Apakah Keunggulan Honda Brio RS Urbanite Edition Bikin Pede Hadapi Daihatsu Sirion?

Belum lama ini Honda Indonesia telah mengumumkan banderol harga dari Honda Brio RS Urbanite Edition secara resmi. Varian ini merupakan varian baru dari Honda Brio yang memiliki tampilan paling spoty di antara varian lainnya. Honda Brio RS Urbanite Edition sendiri dipasarkan dengan harga Rp185,5 jutaan untuk varian transmisi manualnya, dan Rp200,2 jutaan untuk varian transmisi CVT-nya.

Harga yang ditawarkan oleh pihak Honda tersebut memang lebih mahal sekitar Rp7 jutaan dibandingkan dengan varian Honda Brio standar. Hal ini tidak mengherankan, mengingat Honda Brio RS Urbanite Edition ini mendapatkan tambahan aero kit yang lebih sporty.

Pihak Honda mengklaim bahwa Honda Brio RS Urbanite Edition ini merupakan varian yang dihadirkan untuk menyasar kalangan konsumen muda yang menginginkan city car dengan tampilan yang berbeda dan lebih sporty. Pada mobil Honda Brio RS edisi khusus ini, diketahui ada beberapa aksesori baru yang disematkan.

Mengisi segmen City Car, Honda Brio RS Urbanite Edition ini harus bersaing dengan beberapa model lainnya. Salah satu pesaing dalam segmen ini adalah Daihatsu Sirion. Di antara kedua mobil pabrikan Jepang ini, mana yang lebih unggul di kelasnya?

Eksterior dan Interior Honda Brio RS Urbanite Edition VS Daihatsu Sirion

Keterangan

Dimensi Honda Brio RS Urbanite Edition

Dimensi Daihatsu Sirion

Panjang

3.800 mm

3.895 mm

Lebar

1.680 mm

1.735 mm

Tinggi

1.485 mm

1.525 mm

Wheelbase

2.405 mm

2.500 mm

Ground Clearance

165 mm

150 mm

Pertama-tama, mari kita lihat dimensi dari Honda Brio RS Urbanite Edition. Mobil yang satu ini memiliki panjang bodi 3.800 mm, lebar bodi 1.680 mm, tinggi 1.485 mm, serta jarak sumbu roda 2.405 mm dan ground clearance 165 mm.

Sementara itu, pesaingnya, yakni Daihatsu Sirion memiliki panjang bodi 3.895 mm, lebar bodi 1.735 mm, tinggi bodi 1.525 mm, jarak sumbu roda 2.500 mm, dan ground clearance 150 mm. Secara keseluruhan, Daihatsu Sirion memang memiliki dimensi yang lebih besar jika dibandingkan dengan Honda Brio RS Urbanite Edition. Dimensi Daihatsu Sirion yang lebih besar ini memungkinkan mobil ini untuk menawarkan ruang kabin yang lebih besar dan leluasa.

Tetapi jika kita lihat ground clearance dari kedua model mobil ini, Honda Brio RS Urbanite Edition memang lebih unggul karena memiliki ground clearance yang lebih tinggi. Hal ini memungkinkan Honda Brio RS Urbanite Edition menjadi lebih andal untuk digunakan berkendara melewati jalan bergelombang.

Lalu untuk desainnya sendiri, baik Honda Brio RS Urbanite Edition maupun Daihatsu Sirion memiliki desain yang tampak modern. Honda Brio RS Urbanite Edition sendiri menggunakan bahasa desain yang lebih menekankan kesan sporty, bahkan jika dibandingkan dengan varian Honda Brio RS lainnya. Kesan sporty ini didapatkan berkat adanya body kit tambahan yang disematkan pada edisi khusus Honda Brio RS tersebut. Tambahan body kit ini terdapat pada bagian front under spoiler dan side under spoiler.

Kemudian untuk Daihatsu Sirion sendiri, desain eksterior mobil ini memiliki desain yang sama persis dengan model Perodua Myvi yang dipasarkan di Malaysia. Hal ini bukanlah hal yang mengherankan, mengingat Daihatsu Sirion ini merupakan hasil kreasi para insinyur yang ada di Perodua.

Selain memiliki kemiripan dengan Perodua Myvi, Daihatsu Sirion ini juga memiliki desain yang mirip dengan Daihatsu Boon yang dipasarkan di negara asalnya, Jepang. Mobil ini mengusung desain eksterior yang tidak hanya modern, tetapi juga sporty dengan adanya garis-garis menyudut yang tajam. Bahasa desain baru ini menggantikan desain lamanya yang lebih terkesan membulat.

Beralih ke bagian interiornya, Honda Brio RS Urbanite Edition memang memiliki interior yang masih identik dengan varian Honda Brio RS standar. Tidak ada perubahan signifikan yang dapat kita lihat dari bagian interior Honda Brio RS Urbanite Edition ini.

Mobil ini memiliki dashboard yang menggunakan bahasa desain yang dinamis dan sporty. Pada bagian dashboard-nya ini juga masih terlihat penyematan aksen oranye yang menekankan kesan sporty pada Honda Brio RS Urbanite Edition.

Kursi-kursi yang disematkan Honda untuk Honda Brio RS Urbanite Edition ini juga memiliki desain yang ergonomis demi memaksimalkan kenyamanan para penumpangnya. Bukan itu saja, setir yang dimiliki Honda Brio RS Urbanite Edition ini juga didesain sedemikian rupa agar nyaman digenggam oleh para pengemudinya.

Kemudian untuk bagian interior Daihatsu Sirion sendiri, generasi terbarunya memiliki beberapa perubahan yang signifikan. Ruang kabinnya leluasa dan menggunakan bahasa desain yang terlihat modern. Interiornya ini juga mengedepankan kenyamanan para penympangnya dengan menghadirkan beragam fitur hiburan dan kenyamanan yang fungsional.

Bukan hanya itu, bagian interior Daihatsu Sirion ini juga menggunakan material yang berkualitas sehingga bisa menawarkan kenyamanan yang lebih bagi para penumpangnya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dimensinya yang cukup besar juga memungkinkan mobil ini menawarkan head room dan leg room yang lebih luas.

Fitur Honda Brio RS Urbanite Edition VS Daihatsu Sirion

Sekarang saatnya kita membahas tentang fitur dari Honda Brio RS Urbanite Edition dan Daihatsu Sirion. Pada Honda Brio RS Urbanite Edition, pihak Honda telah menyematkan Multi Information Display yang bisa menampilkan berbagai informasi penting tentang mobil kepada pengemudi.

Kemudian, untuk fitur hiburannya sendiri, Honda Brio RS Urbanite Edition ini dilengkapi dengan head unit 6,2 inci beserta audio steering switch dan tweeter speaker. Sama seperti varian Honda Brio RS standar, head unitnya ini bisa digunakan untuk memutar CD maupun DVD, AM/FM Radio, serta dilengkapi dengan fitur konektivitas seperti USB Port, Bluetooth, dan iPod/iPhone Connectivity.

Lalu, sebagai fitur keselamatan aktifnya sendiri, Honda Brio RS Urbanite Edition ini dilengkapi dengan sistem pengereman Anti lock Braking System dan Electronic Brake Distribution. Selain itu, ada pula beberapa fitur keamanan tambahan seperti sensor parkir, sistem alarm, dan engine immobilizer.

Sementara itu, untuk fitur keselamatan pasifnya, pihak Honda juga telah menyematkan Airbags dan 3 point seatbelts pada barisan depan di mobil Honda Brio RS Urbanite Edition. Dan tentu saja, untuk keselamatan penumpang anak-anak, mobil ini juga dibekali dengan Child Safety Locks dan pengaturan kursi ISOFIX.

Kini kita beralih pada fitur yang dimiliki Daihatsu Sirion. Sebagai fitur hiburannya, Daihatsu Sirion ini telah dilengkapi dengan head unit layar sentuh 2 DIN yang memiliki fungsi AM/FM radio, CD Player, serta dilengkapi dengan sistem navigasi. Head unitnya ini juga memiliki beberapa fitur konektivitas standar seperti AUX-IN dan USB Port.

Fitur keselamatan dari Daihatsu Sirion ini juga bisa dibilang cukup baik. Mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur pengereman Anti lock Braking System dan Electronic Brake Distribution. Untuk memudahkan proses parkir, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan sensor parkir dan rearview camera.

Bukan itu saja, Daihatsu Sirion juga dibekali dengan fitur Vehicle Stability Control System yang bisa menjaga kestabilan mobil ketika dikendarai. Sebagai fitur keselamatan pasifnya, mobil yang satu ini juga dilengkapi dengan front and side airbags, serta pengaturan kursi ISOFIX. Dan untuk fitur keamanannya, mobil ini mengandalkan engine immobilizer.

Mesin Honda Brio RS Urbanite Edition VS Daihatsu Sirion

Sekarang kita akan masuk ke pembahasan soal mesin Honda Brio Rs Urbanite Edition dan Daihatsu Sirion. Pertama-tama, mari kita lihat spesifikasi dari mesin yang digendong oleh mobil Honda Brio RS Urbanite Edition berikut ini.

  • Mesin : 1.2 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW
  • Kapasitas : 1,2 Liter (1.199 cc)
  • Transmisi : Manual 5 Percepatan / Otomatis CVT
  • Tenaga : 90 PS / 6.000 rpm
  • Torsi : 110 Nm / 4.800 rpm
  • Sistem Penggerak : Front Wheel Drive
  • Kapasitas Tangki : 35 Liter
  • Bahan Bakar : Bensin

Sementara itu, berikut ini adalah spesifikasi mesin dari Daihatsu Sirion.

  • Mesin : 1NR-VE, DOHC Dual VVT-i
  • Kapasitas : 1,3 Liter (1.329 cc)
  • Transmisi : Manual 5 Percepatan / Otomatis 4 Percepatan
  • Tenaga : 95 PS / 6.000 rpm
  • Torsi : 119 Nm / 4.200 rpm
  • Sistem Penggerak : Front Wheel Drive
  • Kapasitas Tangki : 36 Liter
  • Bahan Bakar : Bensin

Berdasarkan spesifikasi mesin di atas, Honda Brio RS Urbanite Edition mengandalkan mesin bensin dengan kapasitas 1,2 liter, sementara Daihatsu Sirion menggunakan mesin bensin dengan kapasitas 1,3 liter. Hal ini memungkinkan Daihatsu Sirion untuk menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih besar dibandingkan dengan Honda Brio RS Urbanite Edition, meskipun perbedaannya memang tidak signifikan.

Di atas kertas, mesin Honda Brio RS Urbanite Edition bisa menghasilkan tenaga dan torsi masing-masing sebesar 90 PS dan 110 Nm. Sementara itu, mesin Daihatsu Sirion bisa menghasilkan tenaga dan torsi sebesar 95 PS dan 119 Nm.

Kesimpulan

Setelah membandingkan Honda Brio RS Urbanite Edition dan Daihatsu Sirion secara keseluruhan, kedua mobil ini memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Daihatsu Sirion memang unggul dalam hal ruang kabin dan performa mesin, tetapi Honda Brio RS Urbanite Edition juga unggul dalam hal desain dan fitur.

Saat ini, di Indonesia sendiri Honda Brio RS Urbanite Edition dipasarkan dengan kisaran harga Rp185,8 jutaan hingga Rp200,2 jutaan. Sementara itu, Daihatsu Sirion dipasarkan dengan kisaran harga yang lebih mahal, yakni mulai dari Rp201,75 jutaan hingga Rp216,5 jutaan. Jika kita bicara value for money, tentu Honda Brio RS Urbanite Edition ini lebih unggul dibandingkan dengan Daihatsu Sirion.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia....

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Brio

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 152,00 Juta
Rp 3,10 Juta/bln

15.855 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

16.096 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

5 Hal Menarik di Daihatsu Ayla X ADS Buat Lawan Honda Brio

Jadi Mending Agya Baru, Brio Satya, atau Cukup Ayla? | Komparasi Mobil di Bawah Rp 200 juta!

2021 Honda Brio RS Urbanite yang Lebih Sporty Dengan

All New Honda Brio Pada Sisi Desain yang Semakin Dinamis dan Sporty

Memperkenalkan Daihatsu Sirion True Perfection Baru

Pameran Daihatsu Sirion yang Serba Baru

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Daihatsu Sirion
    Rp 201,75 Juta
    VS
    Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    Sirion vs Brio
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Toyota Agya
    Rp 175,40 Juta
    Brio vs Agya
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Suzuki Baleno
    Rp 235,00 Juta
    Brio vs Baleno
  • Honda Brio
    Rp 156,90 Juta
    VS
    Wuling Air EV
    Rp 238,00 Juta
    Brio vs Air EV
  • Daihatsu Sirion
    Rp 201,75 Juta
    VS
    Toyota Agya
    Rp 175,40 Juta
    Sirion vs Agya
Honda Brio
Lihat