Bingung Pilih Honda Jazz GD3 i-DSI Vs VTEC? Ini Kelebihan Masing-masing Varian

Memiliki desain yang timless, Honda Jazz (Spesifikasi | Berita) GD3 atau generasi pertama Jazz diluncurkan di Indonesia pada Februari 2004. Menempati segmen hatchback, saat itu Jazz GD3 didatangkan langsung dari Thailand sebagai basis produksi mobil ini untuk kawasan Asia.

Di Tanah Air peredaran Jazz GD3 terjadi hingga 2007, sebelum digantikan oleh generasi keduanya pada 2008, yaitu Jazz GE8. Awal kehadiranya, Jazz dibekali mesin 1.500 cc i-DSI (Intelligent Dual & Sequential Ignition). Selang dua tahun kemudian, PT Honda Prospect Motor (HPM) menghadirkan Jazz dengan membawa teknologi VTEC (Variable Valve Timing & Lift Electronic Control) pada jantung pacunya.

Sebagai informasi, teknologi IDSI (Intellegent Dual Sequential Ignition) yang tersematkan pada Jazz lansiran awal menggunakan 8 katup dan dua busi pada setiap silinder mesin. Kehadiran dua busi ini mampu mengoptimalkan pembakaran yang terjadi di ruang mesin sekaligus dapat menghemat penggunaan BBM serta menekan emisi gas buang.

Berbeda dengan i-DSI, teknologi VTEC hanya memiliki satu busi di setiap silinder mesin serta 16 katup. Meski begitu teknologi ini fokus terhadap performa mesin yang mana secara otomatis dapat mengatur kecepatan buka tutup katup mesin sesuai kebutuhan. Prinsip kerja memanfaatkan pengaturan bukaan katup yang terhubung dengan dua noken as.

Baca juga: Harga Honda Jazz 2005 Mulai Rp55 Jutaan, Sebelum Beli Cek 5 Bagian Ini

Mesin Sama, Honda Jazz GD3 VTEC Hasilkan Performa Buas

Mesin L15A i-DSI

Honda Jazz generasi pertama baik i-DSI maupun VTEC sama-sama dibekali mesin berkodekan L15A 4-silinder segaris SOHC dengan kapasitas 1.496 cc. Pada versi i-DSI, tenaga yang dihasilkan sebesar 87 PS pada 5.500 rpm dengan torsi 128 Nm di putaran 2.700 rpm.

Bagaimana dengan VTEC? Melihat daripada data yang tercantum di atas kertas, untuk tenaga yang diperolehnya sebesar 110 PS di angka 5.800 rpm dan torsi maksimal 143 Nm pada 4.800 rpm.

Untuk diketahui, baik Jazz GD3 i-DSI maupun VTEC sama-sama dipadukan transmisi manual 5-percepatan serta otomatis CVT 7 speed Steermatic. Di Indonesia, Jazz disebut-sebut sebagai pionir hatchback dengan transmisi CVT.

Menariknya, transmisi CVT mobil ini sudah menggunakan tiptronic berupa tombop pada lingkar kemudinya yang bisa digunakan untuk menambah dan menurunkan percepatan.

Bicara soal konsumsi BBM, pemakaian dalam kota Jazz i-DSI sanggup menempuh jarak 11-13 km/liter, berbeda dengan VTEC yang berada di angka 10 km/liter. Untuk perjalanan luar kota, pemakaian BBM di angka 14-16 km/liter untuk varian i-DSI, dan 13-14 km/liter dengan mesin VTEC.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Honda Jazz GD3, Pionir Hatchback CVT di Indonesia

Model VTEC Tampil Lebih Sporty

Honda Jazz Sporty

Selain teknologi mesin dengan menghasilkan performa berbeda, perbedaan antara Jazz GD3 i-DSI dengan VTEC juga terlihat pada tampilan eksteriornya. Seperti yang bisa dilihat untuk bagian luar varian VTEC mendapat tambahan body kit baik di bumper depan maupun belakang.

Selain itu, untuk sisi samping ketambahan side skirt serta lampu sein pada cover spion. Tidak mau ketinggalan untuk buritannya model ini turut disematkan spoiler yang diletakan tepat di atas pintu bagasi.

Tidak seperti eksterior, interior Jazz GD3 i-DSI maupun VTEC terlihat sama seperti tidak ada ubahan yang berarti. Keduanya didominasi dengan warna gelap yang menggabungkan antara hitam dan abu-abu.

Oh iya, kedua model sudah menggunakan fitur ultra seat pada joknya yang mempunyai banyak keunggulan, dimana pengguna secara bebas dapat mengatur jok mobilnya disesuaikan dengan kebutuhan. Fitur ultra seat pada Honda Jazz gen 1 terdiri dari 4 mode, yaitu; Utility Mode, Long Mode, Tall Mode dan Refresh Mode.

Fitur Keselamatan Jazz GD3 VTEC Lebih Komplit

Jazz GD3 VTEC tipe Sporty sudah menggunakan rem cakram di semua rodanya yang mampu memberikan daya cengkram lebih baik ketika melakukan deselerasi. Bukan hanya itu, untuk memberikan kenyamanan serta keselamatan berkendara, tipe teratasnya ini juga sudah dilengkapi ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brake Force Distribution), BA (Brake Assist), serta airbags untuk pengemudi.

Sedangkan untuk tipe standar dengan teknologi i-DSI, sistem pengereman yang digunakan berupa hanya berupa cakram di depan, sedangkan di roda belakang mengandalkan tromol.

Baca juga: Sejarah Honda Jazz di Indonesia, Mobil Bekas yang Banyak Diburu

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Jazz

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Honda City Hatchback RS CVT: Apa bedanya sama Honda Jazz?? | Test Drive

ALL NEW 2020 HONDA JAZZ Crosstar Hybrid HATCHBACK

Berita Terbaru

Canggihnya Kia EV9 GT-Line, Mobil Listrik Buat Keluarga Para Bos di Indonesia

PT Kreta Indo Artha (KIA) kini semakin masif menghadirkan sejumlah produk di Indonesia, termasuk mobil listrik terbaru, Kia EV9 GT-Line. Menurut Presiden Direktur PT KIA, Andrew Nasuri, EV9 GT-Line hadir pertama di Indonesia, sekaligus menjadi debut perdana di kawasan Asia Tenggara. "Kami sangat gembira dengan peluncuran Kia EV9 GT-Line, sebuah Battery Electric Vehicle SUV terbaru yang memiliki berbagai keunggulan,” ungkap Andrew. Baca juga: Mobil Listrik KIA EV6 GT Line Resmi Dijual di GIIAS 20

Diimpor Dari Korea, Inden Hyundai IONIQ 6 Kini Cukup Cepat

Hyundai menjadi brand otomotif dengan produk mobil listrik yang cukup laris di pasaran Indonesia. Bisa dilihat dari proses inden Hyundai IONIQ 5 yang bahkan mencapai setahun. Tak ingin kondisi serupa terulang, PT Hyundai Motors Indonesia kini mendapat alokasi yang lebih besar pada model Hyundai IONIQ 6. Sejauh ini, IONIQ 6 berhasil terjual hampir 200 unit sejak diperkenalkan pada ajang GIIAS 2023 lalu. Hadirnya Hyundai IONIQ 6 ini untuk semakin memperkuat lini elektrifikasi Hyundai yang sebelumn

Babak Belur Digempur BYD, Chery, hingga Wuling, Toyota Dekati China

Toyota baru saja mengumumkan rencana demi mempercepat pengembangan mobil elektrifikasi mereka khususnya untuk pangsa pasar di China. Langkah ini diambil secara mendadak lantaran pabrikan mobil terbesar di dunia itu merasa kalah menghadapi ketatnya persaingan mobil elektrifikasi di Tiongkok. Baca juga: Daftar Mobil China Terbaru yang Siap Menginvasi Indonesia, Nggak Kalah Hebat dari Jepangan Apalagi populasi mobil BEV (Baterry Electric Vehicle), HEV (Hybrid Electric Vehicle), dan PHEV (Plug-in Hy

Harganya Dianggap Mahal daripada Mobil Jepang, Ini Alasan Kia Indonesia

Merek mobil asal Korea Selatan, Kia, kembali memperlihatkan tajinya di pasar otomotif nasional dengan menghadirkan sejumlah produk terbaru. Hanya saja, mobil-mobil Kia disebut memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan dengan brand lainnya bahkan untuk mobil sesama Korea. Contohnya, dua mobil listrik Kia yang terbaru yakni EV9 GT-Line dibanderol Rp1.975.000.000 dan Kia EV6 GT Line dijual Rp1.699.000.000 dengan status on the road Jakarta. Baca juga: Kaum Mendang-mending Minggir Dulu, Ratusan Mo

Biaya Service Suzuki Grand Vitara 2023, Pakai Mild Hybrid Jadi Makin Mahal?

Kehadiran Suzuki Grand Vitara (Spesifikasi | Berita) di Tanah Air di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 lalu bukan cuma membawa kesan sporty, elegan dan tangguh, namun juga mengusung teknologi elektrifikasi mild hybrid yang dinamakan Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). SHVS pada Grand Vitara 2023 terbukti mampu mengoptimalkan penggunaan bahan bakar sesuai kebutuhan, sekaligus menekan emisi gas buang yang lebih baik. Teknologi ini dilengkapi dengan Integrated Starter Generato

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Honda Jazz
Lihat