window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ratusan Bimmer Padati BMW Joyfest 2024 di Sirkuit Sentul

Prasetyo · 19 Mei, 2024 10:01

bmw joyfest 2024

Gelaran BMW Joyfest 2024 yang berlangsung di Sentul International Circuit, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (18/05/2024) sukses dipadati ratusan peserta dari para pengguna dan pecinta BMW.

Acara inisiasi dari BMW Astra tersebut sanggup mengumpulkan setidaknya 205 peserta yang sebagian besar juga membawa pasangan atau keluarganya.

"Ini cukup diluar ekspektasi kita, karena awalnya kita targetkan 180 peserta saja, tapi ternyata peserta yang daftar masuk terus masuk terus," ucap Teguh Widodo, Operation Manager BMW Astra disela acara BMW Joyfest 2024 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (18/05/2024).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ia menyebutkan, peserta BMW Astra Joyfest tahun ini alami peningkatan cukup pesat dibanding tahun lalu yang tercatat 170 peserta.

bmw joyfest 2024

Tercatat ada 205 peserta

Namun dirinya meminta maaf jika ternyata ada pecinta BMW lainnya yang ingin ikut tapi sudah tak bisa mendaftar.

"Acara ini kan gratis dan terbuka buat siapa saja, jadi antusiasnya memang luar biasa sekali. Tapi sekali lagi kita tidak mau kompromi dengan masalah safety, karena peserta kan awalnya harus Morning Run dari Plaza Senayan ke Sentul. Jadi kita tutup di 205 peserta dengan alasan safety supaya rombongannya juga tidak terlalu banyak," sebut Teguh.

Sebagai informasi, sebelum tiba di Sirkuit Sentul, sebagian besar peserta dari Jakarta dan sekitarnya berkumpul terlebih dulu Minggu pagi di kawasan Plaza Senayan untuk kemudian melakukan Morning Run bersama-sama menuju Sirkuit Sentul.

Kemudian saat tiba di lokasi acara, para peserta ini juga tak langsung menggeber kendaraannya di lintasan balap.

Namun para peserta terlebih dulu mendapatkan pemahaman dan pembekalan terlebih dulu mengenai safety driving.

Baca juga: Joyfest: BMW Astra Driving Experience 2024 Ajak Bimmer Pacu Mobilnya di Sirkuit

Peserta BMW Joyfest 2024 Incar Area Joykhana

bmw joyfest 2024

Peserta melatik keterampilan berkendaranya di area Joykhana

Selain jumlah peserta yang jauh lebih banyak, Teguh juga menyebutkan kalau ada hal yang berebda antara BMW Joyfest 2024 ini dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun ini kita punya Joykhana, dan ternyata sebagian besar peserta mau ikut Joykhana. Tapi kan pesertanya harus kita batasi juga mengingat waktunya juga terbatas cuma satu hari," sebut dia.

bmw joyfest 2024

Peserta boleh pakai mobil pribadinya

Joykhana memanfaatkan trek sepanjang 2.000 meter dengan lintasan yang cukup sempit dan berliku untuk membuktikan kelincahan mobil-mobil BMW, serta melatih peserta bagaimana teknik cekatan dalam berkendara.

Pihak BMW Astra menyediakan beberapa unit untuk digunakan oleh peserta, namun kalau ada yang mau menjajal trek ini dengan kendaraan pribadinya juga dipersilahkan.

Baca juga: Mobil Listrik BMW iX1 eDrive20 M Sport dan iX xDrive50 Sport Meluncur di Indonesia

Serunya Geber Mobil BMW di Sirkuit Sentul

bmw joyfest 2024

Mobil balap dari BMW Team Astra juga diterjunkan ke trek

Selain Joykhana, kegiatan utama berupa Circuit Driving Experience juga masih menjadi magnet dari kegiatan tahunan tersebut.

Sebab pada kesempatan ini peserta dipersilahkan untuk memacu secara maksimal kemampuan kendaraannya melintasi beberapa lap di Sirkuit Sentul, tentunya dengan arahan instruktur yang berpengalaman.

Circuit Driving Experience, dimana kegiatan ini mempersilahkan para peserta menjajal kendaraannya melintasi beberapa lap di Sirkuit Sentul, tentunya dengan arahan instruktur yang berpengalaman.

bmw joyfest 2024

Peserta diberi kesempatan untuk memacu kendaraannya di sirkuit

Kemudian kegiatan lain yang juga dapat antusias cukup tinggi adalah Racecar Taxi Experience, yaitu peserta diperkenankan untuk duduk di bangku penumpang depan tiga unit mobil balap BMW dari BMW Team Astra.

Peserta diajak mengitari beberapa lap Sirkuit Sentul, tentunya dengan dikemudikan oleh pembalap dari BMW Team Astra serta instruksi dari Gerry Nasution selaku BMW Certified Driver Trainer.

"Menarik banget sih, mungkin ini kesempatan pertama selama hidup saya. Ada deg-deg-an juga karena kencang sekali mobilnya," ucap Evi, peserta dari Jakarta Barat.

bmw joyfest 2024

Peserta Racecar Taxi Experience di BMW Joyfest 2024

Sementara itu Alex, peserta lain yang datang dari Jakarta Selatan menuturkan, selain bisa merasakan sensasi jadi pembalap sungguhan, ia juga mendapat pengetahuan baru tentang safety driving.

"Karena sebelum mulai acara tadi Pak Gerry kan kasih instruksi tentang safety driving yang jelas banget. Salah satunya soal bagaimana mengatur setir, mengatur jok. Mungkin selama ini kita cuma langsung duduk trus jalan. Ini pengetahuan yang mungkin tidak semua orang bisa dapat," ucap Alex.

Baca juga: BMW Luncurkan Dua Mobil Listrik Fenomenal di GIIAS 2022, Ini Hebatnya iX dan i4

Disediakan Juga Unit Test Drive Mobil Baru BMW 

Experience

Area Scenic Drive

Buat pemakai BMW X Series atau mereka yang suka trek off road dan adventure, Joyfest: BMW Astra Driving Experience 2024 juga menyediakan program X-Road Driving Experience dan X-Road Test Drive.

Disini sudah disiapkan trek khusus berjenis light off road, masih di kawasan SIrkuit Sentul, untuk membuktikan kemampuan sejumlah model SAV BMW seperti BMW X3 dan X5.

Kalau penasaran dengan mobil-mobil listrik BMW, ada juga program bernama Scenic Drive yang menyediakan unit BMW iX untuk dipakai berkeliling lokasi acara sembari menikmati teknologi dan keheningan kendaraan tersebut.

Kalau mau sekedar menguji beberapa mobil terbaru BMW, juga ada sejumlah unit test drive yang disediakan oleh panitia.

Baca juga: 10 Hal Unik di Mobil Listrik BMW iX 2023, Kap Mesinnya Gak Boleh Dibuka!

BMW Astra Tetap Pilih Sirkuit Sentul

Scenic Drive

Sesi test drive juga dihadirkan rintangan-rintangan

Sudah diselenggarakan sejak lima tahun yang lalu, BMW Joyfest 2024 rupanya masih tetap dilaksanakan di Sirkuit Sentul.

Ternyata ada alasan tersendiri mengapa pihak BMW Astra masih tetap setia dengan sirkuit tersebut.

“Ada beberapa alasan sebenarnya, pertama ini adalah sirkuit bertaraf internasional pertama di Indonesia, dan kita sebagai anak bangsa harus apresiasi hal itu,” ucap Teguh.

Kemudian soal kapabilitas dari kawasan Sirkuit Sentul yang selama ini terbukti mampu menampung berbagai tema kegiatan yang dilakukan pada BMW Joyfest.

bmw joyfest 2024

Lokasinya masih tetap setia di Sirkuit Sentul

"Karena cuma disini yang bisa mengakomodir semua kegiatan BMW Joyfest. Kita kan bukan cuma pakai sirkuitny aja, tapi ada Joykhana ada X-Road. Dan sampai saat ini kita belum menemukan lokasi yang bisa menampung semua kegiatan itu di satu tempat yang sama," jelas Teguh.

Alasan ketiga terkait lokasi SIrkuit Sentul yang tidak terlalu jauh dari Jakarta dan beberapa kota-kota besar lain di sekitarnya.

"Seperti kita tahu, sebagian besar pasar BMW Astra itu kan di Jabodetabek, jadi peserta acara ini juga kebanyakan dari Jakarta dan sekitarnya," sebut Teguh.

Namun bukan berarti peserta dari daerah lain tidak mau hadir di BMW Joyfest 2024, sebab menurut Teguh ada peserta yang datang dari Kalimantan bahkan dari Papua.

@garasi.autofun Estate memang menggoda! #autofact #reviewmobil #tipsmobil #funfact #estate #tipsmobil ♬ Jazz bar atmosphere, classical jazz(1162356) - 2strings

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 BMW 3 Series Sedan 320i Dynamic

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil