window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbedaan Daihatsu Ayla 1.0 D dan 1.0 D+, Selisih Harga Sampai Rp12 Jutaan

Enda · 21 Apr, 2022 16:30

Perbedaan Daihatsu Ayla 1.0 D dan 1.0 D+

Tak sedikit masyarakat Tanah Air menginginkan sebuah mobil yang ramah lingkungan, irit bahan bakar, namun mempunyai harga terjangkau. Bicara mobil dengan harga terjangkau yang hemat BBM dan tentunya ramah lingkungan, PT Astra Daihatsu Motor menghadirkan Daihatsu Ayla sebagai city car sub-kompak berbentuk hatchback.

Dibandrol mulai dari Rp108,2 juta hingga Rp166,9 juta per April 2022, saudara kembar Agya ini ditawarkan dalam 12n varian, diantaranya; 1.0 D MT, 1.0 D+ MT, 1.0 X MT, 1.0 X Deluxe MT, 1.0 X AT, 1.0 X Deluxe AT, 1.2 X MT, 1.2 X AT, 1.2 R MT, 1.2 R Deluxe MT, 1.2 R AT, dan 1.2 R Deluxe AT.

Bicara mengenai varian termurahnya, 1.0 D MT dan 1.0 D+ MT ini memiliki perbedaan harga mencapai Rp12,4 juta. Punya selisih harga yang cukup banyak, apa bedanya kedua varian tersebut?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Menggunakan Kode D74A, Daihatsu Ayla dan Toyota Agya 2023 Akan Hadir Tahun Depan?

Tampilan Luar Daihatsu Ayla 1.0 D MT Polos dan Murahan Banget

Perbedaan Daihatsu Ayla 1.0 D dan 1.0 D+

Tampilan Daihatsu Ayla 1.0 D terkesan murahan

Melihat tampilan fasad, perbedaan antara Daihatsu Ayla 1.0 D MT dengan 1.0 D+ MT terlihat sangat mencolok. Dimana trim termurahnya telihat begitu polos. Di bagian fascianya, varian ini mengandalkan bohlamp halogen biasa serta belum dilengkapi foglamp.

Mengenok bagian samping, tipe terbawah Ayla ini masih menggunakan spion manual, serta handle pintu berbahan plastik berkelir hitam. Untuk lingkar rodanya sendiri, mobil ini memakai velg kaleng berukuran 13 inci tanpa dilengkapi mud guard di belakang roda.

Oh iya, pada list kaca bagian atasnya juga belum tersematkan talang air seperti yang dipakai beberapa varian diatasnya. Menilik ke sisi buritannya, mobil ini juga terlihat polos dimana aksesoris serta fitur seperti spoiler, rear wiper, sensor parkir tidak bisa kalian temukan.

Lantas apa perbedaan dengan Ayla 1.0 D+ MT? Pada tampilan luar, varian satu tingkat diatasnya ini hanya mendapat tambahan berupa wheel cap atau yang biasa disebut dengan dop. Untuk lainnya tidak ada perubahan yang berarti.

Daihatsu Ayla 1.0 D+ MT Sudah Dilengkapi Sistem Pendingin Udara (AC)

Perbedaan Daihatsu Ayla 1.0 D dan 1.0 D+

Daihatsu Ayla 1.0 D tidak dilengkapi AC dan sistem hiburan

Selisih harga hingga Rp12,4 juta, dari segi interior varian 1.0 D+ MT terbilang lebih ‘manusiawi’. Seperti yang bisa dirasakan, di dalam kabin pada tipe ini kalian bisa menjumpai adanya door trim yang bentuknya sudah terlihat modern, AC, Electric Power Steering (EPS), power window, power door lock, audio single din, dua speaker di bagian depan serta air ventilator.

Sedangkan tipe 1.0 D MT masih benar-benar terlihat polos. Dimana pada area kokpitnya ini kalian tidak bisa menjumpai adanya kisi-kisi AC, serta absennya pengaturan AC model knob putar seperti varian diatasnya. Dengan begitu selama perjalanan kalian diwajibkan untuk selalu membuka kaca guna mendapatkan sirkulasi udara.

Oh iya, pada center cluster tempat dimana bertenggernya head unit, bagian ini ditutup dengan material plastik yang tentunya semakin menambah rasa bosan saat berkendara berkat tidak adanya sistem hiburan.

Melihat tampilan instrument clusternya sendiri, tipe termurah Ayla juga terlihat sangat-sangat membosankan. Karena didalamnya hanya tersedia penunjuk kecepatan berupa analog, dan indikator bensin digital. 

Kekurangan Daihatsu Ayla 1.0 D MT tak hanya berhenti sampai disitu. Tipe ini untuk door trim atau pelapis pintunya menggunakan lembaran papan yang dibungkus kain vinyl serta pengaturan naik turun nya kaca yang dilakukan secara manual atau mode engkol.

Baca juga: Pakai Matic, Ini Tips Mobil LCGC Seperti Daihatsu Ayla Bisa Perkasa di Tanjakan Panjang

Fitur Keselamatan Daihatsu Ayla 1.0 D MT dan 1.0 D+ MT Masih Ala Kadarnya

Perbedaan Daihatsu Ayla 1.0 D dan 1.0 D+

Fitur keselamatan Daihatsu Ayla 1.0 D dan 1.0 D+ sangat terbatas

Jangan pernah berharap menemukan fitur keselamatan dan keamanan berupa dual SRS airbag + front pretensioner seatbelt, ABS + EBD, parking camera serta immobilizer + alarm pada Ayla D dan D+. Pasalnya untuk fitur ini keduanya hanya mengandalkan seatbelt, side impact beam, dan APAR. Untuk keamanannya sendiri mobil ini tidak dilengkapi central lock, sehingga menguncinya harus dilakukan pada setiap bagian pintu.

Daihatsu Ayla 1.0 D MT dan 1.0 D+ MT Pakai Mesin dan Transmisi yang Sama

Perbedaan Daihatsu Ayla 1.0 D dan 1.0 D+

Mesin 1KR-DE pada Daihatsu Ayla 1.000 cc

Baik Daihatsu Ayla 1.0 D MT maupun 1.0 D+ MT sama-sma dibenamkan jantung pacu berkubikasi 998 cc berkodekan 1KR-DE 1.0L 3-silinder segaris DOHC, yang dapat memuntahkan tenaga hingga 65 PS @6.000 rpm serta torsi maskimal 86 Nm @3.600 rpm. Mesin yang digunakan keduanya ini tidak ada yang istimewa kecuali irit bahan bakar.

Seperti yang bisa dirasakan, mesin 1.0L 3-silinder non VVT-i yang dipakai menimbulkan getaran berlebih dalam kondisi lansam di angka 800-1.000 rpm. Tak hanya itu, suara mesin yang dihasilkan juga terbilang cukup keras dan terdengar dengan jelas dari bagian dalam kabin.

Untuk tingkat percepatannya, keduanya hanya menawarkan transmisi manual 5-percepatan dengan final gear ratio di angka 4.643

Kesimpulan

Perbedaan antara varian 1.0 D MT dengan 1.0 D+ MT Daihatsu Ayla berhasil kami ungkap melalui ulasan di atas. Memiliki selisih harga baru mencapai Rp12,4 juta, kami sarankan untuk memilih varian 1.0 D+ MT jika budget kalian benar-benar terbatas. Pasalnya tipe 1.0 D tak jauh berbeda dengan mobil pick up muatan ringan yang terlihat polos hanya mementingkan tingkat durabilitas berkendara.

Namun apabila kalian mempunyai budget berlebih, ada baiknya menjatuhkan pilihan pada varian diatasnya, yakni 1.0 X yang mempunyai aksesoris lebih banyak, serta fitur unggulan, kenyamanan dan keselamatan lebih lengkap.

Baca juga: Transmisi Matic Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Kok Gak Ada L, Kalau Mau Nanjak Gimana?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Ayla 1.0L 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil