Adu SUV 5-seater Rp500 jutaan yang Manggung di IIMS 2022, Honda HR-V Ungguli Mazda CX-5 dan MG HS Edisi Khusus?

Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 dimanfaatkan dengan baik oleh deretan merek otomotif kenamaan untuk unjuk diri. Deretan model terkini diperkenalkan dan dipamerkan pada khalayak. Pada penyelenggaraan IIMS tahun ini, setidaknya ada tiga SUV 5-seater terbaru yang naik pentas, yakni Honda HR-V 1.5 RS Turbo, MG HS Dark Midnight Edition, dan Mazda CX-5.

Ketiganya ditawarkan dengan harga baru di atas Rp500 juta, termasuk Honda HR-V 1.5 RS Turbo yang naik karena dampak perubahan regulasi PPN menjadi 11 persen. All New Honda HR-V 1.5L Turbo RS awalnya Rp 499,9 Juta naik menjadi Rp 503,9 juta. Sementara itu untuk dua model lainnya yaitu MG HS Dark Midnight Edition dan Mazda CX-5 sudah ditawarkan dengan harga baru.

Patut dicermati pertarungan SUV compact to medium ini. Karena secara kelengkapannya HR-V yang lebih murah bisa unggul dari MG HS Dark Midnight Edition dan Mazda CX-5.

Tidak percaya? Berikut ini ulasannya.

MG HS Dark Midnight Edition, Apa Menariknya di Harga Rp500 Jutaan?

Edisi terbatas dari MG HS ini dijual dengan harga lebih mahal Rp25 juta dari MG HS tipe reguler, dan hanya tersedia sebanyak 100 unit di seluruh Indonesia. MG HS Dark Midnight Edition memiliki harga Rp 514,8 juta OTR Jakarta.

Secara fisik, SUV ini bisa kita kenali dengan mudah karena MG HS Dark Midnight Edition hadir dengan warna serba hitam. Hal menarik lainnya yaitu MG HS Dark Midnight Edition juga dilengkapi body kit khusus yang tidak ditemukan pada MG HS Smart Magnify. Selebihnya, fitur dan kelengkapan sama seperti MG HS i-Smart Magnify yang menjadi basisnya.

Dark Midnight Edition dibenamkan mesin berkapasitas 1.490 cc, 4 silinder, DOHC, 16 valve Turbo TGI di mana dipadukan dengan Twin Clutch Sportronic Transmission (TST) 7-percepatan. Mesin tersebut dapat memproduksi tenaga sebesar 162 ps pada putaran mesin 5.600 rpm dengan torsi puncak 250 Nm di putaran 1.700 – 4.400 rpm.

Pada bagian fascia, bumper depan disematkan spoiler lip, serta garis oktagonal yang membungkus grill, dengan fokus logo MG hitam di tengah grill.

Pada sisi samping, terdapat side skirt yang membuat tampilan semakin sporty. Panel body kit ini membuat sisi bawah terjaga dari kemungkinan benturan ataupun kerikil. MG HS Dark Midnight Edition memakai velg rim ukuran 18 yang juga berwarna hitam, yang memberi kesan tegas dan misterius. 

Fitur Canggih di MG HS Dark Midnight Edition

Bicara soal fitur, MG HS Dark Midnight Edition juga memiliki fitur i-Smart, sebuah teknologi cerdas yang meliputi Smart Drive, Smart Check, Smart Command dan Smart Connect untuk membuat penggunanya selalu terhubung dengan mobilnya. 

MG HS Magnify i-Smart pun dilengkapi MG i-SMART, sebuah teknologi cerdas yang meliputi Smart Drive, Smart Check, Smart Command, dan Smart Connect. Teknologi tersebut memungkinkan pengguna selalu terhubung dengan mobilnya itu setiap saat. Terdapat teknologi MG Pilot sebagai kesatuan Advanced Driver Assistance System (ADAS), yakni teknologi berkendara mobil otonom yang membuat pengemudi ekstra percaya diri atas keamanan mobil tersebut.

Berikut ini adalah rincian dari teknologi i-Smart yang cerdas dalam menerima perintah pengguna (i-Smart Intelligent Command):

1. Smart Check
- Remote Vehicle Control
- Security Alarm
- Remote Vehicle Diagnosis
- Geo Fence
- MG Touch Point
- Travel Plan

2. Smart Command
- Voice Command
- Smart Call
- i-Call (sambungan telepon langsung ke MG Call Center yang beroperasi 24 jam)
- POI (Point of Interest)

3. Smart Connect
- AVN Water
- Online Music
- Food and Travel Guide
- Smart Navigation
- EasyCon

4. Smart Drive
A. Lane Assist System (LAS)
- Lane Departure Warning
- Lane Departure Prevention
- Lane Keep Assist

B. Front Drive Assist
- Adaptive Cruise Control
- Traffic Jam Assist
- Forward Collision Warning
- Intelligent High-beam Control

C. Rear Drive Assist
- Lane Change Assist
- Rear Cross Traffic Alert
- Blind Spot Detection

New Mazda CX-5, SUV dengan Status 'Mewah'

Brand Mazda kini telah berinovasi menjadi sebuah merek Jepang kelas atas. Menjunjung tinggi filosofi Jinba Ittai New Mazda CX-5 dilengkapi dengan Skyactiv-Vehicle Architecture. Filosofi ini menciptakan sebuah kendaraan yang bisa menyatukan manusia dengan mobil. 

Mazda memakai pendekatan unik terhadap teknologi struktur kendaraan baik dari body, suspensi, hingga kursi, memberikan pengalaman berkendara yang lebih natural dan nyaman. Adapun untuk harganya, Mazda CX-5 Elite dijual Rp 597.700.000. Sedangkan untuk model Kuro Design ditawarkan dengan harga Rp 607.700.000

Terdapat banyak peningkatan fitur fungsionalitas di New Mazda CX-5, seperti wireless charging (Qi). Terdapat drive mode selection indicator yang membantu pengemudi lebih mudah mengidentifikasi mode seleksi berkendara. 

Untuk ruang bagasi cukup inovatif dimana papan bagian depan dan belakang dapat diatur secara fleksibel untuk mengakomodir kapasitas yang dibutuhkan dan juga dapat dibalik untuk material tahan air. Fitur hands-free power liftgate memungkinkan buka-tutup pintu bagasi secara otomatis melalui sensor di bagian tengah bawah bumper belakang. 

Bicara soal performa, Mazda CX-5 menggunakan mesin Skyactiv berbahan bakar bensin dengan  kapasitas 2.5L yang memiliki tenaga sebesar 190ps dan torsi 252 Nm. Selain itu mesin ini dilengkapi dengan teknologi cylinder deactivation yang dirancang untuk meningkatkan penghematan bahan bakar dengan menonaktifkan 2 dari 4 silinder saat mengemudi. 

Fungsi ini secara otomatis menentukan mana yang lebih baik untuk  pengemudian; 4 silinder atau 2 silinder,  terlepas dari operasi pengemudi, dan melakukan perpindahan secara otomatis. Silinder satu dan empat dinonaktifkan dalam situasi berkendara ringan, seperti saat melaju dengan kecepatan konstan.

Fitur Keselamatan Canggih di Mazda CX-5, Walau Tak Selengkap MG HS dan Honda HR-V 1.5 RS Turbo

Bicara fitur keselamatan, Mazda CX-5 memiliki teknologi i-ACTIVSENSE yang mencakup serangkaian fitur keselamatan canggih. The New CX-5 sudah  dilengkapi dengan serangkaian fitur safety lengkap seperti Mazda Radar Cruise Control (MRCC) yang membantu pengemudi menjaga jarak aman dengan kendaraan di depannya ketika diaktifkan, Lane Departure Warning System, Lane Keep Assist, dan juga Cruising and Traffic Support, keselamatan pengemudi Mazda menjadi semakin terjamin.

Tidak cuma itu, Mazda CX-5 facelift juga didukung beragam fitur keselamatan standar yang cukup komprehensif antara lain:

Cruising & Traffic Support (CTS)

Front parking sensor

Mazda connect

Smart City Brake Support (Reverse).

Honda HR-V 1.5 RS Turbo, Termurah Tapi Terlengkap

Honda HR-V generasi kedua mungkin dianggap sebagai anak bawang karena memang masuk kategori crossover. Namun secara harga dan fitur, jagoan Honda ini tak kalah dengan dua model di atas. All New Honda HR-V 1.5L Turbo RS layak disandingkan karena harga barunya kini naik menjadi Rp 503,9 juta.

All New Honda HR-V 1.5L RS Turbo hadir dengan tampilan yang semakin sporty dengan Aero Kit RS yang stylish dan aksen garis merah pada bumper bawah, berikut dan Dual Exhaust Pipe Finisher.

Dari segi performa, All New Honda HR-V 1.5L RS Turbo mengusung mesin baru 1.5L VTEC Turbo yang menghasilkan tenaga 177 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 240 Nm pada 1.700-4.500 rpm. Untuk semakin menambah sensasi berkendara, terdapat 3 pilihan berkendara yaitu Sport, Normal dan Econ. 

Fitur Kenyamanan dan Keselamatan Jempolan di Honda HR-V 1.5 RS Turbo

All New Honda HR-V 1.5L RS Turbo juga dilengkapi dengan 4 Speakers & 2 Tweeters, 6 Airbags dan Hands-Free Power Tailgate + Walk-Away Close serta 7” Interactive TFT Meter Cluster.

All New Honda HR-V juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti Remote Engine Start, Walk-Away Auto Lock, Smart Entry System dan Auto Foldable Door Mirror dengan LED Turning Signal.

Sebagai tipe teratas, All New Honda HR-V telah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan terbaik, seperti Honda LaneWatchTM, 4 Airbags, struktur rangka G-CON + ACETM dengan Side Impact Beam, teknologi pengereman ABS + EBD + BA, Hill Start Assist, Hill Descent Control, Vehicle Stability Assist, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, dan Emergency Stop Signal, serta Seatbelt Reminder untuk setiap baris kursi.

Kali ini Honda HR-V boleh berbangga karena memperoleh teknologi Honda Sensing di semua tipe. Teknologi Honda SENSINGTM pada All New Honda HR-V meliputi; Collision Mitigation Braking SystemTM (CMBSTM), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low SpeedFollow, Auto-High Beam, dan Lead Car Departure Notification System (LCDN).

Kesimpulan

Dengan harga termurah, Honda HR-V 1.5 RS Turbo memberi fitur yang cukup lengkap dan setara bila dibandingkan dengan MG HS Dark Midnight Edition atau Mazda CX-5 Elite yang selisih harganya jauh lebih mahal.

Bahkan secara performa mesin, sokongan turbo di HR-V 1.5 RS Turbo bisa membuatnya jumawa, karena bisa melampaui MG HS yang harganya lebih mahal. Namun, Mazda CX-5 tetap punya output terbaik karena mesin berkapasitas bersar yang diusungnya. 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda HR-V

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2016 Toyota FORTUNER VRZ 2.4

Rp 381,00 Juta
Rp 7,76 Juta/bln

94.919 km

7 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2019 Mazda CX-5 ELITE 2.5

Rp 442,00 Juta
Rp 9,01 Juta/bln

45.271 km

4 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Honda CR-V TURBO PRESTIGE 1.5

Rp 406,00 Juta
Rp 8,27 Juta/bln

84.641 km

5,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2017 Honda CR-V TURBO 1.5

Rp 358,00 Juta
Rp 7,29 Juta/bln

64.558 km

6 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Honda CR-V TURBO PRESTIGE 1.5

Rp 401,00 Juta
Rp 8,17 Juta/bln

76.014 km

4,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Mesin Serupa, Ternyata Hasil Tes BR-V dan HR-V Banyak Perbedaan!

Gaspol Honda HR-V RS di Sirkuit Mandalika!

Adu Fitur Honda HR-V SE dan Hyundai CRETA Prime

2021 Honda HR-V Refresh: ONE of the world's best-selling small SUVs

ALL NEW Honda HR V 2020 Restyle

Fitur Premium pada New Mazda CX-5

Urban Mover 2.0: Penentuan pemenang! Uji Handling Mazda CX-5 terbaik dikelasnya! - CXperience Eps 4

New 2021 Mazda CX-5 facelift: Everything You Need To Know

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Honda HR-V
Lihat