Sekilas Mirip, Berikut Perbedaan Honda Jazz GE8 Tipe A dan S

Honda Jazz GE8 atau generasi kedua Jazz di Tanah Air untuk kondisi bekasnya hingga saat ini masih banyak diburu.

Berbeda saat pertama kali meluncur pada 2008, Jazz ditawarkan dalam dua varian, yakni S dan RS.

Pada versi penyegaran yang diluncurkan pada April 2013, genersi kedua Jazz di Indonesia hadir dalam tiga varian, A, S dan RS.

Sekedar informasi, saat itu Jazz A dibandrol Rp191 juta dan Rp205,5 juta untuk varian S.

Mengenai pasaran harga bekasnya, kini Jazz lansiran 2013 diniagakan mulai dari Rp130 jutaan.

Jika kalian tertarik membeli Jazz 2013, ketahui perbedaan tipe A dan S berikut ini supaya tidak salah pilih.

Baca juga: Honda Jazz Bekas Jadi Hatchback Serba Bisa Untuk Perjalanan Dalam Kota atau Luar Kota?

Honda Jazz Tipe A Gunakan Velg Kaleng

Honda Jazz A

Generasi kedua Honda Jazz tipe A disebut-sebut merupakan versi lama (S) yang dipertahankan, namun memiliki sejumlah fitur yang didowngrade.

Jika dilihat, antara Jazz 2013 tipe A dan S sekilas terlihat sama untuk tampilan eksteriornya tidak dilengkapi body kit baik di bumper maupun side skirt.

Menggunakan grill dengan bentuk heksagonal, pada tipe S sudah diberi sentuhan aksen krom yang membuat tampilannya terlihat lebih mewah.

Beranjak ke bagian samping, kedua tipe sama-sama disematkan velg berukuran 15 inci, tetapi pada varian terendahnya masih menggunakan velg kaleng dengan dop.

Tak hanya itu, perbedaan lainnya terletak pada spion samping yang mana tipe S sudah diaplikasikan lampu sein pada cover.

Oh iya, untuk spion samping tipe A diletakan di fender depan, dan cover spion serta handle pintu yang dilabur warna hitam.

Bergeser ke buritan, kedua varian ini sama-sama mendapatkan high mount stoplamp, defogger dan juga wiper belakang.

Untuk diketahui tipe S baik high mount stoplamp maupun lampu blakangnya sudah dibekali teknologi LED yang terlihat lebih modern.

Tipe Terendah Tidak Dilengkapi Telescopic Steering

Interior Jazz A

Melihat tampilan dalam daripada keduanya, Jazz 2013 untuk tipe A dibenamkan head unit single din pada center clusternya yang mendukung format CD, radio, MP3 dan AUX.

Sedangkan varian satu tingkat diatasnya, Jazz S sudah mengaplikasihan head unit 2din yang kompatibel dengan  iPod, iPhone, USB, CD dan MP3.

Selain sistem hiburan yang berbeda, tipe A untuk pengaturan setirnya hanya dibekali fitur tilt steering.

Sedangkan pada varian S, pabrikan sudah menyematkan tilt&telescopic yang memudahkan pengguna ketika ingin mengatur posisi tinggi-rendah maupun maju-mundurnya setir dan kaca pada sunvisor.

Sekedar informasi, mulai dari tipe paling murah Jazz GE8 sudah dilengkapi ultra seat yang menyuguhkan keluasan kabin dan serba praktis.

Seperti diketahui fitur ultra seat pada mobil ini terdiri dari 4 mode, yaitu; Utility Mode, Long Mode, Tall Mode dan Refresh Mode yang dapat disesuaikan akan kebutuhan pengguna.

Baca juga: Pasaran Honda Jazz GE8 Bekas Masih di Atas Rp100 Juta, Ini 3 Hal Menarik yang Membuat Harganya Stabil

Fitur Keselamatan Honda Jazz GE8 Tipe S Lebih Komplit

Interior Jazz S

Jazz GE8 tipe A dan S sama-sama dilengkapi ABS maupun EBD pada sistem pengeremannya yang mencegah tergelincirnya roda ketika pengemudi melakukan pengereman secara mendadak.

Namun pada tipe S, remnya sudah menggunakan cakram di semua roda yang memudahkan penggunanya ketika melakukan deselerasi, sedangkan tipe A rem belakangnya mengandalkan tromol.  

Bicara keamanan berkendara, tipe S mendapatkan keyless entry dan alarm system, sedangkan tipe A hanya mengandalkan kunci dengan immobilizer.

Tipe A Tidak Memiliki Transmisi Matic

Kokpit Honda Jazz S

Honda Jazz GE8 dibekali mesin L15A 4-silinder segaris SOHC i-VTEC berkapasitas 1.500 cc yang memiliki performa paling besar di kelasnya.

Meilhat data di atas kertas, tenaga yang dihasilkan sebesar 120 PS di 6.600 rpm dengan torsi puncak 145 Nm pada putaran mesin 4.800 rpm.

Pada varian terendah, Jazz A dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan, sedangkan tipe diatasnya mendapatkan opsi transmisi matic 5-percepatan torque converter,

Menariknya, transmisi matic yang digunakan dilengkapi Grade Logic Control untuk mencegah perpindahan gigi yang berlebihan pada jalanan yang berbukit.

Lainnya terdapat teknologi Shift Hold Control berfungsi untuk mencegah perpindahan gigi yang berlebihan pada jalanan berliku.

Baca juga: Walau Banyak Diminati, Ini 5 Alasan Tidak Memilih Honda Jazz GE8 Bekas

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Jazz

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Honda City Hatchback RS CVT: Apa bedanya sama Honda Jazz?? | Test Drive

ALL NEW 2020 HONDA JAZZ Crosstar Hybrid HATCHBACK

Berita Terbaru

8 Keunggulan Daihatsu Xenia Dibanding Toyota Avanza yang Sering Tidak Terlihat

Keunggulan Daihatsu Xenia dibanding Toyota Avanza terkadang tidak terlihat secara jelas oleh banyak calon konsumennya. Hal tersebut lantaran Xenia kerap dianggap opsi kedua setelah Avanza ketika hendak memilih mobil keluarga dengan harga relatif terjangkau. Ya, pasar mobil keluarga di Indonesia memang selalu kompetitif, namun di segmen Low MPV selalu ada dua pemain utama yang telah lama bersaing: Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza. Kedua mobil ini sebanarnya menggunakan platform yang serupa dan sa

5 Risiko Parkir Mobil di Luar Rumah Beserta Cara Pencegahannya

Parkir mobil di luar rumah kerap kali menimbulkan keributan dengan tetangga atau pengguna jalan yang lain. Sebab tak jarang, oknum-oknum yang parkir sembarang ini tidak memperdulikan posisi kendaraannya dimana terparkir. Mengingat kadang kala, mereka parkir dengan posisi mobil menjorok ke tengah jalan, atau tak mempedulikan mobil yang terparkir ada di sudut persimpangan jalan yang pada akhirnya membuat kendaraan lain tak bisa lewat. Kalau sudah begini, maka ujung-ujungnya saling caci maki, hingg

Dealer Ford di Indonesia Bakal Kembali Makin Banyak

Ford melalui Agen Pemegang Resminya, RMA Indonesia dipastikan akan menambah jaringan penjualan atau dealer Ford di Indonesia. Ya, setelah undur diri di kancah otomotif nasional pada tahun 2016, maka pada Maret 2022 Ford kembali dan memilih RMA Indonesia untuk menggerakan bisnis. Kabar terbaru, RMA Indonesia mengumumkan kerjasama strategisnya dengan PT Trijaya Auto Mandiri, untuk mendirikan dealer resmi Ford di Jakarta Barat. Baca juga: Ford Ranger PHEV Bakal Dirilis, Bisa Jadi Genset Berjalan Me

Honda Siapkan Mobil Listrik dengan Baterai Portable Mirip Motor

Perusahaan otomotif asal Jepang, Honda, memperkenalkan mobil purwarupa terbarunya yang disebut Honda MEV-Van Concept. Jika dilihat bentuknya Honda MEV-Van Concept ini mirip N-Van yang juga sedang diuji di Indonesia, namun mobil yang cocok untuk kendaraan komersial ini sudah disematkan teknologi full listrik. Melansir Carscoops, MEV-Van Concept tidak menggunakan baterai yang terpasang di lantai mobil seperti biasa, namun mengusung modul Honda Mobile Power Pack e yang dapat dilepas dari kendaraan

Intip Koleksi Mobil Gibran Rakabuming Raka, Cawapres yang Punya Harta Rp26 Miliar

Nama Gibran Rakabuming Raka menjadi sorotan publik. Ini karena dirinya pindah dari partai PDI Perjuangan ke Golkar, dan langsung diusung menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) oleh partai berlambang Pohon Beringin. Ya, Walikota Solo tersebut disodorkan untuk dipasangkan dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, yang maju sebagai Calon Presiden pada Pemilihan Umum Presiden 2024 mendatang. Baca juga: Intip Koleksi Mobil dan Motor Anies Baswedan Usai Menjabat Gubernur DKI Jakarta, Ada T

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Honda Jazz
Lihat