Menelusuri Sejarah BMW Seri 5 di Indonesia, Berawal dari Sedan Bermesin Karburator Sampai Berubah Jadi Full Listrik

Sejarah BMW Seri 5 di Indonesia menarik untuk dibahas, terlebih belum lama ini BMW Group Indonesia memperkenalkan generasi kedelapannya yakni BMW i5 yang mengusung teknologi full listrik.

Untuk diketahui, BMW Seri 5 sendiri merupakan mobil jenis sedan dan station wagon kelas menengah atas yang diproduksi pertama kali pada 1972.

Melansir beberapa sumber, awalnya Seri 5 dirancang oleh Marcello Gandini yang mengambil basis dari BMW Garmisch 2002ti Bertone, sebuah mobil sport legendaris dari BMW.

Sebagai informasi, Seri 5 telah memulai tradisi BMW untuk memberi penamaan dengan tiga digit nomor.

Dimana digit pertama yakni 5 mewakili model atau seri, dan selanjutnya dua digit berikutnya merupakan besaran kapasitas mesin dalam desiliter. 

Satu huruf tambahan di belakang atau sebuah kata menunjukkan sistem teknologi serta pasokan bahan bakar yang digunakan. 

Baca juga: Mobil Listrik BMW i5 2024 Diperkenalkan di Indonesia, Nggak Perlu Pusing Lagi Urusan Ngecas Baterai

Sejarah BMW Seri 5 di Indonesia Berawal dari E12

Generasi pertama BMW Seri 5 E12

Sejarah BMW Seri 5 di Indonesia bermula dari E12 yang dipasarkan mulai dari 1972 hingga 1981. 

Didesain oleh Paul Bracq, desainer mobil asal Perancis yang menghasilkan beragam karyanya di BMW sebagai Head of Design sejak tahun 1970-1974, dan dibantu dengan Pietro Frua, E12 memiliki desain yang sangat mewah sekaligus menarik di zamannya.

Sebagai generasi pertama dari Seri 5, E12 dihadrikan untuk menggantikan BMW New Class dengan menempati posisi di bawah E3.

Hadir dengan empat pintu, bagasi pendek, empat buah lampu bulat di depan serta bonnet panjang, di zamannya mobil ini sudah dilengkapi AC serta kaca dengan power window.

Pada 1976, generasi pertama Seri 5, BMW E12 dirakit oleh PT Indonesia Service Coy, yang kemudian dilanjutkan oleh anak usaha grup Astra, PT Tjahja Sakti Motor, sebagai distributor kendaraan BMW.

Saat itu PT Indonesia Service Coy memproduksi E12 dengan tipe 520 bermesin 4 silinder dari 1976-1978 dan 6 silinder dimulai 1978 sampai dengan 1981.

Mesin bensin berkapasitas 2.000 cc 4-silinder segaris SOHC dengan sistem kombusi karburator dari Stromberg 175 CDET yang disematkan sanggup menghasilkan tnaga 114 Hp serta torsi 162 Nm, dengan dipadukan transmisi manual 4-percepatan.

Generasi Kedua, BMW Seri 5 E28

Generasi kedua BMW Seri 5 E28

Suksesor E12, BMW Seri 5 E28 mendebut pertama kali pada 1981 dan berlanjut hingga 1988.

Dibandingkan generasi sebelumnya, E28 sudah memiliki teknologi yang jauh lebih modern, serta tipe yang ditawarkan mulai dari 518, 520i, 525i, dan 528i.

Ada pula pilihan mesin diesel dengan tipe 524d, 524td, kemudian 518i yang sudah mengusung sistem injeksi serta 525/528e yang irit bahan bakar.

Sebagai sedan premium, pertama kalinya Seri 5 melalui E28 hadir dalam varian M5, merupakan edisi sport sekaligus model terkencangnya yang dihadirkan BMW Motorsport GmbH pada 1985.

Sebagai fitur keselamatan standar, generasi kedua dari Seri 5 berhasil dibekali sistem pengereman dengan teknologi anti-lock brake system (ABS).

BMW Seri 5 E34 Lebih Modern dan Nyaman

Generasi ketiga BMW Seri 5 E34

Generasi ketiga Seri 5 bermula pada 1988 dan terus berlanjut hingga 1996.

Pada generasi ketiganya populasi Seri 5 cukup banyak ditemui di jalan kota-kota besar digunakan sebagai kendaraan pejabat tinggi perusahaan.

Hadir dengan kode E34, generasi ketiga Seri 5 mengambil inspirasi dari BMW Seri 7 yang telah lebih dulu diluncurkan sebelumnya.

Pernah menyabet gelar “Executive Car of The Year” selama dua tahun berturut-turut pada 1989 dan 1990, E34 memiliki tampilan yang terlihat lebih modern sekaligus proper untuk sebuah mobil kelas executive.

Memiliki dimensi lebih panjang dari model sebelumnya serta desain lebih aerodinamis, dari segi berkendara mobil ini juga terasa lebih nyaman.

Tak hanya itu, dari segi berkendara pun lebih aman berkat disematkannya teknologi ABS, airbags serta Active Stability Control&Traction Control (ASC+T) serta Adjustable Damping (EDC).

Tak ketinggalan varian M5 juga hadir pada model ini yang dibekali mesin S38 6 silinder dengan performa sangat buas di zamannya.

Baca juga: Daftar Bengkel Spesialis Mobil BMW Terdekat dan Terbaik di Jabodetabek

Generasi Keempat BMW Seri 5, E39 1995-2004

Generasi keempat BMW Seri 5 E39

BMW E39 hadir pertama kali pada 1995 yang merupakan generasi keempat dari Seri 5.

Kehadirannya sekaligus menjadi bintang dalam gelaran International Motor Show (IAA) Frankfurt saat itu.

E39 adalah mobil BMW pertama yang hampir seluruh materialnya menggunakan dari logam ringan.

Tidak berhenti sampai di situ, kehebatan E39 terus berlanjut hingga penggunaan material lain yakni alumunium pada suspensi serta mesinnya.

Teknologi baru yang tersematkan pada mobil ini yaitu sistem power steering dengan adanya peningkatan, tilt steering elektrik, sunroof elektrik, serta tirai elektrik yang memudahkan penggunanya.

Pada 1998, E39 juga hadir dalam varian M5 beberkal mesin 4.9L V8 dengan menghasilkan performa buas.

Melalui E39, BMW juga berhasil mencetak penjualan baru yang mana lebih dari 1,47 juta unit berhasil terjual pada saat produksi terakhirnya di 2003. 

BMW Seri 5 E60 Pertama Pakai Mesin Turbocharger

Generasi kelima BMW Seri 5 E60

Tahun 2003-2010 merupakan masa dimana BMW Seri 5 E60 beredar.

Generasi kelima Seri 5 ini hadir dengan tampilan lebih sporty, selain itu juga pada sedan premium ini memiliki fitur lebih modern.

Seperti yang bisa dilihat E60 sendiri sudah dibekali iDrive, head-up display, active cruise control, active steering, voice control, adaptive headlights, night vision, active headrests, Lane Departure Warning, dan high intensity emergency brake lights di zamannya.

Kehebatan lainnya pada E60 yaitu sebagai Seri 5 pertama dengan mesin bensin turbocharge dengan transmisi otomatis enam percepatan yang diklaim sanggup menghemat penggunaan bahan bakar.

Efisiensi yang dihasilkan tak lain berkat penggunaan teknologi regenerative braking pada mobil ini.

Generasi Keenam BMW Seri 5 Debut pada 2010

Generasi keenam BMW Seri 5 F10/F11/F07

Tak lama E60 disuntik mati, BMW menghadirkan generasi penerus Seri 5 dengan sebutan F10/F11/F07 yang dipasarkan hingga 2017.

Generasi keenamnya ini dinobatkan sebagai model Seri 5 paling sukses.

Mengambil basis dari Seri 7 F01, Seri F10/F11/F07 sendiri berhasil terjual sebanyak 2,2 juta unit hingga masa baktinya.

Hadir dengan menampilkan kesan sporty dan maskulin ketimbang model sebelumnya, selain versi reguler, mobil ini juga dihadirkan varian M5 yang mana dibekali mesin  twin-turbo V8 dengan 7-speed dual clutch transmission.

BMW Seri 5 G30 Generasi Ketujuh Makin Sporty dan Elegant

Generasi ketujuh BMW Seri 5 G30

Sedan premium BMW Seri 5 G30 meluncur pada 2017, tak sedikit orang Indonesia menunggu akan kedatangan generasi ketujuh Seri 5 di Tanah Air saat itu.

Beragam fitur canggih dan modern hadir pada mobil ini yang membuatnya terasa semakin lebih nyaman digunakan.

Menonjolkan desain eksterior yang sporty dan elegan, mobil ini dilengkapi fitur Integral Active Steering yang memungkinkan roda belakang ikut berbelok dengan kemiringan tertentu.

Bukan cuma itu, mobil turut dilengkapi Park Assist dan Rear View Camera yang mampu melakukan proses parkir seri maupun paralel secara otomatis.

Dari segi keamanan G30 sudah menggunakan kunci cerdas BMW Display Key sekaligus memberikan kemudahan memeriksa status keamanan mobil, kondisi mobil, jarak tempuh yang tersisa, serta mengontrol pendingin udara dari luar kendaraan.

Diproduksi hingga 2023, G30 hadir dengan jantung pacu bensin dan diesel berkapasitas 2.0 TwinPower Turbo 4-silinder yan menyuguhkan performa besar.

BMW i5 2024, Sedan Full-Listrik

Generasi kedepalan BMW Seri 5, i5 eDrive40 M Sport

BMW i5 2024 diperkenalkan di Tanah Air oleh BMW Group Indonesia belum lama ini.

BMW i5 eDrive40 M Sport sebagai generasi kedepalan BMW Seri 5 dengan mengusung teknologi full-listrik.

Sebagai mobil listrik ketiganya yang diluncurkan tahun ini setelah iX1 dan iX, i5 eDrive40 M Sport membawa komitmen BMW dengan menghadirkan layanan terbaik untuk para pengguna BMW.

Sebagai sedan listrik, i5 tampak begitu atraktif, sporty dan dinamis, sekaligus mewah dengan dilengkapi teknologi BMW eDrive generasi kelima yang ditingkatkan secara ekstensif.

Diproduksi di pabrik BMW Group Plant Dingolfing di Bavaria Selatan, i5 merupakan generasi pertama BMW Seri 5 Sedan.

Mobil ini dibekali motor listrik tunggal yang dapat menghasilkan tenaga 340 Hp dan torsi maksimum hingga 430 Nm dengan fungsi Sport Boost atau Launch Control, yang selanjutnya ditranslasi ke roda belakang.

Untuk catatan akeselerasi yang diperoleh dari 0 hingga 100 km/jam hanya membutuhkan 6 detik.

Motor listrik yang digunakan mendapat asupan daya dari baterai bertegangan tinggi yang diletakan di bagian bawah dengan memiliki kapasitas 81,2 kWh.

Berdasarkan pengetesan yang dilakukan WLTP, dalam kondisi baterai terisi penuh dapat berjalan sejauh 582 kilometer.

Kecanggihan lain yang dimiliki i5 eDrive40 M Sport, mobil listrik ini memiliki fitur MAX RANGE yang mana jangkauannya dapat ditingkatkan hingga 25 persen, jika diperlukan dengan membatasi daya dan kecepatan serta menonaktifkan fungsi kenyamanan.

Baca juga: Mobil Listrik BMW iX1 eDrive20 M Sport dan iX xDrive50 Sport Meluncur di Indonesia

Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

BMW 5 Series Sedan

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

NEW 2021 BMW 5 SERIES

Anda yang tertarik ingin membeli mobil baru setelah mudik lebaran 2024, nggak ada salahnya jika berpikir untuk memilih kredit Toyota Rush GR Sport sebagai tunggangan anyar. Pasalnya, mobil Low Sport Utility Vehicle (SUV) tersebut baru saja hadir dengan model facelift alias mengalami penyegaran ringan, baik pada eksterior maupun interior. Baca juga: Daihatsu Terios R Custom Lebih Murah dari New Toyota Rush GR Sport 2024, Harga Terjangkau Malah Menang Banyak! Ya, penyegaran Toyota Rush ini terliha
Banyak yang penasaran mengetahui berapa konsumsi BBM MG VS HEV. Bermain di segmen SUV kompak listrik dengan teknologi hybrid, VS HEV merupakan model hybrid pertama MG di Tanah Air yang dibandrol dengan harga Rp389 juta on the road (OTR) Jakarta. Sebagai mobil hybrid termurah yang ada di Indonesia saat ini, VS HEV diklaim sangat hemat dalam penggunaan bahan bakar serta memiliki beragam kelebihan. Baca juga: Harga dan Spesifikasi MG VS HEV Bikin Nyali Toyota Yaris Cross Hybrid Ciut! Konsumsi BBM M
Beli mobil listrik atau hybrid saja, terkadang pertimbangan tersebut yang semakin banyak dilontarkan masyarakat, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Ya, kendaraan ramah lingkungan saat ini semakin menjadi pilihan yang menarik bagi banyak konsumen yang peduli akan dampak lingkungan dari kegiatan sehari-hari mereka. Terlebih lagi berbagai testimoni sudah menyebutkan, jika keberadaan kendaraan elektrifikasi terbukti bisa memberi penghematan cukup signifikan atas biaya kepemilikan sebuah ke
Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan Mazda Biante bekas yang saat ini harganya sudah jauh lebih terjangkau. Nama Mazda Biante mungkin tidak setenar Toyota Voxy, Alphard, atau Nissan Serena. Padahal MPV boxy ini hadir dengan fitur yang cukup komplit, serupa dengan unit yang dijual di Jepang. Agak disayangkan karena perjalanan Mazda Biante pada segmen High MPV di Indonesia, memang cukup singkat yaitu dari 2012 sampai tahun 2018. Tetapi kalau melihat sejarah aslinya di Negeri Sak
PT Aneka Petroindo Raya selaku pengelola Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum alias SPBU BP AKR di Indonesia menambah jaringan pengisian bahan bakar yang ke-50. Kali ini, jaringan SPBU terbaru BP terletak di Raffles Hills tepatnya di Kecamatan Cimanggis, kota Depok, Jawa Barat. Untuk SPBU ini jadi ketiga yang diresmikan BP di tahun 2024, karena sebelumnya hadir di Minangkabau, Setiabudi, Jakarta Pusat dan Margonda Raya, Depok. Baca juga: BP AKR Semakin Rajin Buka Jaringan SPBU di Luar Jakarta Menu

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
MG

MG VS HEV

Rp 389,00 Juta

Lihat Mobil
Mitsubishi

Mitsubishi L100 EV

Rp 320,00 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 5X 2024

Rp 269,00 - 299,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VinFast e34

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
MG

MG Maxus 9

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
MG

MG ES

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Jimny 5-door 2024

Rp 462,00 - 475,60 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VF5

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda E5

Rp 488,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

BMW 5 Series Sedan
Lihat