Toyota Alphard

Rp 0,97 - 1,86 TBC Milyar
  • MPV Tipe bodi
  • 2.5 - 3.5 L Kapasitas mesin
  • 2WD Jenis penggerak
  • 178 - 296 PS Tenaga
Cek Specs

Toyota Alphard Varian

2019 | 2.5 L | -
2.5 X A/T

Rp 970,35Juta

Rp 22,14Juta/pembayaran

2.5 G A/T

Rp 1.120,00Milyar

Rp 25,66Juta/pembayaran

2019 | 3.5 L | -
3.5 Q A/T

Rp 1.860,00Milyar

Rp 42,38Juta/pembayaran

Specs Utama dari Toyota Alphard

Segmen Eksekutif
Tipe bodi MPV
Jenis penggerak 2WD
Kapasitas mesin 2.5 - 3.5 L
Tenaga 178 - 296 PS
Tempat Duduk 7
Lihat Specs Toyota Alphard

Review Toyota Alphard

  • Overview


    Berbicara soal MPV Premium, Toyota Alphard merupakan salah satu yang terlaris sejak diperkenalkan pertama kali di Jepang tahun 2002. Jadi rival Honda Elysion dan Nissan Elgrand, Alphard merupakan MPV mewah paling laris kala itu.

    Saat itu, Alphard juga sudah masuk Indonesia melalui Importir Umum (IU). Namun, baru pada generasi kedua, tepatnya pada 2008, Toyota Alphard masuk resmi ke Indonesia lewat PT Toyota Astra Motor.

    Hadir dengan kemewahan, kenyamanan, dan durabilitas khas Toyota, seketika popularitas Alphard langsung meroket, dan jadi MPV premium paling laris di Indonesia saat itu.angsung meroket, dan jadi MPV premium paling laris di Indonesia saat itu.

    Demi memperkuat posisinya sebagai market leader di segmen MPV premium, Toyota Alphard menghadirkan penyegaran pada tahun 2018.

    Beberapa improvement dihadirkan, mulai dari modifikasi eksterior, interior, dan tambahan varian hybrid. Saat ini, Alphard dijual dalam tiga varian, empat jika kita menghitung varian 2.5 HV

    Daftar harga Toyota Alphard 2020

    Tipe Harga
    Toyota Alphard 2.5 X A/T Rp 1.025.200.000
    Toyota Alphard 2.5 G A/T    Rp1.179.600.000 Rp 1.179.600.000
    Toyota Alphard 2.5 Q A/T    Rp1.952.100.000 Rp 1.952.100.000

    Spesifikasi 

    Mesin Toyota Alphard
    Tipe Mesin V6, DOHC VVT-i 2GR-FKS (3.5), Inline-4 DOHC Dual VVT-i 2AR-FE (2,5)
    Kapasitas Silinder 3.456 cc (3.5), 2.494 cc (2.5)
    Tenaga Maksimum 295 HP @ 6.200 rpm (3.5), 177 HP @ 6.000 rpm
    Torsi Maksimum 295 HP @ 6.200 rpm (3.5), 177 HP @ 6.000 rpm
    Akselerasi 0-100 km/jam 8,3 detik(3.5)
    Konsumsi Bahan Bakar 6 km/l (dalam kota), 12 km/l (tol) (3.5)
    Transmisi Otomatis 8-percepatan (3.5), CVT (2.5)
    Sistem Penggerek Front-wheel-drive
    Dimensi
    P x L x T 4.945 mm x 1.850 mm x 1.895 mm
    Wheelbase 3.000 mm
    Ground Clearence 160 mm
    Kapasitas Tangki Bensin 75 L
    Kaki-Kaki dan Suspensi
    Suspensi Depan/Belakang MacPherson Strut with Torsion Bar / Double Wishbone with Torsion Bar
    Pelek  18 inch dual-tone
    Ukuran Ban 235/50 R18Toyota Alphard 2020

    Pertama kali diperkenalkan pada bulan Mei 2002, Toyota Alphard diplot sebagai rival kuat Nissan Elgrand dan Honda Elysion, respon publik Jepang cukup positif di mana Alphard jadi MPV paling laris di Negeri Sakura saat itu.

    Tahun 2005, Toyota Alphard mendapatkan facelift dengan desain lampu belakang baru, penggunaan pelek lebih besar, dan mendapatkan varian hybrid. 

    Tahun 2008, Toyota Alphard generasi kedua diperkenalkan dengan desain eksterior yang lebih modern, serta kabin yang semakin mewah. Dan untuk pertama kalinya, Alphard terbagi menjadi dua model, di mana keduanya dijual resmi untuk pertama kalinya di Indonesia lewat Toyota Astra Motor.

    Toyota Alphard yang mengutamakan kemewahan, dengan Vellfire yang jadi model lebih dinamis dan sporty. Tiga tahun berselang, tahun 2011, Alphard dan Vellfire kembali mendapatkan facelift yang menyegarkan tampilan eksterior, interior, dan tambahan varian hybrid.

    Tahun 2015, generasi ketiga Toyota Alphard diperkenalkan di Jepang dan tak lama kemudian disusul pasar Indonesia. Adapun varian yang dipasarkan di Tanah Air saat itu adalah 2.5 X FWD, 2.5 G FWD dan 3.5 Q AWD.

    Pada 2018, MPV mewah ini mendapatkan facelift dan semakin menegaskan identitas Toyota Alphard sebagai kendaraan premium selama bertahun-tahun sampai saat ini. Apa saja upgrade-nya? Simak review Toyota Alphard 2020 di bawah ini.

  • Eksterior

    Kita mulai dari eksterior, hal pertama yang paling menonjol dari Toyota Alphard 2020 adalah grill yang dipakai lebih besar dari model pre-facelift dengan finishing black piano dan krom yang memberi kesan mewah.

    Lampu depannya juga terlihat lebih dinamis dengan model yang lebih tajam, dan dibagi menjadi dua oleh garis krom yang membentang ke bawah bumper. Bagian atas merupakan lampu utama dengan teknologi LED, sementara di bawah terdapat turn lamp dengan pattern nyala sequential yang sangat cantik.

    Pindah ke samping, kita menemukan kaca spion dengan fitur auto folding dan lampu sein. Desain bagian samping juga tampak unik dengan pillar-B yang diberi warna body, sementara pillar-C dibiarkan hitam.

    Alhasil, kaca samping terlihat lapang, yang menegaskan luasnya interior dalam. Pelek yang dipakai sendiri berukuran 18 inci, cukup besar meski kami merasa pelek 19 atau 20 inci akan lebih proporsional untuk MPV bongsor ini.

    Beralih ke belakang, lampu belakang Alphard 2020 dibuat tampak seperti jajar genjang dengan sedikit bagian lampunya melebar ke samping.

    Lampu tersebut dipisahkan oleh rear garnish krom yang membuatnya makin mewah, sementara itu di bumper bawah terdapat reflektor, dan empat buah sensor parkir.

  • Interior


    Berbeda dari eksterior, pada bagian interior kita tidak menemukan ubahan signifikan pada kabin Toyota Alphard 2020.

    Bagian dasbor masih didominasi warna hitam dengan sedikit sentuhan kayu dan krom di konsol tengah.

    Di sana, kita menemukan layar berukuran 9 inci dengan berbagai tombol pengaturan di bawahnya, termasuk AC Digital yang sudah mendukung dual zone.

    Jika membahas Toyota Alphard, hal paling penting adalah baris belakang, bagaimana kenyamanan dan akomodasinya. Untuk ini, kami memberi nilai sempurna pada kabin belakang, tiada cela!

    Di baris kedua, terdapat dua buah tempat captain seat yang sangat nyaman. Kursinya terasa sangat fleksibel, apalagi dengan leg room yang melimpah. Anda tidak akan kesulitan menemukan posisi duduk ideal di dalam sebuah Alphard.

    Pada varian 3.5 Q, yang merupakan trim tertinggi, hadir panel untuk mengatur posisi duduk, termasuk pengaturan AC/Heater.

    Perjalanan jauh juga tidak akan membosankan ditemani rear-seat entertainment sebesar 13 inci yang sudah mendukung HDMI dan phone mirroring.

    Jika menginginkan aura kabin yang berbeda, Anda bisa menyalakan Color Ceiling Illumination dengan 16 warna berbeda yang bisa dipilih.

    Duduk di bangku ketiganya juga oke, cukup akomodatif secara ruang kaki dan kepala, tapi bagasinya tidak terlalu besar jika semua bangku berdiri.

    Ruang kargo jelas akan bertambah signifikan jika bangku belakang dilipat ke samping, namun tetap saja akan sulit memuat barang dengan dimensi yang sangat besar.

    Hal ini dikarenakan kursi yang dilipat sedikit memakan ruang kabin. Namun, akses ke bagasi dibuat praktis dengan hadirnya fitur power backdoor.

  • Fitur Keselamatan

    Sebagai MPV Premium, fitur keselamatan Toyota Alphard 2020 jelas tidak main main. Untuk varian 3.5 Q, hadir dual-SRS Airbag di depan, ditambah side airbag dan curtain airbag, dan knee airbag.

    Tentu saja, fitur esensial seperti Anti-Lock Braking System (ABS), dengan Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) juga tersedia, hal ini juga ditunjang dengan performa rem cakram di seluruh roda.

    Alphard juga dilengkapi Traction Control (TC), Vehicle Stability Control (VSC), dan juga Hill-Start Assist (HSA).

    Selain itu, ada delapan sensor ultrasonik yang tersebar di depan dan belakang mobil. Sensor-sensor tersebut berfungsi untuk mengidentifikasi kendaraan lain dan objek statis di sekitar mobil yang bisa memicu kecelakaan.

    Paket Toyota Safety Sense hadir di Toyota Alphard sebagai standar. Paketnya cukup lengkap, dan terdiri dari Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control, Lane Departure Alert with Steering Control, dan Automatic High Beam.

    Selain itu, hadir juga Blind Spot Monitoring (BSM), Rear-Cross Traffic Alert (RCTA), dan Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

  • Mesin dan Performa

    Mesin

    Untuk mesin, Toyota Alphard 2020 hadir dalam dua pilihan powertrain, mesin V6 3.456 cc berkode 2GR-FKS untuk varian 3.5 Q, mesin tersebut punya tenaga 295 HP di 6.200 rpm, dan torsi 360 Nm di 4.700 rpm.

    Sempentara itu untuk varian 2.5 G dan 2.5 X, mesin yang dipakai memiliki empat silinder 2.494 cc DOHC Dual VVT-I berkode 2AR-FE, tenaga mesin ini berkisar 177 HP di 6.000 rpm, dengan torsi maksimal 235 Nm di 4.100 rpm

    Performa & Handling Toyota Alphard

    Bagaimana dengan performanya, dalam suatu kesempatan kami menjajal akselerasi varian 3.5 Q, mesinnya cukup responsif dan bisa menarik mobil dari 0-100 km/jam dalam waktu 8,2 detik, cukup impresif jika mengingat bobot mobil yang lebih dari 2 ton.

    Soal handling, Toyota Alphard yang menggunakan sasis monokok dengan suspensi belakang Double Wishbone punya handling cukup mengesankan untuk mobil seukurannya. Mobil terasa stabil saat bermanuver, sekalipun dalam kecepatan tinggi. 

    Bodyroll juga terasa minim saat menikung, namun ada poin yang perlu diperhatikan, dengan ground clearence yang rendah, mobil cenderung agak ceper dalam kondisi penuh. Itu jelas akan menyulitkan di jalanan Indonesia yang punya banyak sekali polisi tidur.

  • Kesimpulan

    Sejak dahulu, Toyota Alphard menjadi simbol kemewahan di atas empat roda. Wajar saja, kabin MPV mewah ini memiliki kenyamanan kelas wahid yang sukses dipertahankan sampai sekarang.

    Jika Anda mencari sebuah mobil mewah dengan kabin super lega dan mewah, dan lebih sering disupiri oleh supir pribadi ketimbang mengendarai sendiri, Toyota Alphard 2020 bisa jadi pilihan terbaik.

FAQ Toyota Alphard

  • Berapa kapasitas mesin Toyota Alphard?

    Alvin

    Toyota Alphard tersedia dalam 3 varian. Yang tertinggi adalah 3.5 Q A/T.Baca Lebih

  • Apakah Toyota Alphard tersedia dalam opsi mesin diesel?

    Chipo

    Tidak, Toyota Alphard tidak tersedia dalam pilihan mesin Diesel.Baca Lebih

  • Apa saja warna yang tersedia untuk mobil Toyota Alphard?

    Bert

    Toyota Alphard tersedia dalam 4 warna yang berbeda - Black, White Pearl, Graphite Metallic and Ste…Baca Lebih

Bandingkan
0
Cari perbandingan (0/4)