagai pabrikan yang piawai memproduksi mobil murah tapi punya durabilitas oke. Salah satu mobil murah yang ikonik dari pabrikan berlogo huruf S ialah Karimun kotak. Mobil mungil ini tak hanya ada di Indonesia tapi juga dijual dalam versi Japanese Domestic Market dengan nama Wagon R. Meluncur pertama kali pada pertengahan dekade 1990-an, kini Karimun Kotak bekas popularitasnya mulai naik daun lagi. Baca juga: City Car Rp35 Jutaan Antara Hyundai Atoz Vs Suzuki Ka

Pikir Lagi Sebelum Beli, Ini Kekurangan Suzuki Every yang Wajib Diketahui

Sering disebut sebagai Carry versi mewah, Suzuki Every diluncurkan secara resmi di Indonesia pada tahun 2003. Keberadaan Every dalam meramaikan kancah otomotif Tanah Air merupakan mobil contoh untuk melihat bagaimana respon terhadap mobil ini. Sebagai mobil contoh, tak ayal apabila populasi Every di jalan sangat amat jarang dijumpai. Melansir beberapa sumber disebutkan bahwa jumlah Every yang berhasil terjual saat itu hanyalah 550 unit. Di negara asalnya mobil ini ditujukan sebagai kendaraan kel

SUV Mitsubishi Terbaru Pakai Mesin Xpander yang Diracik Ulang, Ada Hybridnya?

Informasi soal kehadiran mobil Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru yang diluncurkan Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) semakin terungkap. Sebelum resmi meluncur di Gaikindo Indonesia INternational Auto Show (GIIAS) 10 Agustus 2023, kini disebutkan bahwa SUV Mitsubishi berbasis XFC Concept bakal menggunakan mesin baru. Baca juga: Bocoran Fitur Mitsubishi Destinator SUV, Modal Lawan HR-V Hingga Yaris Cross "Tapi pengembangan dari mesin yang sudah ada, bukan mesin benar-benar bar

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Hot
Toyota

Toyota Agya

Rp 144,90 - 173,30 Juta

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Honda City
    Rp 337,00 Juta
    VS
    Toyota Vios
    Rp 252,40 Juta
    City vs Vios
  • Honda City
    Rp 337,00 Juta
    VS
    Mazda 2 Sedan
    Rp 333,80 Juta
    City vs 2 Sedan
MG 5
Lihat