window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mobil Listrik BMW i5 2024 Diperkenalkan di Indonesia, Nggak Perlu Pusing Lagi Urusan Ngecas Baterai

Enda · 27 Mar, 2024 11:30

BMW i5 2024

BMW Group Indonesia memperkenalkan BMW i5 2024, mobil listrik ketiganya yang diluncurkan tahun ini setelah iX1 dan iX.

Sebagai generasi kedelapan BMW Seri 5, BMW i5 eDrive40 M Sport membawa komitmen BMW dengan menghadirkan layanan terbaik untuk para pengguna BMW.

BMW i5

BMW i5 eDrive40 M 2024 diperkenalkan di Indonesia

"Secara global 21% BMW yang terjual adalah BMW Seri 5. Dengan kata lain, setiap 1 unit dari 5 BMW terjual ada sebuah BMW Seri 5,” ujar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia, dalam acara buka puasa bersama dengan rekan media, Selasa (26/3).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dikatakan Ramesh, Seri 5 merupakan pemimpin pasar di segmen premium.

"Pada 2023, lebih dari sepuluh juta unit BMW Seri 5 telah diproduksi. Dengan diperkenalkannya BMW i5, BMW Group sekali lagi memperluas rangkaian kendaraan bertenaga full-listrik,” tambahnya.

Baca juga: Mobil Listrik BMW iX1 eDrive20 M Sport dan iX xDrive50 Sport Meluncur di Indonesia

Harga Mobil Listrik BMW i5 2024 Belum Diumumkan

BMW i5

Mobil listrik BMW Seri 5

Seperti yang dikatakan Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O’tania, kehadiran BMW i5 eDrive40 M Sport di Indonesia baru sebatas perkenalan.

"Kita memang sudah plan seperti itu kita mau bangun momentum saat meluncurkan BMW Seri 5. karena BMW Seri 5 memang sangat legendaris dan memiliki historisnya banyak. Harga akan di announce di bulan April, jadi gak lama. Saat ini kita perkenalkan, dan di bulan April kita announce harganya. Saat kita announce harga, mobil kita display di diler juga, jadi di diler bisa lihat unitnya,” ucapnya.

BMW merupakan brand premium pertama yang menghadirkan kendaraan listrik premium di Indonesia yakni sejak 2017.

"Global kita sudah mulai fokus di kendaraan listrik 10 tahun yang lalu. Bahkan saat itu belum banyak brand otomotif yang main kendaraan listrik. Saat ini BMW Group Indonesia memiliki 25 fasilitas diler lengkap yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Seluruh diler BMW sudah merupakan Certified BMW i Dealership yang sudah dilengkapi dengan infrastruktur pendukung untuk kendaraan listrik dan juga teknisi handal berpengalaman untuk menangani kendaraan listrik BMW,” imbuhnya.

Tampilan yang Atraktif, Sporty dan Dinamis

BMW i5

Tampilan depan BMW Seri 5 Electric

Sebagai sedan listrik, i5 tampak begitu atraktif, sporty dan dinamis.

Dilengkapi dengan teknologi BMW eDrive generasi kelima yang ditingkatkan secara ekstensif, pada tampilan depan mobil ini memberikan interpretasi modern dari lampu depan kembar dan BMW kidney grille.

Elemen LED yang disusun hampir vertikal berfungsi sebagai lampu sein dan lampu berkendara siang hari. 

BMW kidney grille kini menonjol jauh ke depan dan BMW Iconic Glow yang dapat menyala seperti di BMW i7, juga dihadirkan sebagai standar di BMW i5.

Beranjak ke sisi samping, mobil ini tampak gagah dan dua garis karakter yang dibuat sangat presisi membentuk bodi kendaraan menjadi atletis.

BMW i5

Tampilan samping

Terdapat side skirt berwarna hitam, door handle yang dipasang rata, dan angka 5 timbul di dasar pilar C yang sangat menarik perhatian.

Pada buritan memiliki lampu belakang datar yang dipisahkan oleh strip krom tegaskan ciri khas lampu BMW L-shape secara ekspresif.

Karakter dinamis BMW i5 lebih tegas lagi karena dihadirkan dalam trim M Sport.

Spoiler M, velg 20 inci M aerodynamic wheels 939 M Bicolour Black Grey serta M Sport brake dalam warna Dark Blue Metallic hadir sebagai standar.

Berikan kombinasi seimbang untuk kedinamisan dan kesan mewah elegan dengan aksen Exterior Line Titanium Bronze.

Baca juga: Daftar Bengkel Spesialis Mobil BMW Terdekat dan Terbaik di Jabodetabek

Interior Inovatif Sekaligus Prestisius

BMW i5

Tampilan interior

Di bagian dalam, i5 menawarkan kenyamanan dan kenikmatan berkendara khas BMW. 

Kabinnya terasa begitu luas, modern dan fungsional, serta penggunaan material berkualitas tinggi, dan layanan digital canggih.

Area kokpit mobil ini memiliki jumlah tombol yang berkurang secara signifikan dibandingkan generasi sebelumnya.

Panel instrumen baru didesain dengan ventilasi udara ramping dan bilah lampu ambiance disertakan sebagai standar di bagian bawahnya.

Pada center cluster terdapat BMW Curved Display dengan ukuran yang sangat luas, 12.3-inci information display dan 14.9-inci control display menghadirkan gaya modern yang dibentuk oleh digitalisasi progresif ke kokpit menggunakan BMW Operating System 8.5.

BMW i5

Jok dengan material Veganza

Karakter premium semakin ditingkatkan lagi dengan panorama glass roof dan HiFi loudspeaker system Harman Kardon.

BMW i5 adalah model pertama yang hadirkan interior yang sepenuhnya vegan sebagai standar, material yang digunakan adalah Veganza yang memiliki sifat seperti kulit dengan perforasi dekoratif.

Material ini digunakan pada permukaan jok, dasbor dan panel pintu, serta setir kemudi untuk pertama kalinya.

Tenaga Besar, Bisa Menempuh Jarak di Atas 500 Kilometer

BMW i5

Kompartemen di balik bonnet

BMW i5 diproduksi di pabrik BMW Group Plant Dingolfing di Bavaria Selatan.

Kendaraan pertama yang diproduksi di pabrik ini adalah generasi pertama BMW Seri 5 Sedan.

Untuk motor listrik dan baterai yang digunakan pada i5 langsung diproduksi di sana.

BMW i5 eDrive40 dibekali motor listrik tunggal yang dapat menghasilkan tenaga 340 Hp dan torsi maksimum hingga 430 Nm dengan fungsi Sport Boost atau Launch Control, yang selanjutnya ditranslasi ke roda belakang.

Untuk catatan akeselerasi yang diperoleh dari 0 hingga 100 km/jam hanya membutuhkan 6 detik.

Motor listrik yang digunakan mendapat asupan daya dari baterai bertegangan tinggi yang diletakan di bagian bawah dengan memiliki kapasitas 81,2 kWh.

Berdasarkan pengetesan yang dilakukan WLTP, dalam kondisi baterai terisi penuh dapat berjalan sejauh 582 kilometer.

Jarak tempuh yang diperoleh setara dengan perjanalan Jakarta - Nganjuk, Jawa Timur.

Atau jika digunakan tiap hari dengan jarak tempuh per harinya pergi pulang sekitar 50 km, maka mobil ini hanya butuh di cas setiap 11-12 hari sekali, alias dua pekan sekali.

Jadi kalau jarak tempuh aktifitasnya lebih pendek dari itu, mungkin mobil ini hanya butuh di cas baterainya tiap sebulan sekali.

Selain itu mobil ini memiliki fitur MAX RANGE yang mana jangkauan dapat ditingkatkan hingga 25 persen jika diperlukan dengan membatasi daya dan kecepatan serta menonaktifkan fungsi kenyamanan.

BMW i5

Pengecasan CCU

BMW i5 memiliki pengisian gabungan (CCU), yang memungkinkan pengisian daya AC dengan output hingga 22 kW sebagai standar.

Baterai bertegangan tinggi tersebut dapat diisi dengan arus searah dengan daya hingga 205 kW.

Pengisian baterai-nya dapat ditingkatkan dari 10 menjadi 80 persen dalam waktu sekitar 30 menit.

Baca juga: 10 Hal Unik di Mobil Listrik BMW iX 2023, Kap Mesinnya Gak Boleh Dibuka!

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2020 BMW 5 Series Sedan 520i M Sport Edition 75

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil