4 Mobil Tua yang Harga Bekasnya Terus Naik, Mulai dari Civic Estilo Sampai Daihatsu Taft Jadi Incaran Kolekdol!

Tak semua mobil tua harga bekasnya murah, ada beberapa model yang justru harganya tetap stabil bahkan terus beranjak naik hingga setara mobil baru!

Mobil lawas yang harganya terus naik ini acap kali disebut sebagai bahan gorengan dan jadi incaran para kolekdol (mengkolek lalu ngedol atau menjual).

Mengetahui apa saja modelnya, berikut ini 4 mobil tua yang harga bekasnya terus naik incaran para kolekdol dan pecinta mobil lawas.

Baca juga: Tren Mobil Retro Makin Populer, Honda Civic Estilo Harganya Bikin 'Teler'

1. Usia Lebih dari 30 Tahun, Honda Civic Estilo Mobil Tua yang Tetap Terlihat Muda

Honda Civic Estilo

Generasi kelima Civic di Indonesia, Honda Civic Estilo diluncurkan pertama kali pada tahun 1992 atau setahun setelah diperkenalkan secara global.

Nama Civic Estilo sendiri digunakan untuk model hatchbacknya, sedangkan tipe sedan dinamai Honda Civic Genio.

Baik Civic Estilo maupun Civic Genio dijual hingga 1995 sebelum diteruskan oleh generasi berikutnya yang dinamai Honda Civic Ferio.

Ketika dijual 1992 hingga 1995 minat masyarakat Indonesia terhadap Civic Estilo tak seramai Civic Genio.

Tak heran apabila populasi Civic Genio lebih banyak dibandingkan model hatchbacknya tersebut.

Berbanding terbalik dengan kondisi zaman dulu, Honda Civic Estilo kini justru banyak diminati para pecinta mobil 90-an.

Selain populasinya yang sedikit, besarnya minat para car enthusiast terutama penyuka JDM terhadap mobil ini lantaran bentuknya yang timless tak lekang oleh zaman, serta memiliki desain simpel tidak neko-neko.

Sebagai hatchback tiga pintu, mobil ini juga membawa kesan aura sporty yang kental ala Japan Legendaris Car yang membuatnya selalu sedap dipandang mata.

Selain bentuknya yang disukai, Civic Estilo diminati lantaran mesinnya gampang dioprek untuk membuatnya kencang.

Sebagai informasi saja, Civic Estilo dibekali mesin berkodekan D16 dengan kapasitas 1.590 cc, SOHC 16 Valve, PGM-FI non VTEC.

Dalam keadaan standar jantung pacunya dapat memeras tenaga hingga 122 PS di 6.300 rpm dengan torsi maksimal mencapai 140 Nm pada 5.500 rpm.

Bermodalkan porting polish dan melakukan tunning mudah untuk mengoptimalkan tenaga dari mesin D16 tersebut.

Namun tak sedikit juga pemilik melakukan swap engine dengan mesin Honda lainnya yang memiliki performa lebih besar untuk dapat membuatnya bergerak lebih cepat.

Untuk diketahui harga bekas Honda Civic Estilo saat ini paling murah dibandrol Rp150 jutaan dan yang termahal tembus hingga Rp250 juta.

2. Honda Civic Nouva, Hathback 3 Pintu Berjaya di Era 80-an

Honda Civic Nouva

Sebelum Civic Estilo, Honda Civic Nouva sudah lebih dulu beredar di Indonesia dengan menempati segmen hatchback 3 pintu.

Masa edar Civic Nouva ini berawal dari 1988 hingga 1991 bersama dengan model sedannya, Honda Civic Grand Civic yang diteruskan oleh Civic Genio.

Sebagai mobil tua, mobil dengan kode bodi SH3 ini secara tampilan masih terlihat keren dan berkesan long lasting.

Tak heran jika harga bekasnya terus bertahan bahkan kini terus merangkak naik.

Jika 10 tahun belakangan pasaran harga bekas mobil ini di angka Rp45 juta - Rp55 jutaan, kini mobil ini ditawarkan mulai dari Rp60 jutaan sampai dengan Rp120 juta tergantung bagaimana kondisi.

Meski tua, mobil ini juga mudah dibuat kencang lantaran bodinya yang ringan tidak sampai 1 ton serta bentuknya yang lebar dengan memiliki atap pendek.

Berbeda dengan versi sedan yang menggunakan mesin D15 SOHC 1.500 cc, model hatchbacknya dibekali mesin D13 SOHC 1.300 cc yang juga tersematkan pada model sebelumnya Honda Civic Wonder SB3.

Mesin dengan sistem kombusi karburator tersebut sanggup memeras tenaga sebesar 77 PS di 6.300 rpm dan torsi maksimal 102 Nm pada puatarn 3.100 rpm. 

Seperti Civic Estilo, Civic Nouva hanya dipadukan transmisi manual 5-percepatan.

Oh iya, tak sedikit juga pemilik Nouva mengganti mesin mobilnya dengan kode D16 atau B series untuk dibuat balap.

3. Mobil Hobi, Suzuki Katana Masih Asik Dipakai Sehari-hari

Suzuki Katana

Pilihan berikutnya untuk mobil tua dengan harga bekas stabil bahkan cenderung naik adalah Suzuki Katana.

Katana sendiri muncul pertama kali di Indonesia pada 1986 menggantikan Suzuki Jimny.

Bisa dibilang Katana ini versi hemat dari Jimny lantaran ada beberapa fitur di Jimny yang tidak bisa kalian jumpai pada Katana, salah satunya penggerak 4x2.

Katana juga buatan lokal yang secara spek disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Tanah Air.

Masa bakti Katana sendiri terbilang lama, dimana mobil ini baru berhenti diproduksi di Indonesia pada 2006.

Sepanjang sejarah yang telah diukir, Katana tidak hanya diminati masyarakat sipil, namun juga banyak digunakan sebagai kendaraan dinas pemerintahan maupun operasional perusahaan.

Di Indonesia Katana hadir dalam dua jenis, yakni sasis panjang dan pendek, dengan tipe yang ditawarkan DX, DX Blitz, GX serta GX Blitz.

memiliki bodi kompak, mudah dimodifikasi, lincah saat bermanuver serta tangguh saat diajak berpetualang.

Memiliki bodi yang kompak dan terlihat unik, mudah dimodifikasi, lincah serta tangguh diajak berpetualang, sebagian besar kini Katana banyak dijadikan sebagai mobil nostalgia maupun hobi.

Jangan heran apabila seringkali melihat Katana dengan kondisi mulus wara-wiri di kota besar, maupun dipakai sebagai mobil off-road.

Baca juga: 10 Fakta Penting Suzuki Katana, Mobil Hobi yang Masih Asik Dipakai Sehari-hari

Pasaran harga bekas Katana sendiri terbilang gelap.

Jika melihat di marketplace, ada yang menawarkan mobil ini mulai dari Rp30 jutaan bahkan hingga ratusan juta tergantung bagaimana kondisi entah orisinalitas, maupun modifikasi yang sudah dilakukan.

Disebut sebagai Jimny banci karena mengandalkan sistem penggerak 4x2, mobil dengan ciri khas atap gembung ini juga kerap diubah menjadi Jimny Sierra dan Caribian untuk model long.

Ubahan dilakukan guna mengikuti Jimny di negara asalnya yang seringkali dibilang lucu.

Katana sendiri menggunakan mesin 970 cc 4-silinder 8 katup SOHC dengan kode F10A yang juga dipakai Carry 1.0, Karimun kotak dan Forsa.

Mengandalkan teknologi karburator, era 2000-an ke bawah untuk sistem pengapiannya Katana masih menggunakan platina dan kondesor.

Seiring berjalannya waktu serta kemajuan teknologi, sistem pengapian mobil ini menggunakan CDI (Capacitor Discharge Ignition).

Mesin F10A yang digunakan dapat memeras tenaga hingga 50 PS di 5.500 rpm dengan torsi puncak 73 Nm pada 3.500 rpm.

4. Daihatsu Taft, Andalan Para Penghobi Off-Road

Daihatsu Taft

Selain Suzuki Katana, mobil tua jenis jip yang harga bekasnya terus naik adalah Daihatsu Taft dengan kode F70.

Generasi ketiga Taft di Indonesia dimulai dari 1985 yang berakhir pada 1995.

Taft sendiri memiliki model lain yang dinamakan Taft F69 atau yang biasa disebut Hiline, serta Rocky dengan kode F75 yang memiliki atap model punuk pada bagian tengah hingga belakang terbuat dari resin.

Generasi ketiga Daihatsu Taft ini menggunakan mesin diesel yang tangguh dengan sistem penggerak 4x4 part time.

Sangking tangguhnya banyak Taft yang digunakan sebagai kendaraan off-road dan berpertualang mengantar wisatawan melewati tempat wisata dengan kontur jalan ekstrim.

Taft untuk pasar Indonesia punya dua pilihan mesin diesel, yakni DL41 dan DL42 yang keduanya sama-sama berkapasitas 2.765 cc.

Mesin DL41 dipadukan transmisi manual 4-percepatan, sedangkan DL42 dikawinkan transmisi manual 5-percepatan yang memiliki tenaga lebih besar.

Jika harga bekas Daihatsu Taft 10 tahun terakhir di kisaran Rp70 jutaan, kini pasarannya ditawarkan mulai dari Rp80 jutaan hingga Rp200 juta tergantung bagaimana kondisi.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Daihatsu Taft dan Feroza, SUV Lawas yang Masih Banjir Peminat

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Civic

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Nge-Gas Honda Civic Seharga Rp 1,4 Miliar di Sirkuit Mandalika

Harga Rp 567 juta, Ini Keistimewaan Honda Civic 2021 | First Impression

ALL NEW 2021 HONDA CIVIC REDESIGN - ADS

THE 2020 HONDA CIVIC TYPE R

I Review the 2020 Honda Civic 1.8L E Sedan!!

Toyota Kijang Krista diketahui merupakan varian tertinggi dari Toyota Kijang generasi keempat atau yang biasa disebut dengan Kijang Kapsul. Menurut sejarahnya, varian paling mewah ini diambil dari bahasa Jawa Kuno yang berarti Mahkota. Berbeda dengan Kijang Kapsul biasanya, Toyota Kijang Krista memiliki tampilan yang terlihat lebih luxury baik dari sisi eksterior maupun interiornya. Pada bagian luar, bumper depan dan belakang Kijang Krista dibuat lebih membulat serta diaplikasikan side moulding
Kabar Suzuki Jimny 5 pintu masuk Indonesia sudah santer terdengar, setelah di India mobil tersebut telah resmi meluncur. Ya, Suzuki Jimny lima pintu yang memiliki body lebih panjang diproduksi secara massal di India, dan beberapa produk Suzuki yang dibuat di negeri Bollywood, biasanya dipasarkan juga di Tanah Air. Jadi bukan tak mungkin, Jimny lima pintu ikut diboyong ke Indonesia, tapi made in Indonesia. Baca juga: Suzuki Jimny 5 Pintu Bakal Ditambah ADAS, Makin Mirip Versi JDM Nah, di tahun 20
Perbedaan Hyundai H-1 Elegance, XG dan Royale wajib diperhatikan bagi kalian yang sedang mencari mobil ini. Diketahui sebelumnya posisi Hyundai H-1 kini telah digantikan oleh Hyundai Staria (Spesifikasi | Berita) sejak 2021. Sempat meramaikan kancah otomotif Tanah Air dengan menempati segmen MPV premium bertubuh bogsor, H-1 pertama kali masuk Indonesia pada tahun 2008. Saat itu animo masyarakat Indonesia terhadap H-1 cukup besar, sampai-sampai pada 2010 PT Hyundai Motor Indonesia (HMI) selaku ag
PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor resmi kendaraan Mitsubishi Fuso di Indonesia punya cara menarik untuk memanjakan para juragan pemilik truk di Tanah Air. Ya, perusahaan truk asal Jepang ini mengadakan pelayanan Fuso Mobile Workshop Service (MWS), yang merupakan Campaign bertajuk 'MWS Terus Maju, Service Lebih Mudah, Bisnis Semakin Maju'. Promo ini berlaku bagi konsumen Mitsubishi Fuso yang memiliki unit Mitsubishi Fuso baik Euro 2 dan Euro 4, untuk melakukan perawatan
Kelebihan dan kekurangan Nissan Terrano bekas adalah hal yang patut Anda ketahui sebelum membeli SUV yang sempat tenar di era 1990-an itu. Sebenarnya, Terraro merupakan Nissan Pathfinder generasi pertama yang rentang usianya antara tahun 1985 hingga 1995. Menggunakan sasis tangga, Pathfinder adalah langkah yang dilakukan Nissan untuk melawan SUV yang saat itu sedang booming seperti Ford Bronco II, Ford Blazer, Jeep Cherokee, sampai Toyota 4Runner. Meskipun produksinya berakhir di 1995, namun di

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Honda Civic
Lihat