Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza yang Jarang Diketahui

Toyota Avanza merupakan mobil terlaris di Indonesia dengan segala kelebihan dan kelebihan di segmen LMPV. Toyota Avanza dijual mulai dari Rp228,3 hingga Rp209,3 untuk varian tertingginya.

Kiprahnya sejak 2003 dan tetap bertahan hingga sekarang merupakan pencapaian luar biasa dari sebuah model mobil. Segmen mobil keluarga, khususnya low MPV (LMPV) sebagai pasar terbesar di Tanah Air berhasil dipegang Avanza selama bertahun-tahun.

Sejak kehadirannya, Avanza menjadi salah satu barometer kompetitor yang ingin menguasai pasar LMPV. Namun lagi-lagi, meskipun digempur habis-habisan oleh pemain lain dari merek lama maupun baru, Avanza tetap menjadi pilihan keluarga Indonesia kebanyakan. Ini semua tentu berdasarkan rangkuman keunggulan yang dimiliki Toyota Avanza.

Kendati demikian, 'tahta' mobil sejuta umat kembaran Daihatsu Xenia ini sempat mendapat perlawanan sengit dari Mitsubishi Xpander, Honda Mobilio, atau Suzuki Ertiga. Para rivalnya tersebut bisa dibilang cukup mampu berbicara banyak dalam membajak konsumen dengan memanfaatkan kekurangan yang dipunyai Toyota Avanza.

Berikut ini adalah uraian beberapa kelebihan dan kekurangan Toyota Avanza sebagai mobil keluarga di segmen LMPV

Kelebihan Toyota Avanza

1. Desain Sederhana Tak Lekang Zaman

Kelebihan pertama dari Toyota Avanza adalah pada desainnya. Baik dari eksterior maupun interiornya. Dari masa ke masa generasi Avanza selama 17 tahun eksistensinya mencirikan perubahan namun tetap dengan karakter simpel yang kuat.

Bahkan hingga 2020, model Toyota Avanza terbaru juga mengusung desain yang lebih segar. Seperti misalnya pada ubahan bumper lebih lebar dan lampu utama yang menyipit. Desain anyar ini dianggap sukses memunculkan aura elegan nan atraktif.

Desain interior Toyota Avanza pun bisa dibilang menyimpan kelebihan tersendiri bagi sebuah LMPV. Kabin mobil ini dirasa luas sehingga memang sangat layak disebut mobil impian semua keluarga di Tanah Air.

Bicara soal desain, kabar terbaru mengatakan Toyota Avanza akan kembali menghadirkan varian facelift. Bahkan sebagian lagi ada yang bilang totally all new. Sinyal ini didapat dari mobil konsep DN Multisix, sebuah mobil konsep besutan Daihatsu yang digadang akan menggantikan Xenia. Seperti diketahui, Daihatsu Xenia dan Avanza merupakan saudara kembar. Jadi, kemungkinan konsep DN Multisix ini digunakan juga untuk Avanza cukup besar.

2. Kabin Luas Bukan Cuma Sekadar Angka Brosur


Seperti mobil keluarga low MPV pada umumnya, Toyota Avanza memiliki kapasitas 7-penumpang. Hanya saja, kursi baris ketiga yang selalu menjadi momok banyak pengguna karen sempit untuk penumpang dewasa bisa ditepis Avanza. Kursi baris ketiganya bisa diuji kenyamanannya untuk tiga penumpang dewasa.
Masih di sektor interior, Avanza pun memiliki keunggulan pada bagasinya. Tidak perlu bicara angka, kapasitas bagasi dinilai sangat luas. Sebagai gambaran, bagasi dengan kondisi jok baris ketiga dilipat mampu menampung hingga delapan galon penuh.

3.Konsumsi Bahan Bakar Irit
 

Ya, berbekal mesin Dual VVT-i 4 silinder baik kapasitas 1,5 liter maupun 1,3 liter sama-sama terkenal irit. Di sebuah pengetasan dengan membawa 6 orang dalam kabin dan kondisi AC menyala, Avanza 1,5 liter transmisi otomatis bisa mencapai angka 12,5 km per liter. Untuk kapasitas 1,3 dan transmisi manual tentu saja bisa lebih irit. Bisa di kisaran angka 13-15 km per liter.

4. Mobil Keluarga Berpenggerak Roda Belakang

Para loyalis Toyota Avanza yang menjamur di Indonesia ditengarai tetap bertahan lantaran kelebihan yang satu ini. Ya, Avanza dengan tipe penggerak roda belakang (RWD) merupakan hal unik dan cukup fungsional. Dengan ini, masyarakat mempercayakan Avanza untuk melibas jalanan aspal hingga berlumpur yang dinilai akan lebih bertenaga ketimbang penggerak roda depan.

Selain mampu menaklukkan beragam kontur jalanan, berkat penggerak roda belakang maka radius putar roda depan lebih kecil. Ini jelas sebuah kelebihan dari Avanza sebagai mobil keluarga yang mampu 'selap-selip' di lalu lintas padat maupun jalanan sempit.

Kekurangan Toyota Avanza

1. Finishing Desain Kurang Oke

Memang, Toyota Avanza punya desain simpel dan berkarakter mobil keluarga elegan. Namun, dari model terbarunya, seperti dikutip dari berbagai sumber, Toyota Avanza memiliki finishing touch desain yang kurang apik. Ada beberapa hal vital yang akhirnya membuat kelemahan Avanza semakin kentara.

Contohnya bisa dilihat dari gril radiator Avanza yang tampak besar dan lebih renggang sehingga tidak menutup kemungkinan benda-benda berukuran kecil sangat dengan mudah masuk ke ruang mesin.

Apalagi, kualitas kenyamanan di dalam kabin masih belum menunjukkan perbaikan berarti. Sebut saja misalnya tingkat kesenyapan. Untuk sebuah mobil keluarga, kesenyapan di dalam kabin sangat diperhatikan guna memberikan kenyamanan berkualitas seluruh penumpang.

Kabin yang bising saat melaju didapat dari getaran yang diterima ban dari aspal. Selain itu, material kualitas standar membuat kebisingan suara dari luar mobil tak terbendung lagi.

2. Limbung di Jalan Tol

Keluhan atas kekurangan Toyota Avanza selanjutnya adalah limbung saat mobil diajak melaju di kecepatan tinggi. Hal ini sangat bertolak belakang dengan kondisinya di kecepatan rendah, Avanza mampu memberikan bantingan yang empuk. Namun jangan harap jika membawa keluarga perjalanan jauh via jalan tol. Di kecepatan tinggi, Avanza terasa begitu limbung alias kurang stabil karena jarak lingkar pegas spiral lebar.

Kondisi limbung di kecepatan tinggi kerap diperparah dengan keadaan kabin yang bising akibat suara serta getaran masuk dari ban. Pegangan lingkar kemudinya pun cukup standar, tak ada material lain selain plastik yang mengakibatkan kurang nyaman dalam pengendalian.

3. Aki Kerap Bermasalah

Ternyata di balik kelebihannya, Toyota Avanza tidak luput dari kekurangan sebenarnya sepele. Toyota Avanza kerap dikeluhkan karena aki (accu)-nya bermasalah. Ini jelas sangat mengganggu mobilitas secara fungsional dari sebuah mobil.

Tapi, aki Avanza yang bermasalah biasanya yang berusia di atas lima tahun apalagi saat mesinnya dalam kondisi sangat panas. Untuk Avanza tipe terbaru, masalah ini hampir tidak terjadi karena pihak pabrikan telah menerima banyak keluhan dan melakukan banyak perbaikan di bagian mesin terutama soal kelistrikan dari aki ini.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Bicara fakta menarik dengan ragam perspektif, spidometer hanya angka tanpa injakan pedal gas....

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Avanza

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

7.835 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 214,00 Juta
Rp 4,36 Juta/bln

15.086 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 222,00 Juta
Rp 4,52 Juta/bln

17.091 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 216,00 Juta
Rp 4,40 Juta/bln

8.996 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Honda MOBILIO RS 1.5

Rp 220,00 Juta
Rp 4,48 Juta/bln

12.090 km

2,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

Berita Terbaru

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Cari Mobil Daihatsu, Ini Model Paling Laris Semester Pertama 2023

Penjualan mobil Daihatsu selama semester pertama tahun 2023 tembus 102.515 unit atau naik 12,9 persen dibanding periode yang sama di tahun lalu yang hanya sekitar 90.765 unit. Ya, penjualan retail ini membuat perusahaan otomotif yang bermarkas di Ikeda, Osaka, Jepang tersebut menyumbangkan market share ritel otomotif nasional mencapai 20,4 persen. Peningkatan penjualan Daihatsu juga terjadi di wholesales, dimana pabrik Daihatsu mampu menjual mobilnya ke dealer selama Januari-Juni 2023 mencapai 9

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Toyota Avanza
Lihat