Rp 246,65 - 278,85TBC Juta

Harga di Indonesia

Toyota Yaris Spesifikasi
SegmenSegmen B
Tipe bodiHatchback
Jenis penggerakFWD
Kapasitas mesin1.5L
Tenaga107PS
Tempat Duduk5

Toyota Yaris Daftar Harga Varian Mobil

Wajib Baca

Kelebihan

  • Dilengkapi 7 Airbags, Keselamatan Penumpang Lebih Terjamin

  • Dilengkapi Fitur Vehicle Stability Control

  • Harga Relatif Terjangkau Dibanding Kompetitor

  • Memiliki Layar TFT Yang Informatif

  • Praktis Mengatur Berbagai Fitur Dari Setir Multifungsi

Kekurangan

  • Mesin Kurang Bertenaga

  • Bagasi Tidak Terlalu Besar

  • Bangku Baris Kedua Belum Rata Lantai Saat Dilipat, Kurang Fleksibel

  • Lampu Depan Belum LED, Pencahayaan Kurang Maksimal

  • Tidak Semua Varian Memiliki Sensor Parkir

  • Belum Dilengkapi Kamera Belakang

Toyota Yaris Gambar

Eksterior

Interior

Toyota Yaris Ulasan

  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur Keselamatan
  • Mesin dan Performa
  • Kesimpulan
  • Overview

    Toyota Yaris hadir sebagai pilihan city car milik Toyota yang cukup laris di segmennya. Dimensinya kompak namun tetap memberikan ruang kabin yang lapang. Untuk mendapatkannya, harga Toyota Yaris Baru 2020 di pasar otomotif Tanah Air dimulai dari Rp259 jutaan untuk Toyota Yaris G M/T serta Rp291 jutaan bagi Toyota Yaris TRD Sportivo yang menjadi varian tertinggi dengan tampilan yang lebih sporty.

    Toyota Yaris yang mulai diproduksi sejak 17 Maret 2014 ini dipasarkan di Indonesia dan dirakit langsung di pabrik Toyota di Karawang, Jawa Barat oleh PT Toyota Astra Motor. Toyota Yaris bisa dibilang menjadi bagian dari mobil hatchback Segmen B dengan dimensinya yang kompak. Sedangkan mesinnya menggunakan model 2NR-FE 1.5L 4-silinder serta pilihan transmisi manual dan CVT.

    Berbicara soal pilihan mobil hatchback, tentu kita langsung tertuju pada dua model, Toyota Yaris dan Honda Jazz. Ya, keduanya memang seikonik itu, dan mendominasi pasar mobil kompak di Indonesia selama lebih dari 10 tahun.

    Empat tahun setelah Toyota Yaris XP150 diperkenalkan di Indonesia tahun 2014, PT. Toyota Astra Motor menghadirkan penyegaran pada hatchback jagoannya untuk tetap kompetitif melawan Honda Jazz. Berbagai ubahan signifikan didapat, mulai dari eksterior, fitur, sampai powertrain.

    Apakah berbagai ubahan ini membuat Toyota New Yaris semakin groovy, dan semakin diterima pasar Indonesia? Simak review lengkapnya di sini.

    Daftar harga Toyota New Yaris

    Daftar Harga Toyota New Yaris
    Toyota Yaris E M/T Rp 250,950,000
    Toyota Yaris E CVT Rp 262,750,000
    Toyota Yaris G M/T  Rp 259,250,000
    Toyota Yaris G CVT Rp 270,250,000
    Toyota Yaris S M/T TRD Rp 279,650,000
    Toyota Yaris S CVT TRD  Rp 291,450,000

    Toyota Yaris untuk pertama kalinya muncul di Indonesia pada 2006 dengan pilihan tiga varian, E, S dan S Limited. Ketiganya memakai mesin 1NZ-FE dari Toyota Vios yang lebih dulu muncul di Indonesia, dan hadir dalam pilihan transmisi otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan.

    Tahun 2009, Yaris mendapatkan tambahan dua varian, yakni varian paling dasar J, dan S Limited TRD Sportivo, yang hadir dengan bodykit agresif dan setting suspensi khusus yang membuat mobil lebih pendek. Tahun 2012, Yaris kembali mendapatkan facelift, namun hanya dijual sampai Oktober 2013 karena generasi XP150 akan hadir.

    Toyota Yaris generasi kedua (XP150) diperkenalkan ke pasar Indonesia pada Maret 2014 dan hadir dalam tiga varian, E, G, dan TRD Sportivo. Ketiga varian masih menggunakan mesin 1NZ-FE yang hadir dalam dua varian, otomatis dan manual.

    Tahun 2016, Toyota Yaris XP150 mendapat update penting dengan mengganti mesin 1.500cc 1NZ-FE menjadi 2NR-FE, masih dengan kapasitas sama, namun dengan teknologi Dual VVT-i, dan transmisi otomatisnya diganti menjadi CVT 7-percepatan.

    Memasuki tahun 2018, Toyota Yaris XP150 mendapatkan facelift yang mengubah tampang mobil secara signifikan, dan juga penyegaran di sisi interior dan fitur.

    Spesifikasi

    Spesifikasi Toyota New Yaris 2020

    Mesin
    Tipe 2NR-FE 16 valve DOHC Dual VVT-i
    Kapasitas Mesin 1.496 cc
    Tenaga Maksimal  105 Hp
    Torsi Maksimum 140 Nm
    Transmisi Manual 5-percepatan & CVT 7-percepatan
    Sistem Penggerek Front-Wheel-Drive
    Akselerasi 0-100 km/jam 11,2 detik
    Konsumsi Bahan Bakar 13,4 - 19,6 Km/liter
    Dimensi Toyota New Yaris
    P x L x T 4.145 x 1.730 x 1.500 mm
    Wheelbase  2.550 mm
    Kapasitas Bagasi 441 L
    Radius Putar 5,1 Meter
    Kaki-Kaki dan Suspensi
    Suspensi Depan/Belakang Machperson Strut/Torsion Beam
    Rem Depan  Ventilated disc (non-TRD Sportivo) / TRD ventilated disc (TRD Sportivo only)
    Rem Belakang Drum brakes (non-TRD Sportivo) / TRD ventilated disc (TRD Sportivo only)
    Pelek 15 inch (E), 16 inch dual tone (G & TRD Sportivo
    Ukuran Ban 185/60 R15 atau 195/50 R16
  • Eksterior

    Ubahan bagian eksterior Toyota New Yaris terlihat cukup kentara, dimulai dari sisi depan di mana lampu proyektor halogen dengan aksen lingkaran merah yang menguatkan kesan sporty. Model lampu juga kini terlihat pipih, dan menyatu dengan grille atas yang diberikan aksen hitam, turun sedikit ke bawah kita melihat grille utama yang berukuran besar degan pattern honeycomb, dengan LED Daytime Running Lights (DRL) di bagian ujung atasnya.

    Varian yang dibahas di review ini adalah Toyota New Yaris TRD Sportivo, hal ini terlihat dari model bodykit yang agresif dengan aksen merah khas TRD yang menyambungkan kedua foglamp. Bagian samping mobil juga terlihat lebih berisi dengan side skirts, secara umum kita tidak melihat ubahan signifikan pada facelift untuk bagian samping, kecuali pillar C yang diberi finishing hitam sehingga memberikan kesan floating roof.

    Beralih ke belakang, kesan sporty langsung terlihat dengan hadirnya rear roof spoiler, serta rear bumper dengan diffuser serta reflektor. Desain lampu belakangnya senada dengan lampu depan, yakni dengan layout horizontal yang disambungkan dengan garnish finishing hitam dan garis merah.

  • Interior

    Secara umum, desain interior Toyota New Yaris TRD Sportivo memadukan aura sporty dengan sentuhan modern. Bagian dashboard hadir dengan aksen finishing hitam dan silver, dengan layout dashboard bagian tengah berisi layar multimedia 7 inci yang sudah mendukung konektivitas USB, bluetooth, dan miracast, serta pengontrol AC dengan digital display yang hanya ada di varian ini saja.

    Sebagai mobil dengan dua baris tempat duduk, Toyota New Yaris hadir dengan akomodasi yang baik untuk lima penumpang. Joknya sendiri memakai material fabric yang lembut, dan dapat menopang tubuh dengan baik saat mobil bermanuver. Posisi duduk pengemudi dan penumpang juga dapat diatur secara manual dengan tuas di sisi jok.

    Desain setir yang dipakai tidak sekeren facelift terakhir Toyota Yaris XP90 sih, namun material kulit berkualitas dipakai untuk melapisi lingkar kemudi cukup memberikan kesan mewah, ditambah kontrol multifungsi untuk mengatur MID dan audio, serta paddle shift di belakang setir. Panel instrument clusternya sendiri memadukan teknologi analog optitron dan TFT MID, yang menunjukan beberapa hal, seperti kilometer, trip A-B, sampai konsumsi bensin.

    Dimensi mobil yang membesar memberikan akomodasi lebih baik pada Toyota New Yaris, termasuk kapasitas bagasi 441 liter. salah satu yang terbaik di kelasnya. Jika dirasa kurang cukup, Anda bisa melipat kursi kedua dan meningkatkan ruang kargo secara signifikan.

  • Fitur Keselamatan

    Berbicara fitur keamanan, Toyota New Yaris bisa dibilang cukup komplit dengan berbagai teknologi safety yang disematkan ke dalam mobilnya sebagai standar di semua varian. Mulai dari 7 airbag untuk pengemudi dan penumpang yang terdiri dari Dual-SRS airbag, dua side airbag, dua curtain airbags, dan satu airbag di bawah kolom setir untuk melindungi pengemudi dari cedera lutut saat kecelakaan parah.

    Keselamatan pengemudi dan penumpang juga semakin terjamin dengan hadirnya 3-point seatbelt with pretensioner dan force limiter, ISOFIX, sampai rangka mobil yang dibuat lebih kuat untuk meredam dampak tabrakan.

    Selain itu, hadir juga fitur pengemudian lain yang tak kalah pentingnya seperti Hill Start Assist (HSA) yang mencegah mobil mundur saat menanjak, Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Braking Distribution (EBD), serta Brake Assist (BA) yang membuat mobil semakin aman saat pengereman, sampai Vehicle Stability Control (VSC) yang menjaga kestabilan mobil saat akselerasi dan menikung.

  • Mesin dan Performa

    Toyota New Yaris memakai mesin 2NR-FE Dual VVT-i berkapasitas 1.496cc yang menghasilkan tenaga 105 HP dan torsi 140 Nm, yang mengalirkan tenaga ke roda depan melalui pilihan transmisi CVT 7-percepatan dan manual 5-percepatan.

    Performa dan handling

    Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, mesin 2NR-FE terasa cukup adaptif untuk digunakan di dalam berbagai kondisi, hal ini terbantu dengan kehadiran mode berkendara.

    Toyota New Yaris bisa diset untuk menjaga efisiensi BBM dengan mode Eco, atau jika Anda ingin ngebut, mode Sport bisa mengakomodirnya dengan mengatur gigi secara virtual melalui paddle shift, perlu dicatat fitur ini hanya tersedia di varian TRD Sportivo bertransmisi otomatis.

    Soal handling, terasa Toyota New Yaris terasa lebih fun to drive jika dibanding varian pre-facelift, khususnya saat bermanuver. Setir terasa lebih direct, hal ini tentu tidak terlepas dari ubahan suspensi yang dibuat sedikit lebih rebah, namun hal ini tidak berpengaruh banyak terhadap radius putar yang masih jadi kelemahan Yaris XP150.

    Konsumsi bahan bakar

    Seperti dijelaskan di atas, mode berkendara yang disematkan di Toyota New Yaris TRD Sportivo CVT membuat mesin 2NR-FE jadi lebih adaptif menanggapi input sang pengemudi, termasuk saat memakai mode Eco yang dikenal lebih bahan bakar.

    Driving mode pada New Yaris TRD Sportivo CVT bisa jadi penunjang efiesiensi bahan bakar
    Ketika menggunakan mode Eco, konsumsi rata-rata BBM untuk dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam berada di kisaran 13,4 km/liter. Untuk pemakaian rute luar kota dengan kecepatan rata-rata 87 km/jam bisa mencatatkan konsumsi bensin 19,6 km/liter di MID.

  • Kesimpulan

    Yaris baru hampir mengalami perubahan secara total, tidak hanya diberi pemanis belaka. Mobil yang dides Toyota berhasil menyegarkan New Yaris dengan berbagai penyegaran di berbagai aspek, mulai dari eksterior, interior, sampai berbagai fitur yang memberikan perpaduan pas antara kenyamanan, efisiensi bahan bakar, serta unsur fun-to drive, tiga hal esensial dari sebuah hatchback.

    Memang, masih ada beberapa kelemahan yang tidak bisa disembunyikan dari mobil ini, seperti kepraktisan mengemudi yang rendah, sampai performa mesin yang alakadarnya. Tapi kami merasa mobil ini tetap layak dimiliki jika Anda tidak masalah dengan kelemahan mobil ini.

Toyota Yaris FAQ

  • Apakah Toyota Yaris memiliki Airbag lutut?

    • DTrainTravel...

      DTrainTravel...

      Tidak, Toyota Yaris tidak memiliki Airbag lutut.

  • Apakah Toyota Yaris tersedia di Pengaturan Kursi Elektrik penumpang belakang?

    • Carolyn Sulaeman

      Carolyn Sulaeman

      Tidak, Toyota Yaris tidak tersedia di Pengaturan Kursi Elektrik penumpang belakang.

  • Apakah Toyota Yaris tersedia di Bluetooth?

    • Bazza76

      Bazza76

      Ya, Toyota Yaris tersedia dalam Bluetooth. Varian Bluetooth yang tersedia adalah Toyota Yaris G Grade M/T, Toyota Yaris G Grade CVT, Toyota Yaris TRD Sportivo M/T, Toyota Yaris TRD Sportivo CVT.

Model Populer

VS