Tergiur Yamaha Vega ZR Bekas Yang Dijual Mulai Rp 3 Jutaan? Kenali Dulu Penyakitnya!

Yamaha Vega ZR bekas, kini masih banyak yang mencari. Sebelum membahas harga mari disimak sejarahnya motor ini.

Motor bebek entry level Yamaha Vega ZR lahir sejak akhir 2008 untuk menggantikan varian Yamaha Vega R. Sederet ubahan dilakukan oleh Yamaha Indonesia untuk memberi nilai tambah pada jagoan di segmen motor murah tersebut.

Meski lawas, Yamaha Vega ZR punya tampang kekinian kok
  • Harga bekasnya Rp 3-5 jutaan saja.
  • Komstir rawan oblak.

Seperti volume mesin yang ditingkatkan dari 110 cc menjadi 115 cc. Serta desain bodi baru yang sudah dibekali 3D leg shield yang memiliki sepasang lampu sein mungil dan volume bagasi yang lebih luas dari Yamaha Vega R sebelumnya.

Menariknya, jika saat awal kemunculannya saja sudah dibanderol terjangkau, yakni Rp 11 jutaan, maka kondisi bekasnya kini makin murah. Dengan dana Rp 3-5 juta, Anda sudah dapat menebus motor tersebut saat ini.

Terjangkau? Memang, tapi jelas kondisinya tidak lagi sesegar dulu. Apalagi jika membeli motor yang usianya sudah di atas 10 tahun. Pasti butuh perbaikan tambahan. Lalu apa saja masalah yang kerap timbul di motor ini?

Baca Juga: Masih Eksis, Yamaha Vega Force 2021 Meluncur Dengan Harga Tak Sampai Rp 17 Juta!

Yamaha Vega ZR Bekas Komstir Mulai Oblak

Seiring usia pakai dan perawatan yang mungkin kurang apik dari pemilik sebelumnya, komponen komstir dari Yamaha Vega ZR terbilang rawan oblak. Peranti yang terdapat di bagian balik cover batok lampu tersebut berfungsi meringankan dan menstabilkan gerak setang motor. Sehingga saat rusak, bakal mengganggu handling motor.

Komstirnya mirip kepunyaan skuter matik Mio J

Ciri komstir yang rusak pada Yamaha Vega ZR adalah hadirnya bunyi pada setang. Hal tersebut jelas terdengar saat melalui jalanan jelek atau tidak rata di kecepatan sedang dan tinggi. Untuk perbaikannya bisa dengan mengencangkannya, tapi jika sudah parah maka perlu diganti. Jadi setelah membeli motor tersebut, jangan lupa cek bagian ini.

Baca Juga: Yamaha Vega Force Ada versinya barunya di Vietnam, Bensinnya Jadi Irit Banget!

Mesin Tak Bertenaga

Meskipun perawatannya terbilang mudah dan murah, tapi banyak juga pengguna awal Yamaha Vega ZR yang masih malas-malasan merawat motornya. Hal ini berefek pada performa mesin motor yang tak lagi optimal.

Mulai dari tenaga yang kurang responsif dan lemot saat menanjak. Bahkan tak jarang jika mesin Yamaha Vega ZR mengeluarkan asap putih dari knalpotnya alias ngebul.

Mesin Yamaha Vega ZR

Banyak faktor yang menyebabkan kondisi tersebut. Namun pengecekan bisa dimulai dari hal-hal sepele. Seperti mengganti oli dan filternya, lalu mengganti filter udara. Kemudian mengecek rantai dan girnya. Pastikan kekencangan rantai sesuai standar dan gir belum terlalu tajam. Jika perlu lakukan pergantian. Bisa jadi dengan penggantian parts tersebut tarikan motor bisa kembali optimal.

Namun jika ada gejala tarikan motor seperti tertahan atau justru mendadak menyentak saat berjalan pelan bisa jadi kampas koplingnya mulai aus. Solusinya bisa dengan mengecek dan menggantinya.

Sementara kerusakan dalam ruang bakar kerap menimbulkan adanya asap tipis berwarna putih. Komponen pada Yamaha Vega ZR yang perlu diganti adalah piston berikut ringnya. Jika didiamkan, kondisi ini bakal merambat ke bermacam komponen seperti oli yang cepat habis, bensin boros dan usia pakai busi singkat. Tentu disamping tarikan motor yang jauh berkurang.

Baca Juga: Modal Uang Rp 3-4 Jutaan Tapi Mau Motor Seken Irit? Tengok Saja Bebek 4-Tak

Starter Elektrik Tak Berfungsi

terkait masalah yang sering dihadapi oleh sepeda motor yang telah berusia di atas 10 tahun, terutama terkait dengan peranti starter elektriknya. 

Sepeda motor yang telah berusia di atas 10 tahun sering mengalami masalah dengan peranti starter elektriknya. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan dalam menyalakan mesin motor.

Untuk mengatasi masalah ini, disarankan untuk memeriksa komponen-komponen pada jalur starter, seperti switch starter atau tombol starter.

Kadang-kadang, komponen ini menjadi kotor sehingga perlu dibersihkan untuk memastikan kinerjanya yang optimal.

Masalah juga bisa berasal dari bendik atau pemicu aliran ke dinamo starter. Tanda-tanda kerusakan mirip dengan masalah akinya yang "soak", yaitu tidak ada suara yang terdengar ketika tombol starter ditekan.

Kemungkinan lain adalah kerusakan pada komponen dinamo starter itu sendiri, yang seringkali disebabkan oleh korsleting. Jika diperlukan, komponen ini perlu diganti untuk memperbaiki masalah tersebut.

Karena cukup banyak komponen yang perlu diperiksa dan mungkin perlu diganti, disarankan untuk memilih sepeda motor yang benar-benar dalam kondisi sehat.

Lebih baik membeli motor dengan harga sedikit lebih tinggi namun dalam kondisi yang baik, daripada harus mengeluarkan biaya dan waktu tambahan untuk melakukan perbaikan.

Dengan demikian, kalimat tersebut memberikan pemahaman tentang masalah yang sering terjadi pada sepeda motor yang telah berusia, serta memberikan saran yang berguna dalam mengatasi masalah tersebut dan memilih motor yang tepat untuk dibeli.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Ada 3 merek yang hadir di Indonesia. Paling mahal ada Royal Alloy TG150i seharga Rp 75 juta. Kelas skuter retro premium harga Rp 60 jutaan di Indonesia semakin beragam karena maraknya produsen sepeda motor baru yang hadir membawa line up terbaiknya. Tapi memang di kelas ini nama besar Vespa menjadi yang paling membekas karena memiliki history panjang, termasuk di Indonesia. Kalau sedang mencari skuter retro premium harga Rp 60 jutaan dan bosan dengan Vespa, berikut ada beberapa pilihan merek dan
AHM adakan safety riding sepeda motor listrik di Ancol Ada perbedaan mengendarai motor bensin dan motor listrik Sepeda motor listrik kini semakin marak diluncurkan, hanya saja untuk mengendarai motor tanpa emisi pengendara wajib beradaptasi. Ini lantaran ada beberapa hal yang berbeda dari motor konvensional. Beberapa hal yang sangat berbeda jika kita merasakan motor listrik, biasanya akan sangat terasa hentakan cukup keras di awal handle gas diputar. Kendati demikian, Instruktur Safet Riding PT
Kawasaki miliki saham Modenas. Modenas menjual motor Kawasaki di Malaysia. Modenas adalah merek motor asli Malaysia. Jika suatu saat kalian jalan-jalan ke Malaysia, yang melihat sosok Ninja 250 justru bukan berlabel Kawasaki, jangan kaget ya. Pasalnya memang Kawasaki sudah angkat kaki dari negeri jiran tersebut. Dituliskan Wapcar.my, ini lantaran kerjasama antara Modenas, yang merupakan merek lokal Malaysia dengan Kawasaki. Urusan penjualan motor Kawasaki kini menjadi distributor resmi merek yan
330 unit untuk Kepala Desa dan 13 untuk Lurah. Anggarkan dana Rp 11 miliar. Dimaksudnya untuk mendukung kinerja dan pelayanan. Sepertinya Yamaha NMax jadi salah satu motor yang favorit untuk dijadikan motor dinas pejebar pemerintahan. Pasalnya baru-baru ini ratusan Kepala Desa (Kades) dan Lurah se-Kabupaten Majalengka mendapat motor tersebut. Penyerahan ratusan motor dinas tersebut dilakukan Selasa (27/2/2024) kemarin di Pendopo Bupati Majalengka. Baca juga : Berkah Ramadan, Ratusan Lurah dan Ka
Volta Virgo meluncur, harganya cuma Rp 15 jutaan Daya jelajah motor listrik ini sekitar 60 km, seperti Jakarta-Bogor Fiturnya sudah keyless, panel instrumen digital, dan punya speaker Pabrikan motor listrik Volta asal Semarang meluncurkan produk baru di pameran otomotif IIMS 2022 lalu. Kemampuan baterainya ketika diisi penuh daya listrik, bisa menjangkau jarak sekitar 60 km, atau rute yang sama dari Jakarta ke Bogor. Adapun kecepatan maksimalnya dibatasi hanya 55 km/jam agar daya tempuhnya terja

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Vega Force
Lihat