Pahami Bedanya Daihatsu Ayla X dan M 2014, City Car Rp75 Jutaan!

Diperkenalkan pertama kali di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012, penjualan Daihatsu Ayla pertama kali dilakukan pada September 2013 dengan menyandang status sebagai kendaraan LCGC (Low Cost Green Car).

Seperti Avanza-Xenia dan Rush-Terios, Ayla hadir bersama dengan saudara kembarnya, Toyota Agya.

Saat diluncurkan pertama kali, Ayla ditawarkan dalam empat varian, yakni; D, D+, M dan X yang merupakan tipe flagshipnya.

Bagi kalian yang sedang mencari Daihatsu Ayla bekas, pasaran harga sekennya kini ditawarkan mulai dari Rp75 jutaan.

Apabila kalian saat ini sedang mencari Ayla bekas lansiran 2014, ada baiknya ketahui perbedaan tipe X dan M di bawah ini.

Baca juga: Transmisi Matic Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Kok Gak Ada L, Kalau Mau Nanjak Gimana?

Daihatsu Ayla X 2014 Terlihat Lebih Mewah

Tampilan belakang Ayla X

Mengetahui apa saja bedanya Daihatsu Ayla X dan M 2014, pada fasadnya tipe teratas sudah dilengkapi foglamp serta aksen krom baik itu pada grill maupun rumah foglamp.

Melihat bagian samping, tipe X dipadukan velg alloy 14 inci, handle pintu krom, serta adanya side moulding dan spion elektrik dengan lampu sein pada cover.

Sedangkan untuk tipe M, mobil ini masih mengandalkan velg kaleng 13 inci yang ditutupi dop serta spion dengan pengaturan manual.

Pada buritannya, tipe X ketambahan spoiler serta high mount stoplamp di bagian atas pintu belakang.

Tipe Teratas Dibekali Head Unit 2Din

Interior Ayla X

Selain tampilan eksterior, untuk interior kedua varian pun berbeda.

Seperti yang dapat dilihat, Ayla X 2014 di beberapa ornamentnya mendapat sentuhan warna silver yang lebih memperlihatkan kesan mewah, ketimbang tipe M yang keseluruhannya berwarna gelap.

Selain ornament untuk sistem hiburan keduanya pun berbeda.

Terlihat pada center clusternya tipe X berhasil disematkan head unit 2din yang mendukung format radio, CD, MP3, WMA, USB/AUX port.  

Sedangkan pada tipe M, untuk sistem hiburannya menggunakan head unit single din dengan format yang terbatas.

Selain nuansa interior serta penggunaan sistem hiburan yang berbeda, untuk panel instrument Ayla M pun tampil lebih sederhana.

Seperti yang terlihat tipe ini hanya mengandalkan odometer serta layar MID berukuran lebih kecil dengan menampilkan informasi serta status kendaraan secara terbatas.

Panel instrument Ayla X

Pada tipe X, untuk panel instrumentnya mendapat tambahan tachometer serta layar MID dengan ukuran lebih besar yang menampilkan informasi lebih lengkap, seperti dapat menampilkan rata-rata penggunaan bahan bakar, trip meter, jam dan alarm, dan terakhir ECO indicator.

Untuk diketahui, baik tipe X maupun M sama-sama menggunakan jok berbahan fabric dengan head rest di baris kedua yang dapat diatur baik tinggi maupun rendah.

Lainnya, tipe X berhasil dibekali intermittent wiper serta alarm system yang dapat meminimalisir dari tindakan pencurian.

Mesin dan Transmisi Keduanya Sama Persis

Mesin 1KR-DE Ayla 1.0

Baik Ayla X maupun M lansiran 2014 sama-sama dibenamkan mesin bensin berkodekan 1KR-DE 3-silinder segaris Electronic Fuel Injection (EFI) 12 valve DOHC yang dapat menghasilkan tenaga 88 PS di 6.000 rpm dan torsi 87 Nm pada putaran 3.600 rpm.

Membuatnya berjalan, kedua varian ini hadir dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan torque converter.  

Berapa Konsumsi BBM Daihatsu Ayla?

Terkenal irit bahan bakar

Berbekal mesin 1.0L dengan 3 silinder serta sistem kombusi injeksi, untuk konsumsi bahan bakar Ayla terbilang sangat irit.

Berbagai pengetesan yang pernah dilakukan, untuk penggunaan dalam kotanya berada di angka 15 km/liter hingga 17 km/liter.

Sedangkan pemakaian luar kotanya, jarak yang ditempuh mencapai 18 km/liter sampai dengan 20 km/liter.

Baca juga: Pakai Matic, Ini Tips Mobil LCGC Seperti Daihatsu Ayla Bisa Perkasa di Tanjakan Panjang

Bensin Apa yang Cocok untuk Mobil Ayla?

Tampilannya sederhana

Mesin 1KR-DE yang digunakan Ayla memiliki angka kompresi 10:1.

Memiliki kompresi yang tidak terlalu tinggi, menurut spesifikasi Ayla masih bisa menggunakan bensin dengan RON90 atau sejenis pertalite.

Namun pabrikan menyarankan untuk menggunakan bensin dengan RON92 guna menjaga performa mesin agar tetap optimal.

Berapa Kapasitas Tangki Daihatsu Ayla?

Cocok buat mobil perkotaan

Untuk kapasitas tangki bahan bakar, Daihatsu Ayla mencapai 36 liter.

Jika harga pertamax saat ini Rp13.400 per liter, dari kondisi kosong sampai dengan terisi penuh menghabiskan biaya Rp482.400.

Perawatan Ayla Murah?

Biaya servis terjangkau

Daihatsu Ayla untuk perawatan serta suku cadangnya sangat murah, sehingga kalian tidak perlu khawatir mengeluarkan uang banyak setiap kali melakukan service.

Untuk perawatan rutin yang bisa dilakukan, kalian cukup melakukan tune up meliputi pembersihan throttle body, filter udara, filter bensin, serta penggantian oli mesin dan transmisi secara teratur.

Tak lupa juga mengganti minyak rem serta air radiator untuk menjaga performanya agar tetap optimal.

Baca juga: Perbedaan Daihatsu Ayla 1.0 D dan 1.0 D+, Selisih Harga Sampai Rp12 Jutaan

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Ayla

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Menimbang Toyota Agya G dan Daihatsu Ayla R, Lebih Pas Mana?

5 Hal Menarik di Daihatsu Ayla X ADS Buat Lawan Honda Brio

Jadi Mending Agya Baru, Brio Satya, atau Cukup Ayla? | Komparasi Mobil di Bawah Rp 200 juta!

New Astra Daihatsu Ayla, Tampil Lebih Keren Dengan Desain Sporty dan Lebih Bergaya

Cara cek aki mobil masih bagus atau tidak penting untuk diketahui mengingat accu alias aki adalah satu komponen yang cukup vital pada kendaraan. Sama seperti oli atau ban, aki mobil juga punya batas usia pakai, yang jika diabaikan perawatannya maka dapat menimbulkan masalah seperti mobil mogok tiba-tiba di jalan. Ini karena aki bertugas memasok kebutuhan listrik agar komponen kendaraan beroperasi dengan baik. Sebaliknya, jika kondisi aki tidak bagus lagi, maka kebutuhan akan tegangan listrik ini
Selain Kingstar, Geely dan Foton, pabrikan brand otomotif asal Negeri Tiongkok yang melakukan plagiarisme Toyota Hiace adalah Joylong, dengan produknya yang dinamakan Joylong EA5. Bicara Joylong EA5, minivan tersebut baru-baru ini diluncurkan di Thailand seharga 2.950.000 baht, atau setara dengan Rp1,3 miliar berdasarkan kurs saat ini. Di Negeri Gajah Putih, mahalnya mobil niaga syarat penumpang tersebut lantaran EA5 usung motor listrik sebagai jantung pacunya untuk membuatnya berjalan. Berbekal
Mobil listrik Wuling Bingo digadang-gadang jadi produk yang siap masuk Indonesia, karena bocoran NJKB sudah diungkap disitus Bapenda Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Munculnya Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Wuling Bingo, di situs Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, jadi sinyal kehadiran calon mobil listrik baru tersebut di Indonesia. Terlebih Wuling Bingo pernah ikut dipamerkan saat gelaran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 beberapa waktu lalu. Bic
Honda Freed bekas kini banyak diburu pecinta mobil bekas lantaran memiliki beragam keunggulan yang tidak dimiliki mobil keluarga kebanyakan. Untuk diketahui, Freed diluncurkan di Indonesia pertama kali pada tahun 2009 dengan mengusung platform Globall Small Car Honda yang juga digunakan oleh Jazz dan City. Saat meluncur pertama kali, Mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan kapasitas 6-seater berpenampilan minibus ini ditawarkan dalam dua varian, yakni S dan PSD. Kemudian tiga tahun setelahnya,
Mitsubishi Pajero Sport adalah mobil yang cukup populer di Indonesia serta beberapa negara lain di Asia Tenggara. Namun entah mengapa SUV ladder frame ini malah tenggelam di negara asalnya sendiri, Jepang. Mengingat Mitsubishi untuk pasar lokal hanya memasarkan tiga tipe kendaraan yang punya DNA SUV, yakni Delica, Delica Mini, dan Outlander. Sementara nama Pajero yang juga punya image kuat di Negeri Matahari Terbit itu, malah sudah tidak dilanjutkan. Kondisi ini berbanding terbalik dengan di neg

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Datsun GO
    Belum Tersedia
    Ayla vs GO
  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    Ayla vs Brio
  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Toyota Agya
    Rp 175,40 Juta
    Ayla vs Agya
  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Nissan March
    Rp 185,80 Juta
    Ayla vs March
  • Daihatsu Ayla
    Rp 103,30 Juta
    VS
    Suzuki Ignis
    Rp 175,50 Juta
    Ayla vs Ignis
Daihatsu Ayla
Lihat