Rp 440,15 - 678,05TBC Juta

Harga di Indonesia

Spesifikasi Toyota HiAce
SegmenKomersial
Tipe bodiCommercial
Jenis penggerakMT
Kapasitas mesin2.5 - 2.8L
Tenaga102 - 154PS
Tempat Duduk11 - 16

Harga dan Varian Toyota HiAce

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kelebihan&Kekurangan Toyota HiAce

Kelebihan

  • Desain Eksterior Lebih Modern

  • Ruang Kabin Luas

  • Mesin Diesel Lebih Modern, Tenaga Mumpuni

  • Mesin Lebih Responsif dan Halus

  • Dilengkapi Crumple Zone Untuk Mengurangi Dampak Tabrakan

  • Fitur Keselamatan Mumpuni

Kekurangan

  • Bodi Besar, Manuver Terbatas

  • Lampu Belum LED, Pencahayaan Kurang Maksimal

  • Bangku Belakang Sulit Dilipat Ketika Butuh Bagasi Tambahan

  • Velg Masih Bermaterial Kaleng

  • Hanya Menawarkan Satu Varian

Review Toyota HiAce

  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin dan Performa
  • Kesimpulan
  • Overview

    Overview Toyota HiAce

    Toyota HiAce diketahui telah beredar cukup lama di pasar otomotif Indonesia, tepatnya sejak tahun 1980-an. Kemudian dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang digelar tahun 2017 lalu, PT. Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan Toyota HiAce dengan varian Luxury, dan disusul dengan kehadiran edisi khusus Toyota HiAce 50th Anniversary Edition.

    Generasi pertama minivan dan pikap diperkenalkan tahun 1967 dengan generasi terbaru Toyota HiAce Premio meluncur di Indonesia bulan Juli 2019. Minivan Segmen C ini diimpor langsung dari pabrik Toyota di Thailand. Tanpa mesin bertenaga bensin, Toyota HiAce yang dipasarkan di Tanah Air menggunakan mesin 1GD-FTV 2.8T 4-silinder serta mesin 2TR-FE 2.5L 4-silinder yang digunakan pada generasi sebelumnya. 

    Hingga saat ini, Toyota HiAce telah mengalami beberapa kali facelift, baik dari segi desain maupun fiturnya. Kali ini, kita akan ulas mengenai mobil MPV yang satu ini. Langsung saja disimak informasinya.

    Di segmen MPV komersial, Toyota HiAce bersaing dengan beberapa model lainnya, seperti Isuzu Elf dan Mitsubishi Colt L300. Di Indonesia sendiri ada empat varian mobil Toyota HiAce yang dipasarkan. Untuk rincian harganya adalah sebagai berikut.

    Harga Toyota HiAce : 

    Toyota HiAce sudah lama menjadi model minivan menengah milik Toyota yang sering digunakan untuk keperluan pariwisata, kendaraan niaga, hingga ambulans. Toyota HiAce dipasarkan dengan berbagai bodi, namun sebagian besar bisa dimodifikasi sesuai keinginan. Harga Toyota HiAce 2020 dimulai dari Rp 545 jutaan untuk Toyota HiAce STD Manual dan Rp608 jutaan untuk Toyota HiAce Commuter Manual Luxury.

    Daftar Harga Toyota HiAce

    Toyota HiAce Premio 2.8 MT Rp 545.720.000
    Toyota HiAce Commuter Manual Rp 508.970.000

    Spesifikasi Toyota HiAce :

    Mesin Toyota HiAce
    Tipe Mesin 4 silinder DOHC CRDi 16 katup
    Kapasitas Silinder

    2.494 cc (STD Manual, Commuter Manual, Commuter Manual Luxury)

    2.755 cc (Premio)

    Tenaga Maksimal

    99 Hp(STD Manual, Commuter Manual, Commuter Manual Luxury)

    152Hp(Premio)

    Torsi Maksimal

    260 Nm (STD Manual, Commuter Manual, Commuter Manual Luxury)

    420 Nm (Premio)

    Transmisi

    Manual 5 percepatan (STD Manual, Commuter Manual, Commuter Manual Luxury)

    Manual 6 percepatan (Premio)

    Kapasitas Tangki 70 L
    Bahan Bakar Diesel
    Dimensi Toyota HiAce
    Panjang

    5.380 mm (STD Manual, Commuter Manual, Commuter Manual Luxury)

    5.915 mm (Premio)

    Lebar

    1.880 mm (STD Manual, Commuter Manual, Commuter Manual Luxury)

    1.956 mm (Premio)

    Tinggi

    2.285 mm (STD Manual, Commuter Manual, Commuter Manual Luxury)

    2.280 mm (Premio)

    Wheelbase

    3.110 mm (STD Manual, Commuter Manual, Commuter Manual Luxury)

    3.860 mm (Premio)

    Kaki-Kaki dan Suspensi Toyota HiAce
    Pelek/Ukuran Ban

    195/80 R15 (STD Manual, Commuter Manual, Commuter Manual Luxury)

    235/65 R16 (Premio)

    Material Steel Wheels


  • Eksterior

    Eksterior Toyota Hiace

    Toyota HiAce memiliki desain eksterior yang terlihat gagah. Dengan desain khas yang mengotak, mobil ini juga tampil elegan. Memang bukan hal yang aneh jika Toyota HiAce kemudian banyak diminatu untuk dijadikan mobil MPV komersial mewah untuk segmen penumpang eksklusif.


    Di bagian depan Toyota HiAce, terlihat grille radiator berlapis chrome dan lampu depan dengan desain baru. Selain itu, terdapat pula aksen chrome yang melekat pada handle pintu dan cover spion samping. Kedua fitur eksterior ini hanya ada pada varian Toyota HiAxe Commuter Manual Luxury.

    Untuk desain jendela Toyota HiAce, Toyota menggunakan desain yang juga elegan pada semua variannya. Sedangkan di bagian belakangnya, untuk varian Toyota HiAce Commuter Manual Luxury terdapat emblem Luxury yang cukup mencolok. Sementara untuk tipe lainnya, hanya memiliki tampilan dasar tanpa ada aksen tambahan.

    Untuk pilihan warnanya sendiri, Toyota HiAce hanya menyediakan tiga pilihan warna yang senada. Ketiga warna tersebut antara lain Silver Metallic, White, dan Beige Metallic.

  • Interior

    Interior Toyota Hiace

    Toyota HiAce diketahui memiliki interior kabin yang bukan hanya luas, tetapi juga sangat nyaman. Toyota HiAce STD Manual dan Commuter Manual bisa menampung hingga 16 orang penumpang. Sedangkan Toyota HiAce Commuter Manual Luxury hanya bisa 11 penumpang.

    Walaupun kapasitas penumpang pada varian Toyota HiAce Commuter Manual lebih sedikit, tetapi mobil Toyota HiAxe menawarkan kemewahan yang lebih di dalam kabinnya dengan menggunakan kursi bertipe captain seat. Joknya juga tampak apik dengan perpaduan warna hitam dan coklat, serta cup holder yang terdapat di bagian samping Toyota HiAxe.

    Sebagai sebuah mobil MPV komersial, Toyota HiAce mampu memuat banyak penumpang tanpa mengurangi kenyamanan dalam berkendara. Dengan dimensi Toyota HiAxe yang besar, kabin yang dimilikinya pun menjadi cukup luas. Leg room dan head room yang dimiliki mobil ini juga cukup leluasa untuk para penumpang di dalam Toyota HiAxe.


    Untuk menambah kenyamanan penumpang ketika berada di dalam mobil Toyota HiAxe, disematkan sebuah Advanced Head Unit AVX berukuran 6 inci yang mendukung berbagai format musik seperti AM/FM radio, DVD, CD, USB, Bluetooth dan juga iPod. Di langit-langit mobil untuk setiap joknya juga disematkan AC yang bisa bisa diatur oleh masing-masing penumpang.

    Di dashboard depan Toyota HiAxejuga terdapat beberapa fitur, seperti pengaturan Climate Control dan tuas transmisi. Pada varian Toyota HiAce Commuter Manual juga terdapat power window yang biasanya tidak dimiliki oleh mobil MPV komersial sejenis.

    Toyota HiAce varian yang lainnya juga memiliki desain barisan depan yang sama luasnya dengan varian Commuter Manual. Seluruh varian ini juga memiliki dashboard ergonomis yang bisa menampilkan informasi berkendara sekaligus memberikan kenyamanan berkendara. Dashboard ini juga dilengkapi dengan penyimpanan multifungsi dan glove box untuk menyimpan barang.

  • Fitur

    Fitur Toyota Hiace

    Sebagai fitur keselamatan standarnya, Toyota membenamkan dual SRS Airbag untuk penumpang di baris depan serta sabuk pengaman 3 titik, yang dilengkapi dengan pretensioner dan force limiter di semua kursi.

    Bagi yang belum tahu, pretensioner ini berfungsi untuk mengencangkan sabuk pengaman otomatis jika terjadi benturan dan melindungi penumpang dari benturan depan. Sementara force limiter merupakan batas kekuatan sabuk untuk mengatur beban tubuh dan meminimalisir resiko cidera.
    Beberapa fitur keselamatan lain seperti rem cakram di roda depan juga disematkan. Untuk memaksimalkan pengereman, disematkan fitur Anti lock Braking System (ABS) dan Brake Assist.

    Khusus varian tertingginya, pada mobil ini disematkan berbagai fitur canggih, di antaranya Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, dan Emergency Brake Signals. Toyota juga menyematkan kursi Isofix dan Toyota Mini untuk penumpang anak-anak.

    Untuk suspensi depannya, Toyota HiAce mengandalkan supensi double wishbone dengan stabilizer, sementara untuk suspensi belakangnya, mobil ini mengandalkan suspensi axle beam. Tetapi khusus untuk varian Toyota HiAce Premio, suspensi depannya menggunakan MacPerson Strut, dan suspensi belakangnya menggunakan Leaf Spring. Suspensinya ini membuat pengendaraan lebih minim getaran meskipun melewati jalan bergelombang.

    Sekarang kita beralih ke fitur hiburannya. Khusus untuk Toyota HiAce Commuter Manual Luxury, mobil ini dilengkapi dengan Advanced Head Unit berupa layar sentuh 6 inci yang mendukung Bluetooth, AUX, USB, AM/FM radio, iPod, dan DVD/CD. Selain itu, ada pula fitur Climate Control dan AC yang terdapat di langit-langit kabin.

    Sedangkan pada seluruh varian Toyota HiAce juga disematkan berbagai fitur kenyamanan standar. Fitur tersebut antara lain persneling tengah, power window atau pengaturan otomatis jendela, akses keluar masuk yang mudah, serta pengaturan posisi kursi yang semakin baik.

  • Mesin dan Performa

    Mesin Toyota Hiace

    Seluruh varian Toyota HiAce dibekali dengan mesin yang sama, yaitu mesin 4 silinder DOHC CRDi 16 katup. Untuk varian Toyota HiAce STD Manual, Commuter Manual, dan Commuter Manual Luxury, mesinnya memiliki kapasitas 2.494 cc. Sedangkan untuk varian Toyota HiAce Premio, kapasitas mesinnya ialah 2.755 cc.

    Mesin yang dimiliki Toyota HiAce ini bisa dibilang cukup bertenaga. Pada varian Toyota HiAce STD Manual, Commuter Manual, dan Commuter Manual Luxury, tenaga yang dihasilkan ialah 99 Hp dan torsinya mencapai 260 Nm. Sementara itu, keluaran tenaga pada varian Toyota HiAce Premio sendiri lebih besar. Tenaga yang dihasilkan mencapai 152 Hp, dan torsinya mencapai 420 Nm.

    Tenaga yang dihasilkan oleh mesin Toyota HiAce kemudian disalurkan ke roda-roda penggerak melalui sistem transmisi manual. Varian Toyota HiAce STD Manual, Commuter Manual, dan Commuter Manual Luxury menggunakan transmisi manual 5 percepatan, sementara varian Toyota HiAce Premio menggunakan transmisi manual 6 percepatan.

    Toyota HiAce sendiri mengandalkan bahan bakar diesel. Kapasitas tangki bahan bakarnya juga cukup besar, mencapai 70 liter. Meskipun spesifikasi Toyota HiAxe tergolong sederhana, tetapi MPV komersial yang satu ini dinilai memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang cukup baik.

  • Kesimpulan

    Bagi para pemiliki bisnis di bidang jasa travel maupun pariwisata, mobil Toyota HiAce ini memang bisa menjadi salah satu penunjang transportasi yang tepat. Mobil ini cukup bertenaga, dan yang paling penting, bisa memuat banyak penumpang. Bagian kabinnya juga didesain senyaman mungkin sehingga para penumpang tidak perlu khawatir ketika berkendara menggunakan Toyota HiAxe.

Warna Toyota HiAce

White

Lihat Lebih

Gambar Toyota HiAce

Eksterior

Interior

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

FAQ Toyota HiAce

  • Apa Immobilizer dari Toyota Hiace?

    • AlexieLovely

      AlexieLovely

      Berikut adalah Immobilizer dan varian Toyota Hiace:

      VarianToyota Hiace STD ManualToyota Hiace Commuter ManualToyota Hiace Commuter Manual Luxury
      ImmobilizerNNY
  • Apa Cruise system dari Toyota Hiace?

    • AlexieLovely

      AlexieLovely

      Berikut adalah Cruise system dan varian Toyota Hiace:

      VarianToyota Hiace STD ManualToyota Hiace Commuter ManualToyota Hiace Commuter Manual Luxury
      Cruise systemNNN
  • Apakah Toyota Hiace tersedia di Fitur Kursi Baris pertama?

    • Darren

      Darren

      Tidak, Toyota Hiace tidak tersedia di Fitur Kursi Baris pertama.

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Hiace STD Manual

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Model Populer

VS