window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Kenali Tanda Oli Mesin Motor Harus Diganti, Tarikan Berat dan Panas!

Harry · 28 Sep, 2023 13:30

Kenali Tanda Oli Mesin Motor Harus Diganti, Tarikan Berat dan Panas! 01

Penggantian oli mesin motor jadi perawatan paling mudah.
  • Ganti oli mesin tak harus saat servis.
  • Oli sudah jelek bisa sebabkan mesin lebih panas.
  • Tarikan berat terjadi karena kinerja oli sudah tak sempurna.

Dari sekian banyak perawatan yang harus dilakukan pemilik sepeda motor, mengganti oli mesin motor adalah hal yang paling mudah dilakukan.

Mengganti oli mesin tak selalu saat melakukan servis, karena kondisi jalan yang semakin padat dan cuaca panas juga mempersingkat masa pakai oli.

Biar gak kelupaan, biasanya penggantian oli dipantau lewat odometer atau oil trip yang terpadat pada panel meter.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Tapi ada juga tanda-tanda yang mengartikan jika oli mesin motor kalian sudah waktunya diganti dengan yang baru.

Baca juga : Anti Jual Oli Palsu, Ini Bengkel Rekanan Terbaik Versi Federal Oil

Pertama tentu saja jika jarak tempuh sudah lebih dari 3.000 km, yang artinya sudah dua bulan pemakaian tanpa mengganti oli. Tentu jika lebih cepat juga lebih bagus, misal sebulan sekali.

Suara mesin terdengar lebih kasar dari biasanya, karena penurunan kualitas oli mesin, yang juga diikuti dengan warna oli yang berubah menjadi hitam pekat.

Kenali Tanda Oli Mesin Motor Harus Diganti, Tarikan Berat dan Panas! 01

Ganti oli mesin tak butuh waktu lama.

Tarikan motor pun jadi terasa tak halus dan lebih berat dari biasanya juga jadi penanda oli mesin motor sudah waktunya diganti.

Level oli yang menyusut juga jadi penanda, kalau volume oli mesin kurang dari ytang seharusnya, tentu pelumasan jadi tak maksimal, yang berakibat suhu mesin ikut melonjak lebih tinggi.

Dan tentunya harus memilih oli mesin yang berkualitas, serta mampu menjaga suhu mesin lebih stabil seperti Federal Oil dengan tagline Spesialis Dingin.

Oli Mesin Asli Indonesia

Kenali Tanda Oli Mesin Motor Harus Diganti, Tarikan Berat dan Panas! 02

Produk Federal Oil.

Federal Oil yang merupakan lini merek PT Exxon Mobil Lubricants Indonesia (EMLI) ini memiliki banyak produk untuk beragam kebutuhan motor di Tanah Air.

Tak ayal merek ini pun mendapatkan penghargaan Indonesia Original Brand Award 2023, yang diberikan beberapa waktu lalu di Jakarta.

Merek pelumas tersebut mendapatkan penghargaan ini tiga tahun berturut-turut, serta menjadi kado spesial yang pada Agustus lalu berusia 35 tahun.

Baca juga : Federal Racing Matic, Pilihan Baru Oli Mesin Honda Vario 160, Yamaha NMax sampai XMax

Kenali Tanda Oli Mesin Motor Harus Diganti, Tarikan Berat dan Panas! 03

Federal Oil dapat penghargaan tiga kali beruntun.

"Tentunya ini menjadi kebangaan kami yang tak terlepas dari dukungan distributor, mekanik, pemilik bengkel juga konsumen setia," kata Sri Adinegara selaku Market Development Director EMLI.

Federal Oil juga telah memiliki banyak bengkel rekanan Federal Oil Center, yang menyediakan beragam jenis oli serta yang paling penting, produk yang dijual asli.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });